Dalam bisnis online, memikat dan menjaga hubungan dengan pelanggan itu penting banget. Untuk mewujudkannya, komunikasi jadi fokus dan kunci utamanya.
Bisa dengan cara balas pesan dari pelanggan, kasih penawaran atau promo khusus, hingga follow-up ke pelanggan yang sempat tanya-tanya tentang bisnis kamu.
Tapi sayangnya terkadang pebisnis suka kehilangan pelanggan sebelum closing. Ditambah tantangan lain seperti susah dapetin repeat order dan return to sales (RTS) yang kadang tinggi.
Nah, solusi yang paling tepat untuk mengatasi itu adalah lewat aplikasi CRM!
Apa itu Aplikasi CRM?
Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) adalah perangkat lunak untuk mengelola dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Aplikasi CRM ini cocok dipakai oleh pelaku bisnis apapun, mulai dari para dropshipper, reseller, internet marketers (IMERS), UMKM, hingga corporate.
Fungsi Aplikasi CRM untuk Bisnis
1. Menyimpan dan Mengelola Data Pelanggan
Aplikasi CRM punya halaman khusus untuk menampilkan seluruh data pelanggan. Pebisnis bisa akses data ini kapan saja, termasuk bisa menambahkan dan mengedit data pelanggan.
2. Manajemen Follow-Up ke Pelanggan
Follow-up ke pelanggan seringkali terabaikan oleh beberapa pebisnis, karena itu lewat aplikasi CRM kamu bisa atur pengingat untuk follow-up pelanggan. Jadi, nggak ada lagi leads yang terlewat atau pelanggan yang kesal karena pesannya belum kunjung dibalas.
3. Menganalisis Performa Penjualan
Saat berjualan lewat WhatsApp, aplikasi CRM bisa langsung terintegrasi dengan WA untuk mendata penjualan yang masuk. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyajikan perfoma iklan yang kamu jalankan di WhatsApp.
4. Personalisasi Pemasaran Sesuai Kebutuhan
Dengan data segmentasi dan histori interaksi bersama pelanggan, pebisnis bisa kasih penawaran khusus yang lebih personal dan relevan dengan kebutuhan pelanggan saat itu.
5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Aplikasi CRM juga berfungsi untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan lewat berbagai strategi, seperti ucapan ulang tahun dan promo spesial, sehingga pelanggan bisa loyal dan repeat order.
Aplikasi CRM ini cocok untuk pebisnis yang mau lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya operasional, namun dengan hasil yang jauh lebih maksimal.
Fitur CRM Everpro yang Berguna untuk Bisnis
Sebagai salah satu layanan WhatsApp CRM, Everpro punya beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan pebisnis sekaligus di satu platform, diantaranya:
1. Dashboard Analisis
Fitur ini menyajikan informasi lengkap mengenai seluruh aktivitas broadcast yang kamu lakukan, mulai dari jadwal broadcast, broadcast intan, hingga notifikasi WA Shipping.
Di Dashborad Analisis kamu juga bisa pantau berbagai metrik sebagai bahan evaluasi strategi broadcast, seperti jumlah terkirim, jumlah dibaca, jumlah dibalas.
2. Broadcast Campaign
Broadcat Campaign adalah fitur untuk kamu membuat pesan broadcast ke pelanggan sampai ke proses pengiriman.
Dengan fitur ini, kamu bisa kirim pesan ke pelanggan dengan label atau kategori tertentu. Bahkan, juga bisa kirim pesan tanpa simpan kontak pelanggan, lho!
3. WA Notification
Atur pesan otomatis ke pelanggan untuk kasih tahu mereka status orderan termasuk pengiriman yang berubah pakai fitur yang satu ini.
Setiap pesan notifikasi bisa kamu kustom dengan nama pelanggan, detail paket, dan estimasi waktu kedatangan biar lebih personal.
4. Monitoring Broadcast
Fitur Monitoring Broadcast berguna sebagau pusat informasi untuk memantau status pengiriman broadcast kamu di WhatsApp. Tampilan fitur ini akan munculin status broadcast yang akan dikirim, sedang diproses, dan yang sudah berhasil diselesaikan.
5. Nomor WhatsApp
Biar aktivitas mengirim pesan ke pelanggan jadi lebih efisien, kamu bisa pakai fitur Nomro WhatsApp untuk membuat data pelanggan termasuk nomor WhatsApp mereka.
Fitur ini akan sinkron otomatis kalau ada perubahan, jadi untuk utusan automasi broadcast juga jadi lebih gampang.
6. Data Pelanggan
Kalau punya data pelanggan, seperti nama, jenis kelamin, hobi, minat, demografi, dan lainnya kamu bisa pakai fitur Data Pelanggan yang punya tampilan rapi.
Masukin data pelanggan ke fitur ini juga mudah dan hemat waktu, tinggal import dari WhatsApp bisnis kamu.
7. Upload Data Order
Fitur Data Order bisa kamu manfaatkan untuk mencatat seluruh pesanan yang masuk dari WhatsApp, baik itu yang akan diproses, sedang dikirim, dan yang sudah selesai alias sudah diterima pelanggan.
Tips Memilih Aplikasi CRM Indonesia
- Aksesibilitas: data CRM bisa diakses dari mana saja dan perangkat apapun baik smartphone maupun desktop.
- Prasarana: untuk mengakses aplikasinya pengguna hanya butuh koneksi internet, perangkat, dan aplikasi/browser saja.
- Uji coba: pilihlah aplikasi yang menawarkan uji coba gratis supaya kamu makin yakin dengan keunggulan yang ditawarkan.
- Harga dan fitur: bandingkan kesesuaian harga dan kelengkapan fitur yang ditawarkan. Fitur yang lengkap lebih disarankan supaya kamu bisa memaksimalkan strategi pemasaran.
- Keamanan: data pelanggan sangatlah krusial, karena itu, pilih aplikasi CRM yang sudah legal dan terjamin keamanan atau sekuritasnya.
- Integrasi dengan layanan lain: kamu juga bisa pilih aplikasi yang bisa terintegrasi dengan layanan lain, seperti Ads, Shipping, Sourcing, hingga Marketplace.
Everpro CRM, Platform Andalan untuk Segala Solusi Bisnismu
Everpro CRM adalah contoh aplikasi CRM dengan fitur lengkap di satu platform aja. Jadi nggak perlu jauh-jauh lagi cari aplikasi CRM terbaik untuk menjawab segala kebutuhan bisnis kamu!
Mulai dari kelola data pelanggan dengan rapi, kirim broadcast ke banyak kontak, follow-up pelanggan, atur notifikasi pesanan, dan banyak kebutuhan CRM lainnya ada di Everpro.
Saatnya katakan selamat tinggal ke data pelanggan yang berantakan hingga dighosting pelanggan. Sekarang kamu bisa ubah leads jadi duit dengan mudah!
Terbukti berhasil bantu pebisnis online, Everpro CRM bisa turunkan risiko RTS hingga 50%. Selain itu, potensi repeat order bisa naik hingga 30%. Cuan banget kan?
Yuk, berlangganan Everpro CRM sekarang juga!