Beranda » Tips & Trick » Tujuan Promosi: Pengertian, Tujuan dan Fungsinya bagi Bisnis

Tujuan Promosi: Pengertian, Tujuan dan Fungsinya bagi Bisnis

Apa itu promosi dan apa tujuan promosi untuk bisnis? Simak artikel ini untuk mengetahui informasi seputar promosi untuk bisnis!

Promosi merupakan jantung dari setiap bisnis. Tanpa melakukan promosi yang efektif. Produk atau jasa yang kita tawarkan akan sulit dikenal oleh konsumen. 

Namun, apa sebenarnya tujuan dari promosi? Pada artikel ini kami akan membahas secara mendalam macam-macam tujuan dari promosi pada bisnis. 

Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui macam-macam tujuan dari promosi!

Apa itu Promosi

tujuan promosi
Sumber: freepik.com

Sebelum jauh membahas tujuan dari promosi, mari kita sama-sama bahas apa itu promosi terlebih dahulu. 

Promosi merupakan segala bentuk upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau individu untuk memperkenalkan, mempromosikan atau menjual produk atau jasa kepada target pasar.

Promosi meliputi berbagai aktivitas komunikasi yang bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk dan meyakinkan calon konsumen untuk kemudian membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Nah, promosi ini penting banget dilakukan oleh suatu usaha agar bisnis tersebut tetap bisa berjalan karena adanya transaksi dari pelanggan.

Jenis-Jenis Promosi

tujuan promosi
Sumber: freepik.com

Promosi memiliki beberapa jenis yang harus diketahui dengan baik. Berikut beberapa jenis dari promosi:

1. Iklan

Jenis promosi yang pertama adalah iklan. Jenis promosi ini sering dijumpai di beberapa media mulai dari iklan tv, poster, billboard dan lain sebagainya. Jenis promosi iklan berperan untuk meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.

2. Penjualan

Selanjutnya ada penjualan atau sales. Jenis promosi yang melibatkan kegiatan menawarkan atau memperkenalkan produk atau jasa kepada calon pelanggan. Tujuannya adalah agar barang/jasa dari produsen sampai ke penjual akhir.

3. Mulut ke Mulut

Pembicaraan mulut ke mulut menjadi salah satu jenis promosi yang memberikan keuntungan yang besar. Hal ini karena jenis promosi ini bisa didapatkan secara gratis melalui konsumen yang puas dengan produk atau jasa yang kita jual.

4. Personal Selling

Personal selling adalah salah satu jenis promosi untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan. Caranya adalah dengan melakukan interaksi positif antara pengusaha dan calon pelanggan.

5. Hubungan Masyarakat

Membangun dan menjaga hubungan dalam dunia bisnis merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu. Promosi melalui hubungan tersebut bisa membuka potensi transaksi dan meningkatkan penjualan.

6. Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah promosi yang dilakukan langsung ke pada target konsumen. Tujuan dari jenis promosi ini yaitu untuk mendapatkan feedback dan reaksi mereka terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan.

Tujuan Promosi

tujuan promosi
Sumber: freepik.com

Berikut beberapa tujuan dari dilakukannya promosi untuk bisnis:

1. Menginformasikan 

Jika melansir dari repository.iainkudus.ac.id oleh S Fu’ain, tujuan utama dari promosi adalah untuk menginformasikan berbagai jenis produk yang kita tawarkan kepada target konsumen.

Menginformasikan bisa berupa informasi harga, kualitas, manfaat kegunaan dan lain sebagainya. Tujuan promosi menginformasikan adalah untuk:

  • Menjelaskan cara kerja suatu produk
  • Menginformasikan produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan
  • Memberitahu cara pakai suatu produk atau jasa
  • Memberikan informasi harga jual atau perubahan harga yang terjadi
  • Mengurangi ketakutan dan kekhawatiran dari pelanggan untuk produk

2. Membujuk Target Pelanggan

Tujuan selanjutnya adalah untuk membujuk calon pelanggan melakukan transaksi pembelian atau meningkatkan hubungan pelanggan jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan promosi membujuk pelanggan untuk:

  • Mendorong calon pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian produk atau jasa
  • Membentuk pemikiran jika produk yang kita tawarkan merupakan solusi untuk permasalahan mereka

3. Mengubah Tingkah Laku

Melakukan promosi dapat mengubah tingkah laku atau kebiasaan calon pelanggan. Promosi juga bisa mengubah pandangan mereka terhadap suatu produk tertentu.

4. Meningkatkan Keuntungan

Promosi dilakukan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan. Promosi yang efektif kepada calon pelanggan dapat membuat angka penjualan naik. Semakin efektif sebuah promosi yang dilakukan semakin besar juga keuntungan yang bisa didapat.

5. Mengingatkan Suatu Merek

Selanjutnya promosi juga bertujuan untuk mengingatkan suatu merek kepada calon pelanggan. Ini agar posisi produk yang kita pasarkan diterima di hati masyarakat dan digunakan dalam keseharian masyarakat.

6. Membedakan dengan Produk Pesaing

Promosi juga bertujuan untuk membedakan produk kita dengan produk pesaing. Ini penting dilakukan agar pelanggan bisa mengetahui kualitas dari produk yang kita tawarkan.

Fungsi Promosi

tujuan promosi
Sumber: freepik.com

Selain tujuan, promosi juga memiliki fungsi yang penting untuk kita ketahui. Berikut fungsi dari promosi:

1. Menciptakan Daya Tarik ke Pelanggan

Salah satu fungsi penting dari promosi adalah dapat menciptakan daya tarik pelanggan. Dengan begitu pelanggan bisa tertarik untuk melakukan transaksi karena sudah mengetahui informasi-informasi penting dari produk

2. Menarik Perhatian

Fungsi selanjutnya adalah untuk menarik perhatian dari calon pelanggan. Aktivitas promosi diharapkan dapat menarik perhatian dari pelanggan untuk melakukan pembelian.

3. Menciptakan Kesan

Dengan promosi bisa meninggalkan kesan atau image yang positif kepada pelanggan. Jika promosi yang dilakukan efektif untuk bisa meninggalkan kesan positif sehingga mereka dapat mempertimbangkan produk yang kita tawarkan.

4. Mengembangkan Rasa Penasaran Pelanggan

Kemudian promosi juga dapat membuat calon pelanggan menjadi lebih penasaran dengan produk yang kita promosikan. Ini sangat penting karena dengan begitu mereka akan mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

5. Mendapatkan Pelanggan Baru

Fungsi yang terakhir sudah pasti adalah untuk mendapatkan pelanggan pelanggan baru. Promosi yang efektif bisa menarik pelanggan baru untuk menggunakan produk atau layanan yang kita tawarkan.

Selain promosi, kamu juga harus menggunakan layanan optimasi bisnis agar omset kamu bisa naik secara cepat dan signifikan. 

Everpro punya banyak layanan yang tersedia yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Mulai dari Shipping, Ads, Chat, CRM, Marketplace Enabler dan masih banyak lagi.

Setiap layanannya juga memiliki benefit-benefit yang bisa bikin bisnis kamu makin cuan. Pelajari lebih lanjut Everpro untuk mengetahui apa aja yang bisa kamu dapatkan dan cara daftarnya!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya