Panduan WhatsApp Business Automation Tingkatkan Konversi Bisnis

WhatsApp Business Automation menjadi satu dari banyaknya alasan para pebisnis online saat ini yang memutuskan untuk menggunakan WhatsApp Business dalam aktivitas penjualan mereka.

Ketika merasakan manfaat dari fitur aplikasi bawaan Meta yang satu ini, berbagai aktivitas bisnis terutama untuk mengelola pesan dengan pelanggan di WA jadi lebih cepat dan praktis.

Apa itu WhatsApp Business Automation dan bagaimana cara kerjanya untuk keberlangsungan bisnis online? Mari simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apa itu WhatsApp Business Automation?

whatsapp business automation
Sumber: google.com/bersosial

WhatsApp Business Automation adalah fitur yang diracang oleh WhatsApp Business untuk membantu pebisnis online dalam mengelola komunikasi dengan pelangga secara lebih efisien.

Dengan menggunakan otomatisasi, fitur ini memungkinkan kamu meningkatkan interaksi, menghemat waktu membalas pesan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Benefit WA Bisnis Otomatisasi

WA Business Automation akan memberikan beragam manfaat untuk pebisnis, diantaranya:

1. Mengurangi Beban Kerja Manual

Fungsi utama adanya WA Automation yaitu untuk mengefektifkan alur kerja. Ketika banyak pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual, kini terbantu dengan fitur otomatisasi.

Misalnya, kebutuhan untuk menjawab pertanyaan umum, mengirim informasi produk, hingga pesan menyambut pelanggan baru yang dapat dilakukan secara otomatis.

Sehingga, kamu dan tim bisa fokus pada tugas yang lebih penting dan menjadi prioritas.

2. Meningkatkan Response Time

Menyediakan dukungan layanan 24/7 adalah keunggulan yang disukai pelanggan, karena mereka mengirim pesan dengan waktu yang tidak dapat diprediksi.

Dengan fitur pesan otomatisasi ini, kamu dapat mengirim balasan dengan cepat tanpa membuat pelanggan menunggu terlalu lama, bahkan ketika kamu dan tim sedang tidak tersedia.

3. Mempercepat Konversi Penjualan

Kepuasan pelanggan terhadap layanan juga sangat berpengaruh terhadap konversi penjualan. Misalnya, ketika melihat katalog dan menerima informasi dari pesan otomatis.

Sebaliknya, ketika pesan tidak menggunakan otomatisasi, peluang penjualan bisa saja menurun atau terhalang karena pelanggan terlalu lama menunggu informasi produk/jasa yang dibutuhkan.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Ketika respons pesan lebih cepat dan informatif, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan puas.

Karena itu, dengan WA Business Automation ini, kamu dapat memberikan layanan yang lebih baik, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

5. Memaksimalkan Kampanye Pemasaran

Kampanye pemasaran sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran merek hingga mencapai target penjualan. Untuk mewujudkannya, WA Business Automation menyediakan kemudahan.

Fitur otomatisasi ini memungkinkan kamu mengirim pesan follow up kepada pelanggan secara massal dan terarah, sehingga kamu dapat menjangkau lebih banyak target pembeli spesifik.

Dari beberapa manfaat di atas, kamu bisa menikmati seluruhnya hanya dengan menggunakan Everpro Chat, yaitu platform yang membantu bisnis online mengelola pesan ke pelanggan.

Dengan Everpro Chat kamu bisa mengimplementasikan WA Business Automation secara efektif dan memaksimalkannya dengan fitur-fitur andalan lainnya.

Cara Kerja WhatsApp Business Automation

whatsapp business automation
Sumber: google.com/bersosial

Secara garis besar, WhatsApp Business Automation bekerja dengan cara mengintegrasikan fitur otomatis untuk berkomunikasi antara pebisnis dan pelanggan di aplikasi WhatsApp.

Jadi, ketika kamu mengatur setelan otomatis dan ada pesan masuk dari pelanggan, maka sistem akunmu akan otomatis mengirim teks balasan yang relevan dengan cepat.

Ada tiga tipe pesan yang dikirim melalui pesan otomatisasi ini, yaitu:

1. Greeting Message

Tipe pertama ini yaitu pesan dengan kalimat sapaan atau greeting message yang diberikan kepada pelanggan baru untuk memulai percakapan di obrolan WhatsApp.

2. FAQs

FAQ (frequently asked question) merupakan tipe pesan yang berisi jawaban dari pertanyaan umum dan paling banyak ditanyakan sebagian besar pelanggan.

3. Away Message

Tipe ketiga yaitu away message, yaitu tipe pesan untuk menjangkau pelanggan saat diluar jam operasional sehingga pelanggan tahu bahwa pertanyaan mereka akan ditanggapi nanti.

Fitur WhatsApp Business Automation

Tidak hanya bekerja untuk mengirim pesan otomatis saja, ada banyak hal lainnya yang ditawarkan oleh WA Business Automation. Fitur-fiturnya akan dibahas di bawah ini.

1. Pesan Auto Reply

Fitur auto reply berguna untuk mengirim balasan otomatis ke pelanggan, sehingga mereka tidak terlalu lama menunggu meskipun kamu sedang tidak aktif di WhatsApp Business.

Misalnya, terdapat pesan masuk dari pelanggan yang bertanya tentang produk yang kamu jual, lalu pesan otomatis akan terkirim ke pelanggan dengan teks, “Terima kasih telah menghubungi kami, kami akan membalas pesan kamu secepatnya, ya.”

Dengan fitur auto reply ini, pelanggan jadi merasa lebih dihargai dan mendapatkan kepastian bahwa mereka telah terhubung dengan kamu.

2. Integrasi Chatbot

Kamu juga bisa membuat bot WhatsApp dengan WA Automation ini, sehingga pesan untuk pelanggan bsia dikirim bisa secara real-time. 

WhatsApp Bot Indonesia bukan hanya bisa mengirim pesan sambutan saja, tapi kualitas pesan yang lebih luas yaitu dengan beberapa template informasi yang sering ditanyakan pelanggan.

Selain meningkatkan kepuasan pelanggan, bisnis juga dapat mengalokasikan tugas dengan lebih efektif, termasuk tugas customer service yang merespon saat jam operasional saja.

3. Kirim One Time Password (OTP)

WhatsApp Business Automation juga bisa kamu manfaatkan untuk mengirim kode OTP kepada pelanggan ketika mereka ingin melakukan transaksi atau masuk ke aplikasi.

Kode OTP ini akan dikirim secara otomatis kepada pelanggan hanya dengan hitungan detik. Jadi, kamu tidak perlu aktif 24 jam untuk mengirim OTP kepada pelanggan.

4. Broadcast WhatsApp

Nikmati juga fitur mengirim pesan broadcast ke banyak kontak secara bersamaan melalui fitur WA Business Automation ini. Kamu juga bisa menentukan jadwal kapan pesan perlu dikirim.

Selain itu, kamu diberikan kebebasan untuk mempersonalisasi pesan sehingga komunikasi dengan pelanggan terasa lebih natural.

5. Notifikasi WhatsApp

Fitur lainnya yaitu notifikasi WhatsApp yang dapat digunakan untuk mengirim pengingat atau konfirmasi mengenai proses transaksi yang dilakuakn pelanggan.

Misalnya, terdapat pelanggan yang sudah memasukkan produk kamu di keranjang mereka, maka kamu bisa kirim notifikasi sebagai pengingat untuk segera melakukan pembayaran.

Bahkan, kamu juga bisa menambahkan informasi lainnya seperti rekomendasi produk serupa yang kemungkinan besar diminati pelanggan.

Cara Membuat Pesan Otomatis WA Bisnis

WhatsApp Business Automation
Sumber: google.com/bersosial

1. WA Business Biasa

Kamu bisa ikuti langkah-langkah membuat pesan otomatis di WhatsApp Business berikut:

  • Unduh dan buat akun WhatsApp Business.
  • Buka aplikasi WhatsApp Business.
  • Klik ikon Titik Tiga di bagian kanan atas layar.
  • Pilih menu Business Tools.
  • Pilih menu Quick Replies/Balas Cepat.
  • Klik Add, lalu buat pesan yang akan dikirim ke pelanggan.
  • Klik Simpan/Save untuk menyimpan pengaturan pesan yang sudah dibuat.

Berikut ini contoh teks percakapan yang baik untuk pesan otomatis:

Pesan Selamat Datang:  “Halo! Terima kasih telah menghubungi Everpro. Silakan beri tahu apa yang dapat mimin bantu untuk kamu.”

Pesan Tidak Aktif: “Terima kasih telah menghubungi kami. Saat ini kami sedang tidak aktif, tetapi kami akan membalas pesan kamu secepatnya.”

2. WA Business API Everpro Chat

Jika ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan Everpro Chat yang telah terintegrasi dengan WA Business API.

Everpro Chat memiliki fitur balasan otomatis, yaitu Multiple Customer Service (CS) management yang memungkinkan hingga 10 orang customer service menggunakan satu platform yang sama.

Begini cara menggunakan Everpro Chat untuk kirim pesan otomatis:

  • Masuk ke dashboard Everpro atau unduh aplikasi Everpro di smartphone.
  • Pada beranda dashboard, pilih menu Everpro Chat di bagian kiri.
  • Klik Mulai Berlangganan dan pilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Daftarkan nomor WhatsApp di formulir pada menu Everpro Chat.
  • Tunggu konfirmasi approval yang dikirim oleh tim Everpro selama 1-7 hari kerja.
  • Daftarkan agen atau customer service kamu ke Everpro.
  • Nomor siap digunakan untuk menikmati fitur kirim pesan otomatis di Everpro Chat.

Selain fitur di atas, dengan  Everpro Chat kamu bisa nikmati fitur premium lainnya yang tidak kamu dapatkan di WhatsApp Business biasa.

Mulai dari broadcast pesan yang anti-banned, manajemen database pelanggan, balas chat dengan Chatbot, hingga bisa pantau performa iklan.

Tertarik dengan fitur yang ditawarkan Everpro Chat? Yuk, daftar gratis dan saatnya maksimalkan bisnis online kamu bersama Everpro Chat!

Picture of Safira Rasendriya
Safira Rasendriya
SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya