Home / Learning Management / Insight / Tips & Trick / Bagaimana Cara Membalas Chat Otomatis di WA Bisnis? Ini Jawabannya!

Bagaimana Cara Membalas Chat Otomatis di WA Bisnis? Ini Jawabannya!

Ingin bikin balas chat dari pelanggan dengan cepat? Coba pakai chat otomatis aja! Simak bagaimana cara membalas chat otomatis di WA Bisnis selengkapnya di sini!

Sering kehilangan pelanggan karena chat yang menumpuk di luar jam kerja atau saat sedang sibuk? Udah saatnya memanfaatkan fitur auto reply yang bisa otomatis balas pesan pelanggan di saat kamu nggak bisa balas. 

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang fitur auto reply WA ini pada bisnis yang bisa bikin jadi komunikasi jadi lebih cepat dan efektif!

Bagaimana Cara Membalas Chat Otomatis di WA Bisnis

bagaimana cara membalas chat otomatis di wa bisnis?
Sumber: freepik.com

Cara menggunakan fitur auto reply itu gampang banget, lho. Berikut cara mudah untuk menggunakan fitur auto reply di WA Bisnis:

  • Buka Aplikasi WA Bisnis di HP
  • Tap ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih “fitur bisnis”
  • Pilih “pesan di luar jam kerja” (untuk auto reply saat kamu off)
  • Aktifkan fitur ini, lalu tulis pesan otomatisnya. Contohnya: 

“Hai! Terima kasih sudah menghubungi kami. Saat kamu chat di luar jam operasional kami, tapi akan segera merespon pesan kamu secepatnya ya!”

  • Atur waktu aktifnya dan siapa saja yang menerima pesan ini (semua orang, kontak tertentu, dll)
  • Simpan pengaturan tersebut.

Gampang banget kan? Kamu juga bisa memaksimalkan fitur auto-reply pada bisnis kamu dengan bantuan platform bisnis dari Everpro Chat. Platform bisnis ini punya banyak keuntungan dan fitur melimpah yang bikin bisnis mudah untuk dikelola.

Kenapa Auto Reply WA Bisnis Penting?

bagaimana cara membalas chat otomatis di wa bisnis?
Sumber: freepik.com

Fitur auto reply itu sangat penting digunakan pada WA Bisnis. Berikut beberapa alasan mengapa auto reply WA bisnis itu sangat penting digunakan:

1. Gak Bikin Pelanggan Nunggu Lama

Alasan pertama adalah kamu gak akan bikin pelanggan nunggu lama karena fitur auto reply bisa membalas chat dengan instan. 

2. Menghindari Slow Respon yang Bikin Pelanggan Lari

Kalau kamu menggunakan fitur auto reply kamu bisa menghindari risiko pelanggan lari karena kamu kelamaan bales chat. Dengan fitur ini gak ada tuh namanya pelanggan lari karena kelamaan dibales.

3. Ngasih Kesan Profesional dan Terpercaya

Dengan balasan pesan yang instan kamu bisa membuat kesan pertama yang bagus. Ini tuh bisa bikin pelanggan merasa puas dan beranggapan bisnis kamu profesional dan terpercaya.

4. Bantu CS/Sales Filter Chat Masuk

Auto reply juga bisa bikin pekerjaan CS jadi lebih mudah karena bisa filter chat masuk dengan menjawab pertanyaan umum, kasih pilihan menu/catalog, filter chat urgent.

5. Support 24/7

Ditinggal tidur fitur ini akan tetap nyala untuk balas chat dan pesan dari pelanggan jadi gak usah khawatir takut pelanggan gak dapat balasan di luar jam operasional.

6. Meningkatkan Peluang Closing

Manfaat yang utama adalah dapat meningkatkan peluang closing dengan chat yang responsif.

Membalas pesan dari pelanggan dengan cepat adalah kunci dalam sebuah bisnis. Dengan begitu, pelanggan nggak langsung kabur ke kompetitor karena chat nggak dibales sama kamu. Makanya gunakan fitur auto reply WA ini yang bermanfaat dan berguna untuk membalas chat otomatis di WA bisnis.

Nah, Everpro Chat hadir untuk mengatasi permasalahan ini dengan cara yang praktis dan pastinya nggak ribet. Kenapa demikian? karena Everpro Chat punya banyak fitur unggulan untuk mengatasi semua permasalah komunikasi dengan pelanggan pada bisnis.

Fitur Unggulan Everpro Chat

Berikut beberapa fitur unggulan dari Everpro Chat: 

  • Kelola dan kirim pesan broadcast WA dengan aman
  • Pantau performa iklan dengan real chat tracking
  • Optimalin leads dengan sistem WhatsApp API
  • Semua bisa buka sesi chat baru untuk closing yang lebih mudah
  • Pantau dan atur penggunaan ‘Chat Credit’ dan ‘sesi gratis’ dalam satu dashboard
  • Membagi leads secara otomatis ke beberapa agen CS
  • Filter leads dengan chatbot Smart Reply secara otomatis
  • Kelola data pelanggan secara mudah dan terpusat
  • Buat order, cek resi dan cek ongkir langsung dari aplikasi
  • Memudahkan untuk membalas pesan dengan Quick Reply

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara membalas chat otomatis di WA bisnis yang sangat bermanfaat untuk buat operasional bisnis jadi efisien dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Yuk, upgrade bisnis kamu biar makin profesional dan lebih efisien dengan platform bisnis dari Everpro. Rasakan semua keunggulannya dan raih cuan maksimal bersama Everpro!

Konsultasi gratis sekarang juga dengan tim kami biar makin yakin!

Picture of Adhitya Rivaldi
Adhitya Rivaldi
Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya