Cara optimasi Shopee berikut ampuh ningkatin penjualan & pencarian teratas tokomu!
Siapa yang nggak kenal sama Shopee si toko oren? Kayaknya hampir seluruh penikmat belanja online di Indonesia tahu sama salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara ini.
Emang sih buat pebisnis online, nggak bisa diragukan lagi kalau Shopee itu tempat yang pas banget buat jualan karena banyak banget penggunanya.
Tapi, biar toko kamu nggak tenggelam di antara ribuan toko lainnya, perlu yang namanya optimasi.
Kenapa sih optimasi toko di Shopee penting banget? Jadi sebagai seller Shopee kamu mungkin pernah ngalamin penjualan yang stagnan atau malah turun.
Padahal kamu udah mastiin kalau produk kamu berkualitas. Nah, masalahnya bisa aja nggak dari produk kamu, tapi lebih ke cara gimana kamu mengelola toko online di Shopee.
Dengan optimasi yang tepat, toko kamu bisa lebih mudah ditemukan, lebih menarik, dan pastinya, penjualan bisa meningkat. Yuk, kita bahas 7 cara optimasi toko di Shopee biar jualan makin laris!
Baca Juga: Cara Jadi Seller Shopee 2024, Panduan Mudah untuk Pemula!
Pahami Tentang Algoritma Shopee
Algoritma Shopee adalah sistem yang munculin urutan produk atau postingan berdasarkan kriteria yang udah ditentukan.
Kalau produk kamu sesuai sama algoritma Shopee, besar kemungkinan toko kamu bakal muncul di beranda pengguna tanpa mereka mencari.
Gimana sih cara memahami dan memaksimalkan algoritma Shopee? Ini beberapa caranya:
- Tingkatkan strategi marketing
- Jadi penjual yang dipercayai pembeli
- Maksimalkan tampilan halaman di Shopee
- Optimalkan mesin pencarian Shopee
- Manfaatkan live streaming Shopee
- Manfaatkan Shopee feed
- Manfaatkan short video
Nah untuk tahu detail dari cara-cara di atas, yuk simak terus di artikel ini!
Tingkatkan Kualitas Penulisan Produk
Mau di Shopee atau di e-commerce manapun, penulisan produk emang penting banget. Ada 3 aspek penulisan produk yang bisa kamu optimasi, diantaranya:
-
Riset Kata Kunci
Ketika pembeli cari produk di Shopee, mereka bakal ketik “kata kunci” yang mewakili produk tersebut. Biar produk kamu muncul saat dicari, maka kamu perlu buat deskripsi atau nama produk yang berkaitan sama kata kunci tersebut.
Kamu bisa pakai long tail keyword yang bisa kamu dapetin dari riset kata kunci. Manfaatkanlah tools gratis seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan banyak lagi.
Baca Juga: 5 Cara Riset Kata Kunci Shopee, Ampuh Meningkatkan Penjualan
-
Optimasi Foto Produk
Kalau foto produk kamu relevan sama nama dan deskripsi produk, besar kemungkinan toko kamu bakal muncul di halaman pertama pencarian ketika pembeli lagi cari produknya.
Begini cara optimasi foto produk yang menarik:
- Upload foto produk berkualitas tinggi dan jelas
- Pakai latar belakang yang bersih dan pencahayaan yang baik
- Tampilkan detail produk di setiap sudutnya
- Kamu juga bisa pakai model agar lebih totalitas
-
Optimasi Deskripsi Toko & Produk
Nggak lupa juga selalu optimasi deskripsi toko dan produk ya! Buatlah seinformatif dan menarik mungkin pakai bahasa yang mudah dipahami dan jujur sesuai kondisi produknya.
Sertakan juga info tentang ukuran, bahan, cara pemakaian, dan keunggulan produk. Jangan lupa juga buat nyisipin kata kunci yang udah kamu riset sebelumnya ya!
Baca Juga: 8 Cara Membuat Deskripsi Produk yang Memikat Serta Contohnya
Manfaatkan Fitur Shopee
Shopee udah bikin nyediain banyak fitur yang bisa kamu pakai untuk optimasi toko. Jadi, manfaatkanlah fitur-fitur Shopee berikut ini sebaik mungkin:
Nama Fitur Shopee | Fungsi Fitur Shopee | Cara Pakai Fitur Shopee |
Fitur gratis ongkir | Menawarkan gratis ongkos kirim untuk pembeli | Cara Aktifkan Fitur Gratis Ongkir di Shopee |
Cash on Demand (COD) | Memungkinkan pembeli membayar setelah menerima produk | – |
Fitur Shopee Live | Fitur streaming yang interaksi untuk promosi dan membangun hubungan dengan pelanggan | Cara Live di Shopee Bagi Pemula |
Promo toko | Fitur yang mencakup diskon khusus, penjualan kilat, kode kupon, program hadiah loyalitas, dan banyak lagi | Cara Membuat Harga Coret di Shopee |
Paket diskon | Penawaran harga khusus yang bisa dipakai pembeli untuk checkout produk bersama promo lainnya | – |
Voucher ikuti toko | Bisa kasih penghargaan ke pembeli berupa voucher diskon karena sudah ikuti toko kamu | – |
Voucher toko saya | Seller bisa kasih diskon atau kupon digital khusus ke pelanggan | – |
Flash sale toko saya | Menawarkan produk yang diskon dalam waktu yang terbatas dari toko kamu | – |
Kombo hemat | Fitur yang nawarin belanja lebih hemat untuk pembelian paketan | – |
Shopee game | Fitur pasang game yang di support Shopee agar pelanggan betah di aplikasi | Cara Memainkan Shopee Games |
Fitur shopee video | Memungkinkan pelanggan untuk interaksi dan komunikasi dengan pelanggan lainnya lewat video | – |
Shopee marketing solutions | Program untuk ningkatin pemasaran dengan manfaatin Shopee dan platform eksternal | – |
Iklan Shopee | Seller bisa pasang iklan di aplikasi dan situs web Shopee untuk ningkatin penjualan | Cara Pasang Iklan di Shopee |
Bangun Kepercayaan dan Kredibilitas
Coba deh kamu posisikan sebagai pelanggan di Shopee, kalau kamu puas sama produk yang dibeli pasti kamu bakal kasih ulasan dan rating yang tinggi karena percaya sama tokonya, kan?
Nah gitu juga cara kamu untuk optimasi toko di Shopee. Ulasan dan rating itu penting banget karena bakal ngaruh ke pertimbangan pembeli lain untuk beli produk di tokomu.
Selain itu, kasih pelayanan terbaikmu ke pelanggan dengan cara-cara berikut ini:
- Fast respond dan ramah
- Selesaikan masalah pembeli dengan seefektif mungkin
- Packing paket pembeli dengan aman dan rapi
- Selalu juga kualitas produk
Baca Juga: Lakukan Ini! 9+ Cara Chat dengan Customer, Ada Contoh Kalimatnya!
Analisis Performa Toko Melalui Data
Kalau kamu tahu data performa toko di Shopee, kamu bakal lebih mudah untuk evaluasi dan tahu apa aja yang perlu diperbaiki dari tokomu.
Untuk tahu performa toko di Shopee, kamu bisa pakai fitur Shopee Seller Centre.
Baca Juga: Cara Daftar Shopee Seller Center 2024, Mudah Kelola Toko Online!
Selalu Update dengan Perkembangan Shopee
Aplikasi Shopee itu bakal selalu upgrade ke kualitas dan fitur yang lebih baik. Karena itu penting buat kamu sebagai seller tahu apa aja yang update dari Shopee.
Sebagai seller tanamkan mindset bahwa optimasi toko di Shopee itu nggak bisa cuma sekali dua kali doang, kamu harus selalu optimasi berkala biar penjualan nggak stagnan dan terus meningkat.
Pakai Layanan Marketplace Enabler di Everpro
Last but not least, biar performa toko Shopee kamu lebih mantul dan selalu muncul di pencarian teratas, kamu bisa percayakan optimasi tokomu di layanan Marketplace Enabler Everpro.
Ini beberapa keuntungan yang bakal kamu dapetin di layanan MPEnabler Everpro:
- Konsultasi bareng ahlinya jualan di Shopee
- Optimasi tampilan toko dan produk biar pelanggan lebih jatuh hati
- Dapetin strategi jualan, campaign, dan promo buat tarik pelanggan
- Bisa jalanin campaign budget yang murah meriah dengan untung maksimal
- Ada customer service yang siap bantu kamu tuntaskan berbagai masalah
Udah ada 150+ brand yang percaya untuk kelola tokonya bareng Everpro. Yuk simak dulu salah satu cerita sukses seller Shopee yang pakai layanan MPE di Everpro!
Kisah Brand WheelStreet.co Sukses Optimasi Shopee
WheelStreet.co adalah brand pakaian yang percayakan optimasi toko Shopee nya bareng Everpro.
Lewat berbagai strategi yang diterapin, mulai dari design toko, deskripsi produk, hingga running campaign, WheelStreet bisa capai penjualan tertinggi dalam satu hari saat event 10.10.
Seller WheelStreet juga punya pengalaman baik bareng Everpro karena selalu dapetin cara baru biar bisa capai target yang dikasih, seperti ROAS dan performa penjualan.
Kalau WheelStreet bisa optimasi Shopee jadi lebih mantul, berarti toko kamu juga bisa dong! Ini waktunya kamu buat wujudkan toko Shopee kamu lebih cuan maksimal!
Yuk daftar sekarang di layanan Marketplace Enabler Evepro! Dijamin deh #PakaiEverproPastiCuan!