everpro

With Delivery Courier Artinya dalam Status Pengiriman, Simak!

Istilah ‘with delivery courier’ kerap muncul saat melacak status pengiriman. Terlebih untuk pengiriman barang melalui JNE Express.

Pada dasarnya status pengiriman akan tampil dalam istilah-istilah tertentu. Istilah tersebut menjelaskan proses atau tahap pengiriman yang sedang berlangsung.

Maka dari itu pengguna perlu memahami istilah dalam status pengiriman agar mengerti kondisi barang kiriman. Lantas apa arti dari salah satu istilah status pengiriman ini?

Mari pelajari lebih lanjut penjelasan mengenai status ‘with delivery courier’ berikut ini.

With Delivery Courier Artinya?

with delivery courier artinya
Sumber: pexels.com

Ketika Anda melakukan pengiriman paket atau barang, biasanya Anda akan menerima nomor resi yang dapat digunakan sebagai nomor pelacakan untuk memonitor status pengiriman.

Saat sedang melacak paket dan status pengiriman yang tampil adalah with delivery courier artinya kurir sedang dalam perjalanan mengantarkan paket ke alamat penerima.

Setelah paket berada di kota tujuan dengan status received on destination. Maka langkah selanjutnya adalah kurir mengambil paket dan mengirimkannya ke alamat penerima.

Maka, status ini menunjukkan bahwa paket telah tiba di cabang atau agen terdekat dari alamat penerima. Kurir juga telah mengambil paketnya dan sedang dalam perjalanan untuk mengantarkannya ke alamat penerima sesuai yang tercantum di informasi penerima di paket.

Baca juga: Stuffing Adalah: Arti, Dokumen, dan Tahapnya dalam Proses Pengiriman

Arti With Delivery Courier dan Status Pengiriman Lainnya

arti with delivery courier
Sumber: pexels.com

Terdapat beberapa istilah lain yang tampil dalam status pengiriman, seperti berikut ini:

  • Shipment Received by Counter Officer at (Nama Kota): status ini menandakan bahwa pengirim telah mengantarkan paket ke pihak jasa pengiriman, dan jasa pengiriman telah menerima paket tersebut.
  • Shipment Pick Up by Courier: artinya paket telah kurir ekspedisi ambil untuk kemudian melanjutkan pengiriman ke pusat sortir barang.
  • Received at Sorting Center: status ini artinya paket telah berada di pusat sortir. Selanjutnya, paket akan disortir sesuai dengan kota tujuan.
  • Received at Warehouse: mengartikan bahwa paket telah sampai di gudang kota tujuan yang kemudian akan lanjut mengirimkannya ke agen pusat di tingkat kabupaten.
  • With Delivery Courier: artinya paket telah berada di kurir yang sedang mengantarkannya ke alamat penerima.
  • Received at Inbound Station: mengartikan bahwa paket telah sampai ke kantor cabang atau agen terdekat dengan alamat tujuan.
  • Delivered: status ini artinya kurir telah menyerahkan paket dan diterima oleh penerima sesuai alamat yang tercantum pada paket tersebut.

Berapa Lama dari Status With Delivery Courier ke Delivered?

with delivery courier
Sumber: pexels.com

Setelah paket bersama kurir pengiriman, maka dapat memperkirakan waktu sampai dengan cara melacak status secara berkala. 

Proses pengantaran paket dengan status with delivery courier hingga sampai ke alamat penerima (delivered) hanya membutuhkan waktu beberapa jam atau paling lama sehari.

Namun estimasi proses pengantaran paket dari kurir hingga sampai ke penerima tentu dapat bervariasi. Hal ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti jumlah paket yang harus kurir kirimkan pada hari tersebut.

Selain itu, jarak dari wilayah pengantaran satu ke yang lainnya juga bisa berpengaruh pada waktu sampai. Terlebih, jika alamat yang tertera di paket berada di daerah terpencil maka dapat memerlukan waktu yang lebih lama.

Tentunya pihak jasa ekspedisi akan mengupayakan sebaik mungkin agar paket sampai ke alamat penerima tidak melebihi estimasi pengiriman.

Penyebab Pengiriman Paket Menjadi Lama

penyebab pengiriman paket lama
Sumber: pexels.com

Dalam beberapa kasus, memang terdapat waktu pengantaran paket yang lebih lama, bahkan status with delivery courier belum berubah hingga melewati estimasi pengiriman.

Hal ini tentu dapat menimbulkan kekhawatiran bagi pelanggannya. Jika hal ini terjadi, maka pastikan lagi estimasi dan cek status pengiriman.

Selanjutnya, hubungi pihak ekspedisi untuk mengkonfirmasi kendala tersebut. Adapun, beberapa penyebab pengiriman paket menjadi lebih lama adalah karena:

  • Alamat Penerima Tidak Lengkap

Jika keterangan alamat penerima yang tertera di paket tidak jelas atau lengkap, hal ini dapat menyebabkan waktu pengantaran yang menjadi lebih lama.

Pasalnya, kurir harus mencari tahu dulu alamat yang benar, baik itu dengan mengkonfirmasi kepada penerima maupun pengirim. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka pastikan Anda telah mencantumkan alamat yang lengkap dan jelas, seperti mencantumkan nomor rumah, nama jalan ,dan sebagainya.

  • Terdapat Kendala Internal

Kemungkinan lain yang menyebabkan pengiriman menjadi lebih lama adalah karena terdapat masalah di pihak jasa pengiriman itu sendiri. 

Misalnya, kendaraan kurir yang terkendala sehingga tidak bisa mengirimkannya tepat waktu. Bisa juga terjadi karena sistem yang sedang error dan hal internal lainnya.

  • Kendala Penyortiran

Sebelum kurir mengirimkan ke alamat tujuan, tentunya paket akan melalui tahap penyortiran di agen wilayah tujuan. Hal ini berguna untuk memudahkan kurir mengirimkan beberapa paket dalam satu rute.

Adapun jika proses penyortiran ini salah atau tidak sesuai dengan rute pengiriman paket lainnya, maka menyebabkan kurir membutuhkan waktu lebih lama untuk mengantarkan paket tersebut.

  • Pengiriman Kurir Overload

Pada waktu tertentu volume pengiriman dapat membludak hingga menimbulkan overload, misalnya pada saat menjelang lebaran, tanggal cantik, dan sebagainya.

Dengan demikian kurir harus mengantarkan lebih banyak daripada biasanya. Hal ini dapat menyebabkan paket sampai ke penerima dengan waktu yang lebih lama.

  • Kendala Terkait Barang Kiriman

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan pengiriman menjadi lebih lama adalah terdapat masalah terkait barang kiriman. 

Masalah tersebut dapat timbul karena kelalaian jasa pengiriman, pengirim, maupun hal diluar kendali jasa pengiriman lainnya. Misalnya, barang ditahan oleh petugas pemeriksaan karena berisi barang terlarang.

Ataupun barang hilang, rusak, hingga terjadi kendala karena bencana alam. Maka dari itu sebaiknya asuransikan barang kiriman, dan cantumkan nomor aktif dari penerima maupun pengirim untuk mengkonfirmasi.

Baca juga: Maksud Received on Destinaton, Pahami Istilah Status Pengiriman Ini!

Cara Melacak Status Pengiriman

cara lacak status pengiriman
Sumber: pexels.com

Anda akan mengetahui status with delivery courier saat melacak pengiriman. Status pengiriman tersebut akan muncul dari aktivitas cek resi.

Cek resi dapat memudahkan pengguna untuk memantau kondisi barang kiriman. Berikut adalah langkah mudah untuk melacak status pengiriman di Everpro:

  1. Masuk ke laman resmi Everpro
  2. Kemudian pilih menu Cek Pengiriman dan klik opsi Cek Resi
  3. Setelah itu masukkan nomor resi serta pilih kurir ekspedisi
  4. Selanjutnya klik Lacak Paket, maka akan tampil status pengiriman terkini

Demikian penjelasan arti dari with delivery courier yang merupakan salah satu istilah dalam status pengiriman barang. Dengan mengetahui artinya, maka dapat memudahkan Anda saat melacak kondisi paket.

Selain kemudahan lacak paket berbagai ekspedisi hanya melalui satu halaman, Everpro juga menyediakan layanan yang dapat mempermudah proses pengiriman produk di bisnis online Anda.

Dengan layanan Shipping Everpro, mengatur pengiriman menjadi lebih mudah, cepat, dan aman karena terintegrasi dengan sistem pengiriman. Anda juga bisa merasakan keuntungan berikut:

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 30% 
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan

Mau kirim paket dengan berbagai keuntungan tersebut? Yuk, segera daftarkan bisnis Anda dengan layanan Shipping Everpro sekarang!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya