Kuasai Whatsapp Marketing Tools dan jadikan strategi marketing yang lebih efektif!
Whatsapp Marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan aplikasi Whatsapp Business untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan.
Strategi ini dapat menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan, jika dijalankan dengan tepat.
Kunci utama dalam menjalankan Whatsapp Marketing yang sukses adalah dengan menguasai Whatsapp Marketing Tools.
Dengan memahami fungsi dan cara penggunaannya, kamu dapat memanfaatkan tools tersebut secara optimal untuk mencapai tujuan marketing dari bisnis atau usaha.
Artikel ini akan membahas tentang beberapa Whatsapp Marketing Tools yang perlu kamu kuasai, beserta manfaat dan cara penggunaannya.
Daftar Isi:
ToggleKeuntungan Menguasai Whatsapp Marketing Tools
Whatsapp Marketing Tools adalah alat yang dapat membantu Kamu untuk mengelola dan meningkatkan strategi pemasaran melalui Whatsapp.
Berikut beberapa alasan mengapa Kamu harus menguasainya:
1. Meningkatkan Efisiensi Waktu
Dengan memanfaatkan beberapa tools dari WhatsApp Business, kamu bisa meningkatkan efisiensi waktu.
Kamu bisa melakukan mengirim pesan ke pelanggan, mengatur jadwal dan mengelola data pelanggan dengan lebih mudah dan cepat.
Dengan begitu, kamu bisa menggunakan tenaga dan waktumu untuk pekerjaan lain yang lebih penting.
2. Meningkatkan Engagement dengan Pelanggan
Kemudian, kamu juga bisa meningkatkan engagement dengan pelanggan dengan bantuan WhatsApp tools. Hal ini karena WA tools merupakan komunikasi dan promosi yang efektif.
Untuk meningkatkan engagement kamu bisa mengirim pesan dipersonalisasi dan menargetkan ke pelanggan sesuai dengan demografi maupun perilaku. Dengan engagement kamu bisa mendapatkan data perihal pelanggan.
3. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
Menggunakan WhatsApp tools memungkinkan bisnis kamu menjangkau lebih banyak pelanggan dengan cukup mudah.
Caranya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business API Pro untuk mengirimkan broadcast message ke banyak orang sekaligus. Dengan cara ini kamu bisa menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.
4. Meningkatkan ROI (Return of Investment)
Dengan menguasai Whatsapp marketing tools kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan investasi yang lebih sedikit.
Seperti yang sering diketahui budget untuk mempertahankan pelanggan relatif tidak sebanyak ketika akan mengakuisisi pelanggan baru.
Jadi jika kamu menguasai tools atau fitur ini dan hasilnya bagus akan meningkatkan Return of Investment yang bagus untuk jangka panjang.
5. Meringankan Biaya Marketing
Dengan bantuan WhatsApp Marketing tools kamu bisa menghemat biaya bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih personal dan efektif.
Fitur otomatisasi membuat kamu tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk tugas pemasaran.
Rekomendasi Marketing Tools untuk WhatsApp Business
Whatsapp Marketing Tools menawarkan berbagai fitur untuk mengoptimalkan dan mengotomatiskan kampanye pemasaran Anda di Whatsapp.
Berikut beberapa Whatsapp Marketing Tools yang penting untuk dikuasai:
1. Everpro Chat
WhatsApp marketing tools yang pertama yang bisa kamu coba adalah Everpro Chat. Tools ini merupakan tools terbaik untuk membantu bisnis kamu semakin optimal.
Everpro Chat punya banyak fitur yang bisa membantu bisnis kamu untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Berikut beberapa fitur yang bisa kamu rasakan dengan Everpro Chat:
- Kelola dan kirim pesan broadcast WA dengan aman
- Pantau performa iklan dengan real chat tracking
- Optimalin leads dengan sistem WhatsApp API
- Semua bisa buka sesi chat baru untuk closing yang lebih mudah
- Membagi leads secara otomatis ke beberapa agen CS
- Filter leads dengan chatbot Smart Reply secara otomatis
2. Chatbot Whatsapp
Dengan menguasai marketing tools chatbot, kamu bisa mendapatkan kemudahan menjawab pertanyaan umum, mengumpulkan data pelanggan, dan melakukan penjualan.
Chatbot dapat diprogram untuk memberikan informasi produk, membantu pelanggan dalam proses pembelian, dan bahkan menyelesaikan masalah pelanggan.
3. Fitur Pesan Whatsapp
Selanjutnya kuasai fitur pesan whatsapp yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu ada away message, quick replies dan juga greeting message.
Ketiganya memiliki fungsi masing-masing dan ada pengaturan tersendiri untuk penggunaanya.
Fitur pesan away message (sedang di luar jangkauan) fungsinya untuk memberitahu pelanggan ketika kamu tidak dapat membalas pesan mereka.
Kemudian ada greeting message WA yang digunakan untuk menyapa pelanggan yang baru memulai chat.
Fitur yang terakhir adalah quick replies yang biasanya kamu sudah menyiapkan template balasan untuk customer service seperti pertanyaan umum agar lebih cepat sehingga tidak membuang waktu untuk mengetik ulang.
4. Whatsapp Blast
Berikutnya adalah menguasai cara kirim pesan broadcast ke banyak pelanggan sekaligus secara bersamaan tanpa limit.
Tools WhatsApp blast cocok untuk mengumumkan promo, meluncurkan produk baru, atau memberikan informasi penting kepada pelanggan.
5. Whatsapp Rotator
Mengganti nomor Whatsapp yang digunakan untuk mengirim pesan blast. Whatsapp Rotator membantu menghindari pemblokiran oleh Whatsapp.
6. Schedule Message
Kemudian kuasai cara membuat pesan yang terjadwal untuk dikirim di kemudian hari.
Schedule message membantu kamu menghemat waktu dan mengirim pesan pada waktu yang tepat.
7. Dashboard Analitik
Jika usaha menggunakan Whatsapp Business Api yang terintegrasikan dengan CRM.
Maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara membaca dan mengelola dashboard analitik.
Dalam dashboard analitik tersebut terdapat informasi tentang performa kampanye Whatsapp, seperti jumlah pesan yang terkirim, jumlah pesan yang dibaca, dan tingkat klik-tayang.
Dashboard analitik membantu kamu mengukur efektivitas kampanye dan melakukan optimasi agar lebih baik.
8. Mengintegrasi WA dengan CRM
Menghubungkan Whatsapp dengan CRM maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang efektif.
Seperti halnya dengan menghubungkan landing page dengan Whatsapp. Whatsapp dapat menjadi journey terakhir bagi pelanggan yang berkunjung melalui website.
Pelanggan dapat melakukan proses final, seperti konsultasi ataupun pembelian, melalui Whatsapp.
Selain itu, data pelanggan yang terkumpul lewat pengisian lead generator di landing page bisa dimanfaatkan sebagai database customer.
Data ini dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dan promosi yang relevan kepada pelanggan.
Dengan menghubungkan Whatsapp dengan CRM dan landing page, kamu dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi dengan pelanggan, serta meningkatkan penjualan.
Nah, biar makin optimal penggunaan WhatsApp untuk layanan pelanggan, kamu bisa menggunakan layanan Everpro Chat.
Mengapa Everpro Chat? Karena Everpro Chat bisa kasih kamu kemudahan untuk kelola dan kirim pesan WhatsApp dengan aman.
Selain itu, kamu juga mendapatkan kemudahan lain seperti bisa pantau performa iklan dengan real chat tracking, optimalkan leads dengan WhatsApp API, membagi leads secara otomatis ke beberapa agen CS dan masih banyak lagi.
Pelajari lebih lanjut Everpro Chat dan semua kemudahan yang ditawarkan sekarang juga!