Info Kriteria Pengiriman Ninja Express

Everpro

Simak Panduan Lengkap Standar Pengemasan dan Pelaporan Swap Pengiriman dengan Ninja Xpress

1. Standar Pengemasan

Kategori Produk Sub Kategori Produk Map / Amplop Plastik Dalam Sticker Fragile Buble Warp Wrapping / Lakban Karton / Kardus Plastik Tebal / Polybag Packing kayu Keterangan Tambahan
Cairan
Cairan dalam botol bekas
x
x
x
Opsional
• Semua sisi harus terbungkus bubble wrap & lakban.
• Pastikan tidak ada ruang kosong jika dibungkus menggunakan karton/kardus seperti menambahkan styrofoam, kain, potongan kardus, gulungan kertas, atau bantalan udara.
Cairan dalam botol plastik
x
x
x
Opsional
Cairan dalam kemasan kantong
x
x
x
Opsional
Makanan
Makanan padat
x
Opsional
x
Opsional
x
x
• Produk susu dikemas dalam karton yang keras.
• Produk makanan padat/kering bisa memilih antara plastik dalam atau karton
• Pastikan tidak ada ruang kosong jika dibungkus menggunakan karton/kardus seperti menambahkan styrofoam, kain, potongan kardus, gulungan kertas, atau bantalan udara.
Makanan cair/basah (untuk sameday)
x
Opsional
x
x
Opsional
Kosmetik
Kosmetik
x
x
x
Opsional
x
x
Elektronik
Elektronik - Ukuran S dan M
x
x
x
x
Opsional
Packing kayu dapat digantikan dengan styrofoam box atau outer box yang tebal melapisi semua produk.
Elektronik - Ukuran L, XL, XXL
x
x
x
x
x
x
Fashion
Pakaian
x
x
x
x
x
x
x
Sepatu
x
x
x
x
x
x
x
Aksesoris
x
x
Opsional
Opsional
x
Rumah Tangga, Kantor, Pertukangan, Pabrik/Gudang
Peralatan dengan bahan utama kaca
x
x
x
x
Opsional
Peralatan dengan bahan utama kayu
x
x
x
Opsional
x
x
Peralatan dengan bahan utama plastik
x
x
x
Opsional
x
x
Peralatan dengan bahan utama besi
x
Opsional
x
x
Benda Tajam
Pisau, gunting, alat pertukangan, alat berkebun, dll
x
Opsional
x
Opsional
Harus terbungkus menyeluruh.
Dokumen
Dokumen Bank
Opsional
x
x
x
x
x
x
Plastik luar untuk dokumen akan disediakan oleh Ninja Xpress.
Dokumen BPKP, STNK, dll
x
x
x
x
x
x
x
Ijazah
x
x
x
x
x
x
x
Otomotif
Aksesoris moto/mobil dalam ukuran kecil
x
x
x
x
Opsional
Fungsi wrapping/lakban dapat diganti dengan karton.
Aksesoris moto/mobil dalam ukuran besar
x
x
x
x
Opsional
Buku
Buku
x
Opsional
x
Opsional
Opsional
x
x
Lain-lain
Barang mudah pecah/rusak
x
x
x
Opsional
• Wajib pakai kemasan kayu (jika dalam ukuran besar dan atau kuantitas banyak).
• Menggunakan tambahan karton corrugated (karton bentuk bergelombang) untuk barang pecah belah dan mudah rusak
Obat-obatan
x
Opsional
Opsional
Opsional
Opsional
x
x
Disesuaikan dengan wadah/kemasan/tempat obat.
Perkiraan Ukuran Barang Berat(Kg) Dimensi Panjang + Lebar + Tinggi (cm)
S
<=2
<=80
M
>2 - 4
>80 - 120
L
>4 - 8
>120 - 200
XL
>8
>200 - 300
XXL
>300

Catatan
1. Gunakan kemasan bawaan dalam pengemasan
2. Lakukan uji goyang dan uji teken (kompresi) untuk memastikan bantakan pengisi rongga kosong sudah cukup
3. Tutupi semua permukaan produk kaca atau cairan jangan sampai ada yang terbuka atau bisa berbenturan dengan benda lainnya
4. Pengemasan paket disesuaikan dengan jenis produk yang dikirim, seperti ketebalan bubble wap, penggunaan kardus, dan bantalan dalam kardus
5. Untuk poin Opsional disarankan untuk digunakan
6. Aturan pengemasan berlaku untuk sub kategori yang lebih spesifik untuk setiap produk. Misalnya, obat sirup masuk ke standar pengemasan “Cairan dalam botol kaca” bukan ke obat-obatan
7. Ninja Xpress berhak untuk menolak membawa paket yang dikemasi tidak sesuai dengan standar masing-masing produk kategori

Kebijakan diperbarui pada tanggal 5 April 2023. Versi sebelum ini sudah tidak berlaku.

2. Standar Pelaporan Swap Paket

Sehubungan dengan komplain terkait Swap Pengiriman, kami ingin memberikan info tentang standardisasi terkait pelaporan hal tersebut dari customer ataupun shipper. Terdapat tiga standar yang akan diterapkan yang dijelaskan sebagai berikut.

1. Standar serah terima (handover) paket RTS (Khusus Shipper)
Saat shipper menerima paket-paket RTS, shipper wajib melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dan kesesuaian paket antara sebelum RTS dan setelah RTS diterima. Mohon diperhatikan:
• Kurir (rider) diperbolehkan melihat proses pengecekan paket RTS yang dilakukan oleh shipper dengan tujuan jika paket tidak sesuai, shipper dapat langsung menolak untuk menerima paket. Namun, durasi kurir menunggu pengecekan paket maksimal adalah 15 menit.
• Jika ditemukan paket yang sudah jelas tidak sesuai, shipper bisa menolak paket tersebut dan kurir (rider) dapat membawa kembali paket tersebut.
• Shipper dan kurir (rider) wajib mengisi dan menandatangani formulir serah terima yang sudah disediakan oleh pihak Ninja Xpres. Nama lengkap pada bagian tanda tangan harus tertulis dengan jelas pada formulir.

2. Batasan umur paket setelah sukses terkirim yang dapat dikomplain (Khusus Shipper)
Komplain berkaitan dengan swap paket hanya paket dengan usia (jarak dari paket completed hingga dikomplain) paling lama 14 hari kerja, kecuali dinyatakan lain dalam perjanjian kerja sama.

3. Standar Laporan
Laporan dapat disampaikan oleh dua pihak, yaitu customer dan shipper. Hal-hal yang perlu dilampirkan untuk setiap pihak dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Standar Paket Complete ke Customer Paket RTS ke Shipper
Melampirkan video unboxing
Melampirkan foto paket pada bagian yang tertempel nomor resi
Melampirkan bukti serah terima paket (Nama Kurir harus terlihat jelas)
"Menjelaskan:
1. Isi paket seharusnya
2. Isi paket yang diterima
3. Jumlah Item seharusnya
4. Jumlah Item yang diterima"

Terdapat syarat dan ketentuan untuk setiap standar pelaporan agar dianggap valid, antara lain:

1. Video Unboxing:
• Video wajib berisi proses unboxing paket yang wajib diambil secara one take (sekali ambil) dan tanpa disunting (di-edit)
• Video wajib menunjukkan semua sisi paket
• Video wajib menunjukkan nomor resi secara jelas
• Video wajib menunjukkan isi barang dalam paket dan dijelaskan alasan
ketidaksesuaiannya.

2. Foto Paket:
• Foto wajib pada bagian paket yang tertempel label nomor resi.
• Label nomor resi harus terlihat jelas (tidak buram atau goyang)