everpro

WhatsApp Business Automation: Pengertian, Cara Kerja, Strategi

Ingin meningkatkan layanan pelanggan dan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mudah? Simak artikel WhatsApp Business Automation ini sampai habis!

WhatsApp bukan lagi sekedar aplikasi untuk berkomunikasi, namun sekarang menjadi platform penting bagi kebanyakan bisnis untuk terhubung secara cepat dengan pelanggan.

Banyaknya pesan yang masuk ke WhatsApp bisnis memungkinkan kamu tidak bisa meresponsnya secara manual karena tidak efisien dari segi waktu.

Maka dari itu diperlukan WhatsApp Business Automation sebagai strategi yang dapat membantu permasalahan bisnis kamu dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Pengertian WhatsApp Business Automation

whatsapp business automation
Sumber: google.com

WhatsApp Business Automation adalah fitur yang disediakan oleh WhatsApp API yang bertujuan untuk membantu bisnis dalam menangani percakapan maupun pertanyaan pelanggan secara otomatis di WhatsApp.

Fitur ini akan menciptakan komunikasi yang responsif, cepat, dan juga cerdas karena bisa membalas seperti layaknya manusia dan menerima pesan selama 24/7.

Tak hanya itu, WhatsApp Business Automation ini bisa mengirimkan berbagai jenis pesan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu seperti FAQ, greeting message, away message.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengirimkan pesan broadcast ke banyak kontak sekaligus hanya dengan satu klik saja, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Alasan Bisnis Kamu Perlu Menggunakan WhatsApp Business Automation

WhatsApp Business Automation membantu bisnis kamu dalam menghemat waktu dan juga biaya. 

Respons pesan dengan tepat waktu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya bisa meningkatkan pertumbuhan dari bisnis kamu.

Oleh karena itu, berikut penjelasan mengapa kamu perlu menggunakan WhatsApp Business Automation.

  • Pesan Otomatis dan Personal

Kamu bisa mengatur komunikasi secara otomatis untuk dikirimkan kepada pelanggan di waktu yang telah kamu tentukan.

Pesan tersebut bisa berisi konfirmasi pesanan, informasi produk terbaru, pembaruan pengiriman, memberikan ucapan, dan lain-lain.

Dengan adanya otomatisasi pemasaran WhatsApp, maka kamu dapat memberikan informasi serta respons secara cepat.

Baca Juga: Inilah Cara Mudah untuk Kirim Pesan Otomatis di WhatsApp!

  • Chatbots

Sekarang kamu bisa mengintegrasikan chatbot ke dalam WhatsApp Business untuk membantu kamu dalam memahami serta menjawab pertanyaan dan memberikan informasi kepada pelanggan.

Percakapan yang ditangani oleh chatbot seperti rasanya chat dengan manusia, sehingga dapat memberikan interaksi yang interaktif, menarik, dan juga secara personal kepada pelanggan.

  • Pemberitahuan dan Pembaruan

Dapat memberitahu dan mengingatkan pelanggan terkait soal penawaran khusus, event, atau perkembangan produk dan layanan yang terdapat di bisnis kamu.

Ini bermanfaat untuk membantu dalam menjaga pelanggan untuk tetap mendapatkan informasi dan juga memberikan citra positif kepada calon pelanggan yang tertarik dengan bisnismu.

  • Biaya yang Efektif

Strategi WhatsApp marketing ini paling efektif dibandingkan dengan strategi lainnya karena biaya yang dikeluarkan sangatlah efektif dan efisien.

Efisien dari segi waktu, meminimalisir adanya human error, dan tidak memerlukan tenaga tambahan untuk menangani pesan dengan volume yang tinggi.

Sebab, hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan juga dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

  • Balasan yang Instan

Tentunya, banyak sekali pertanyaan yang sama dan sering ditanyakan oleh banyak pelangganmu, sehingga kamu dapat membuat jawaban singkat untuk pertanyaan yang terus menerus ditanyakan tersebut.

Respons yang kamu berikan akan lebih cepat dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap respons yang kamu berikan.

  • Integrasi CRM

Mengotomatisasi manajemen data dengan interaksi pelanggan yang terintegrasi WhatsApp Bisnis dapat kamu peroleh manfaatnya dengan mengintegrasikannya dengan CRM.

Berdasarkan informasi yang diperoleh bisnis kamu dapat memantau preferensi dan perilaku pelanggan, memberikan pengalaman yang terbaik, dan menyimpan dengan rapi catatan dari kontak pelanggan kamu.

  • Manajemen Pemesanan

WhatsApp Business Automation ini bisa menyederhanakan proses pengelolaan pesanan yang telah kamu buat.

Kamu dapat mengotomatisasi berbagai langkah mulai dari menerima pesanan sampai konfirmasi pesanan, memantau status pengiriman, dan mengumpulkan feedback dari beberapa pelanggan.

Strategi tersebut dapat meningkatkan efisiensi, kepuasan pelanggan juga meningkat, dan berkurangnya kesalahan.

Baca Juga: Gampang Banget! Begini 8 Cara Banjir Orderan di WhatsApp

Tipe Pesan yang Bisa Dikirimkan WhatsApp Business Automation

Jenis pesan berikut ini bisa dikirimkan melalui WhatsApp Business Automation, simak dan pelajari selengkapnya di bawah ini.

  • Greeting Message

Merupakan pesan dengan kalimat sapaan yang kamu berikan kepada pelanggan ketika baru memulai suatu percakapan sesuai dengan gaya bisnis kamu.

Saat pelanggan mulai interaksi denganmu pesan ini akan muncul secara otomatis, sehingga greeting message menjadi jembatan interaktif awal kamu dengan pelanggan.

Kamu dapat menggunakan contoh greeting message WhatsApp Business untuk memudahkan kamu dalam mengisi pesan tersebut.

  • FAQs

Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan dengan pertanyaan yang sama, sehingga pesan ini akan muncul jawabannya secara otomatis ketika pertanyaan umum tersebut muncul.

Kamu bisa menetapkan penggunaan tag dengan mengetik “/” yang diikuti dengan keyword, sehingga kamu dapat menghemat waktu dan energi dalam menjawabnya.

  • Away Message

Kamu perlu menggunakan away message untuk terus menjangkau pelanggan meskipun bukan di jam operasional.

Cara ini sangat efektif untuk tidak membuat pelanggan pergi dan kecewa karena pelanggan sudah diberitahu melalui away message bahwa kamu akan menanggapi di jam operasional terkait permintaan yang mereka ajukan.

Cara Kerja WhatsApp Business Automation

Sebenarnya cara kerja dari WhatsApp Business Automation bisa dilakukan dalam waktu singkat, sebab sangat sederhana yaitu sistem tersebut akan membalas pesan sesuai dengan trigger yang telah ditentukan oleh kamu.

Salah satu kelebihan dari WhatsApp Business Automation adalah bisa menjawab pertanyaan pelanggan secara bersamaan, sehingga menghemat waktu, bukan?

Cara kirim pesan terjadwal di WhatsApp bisa kamu kirimkan lewat WhatsApp Business Automation seperti pembelian online yang dipicu dengan pesan konfirmasi untuk pelanggan dan ucapan terima kasih.

Cara Menggunakan WhatsApp Business Automation

cara menggunakan whatsapp business automation
Sumber: google.com

Apabila kamu sudah yakin untuk menggunakannya, maka terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan dan berikut adalah penjelasannya.

  • Dengan WhatsApp Business

Kamu bisa mengakses WhatsApp Business untuk menggunakan WhatsApp Business Automation secara gratis di Play Store maupun App Store.

Aplikasi kirim pesan wa otomatis tersebut dapat kamu jadwalkan pesannya ketika kamu sedang di luar jam operasional atau offline yang nantinya saat kamu sedang online dapat kamu hubungi pelanggan tersebut sesegera mungkin.

  • Dengan WhatsApp Business API

Upgrade WhatsApp Business kamu ke WhatsApp Business API menjadi cara kedua yang bisa kamu lakukan karena aplikasi ini tentunya lebih canggih.

Kalau di WhatsApp Business API kamu tidak hanya menggunakan fitur autoreply, melainkan kamu dapat menggunakan fitur Chatbot

Dengan fitur tersebut, hubungan kamu dengan pelanggan akan terjalin 24/7 walaupun di luar jam kerja.

Fitur WhatsApp Business Automation

Berikut ini adalah fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business Automation.

  • Auto Reply

Fitur ini dapat membalas pesan secara otomatis, sehingga sangat efektif dan juga efisien ketika kamu sedang tidak ada waktu karena kesibukan yang dimiliki.

  • Chatbot

Fitur canggih ini dapat berinteraksi dengan pelangganmu melalui percakapan seperti layaknya manusia pada umumnya dengan penggunaan bahasa yang natural.

Komunikasi tersebut dapat terjalin meskipun kamu tidak bisa mengendalikan karena sedang sibuk dan percakapan tersebut memiliki pendekatan yang personal.

  • OTP

Sudah tidak asing tentunya dengan istilah ini yaitu One Time Password atau yang biasa disingkat dengan OTP yang berfungsi untuk konfirmasi identitas seseorang yang melakukan transaksi tertentu.

OTP memiliki cara kerja yaitu dengan mengirimkan kode OTP ke nomor WhatsApp yang kamu gunakan untuk memverifikasi suatu pendaftaran atau transaksi.

Kemudian kamu akan memasukkan kode tersebut ke dalam aplikasi atau website untuk dapat menyelesaikan tahap proses tersebut.

  • Personalisasi Pesan

Kamu akan berpotensi mendapatkan balasan positif dari pelanggan apabila mempersonalisasi pesan yang dikirim ke pelanggan. 

Dengan begitu, pelanggan merasa nyaman melakukan percakapan denganmu karena pesan yang kamu berikan lebih pribadi atau personal.

  • Schedule Broadcast

Pastinya ada kegiatan lain yang kamu kerjakan di dalam bisnis, maka fitur ini memudahkan kamu untuk menghemat waktu dan mengurangi beban kerja tim customer service.

Pesan broadcast yang ingin kamu kirimkan sekaligus atau blast bisa kamu jadwalkan dengan fitur schedule broadcast ini.

  • Livechat

Interaksi melalui video atau obrolan teks dengan pelanggan bisa kamu gunakan dengan fitur livechat, sehingga membantu dalam menanggapi masalah atau kendala yang dihadapi pelanggan secara langsung.

Lalu, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk komunikasi real time dengan pelanggan bisnis kamu.

  • Notifikasi WhatsApp

Tujuan fitur ini adalah memberikan informasi terbaru kepada pelanggan tentang sesuatu yang berkaitan dengan produk atau layanan bisnis kamu.

Pesan yang biasanya dikirimkan adalah reminder suatu event, pembaruan produk atau layanan, dan lain-lain yang penting untuk pelanggan ketahui.

  • Alokasi Tugas

Fitur terakhir adalah mengalokasikan atau membagi tugas-tugas kepada tiap agen untuk merespons pesan yang masuk supaya lebih cepat dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Strategi WhatsApp Business Automation

strategi whatsapp business automation
Sumber: google.com

Agar kamu dapat memanfaatkan WhatsApp Business Automation, maka kamu perlu mengikuti tips strategi berikut ini.

  • Pesan yang Relevan

Pelanggan bisa memblokir kamu kapan saja ketika mereka merasa kamu spam atau pesan yang kamu kirimkan cenderung membosankan atau tidak relevan.

Maka, penting untuk kamu dalam membuat pesan yang relevan dan bermanfaat untuk mereka supaya pelanggan bisa terus bersama dengan bisnis kamu.

  • Keterlibatan Manusia

Bisnis kamu perlu adanya prosedur dalam menangani pertanyaan atau permasalahan yang tidak bisa dilakukan oleh otomatisasi dan hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Sebab, keterlibatan manusia sangatlah penting dan diperlukan karena kita sedang berkomunikasi dengan manusia sama seperti diri kita sendiri.

  • Segmentasi Pelanggan

Biaya yang kamu keluarkan tergantung bagaimana kamu dapat mengelompokkan pelanggan ke dalam segmen.

Biaya tersebut akan lebih efisien jika kamu mengelompokkannya berdasarkan preferensi minat dan perilaku pelanggan itu sendiri.

  • Analisa dan Inovasi

Perkembangan digital akan terus berubah, sehingga kamu perlu terus beradaptasi dan belajar akan hal tersebut. Evaluasi dan inovasi penting untuk memantau performa otomatisasi dan memastikan kepuasan pelanggan.

Demikian pembahasan mengenai WhatsApp Business Automation dan semoga pemaparan informasi di artikel ini bermanfaat untuk kamu yang masih pemula di aplikasi WhatsApp pada bisnis.

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis yang informatif dan menarik lainnya hanya di Everpro!

Kamu juga bisa menggunakan strategi selain penjelasan artikel di atas yaitu dengan menggunakan layanan yang terpercaya dan resmi seperti Everpro Funnel.

Solusi untuk permasalahan bisnismu yang bisa meningkatkan konversi penjualan online dengan sistem terintegrasi.

Terdapat fitur terintegrasi di layanan Everpro Funnel yaitu:

  • LP Builder
  • WA Rotator
  • LPWA Real Chat Tracking
  • Custom Keyboard

Penggunaan fitur di layanan Everpro Funnel ini bisa membuat bisnis kamu menjadi maksimal dan mencapai tujuan target yang ingin dicapai.

Percayakan bisnis online kamu dengan Everpro Funnel dan daftar sekarang juga untuk menikmati banyak keuntungan mulai dari harga Rp 149.000 saja!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan