everpro

Apa Itu Unique Selling Point? Begini Cara Menerapkannya!

Unique Selling Point

Unique selling point – Apakah Anda pernah mendengar istilah unique selling point atau USP? Dalam dunia bisnis istilah ini sangat populer dan penting untuk dipelajari.

Selain itu USP akan membuat suatu bisnis lebih maju dari bisnis pesaing Anda. Maka dari itu Anda wajib untuk mengetahui apa itu USP.

Sesuatu yang berbeda akan membuat seseorang terlihat istimewa. Sama halnya dengan bisnis, jika bisnis Anda berbeda dengan yang lain maka peluangnya semakin besar.

USP adalah salah satu yang berperan penting dalam dunia bisnis. Berikut adalah penjelasan tentang USP.

Apa Itu Unique Selling Point?

Unique Selling Point
Sumber: google.com/bersosial

Unique selling point adalah suatu hal yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor bisnis yang serupa lainnya. 

Artinya, USP adalah suatu alasan kenapa konsumen Anda rela membelanjakan uangnya untuk membeli produk pilihannya pada perusahan Anda, bukan pada pesaing Anda.

Kenapa? Karena jika semua perusahaan menawarkan produk yang sama, maka pelanggan akan kebingungan dalam memilih produk. 

Pada akhirnya, para pelanggan harus membeli produk dari penjual yang mereka anggap mampu memberikan keuntungan yang lebih daripada penjual lainnya. 

Hal inilah yang dimaksudkan dengan unique selling point. USP sangatlah penting, terutama dalam kemajuan teknologi seperti saat ini. 

Everpro

Kenapa? Karena kompetitor bisnis Anda saat ini bukan hanya di dalam negeri saja, namun juga dari seluruh penjuru dunia. Dengan kata lain, calon pelanggan Anda memiliki pilihan yang sangat banyak.

Sehingga, calon pelanggan Anda akan sangat mudah merubah pilihannya pada penjual yang lain jika penjual Anda tidak memberikan keuntungan.

Cara Menerapkan Unique Selling Point pada Bisnis

Unique Selling Point
Sumber: google.com/bersosial

Jika Anda ingin menerapkan konsep USP maka perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Lihat kompetitor

Hal yang paling pertama untuk Anda perhatikan adalah dengan melihat kompetitor bisnis Anda. 

Lihatlah dengan jeli apa yang ada pada kompetitor dan cari apa yang tidak ada pada kompetitor.

Itu akan membuat Anda berpikir untuk selangkah lebih maju dari kompetitor, karena Anda dapat menghasilkan produk yang tidak ada di kompetitor bisnis Anda.

Jadi, ketika Anda berbisnis, maka Anda wajib untuk selalu mengintai setiap langkah yang dilakukan oleh kompetitor Anda.

2. Perhatikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan

Jika Anda sudah melihat kompetitor, maka berikutnya adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda.

Hal ini penting karena dengan mengetahui keinginan pelanggan, Anda mudah untuk berinovasi.

3. Puaskan pelanggan 

Selain mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan, Anda juga harus memberikan kepuasan pada pelanggan Anda.

Salah satunya dengan memberikan banyak promo, memberikan servis yang baik, dan pintar dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Dengan begitu bisnis Anda akan semakin banyak pelanggan karena semua orang yang datang pada Anda akan betah bersama Anda.

Jadi, itulah pengertian unique selling point dan cara menerapkannya. Semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?