everpro

Pentingnya Transportation Management System dalam Industri Logisitk

Dalam industri logistik, Transportation Management System adalah faktor yang penting dan harus diperhatikan. Karena hal ini sangat berpengaruh pada kelancaran operasional pendistribusian logistik.

Menurut perkiraan Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), sektor transportasi berkontribusi hingga 40% dari keseluruhan biaya logistik.

Hal ini menandakan bahwa dengan manajemen transportasi yang terorganisir dengan baik dapat mengendalikan biaya tersebut.

Maka dari itu penting untuk mempelajari informasi terkait sistem manajemen transportasi, sehingga dapat membuat perencanaan yang lebih baik.

Simak lebih lanjut ulasan transportation management system berikut ini.

Apa Itu Transportation Management System?

transportation management system adalah
Sumber: pexels.com

Melansir dari Oracle, berikut adalah pengertian dari sistem manajemen transportasi:

Transportation management system adalah sebuah platform logistik dengan teknologi untuk membantu perencanaan bisnis, pelaksanaan, dan optimasi pergerakan fisik barang, serta memastikan bahwa pengiriman sesuai, dan dokumentasi yang tepat tersedia.”

Sederhananya, transportation management system adalah sistem perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam mengelola operasi logistik serta pengiriman.

Sistem ini dapat memberikan solusi yang lengkap serta terpadu untuk mengatur semua kegiatan logistik, termasuk pengiriman barang, manajemen gudang, pemantauan pengiriman, serta analisis data.

TMS menjadi alat yang tepat agar proses pengiriman menjadi efisien serta memudahkan pelaku usaha dalam mengelola dan memaksimalkan operasional moda transportasinya.

Baca juga: Mother Vessel Adalah? Yuk, Kenali Arti dan Perannya di Industri Logistik!

Pentingnya Transportation Management System

transportation management system
Sumber: pexels.com

Transportation management system adalah suatu alat yang berperan penting dan mempengaruhi semua proses pendistribusian.

Sistem yang kuat dapat memberikan visibilitas yang luas dan dalam, sehingga perencanaan serta pelaksanaan transportasi menjadi lebih efisien. Pada akhirnya hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, TMS secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dan membantu pertumbuhan bisnis. 

Keuntungan Menggunakan Transportation Management System

Seperti yang yang telah disebutkan bahwa TMS merupakan alat yang penting bagi perusahaan dalam industri logistik. Lebih lanjut, sistem manajemen transportasi juga dapat memberikan keuntungan sebagai berikut:

  • Kegiatan Operasional Lebih Efisien

Dengan penggunaan TMS, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi kegiatan operasional. Yaitu dengan memaksimalkan rute pengiriman serta manajemen gudang, sehingga dapat menghemat biaya dan waktu.

  • Meningkatkan Visibilitas dan Kendali

TMS memberikan transparansi yang diperlukan dalam pengiriman barang dan memungkinkan perusahaan mengambil tindakan yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang timbul selama pengiriman.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Penggunaan TMS juga dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Karena waktu pengiriman menjadi lebih optimal.

Selain itu juga dapat memastikan produk sampai pada waktu yang tepat sesuai estimasi dan dalam kondisi yang baik.

  • Lebih Baik dalam Mengambil Keputusan 

Analisis data dan pemantauan pengiriman akurat yang terdapat dalam TMS dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik dan cepat.

Dengan demikian, hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi serta efektivitas operasi logistik perusahaan.

Pengguna TMS

sistem manajemen transportasi
Sumber: pexels.com

Lantas siapa saja yang membutuhkan sistem manajemen transportasi? 

Berdasarkan penjelasan dan kegunaannya, transportation management system adalah alat yang biasa digunakan oleh perusahaan yang kegiatannya berkaitan dengan pengiriman, pemindahan, dan penerimaan barang secara teratur, seperti:

  • Perusahaan manufaktur atau Produsen
  • Distributor
  • Bisnis E-commerce
  • Bisnis ritel
  • Perusahaan penyedia layanan logistik, seperti perusahaan logistik pihak ketiga dan keempat (3PL dan 4 PL)

Faktanya, hampir setiap industri menggunakan TMS. adapun pengguna utamanya adalah jenis bisnis dengan pengeluaran $100 juta atau lebih per tahun untuk mengirim barang.

TMS berbasis cloud yang mudah telah memungkinkan perusahaan dari semua ukuran untuk mendapatkan keuntungan dari penambahan transportation management system ke  rantai pasokan mereka.

Baca juga: Penting! Delivery Order: Arti, Fungsi, dan Perbedaannya dari Surat Jalan

Fitur dalam Transportation Management System

fitur tms
Sumber: pexels.com

Dalam TMS terdapat beberapa fitur utama yang membuatnya efektif dalam pengelolaan operasi logistik perusahaan. Di antaranya:

  • Manajemen Pesanan

Fitur ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola pesanan pelanggan dari awal hingga akhir. Hal ini meliputi pemesanan, pemenuhan, pengiriman, serta pengembalian.

Transportation management system juga dapat mengintegrasikan informasi pesanan dengan sistem manajemen gudang, sehingga dapat memastikan pengiriman yang tepat waktu.

  • Pantau Pengiriman

Fitur TMS ini memberikan transparansi dalam proses pengiriman barang. Dengan adanya pelacakan paket secara real-time, perusahaan juga dapat memastikan bahwa pengiriman sampai tempat waktu di lokasi tujuan.

  • Manajemen Gudang

Adanya fitur TMS ini dapat mengontrol persediaan dan memastikan bahwa persediaan tersedia saat membutuhkannya. Hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk memilih lokasi gudang yang strategis untuk mengoptimalkan waktu pengiriman.

  • Optimasi Rute Pengiriman

Dengan fitur dari transportation management system ini, perusahaan dapat merencanakan rute pengiriman yang paling efisien.

  • Analisis Data

Dalam sistem manajemen transportasi terdapat analisis data yang membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas operasi logistik.

Dengan kemudahan informasi terkait waktu pengiriman, biaya pengiriman, dan lokasi gudang, perusahaan dapat mengidentifikasi tren dan kesempatan untuk meningkatkan kinerja logistik. 

Demikian penjelasan mengenai transportation management system yang dapat memudahkan perusahaan dalam kegiatan logistik.

Agar kegiatan logistik perusahaan anda semakin mudah, aman, dan minim hambatan perlu menggunakan layanan pengiriman terbaik. 

Ada rekomendasi yang memudahkan anda dalam mengatur orderan dengan mudah dan cepat dalam sistem terintegrasi melalui Shipping Everpro. Anda bisa merasakan berbagai keuntungan berikut:

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 30%
  • Gratis biaya retur paket 
  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi terbaik ke seluruh Indonesia, bebas pilih.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan.

Ingin mendapatkan semua keuntungan tersebut? Yuk, segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya