Apa Itu Website? Inilah Pengertian dan Manfaat Website!

Website

Website – Saat ini dunia semakin dikuasai oleh teknologi, sehingga apapun dengan mudah dicari. Salah satunya adalah dengan kemudahan akses internet.

Seseorang yang mencari informasi akan selalu tersedia di platform yang bernama Google, dan di dalam Google ada yang namanya website.

Website dan internet adalah satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Ternyata di seluruh dunia saat ini sudah ada 1,9 miliar website dan terus bertambah jumlahnya.

Lantas apa itu website? Dan bagaimana pengertian website? Artikel ini akan membahas tentang website dan manfaatnya.

Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Website

Website
Sumber: google.com/bersosial

Website adalah bagian tidak terpisahkan dari perkembangan internet, Awalnya, website hanyalah untuk tujuan penggunaan pribadi. Namun, saat ini hampir semua perusahaan memilikinya. Sebut saja, Facebook, Apple, BBC News dan lainnya, 

Apa itu website? Pengertian website sendiri adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun melalui internet.

Anda bisa mengakses website dengan menuliskan URL di alamat website di browser. Misalnya Anda mengetik www.everpro.id maka Anda akan masuk ke dalam web Everpro.

Di dalam website terdapat banyak fitur dan banyak konten menarik, pada web Everpro di atas banyak tersedia informasi mengenai kurir, jasa pengiriman, dan informasi lainnya.

Everpro

Nah, agar pengunjung lebih mudah untuk mengakses informasi yang mereka cari, halaman-halaman tersebut dikelompokkan dalam menu yang bisa diakses dari halaman utama.

Sebagian besar situs web sudah menggunakan cara ini untuk lebih meningkatkan pengalaman pengunjung saat mengaksesnya. 

Manfaat Website Adalah?

Website
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian, jika Anda sudah mengetahui apa itu website atau pengertian web, maka berikutnya adalah manfaat website.

Berikut ini adalah beberapa manfaat web yang bisa Anda rasakan:

1. Sumber Informasi

Jika Anda memiliki hobi, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu, Anda bisa menjadikannya sebagai identitas web Anda untuk informasi apa yang akan diberikan. 

Misalnya pasion, desain, kuliner, game, travel, teknologi, atau kajian keagamaan. Hal itu bisa menjadi sumber informasi bagi orang lain.

Dengan begitu, Anda bisa berbagi informasi dengan banyak orang dan sekaligus berkomunikasi dengan orang dengan minat sama untuk berbagi pengalaman.

2. Untuk mendapatkan uang

Bukan hanya untuk menyampaikan opini pribadi, situs web juga bisa menjadi sumber penghasilan. 

Caranya pun cukup banyak, melalui media blog Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense, melakukan posting yang berbayar sebagai blogger ataupun mempromosikan produk tertentu sebagai seorang publik figur.

Bahkan, bisa saja ada cara lain mendapatkan uang dari situs web yang bisa Anda ciptakan sendiri sesuai dengan keahlian Anda.

3. Menjadi Platform Bisnis

Jika Anda memiliki bisnis, maka web dapat menjadi representasi Anda di dunia online. 

Sebagai contoh, meskipun sudah memiliki toko offline, Anda bisa membuka toko online untuk memudahkan calon konsumen membeli produk Anda kapan saja dan di mana saja. Salah satunya adalah evermos.com yang menjadi wadah untuk para reseller produk.

Bukan hanya sebagai rujukan informasi paling update tentang produk bagi konsumen, web tersebut bisa menjadi tempat paling ideal untuk melakukan berbagai promosi menarik. 

4. Membangun Branding

Web juga dapat digunakan membangun branding bisnis. Hal itu karena web dapat Anda kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis yang menjelaskan identitas online Anda. 

Misalnya, Anda bisa mencantumkan logo, brand identity, dan sebagainya.

Tak hanya bagi bisnis, situs web juga dapat digunakan untuk membangun personal branding.

Situs tersebut dapat Anda isi dengan berbagai karya ataupun artikel seputar skill yang Anda kuasai.

Ibaratnya, situs tersebut bisa untuk membangun portofolio pribadi. Hal itu sangat berguna untuk mencari pekerjaan ataupun project tertentu.

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan memiliki situs resmi, konsumen akan tahu bahwa bisnis Anda benar-benar ada. 

Konsumen tahu kemana harus mencari informasi seputar produk, menghubungi customer service, dan sebagainya. Dengan begitu, kredibilitas bisnis dapat terjaga.

6. Sarana Mengembangkan Bisnis 

Ada banyak potensi yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis melalui penggunaan situs. 

Misalnya, upaya digital marketing, SEM atau strategi iklan berbayar di mesin pencarian, SEO atau optimasi agar berada di halaman teratas pencarian Google, dan lainnya.

7. Menjadi Sumber Informasi

Berdasarkan penelitian Hootsuite, 202,6 juta orang di Indonesia mencari informasi di internet atau setara dengan 73,7% dari total populasi. 

Itu artinya, dapat menjadi sumber informasi, baik situs berita, situs komunitas, blog, dan yang lainnya.

8. Mengakses Layanan Publik 

Website dapat dimiliki oleh siapapun, termasuk instansi yang memberikan pelayanan umum, seperti rumah sakit, bank, kantor polisi, kantor pajak, dan sebagainya. 

Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat.

9. Menggalang Aksi Sosial 

Tidak sedikit web yang ditujukan untuk menyelenggarakan aksi sosial sebagai jenis web atau situs komunitas atau semacamnya. 

Demikianlah penjelasan tentang website dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?