Apa Itu Page Speed? Inilah Pentingnya Page Speed untuk Website

Page Speed

Page speed – Ketika Anda memiliki situs web atau blog dan sedikit sekali pengunjung yang datang, salah satunya adalah pengaruh dari kecepatan website tersebut.

Banyak orang yang pergi dari situs web atau blog Anda karena loading terlalu lama dan membuat orang enggan menunggunya.

Hal itu membuat blog Anda sepi pengunjung. Kecepatan halaman itulah yang disebut dengan istilah page speed.

Lantas apa yang membuat penting page speed pada website? Apa pengaruhnya dan bagaimana agar website memiliki kualitas kecepatan loading yang baik?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Page Speed? 

Page Speed
Sumber: google.com/bersosial

Page speed atau kecepatan halaman mengacu pada jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat halaman situs web. 

Lebih khusus lagi, waktu buka halaman dapat dinilai dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk konten yang terlihat atau konten paruh atas untuk memuat dalam kaitannya dengan seluruh halaman.

Cara lain untuk melihat kecepatan halaman adalah dengan mempertimbangkan apa yang disebut “pertama kali byte” yang mengacu pada lamanya waktu browser untuk menerima byte pertama informasi yang dikirim dari server web.

Kecepatan halaman ini sangat penting untuk sebuah situs web atau blog yang memiliki strategi Search Engine Optimization atau SEO.

Everpro

Karena pengaruhnya adalah pada kualitas blog dan peringkat blog atau website di pencarian Google.

Oleh karena itu penting sekali untuk membuat sebuah situs web memiliki kecepatan yang baik agar pengunjung tidak kabur.

Bagaimana Cara Meningkatkan Page Speed?

Page Speed
Sumber: google.com/bersosial

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi halaman web, yang mengakibatkan kecepatan pemuatan menjadi lebih lambat.

Meskipun mungkin perlu waktu, meningkatkan kecepatan halaman situs Anda layak dilakukan untuk mengoptimalkan SEO.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan halaman situs web Anda:

1. Jangan gunakan gambar beresolusi tinggi

Pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan menggunakan gambar yang beresolusi tinggi.

Ketika situs web menggunakan gambar resolusi tinggi, ini dapat memperlambat halaman web karena file besar. Dibutuhkan waktu tambahan untuk mengunduh gambar-gambar ini.

Mengompresi file gambar membantu mengoptimalkan situs Anda. Catat apa yang perlu dikompresi dan terapkan perubahan yang diperlukan berdasarkan ukuran gambar yang disarankan. 

Di masa mendatang, Anda akan ingin mengunggahnya dalam dimensi yang tepat sehingga Anda tidak perlu mengambil langkah lain untuk mengompresnya.

2. Lakukan cache browser

Kemudian yang harus dilakukan agar kecepatan halaman bagus adalah melakukan cache browser secara rutin.

Dengan melakukan tindakan tersebut maka web akan lebih terasa ringan dan kecepatan halaman menjadi bagus dan stabil.

3. Manfaatkan clean code

Di belakang setiap situs web terdapat halaman file teks atau kode yang berisi campuran teks dan bahasa “markup”. Pertimbangkan untuk mempekerjakan perancang web dan/atau pengembang web berpengalaman yang dapat menginventarisasi konten situs Anda.

Ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus kode yang tidak perlu yang mungkin berkontribusi pada kecepatan halaman yang lambat.

Apa yang Mempengaruhi Page Speed?

Page Speed
Sumber: google.com/bersosial

Ada empat faktor yang mempengaruhi kecepatan halaman, dan yang paling sering terjadi adalah bounce rate.

Empat faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bounce rate
  2. Peringkat mesin pencari
  3. Pengalaman pengguna
  4. Reputasi dan kredibilitas 

Hal yang paling berpengaruh adalah bounce rate. Apa itu bounce rate?

Mengenal Bounce Rate

Bounce Rate
Sumber: google.com/bersossial

Bounce rate adalah angka persentase kunjungan ke single-page yang tidak diikuti oleh tindakan selanjutnya (pengunjung langsung keluar).

Hal ini kerap kali terjadi karena audiens merasa kurang puas atau tertipu dengan konten yang disajikan, sehingga mereka memilih untuk menutup halaman dan mencari informasi lain yang ada di mesin pencari.

Belakangan ini istilah tersebut berhasil menjelma menjadi salah satu metrik yang banyak digunakan oleh para webmaster untuk mengukur seberapa efektif website yang sudah dibangun.

Cara Ampuh Turunkan Bounce Rate agar Page Speed Berkualitas Baik

Bounce Rate
Sumber: google.com/bersossial

Jika Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan bounce rate, maka Anda perlu melakukan cara agar hal tersebut tidak terlalu besar persentasenya.

Apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini penjelasannya:

1. Optimasi konten agar lebih berkualitas

Hal yang pertama harus dilakukan jika Anda ingin memiliki blog atau website dengan persentase bounce rate rendah adalah melakukan atau membuat konten yang sangat berkualitas. 

Meskipun pengunjung telah membuka website Anda, belum tentu mereka akan membaca konten Anda sampai selesai. 

Jika konten Anda tidak disusun secara rapi, pengunjung akan kesulitan untuk membacanya. Pengunjung yang kesulitan membaca konten Anda akan beralih ke website lain dengan konten serupa yang disusun lebih rapi dan enak dibaca.

Ingat, konten Anda bukanlah satu-satunya di internet. Ada ribuan atau bahkan ratusan ribu website atau blog lain yang membahas topik serupa. Jadi Anda harus bisa membuat konten sebaik mungkin agar pengunjung tidak beralih ke website atau blog lain.

2. Fokuskan pembahasan sesuai kata kunci utama 

Mendatangkan traffic organik memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika bidang yang dikerjakan memiliki persaingan tinggi seperti bisnis properti, travel, atau teknologi.

Alhasil, terkadang para webmaster memilih untuk membidik kata kunci turunan yang memiliki persaingan rendah demi bisa berada di halaman pertama mesin pencari. 

Namun, jika website/blog Anda terlalu banyak mendapatkan traffic dari keyword yang tidak relevan dengan bisnis, kemungkinan besar hal ini justru akan meningkatkan angka bounce rate menjadi lebih tinggi. 

Jadi, sebaiknya ketika melakukan riset keyword jangan sampai memasukkan pembahasan yang terlalu melenceng jauh dari relevansi. 

Website atau blog Anda mungkin bisa mendapatkan banyak traffic dengan cara ini, namun efeknya justru bakal menurunkan kualitas website di mata pengguna dan mesin pencari.

3. Tingkatan kecepatan website

Ada salah satu survei yang menyebutkan bahwa 53% orang yang menggunakan internet akan pindah halaman web jika loadingnya terlalu lama. 

Selain itu, sebanyak 79 persen orang yang pernah mengakses website lambat bakal merasa kecewa dan tidak ingin kembali lagi mengunjungi website yang sama.

Fakta tersebut tentu membuka mata para webmaster karena sebagus apapun kualitas konten yang Anda miliki nantinya bakal percuma jika akses kecepatan website atau blog Anda masih lebih dari 3 detik.

Demikianlah pembahasan tentang pengaruh dan pentingnya page speed bagi suatu website atau blog agar ramai pengunjung. Semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?