Solusi pengiriman

Cashback besar, layanan lengkap

Dijamin 1×24 jam setelah delivered

Didukung teknologi dan support sigap

Bebas manual tanpa biaya per hit

Solusi tools marketing

Scale tanpa limit dan bebas restrict

WABA resmi simple dan affordable

Loading cepat, tracking makin akurat

Kelola data pelanggan dengan CRM

Solusi jasa dan konsultasi

Dongkrak penjualan dengan praktek tersertifikasi

Urus Shop, konten FYP, Live, sampai GMV Max

Belajar tingkatin order dari para mentor Everpro

Miliki LP yang didesain khusus untuk konversi

Ilmu

Pelajari cara, tips, dan trik pakai Everpro

Dapatkan berbagai inspirasi buat bisnismu

Belajar Live, online bareng komunitas

Tools

Cari tahu ongkir dan cashback di Everpro

Dapatkan proses terkini dari nomor resimu

Temukan kode pos akurat untuk alamat tujuanmu

Cara Mengaktifkan WA Validator & Address Validator

Dalam beberapa case, pengguna menerima pesanan palsu (fake order) melalui Formulir Checkout (CO Form), di mana pelanggan mengisi data yang tidak valid seperti nama palsu, alamat tidak lengkap, atau nomor WhatsApp yang tidak aktif. Kondisi ini menyebabkan inefisiensi bagi tim Customer Service (CS) saat melakukan konfirmasi pesanan, meningkatkan CPR (Cost per Result) dari real order, serta menurunkan kepercayaan pengiklan terhadap platform yang banyak menerima fake order.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, Everpro menyediakan fitur WA Validator dan Address Validator, yang dapat memverifikasi keaslian nomor WhatsApp dan alamat pelanggan secara otomatis sebelum pesanan diproses.

Di bawah ini merupakan cara untuk pengguna dalam mengaktifkan fitur WA Validator dan Address Validator:

1. Masuk ke Everpro Dashboard.

2. Pilih menu Product  lalu menu Checkout Form.

 

Gambar 1.Masuk ke halaman Check Out Form Everpro

 

3. Untuk menggunakan validator pastikan kamu sudah menambahkan produk yang dijual di dalam dashboard. Bila belum, maka pilih Buat Produk, lalu pilih Buat Form / Edit Check Out Form.

 

Gambar 2. Tambah Produk

Gambar 3. Buat atau Edit Check Out Form

 

4. Masuk ke section Pengaturan Form, kemudian cari section Anti Spam.

 

Gambar 4. Section Anti Spam

 

5. Pilih Aktifkan Validasi WhatsApp, jika kamu menginginkan pelanggan terblokir dengan pesan error jika nomor WA yang dimasukkan tidak valid.

 

Gambar 5. Mengaktifkan validasi WhatsApp

 

6. Pilih Aktifkan validasi Alamat, jika kamu ingin pelanggan terblokir dan menerima pesan error bila tidak memenuhi jumlah minimum karakter ketika memasukkan alamat. Aturan validasinya adalah sebagai berikut:

a. Jumlah karakter akan dihitung oleh sistem dimana spasi tidak dihitung
b. Validasi karakter minimum 10 karakter, pengguna dapat mengganti sesuai keputusan advertiser jika ingin menambahkan syarat minimum karakter

 

Gambar 6. Menentukan jumlah minimum karakter alamat

 

7. Klik Selanjutnya lalu klik Perbarui CO Form untuk mengupdate perubahan dari set-up formnya

8. Setelah CO Form berhasil diperbarui, kamu bisa melanjutkan dengan salah satu opsi berikut:

a. Buka menu Checkout Form, kamu dapat mengakses link pada kotak merah sesuai di gambar

 

Gambar 7. Kolom link pada menu Checkout Form

 

b. Kamu juga dapat melakukan embed Checkout Form dengan memilih menu Embed Checkout Form pada bagian Aksi seperti gambar dibawah ini

 

Gambar 8. Opsi “Embed Checkout Form” di menu Aksi Checkout Form

 

 

Cara Cek Hasil WA & Address Validator di Checkout Form

1. Buka Halaman Check Out Form kamu dan masukkan Nomor WhatsApp. 

Notes:  Jika nomor WhatsApp tidak valid → akan muncul pesan error seperti gambar dibawah ini:

 

Gambar 9. Contoh pesan error saat nomor WhatsApp tidak valid

 

2. Lalu, jika nomor WhatsApp berhasil tervalidasi dan pelanggan memasukkan alamat tidak sesuai limit karakter, akan muncul pesan error pada field alamat.

 

Gambar 10. Contoh pesan error saat alamat tidak sesuai limit karakter

 

Cara Cek Hasil WA Validator di Menu Daftar Leads

Selain kedua validasi di Check Out Form, setiap kali kamu memasukkan data order/leads di Daftar Leads, Everpro akan menampilkan status apakah nomor WhatsApp tersebut terhubung atau tidak secara otomatis.

Artinya, kamu tidak wajib mengaktifkan fitur validasi WA di Checkout Form. Validasi tetap dilakukan secara otomatis oleh sistem begitu data masuk ke Daftar Leads.

a. Status WA Terhubung maka akan tampil icon WA berwarna hijau

 

Gambar 11. Tampilan status jika nomor sudah terhubung dengan WA 

 

b. Status WA tidak terhubung maka akan tampil icon WA berwarna merah

 

Gambar 12. Tampilan status jika nomor tidak terhubung dengan WA 

 

c. Status WA belum tervalidasi karena masuk antrian sistem atau data lama sebelum rilis WA validator & icon WA berwarna abu-abu

 

Gambar 13. Tampilan status jika nomor belum tervalidasi

 

d. Status WA gagal divalidasi karena sedang ada kendala dari WA/sistem ketika memvalidasi & icon WA berwarna abu-abu

 

Gambar 14. Tampilan status jika nomor gagal tervalidasi

 

Sekian, panduan penggunaan WhatsApp & Address Validator dari Everpro, semoga dapat membantu kamu mengurangi spam order yang masuk ke form atau iklan kamu ya.

Panduan Terkait

Solusi pengiriman

Cashback besar, layanan lengkap

Dijamin 1×24 jam setelah delivered

Didukung teknologi dan support sigap

Bebas manual tanpa biaya per hit

Solusi tools marketing

Scale tanpa limit dan bebas restrict

WABA resmi simple dan affordable

Loading cepat, tracking makin akurat

Kelola data pelanggan dengan CRM

Solusi jasa dan konsultasi

Dongkrak penjualan dengan praktek tersertifikasi

Urus Shop, konten FYP, Live, sampai GMV Max

Belajar tingkatin order dari para mentor Everpro

Miliki LP yang didesain khusus untuk konversi

Ilmu

Pelajari cara, tips, dan trik pakai Everpro

Dapatkan berbagai inspirasi buat bisnismu

Belajar Live, online bareng komunitas

Tools

Cari tahu ongkir dan cashback di Everpro

Dapatkan proses terkini dari nomor resimu

Temukan kode pos akurat untuk alamat tujuanmu