everpro

WhatsApp Bot Indonesia: Teknologi Unggulan untuk Bisnis!

Cari tahu tentang WhatsApp Bot Indonesia yang berguna untuk membantu mengembangkan bisnis yang kamu punya di sini!

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk membantu mengembangkan bisnis. Dengan aplikasi berbagi pesan ini banyak bisnis yang sudah berkembang apabila digunakan dengan benar.

Masalahnya tidak semua pebisnis sudah aware dengan kegunaan WhatsApp yang satu ini, belum lagi mereka juga belum tahu betul bagaimana cara penggunaan yang benar.

So, pada artikel ini kami akan memberikan pembahasan yang sayang untuk kamu lewatkan. Karena kita tahu WhatsApp berguna sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan pelanggan yang baik.

Pelayanan pelanggan yang baik merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis yang kita jalankan. Apa itu WhatsApp bot? dan apa saja kegunaannya? 

So, tanpa berlama-lama lagi mari kita simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu WhatsApp Bot Indonesia

whatsapp bot indonesia
Sumber: google.com

Sebelum kita jauh membahas tentang WhatsApp Bot ini, mari kita bahas pengertian dan penjelasannya terlebih dahulu.

WhatsApp Bot Indonesia atau WA Bot merupakan salah satu fitur yang ada di WhatsApp Business API. Pada fitur tersebut terdapat program kecerdasan buatan (AI) yang dapat bekerja secara otomatis.

Nah, biasanya Bot ini digunakan oleh para pebisnis untuk merespon setiap pesan yang masuk melalui platform WhatsApp. Mengapa demikian? Karena teknologi ini memungkinkan para pebisnis untuk melakukan komunikasi dua arah.

Selain untuk merespon atau membalas pesan dari pelanggan, WA Bot juga berguna untuk menyebarkan informasi penting seperti update bisnis, promo yang berlangsung, katalog dan lain-lain.

Untuk menggunakan teknologi ini secara gratis, para pebisnis yang berminat harus mendaftar WhatsApp API terlebih dahulu. Setelah itu, mereka dapat menggunakan Bot ini untuk melakukan hal-hal tersebut.

Apa Manfaat WhatsApp Bot

Nah, setelah kami jelaskan sedikit penjelasan seputar WhatsApp Bot ini dan beberapa manfaatnya, selanjutnya kami akan membahas secara lengkap terkait manfaatnya untuk kamu. 

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa pebisnis dapatkan dari fitur WA bot Indonesia ini:

  • Melayani pelanggan selama 24 jam.
  • Interaksi dengan pelanggan melalui platform WA yang mereka gunakan sehari-hari.
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan guna membangun kepercayaan dan loyalitas.
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi karena bisa menangani lebih dari 1000 pelanggan sekaligus dengan cepat.
  • Mendorong peningkatan lead generation
  • Menghemat biaya karena tidak perlu merekrut customer service atau menghabiskan pulsa telepon.

Fitur WhatsApp Bot Indonesia

whatsapp bot indonesia
Sumber: google.com

Selain manfaat atau keuntungan yang bisa pebisnis dapatkan dari WhatsApp Bot ini, mereka juga bisa merasakan dan mendapatkan fitur-fitur yang ada dari WA bot ini.

Apa saja fitur-fiturnya? Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Meneruskan Pesan Otomatis (Rotator)

Fitur pertama yaitu fitur pesan otomatis atau rotator. Dengan fitur ini pebisnis dapat meneruskan pesan dari pelanggan ke customer service yang sebelumnya sudah diatur secara otomatis.

Dengan fitur ini pebisnis bisa menghemat waktu dan bekerja secara lebih efisien dan efektif karena pelanggan tidak perlu menunggu respon CS dalam waktu yang lama.

2. Membalas Pesan Otomatis (Auto Reply)

Selain itu, WhatsApp Bot juga memiliki fitur penting yaitu auto reply. Fitur ini berguna untuk menjawab setiap pesan dari pelanggan secara otomatis.

Pesan auto reply ini bisa pebisnis kustomisasi dengan memberikan pesan berupa greeting message, daftar harga produk, info harga atau foto dan lain-lain.

Simak contoh template messages WA Business pada artikel “5 Contoh Template Greeting Message WhatsApp Business

3. Dapat Mengakses di Banyak Perangkat (Multiple Users)

Dengan fitur multiple users memungkinkan pebisnis untuk menggunakan satu akun WhatsApp Business pada banyak perangkat.

Dengan begitu, pebisnis dapat mengelompokkan ke banyak CS atau admin. Hal ini dapat menghemat waktu untuk merespon pelanggan.

4. Akun Bot WhatsApp Terverifikasi (Centang Hijau)

Fitur selanjutnya adalah fitur Verified Account yang ditandai oleh centang hijau. Tanda ini menunjukan bahwa akun WA telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis oleh pihak Facebook.

Dengan fitur ini pebisnis dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan.

5. Integrasi dengan sistem CRM

Dengan integrasi CRM dapat membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Integrasi ini memudahkan tim CS untuk mengakses semua informasi yang pelanggan butuhkan.

6. Fitur Laporan Analitik

Fitur terakhir yang sama pentingnya adalah fitur laporan analitik terkait interaksi bisnis dengan pelanggan dalam satu dashboard. Dengan fitur ini, pebisnis dapat mengetahui semua laporan terkait bisnis dengan lengkap.

Nah, Everpro punya layanan yang bisa bantuin kamu mengembangkan bisnis kamu juga, lho. Layanan ini bernama CRM yang secara fungsi sama dengan WhatsApp Bot Indonesia ini.

Tapi bedanya, Everpro bisa kasih banyak keuntungan dibandingkan WA Bot. Apa aja sih keuntungan yang bisa kita dapetin kalo bergabung dengan layanan ini? Simak di bawah ini!

  • Akses Database Pelanggan
  • Label dan Segmentasi Customer
  • Broadcast Pesan dan Automasi Alur Kerja
  • Update Status Paket

Hanya dengan Rp. 149.000/bulan kamu bisa mendapatkan fitur unggulan di atas. Dengan fitur-fitur unggulan di atas kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dengan cepat dan efisien!

Kalo kamu masih ragu kamu bisa mencoba secara gratis juga, lho.

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya