Alur Kerja – Broadcast Ketika Ada Perubahan Status Order

Alur Kerja – Broadcast ketika ada perubahan status Order.

Pada tutorial ini anda akan mendapatkan informasi terkait bagaimana cara membuat otomasi untuk mengirimkan Broadcast WA ke customer anda ketika ada perubahan status order dari pesanan customer.

Untuk membuat otomasi broadcast tersebut dapat anda lakukan pada menu CRM dan sub menu Alur Kerja di dashboard Everpro anda.

Harap pastikan anda sudah mendaftar ke service CRM dan sudah mendaftarkan nomor WA yang akan digunakan untuk mengirim pesan terlebih dahulu. Ikut tutorial berikut jika belum.

Membuat Alur Kerja – Broadcast ketika ada perubahan status

  1. Login ke Everpro Dashboard.
  2. Masuk ke menu CRM kemudian pilih sub menu Alur Kerja.

  3. Klik tombol Buat Baru untuk membuat Alur kerja baru.

  4. Anda akan melihat halaman settings Alur Kerja.

  5. Terdapat 4 pengaturan yaitu:
    Info Alur Kerja: Informasi umum seperti nama Alur Kerja & Deskripsi.
    -Trigger: Menentukan kondisi kapan broadcast ini akan dikirim.
    -Pesan: Menentukan format pesan seperti apa yang akan dikirim.
    -Target: Menentukan customer yang akan menjadi target broadcast anda.
  6. Atur Info Alur Kerja:
    -Isikan Nama Alur Kerja. Contoh: Broadcast ketika Resi Terbuat, Broadcast ketika sampai di kota tujuan, dll.
    -Isikan Deskripsi Alur Kerja (opsional).

  7. Atur Trigger:
    -Pilih Tipe Order (COD / Non COD): contoh COD.
    -Pilih Status Order: contoh Resi Terbuat.
    -Artinya ketika ada order COD anda yang resinya telah terbuat maka secara otomatis akan mengirimkan broadcast tersebut.

  8. Atur Pesan:
    -Klik buat baru
    -Isikan Nama Template Pesan & Isi pesannya.

    -Anda dapat memasukan dynamic parameter seperti Nama Penerima, Harga Barang, Kurir, No Resi, dll agar pesan anda lebih personal. Caranya dengan klik tombol {…} .
    -Anda dapat melihat contoh pesan yang akan terkirim pada kolom Pratinjau.
  9. Atur Target:
    -Untuk Alur Kerja ini yang akan menjadi target broadcast adalah Pemilik Order.

    -Untuk menutup anda bisa menekan tombol X di pojok kanan atas.
  10. Setelah semua pengaturan telah selesai diisi anda bisa menekan tombol Simpan & Aktifkan. Maka Otomasi Alur Kerja anda telah aktif dan akan jalan jika kondisi pada bagian Trigger tadi terpenuhi, dalam contoh ini ketika Ada Order COD yang resinya terbuat.
  11. Agar bisa menyimpan harap pastikan tidak ada window pengaturan yang masih terbuka ataupun masih belum terisi.

Baca Juga:  Cara Kerja Jendela Percakapan Ganda / Multiple Conversation Window

Edit, Delete & Non Aktifkan alur kerja

  1. Untuk dapat edit, delete atau menonaktifkan alur kerja anda dapat klik tombol pada alur kerja yang anda kehendaki.

  2. Pilih opsi yang ingin anda lakukan untuk alur kerja tersebut. 

Sebelumnya : Sync kontak WA menjadi data customer

Panduan Terkait