Masih bingung gimana cara mengoptimalkan WhatsApp Business biar bisnis makin cuan? Simak artikel ini untuk mengetahui cara lengkapnya!
Punya WhatsApp Business aja nggak cukup bikin bisnis kamu jadi makin cuan. Kamu harus melakukan optimasi pada WhatsApp Business biar bisa meningkatkan penjualan dan konversi.
Nah, banyak banget yang ternyata nggak tahu cara mengoptimalkan WhatsApp Business ini. Padahal penting banget untuk bisnis apalagi buat mereka yang bisnisnya mengalami tantangan seperti katalog nggak dilirik, balasan cepat basi yang berdampak pada susahnya closing.
Sebagai seller kita harus mengetahui strategi penggunaan dari WhatsApp Business ini biar memaksimalkan operasional bisnis yang nantinya bisa berdampak positif pada meningkatnya penjualan.
Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial dan tahap-tahap dalam cara mengoptimalkan WhatsApp Business. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya!
5 Cara Mengoptimalkan WhatsApp Business

Karena optimasi WhatsApp Business itu bermanfaat banget buat bisnis dibandingkan WA biasa, jadi nggak ada alasan untuk tidak melakukannya. Nah, buat yang masih bingung bagaimana caranya, berikut lima cara mengoptimalkan WhatsApp Business yang bisa kamu lakukan:
1. Optimasi Katalog & Profil
Hal yang pertama yang dilakukan untuk cara mengoptimalkan WhatsApp Business adalah dengan mengoptimasi katalog dan profil. Berbeda dengan WA biasa, WA bisnis punya fitur katalog yang bisa kamu optimasi.
Berikut beberapa optimasi yang bisa kamu lakukan untuk optimasi katalog dan profil:
- Gunakan foto berkualitas, deskripsi yang informatif dan jelas dan tautkan link langsung ke toko online.
- Cantumkan jam operasional serta tombol CTA yang jelas dan menarik
2. Efisiensi Customer Service
Layanan pelanggan memainkan peran penting dalam dunia bisnis. Pastikan kamu memberikan layanan terbaik agar pelanggan puas dengan membalas dengan cepat. Tipsnya kamu bisa menggunakan pesan otomatis dan quick reply agar respon lebih cepat.
3. Quick Reply untuk Berbagai Situasi
Quick Reply jadi salah satu fitur yang bisa kamu gunakan. Selain bisa mempercepat proses balasan pesan ke pelanggan, fitur ini juga bisa digunakan di berbagai situasi penting seperti pembayaran, link checkout atau diskon dadakan. Nggak ada tuh acara pelanggan kabur karena nunggu balasan pesan dari kamu.
4. Menggunakan Labeling
Ada fitur yang berguna pada WhatsApp Business yang harus kamu gunakan. Fitur ini bernama labeling yang bisa bantuin kamu mengelola pesan dengan lebih rapih. Tandai setiap chat berdasarkan status “belum check out” atau “calon pembeli” untuk memudahkan kamu dan tim mengetahui prioritas chat.
5. Menggunakan Custom Link WA
Custom link pada WA bisa membantu kamu tahu pelanggan datang dari channel mana. Ini bisa digunakan untuk merumuskan strategi di masa depan.
Kapan Waktu yang Tepat untuk Pindah ke WA API?
Kalau bisnis kamu skalanya sudah cukup besar dan menggunakan 2 admin CS untuk mengelola pesan, itu jadi tanda kalau bisnis kamu harus menggunakan WhatsApp API biar komunikasi dengan pelanggan naik level.
Berikut beberapa tanda kamu harus menggunakan WhatsApp API:
- WA tidak mendukung multi login
- Tidak ada fitur laporan performa CS
- Tidak bisa integrasi dengan chatbot atau sistem e-commerce
Kalau kamu mengalami hal-hal kayak tadi udah saatnya menggunakan WhatsApp API biar bisnis makin melejit.
Solusi WhatsApp API dan Scale Up Bisnis: Everpro Chat
Jika kamu merasa bisnis udah kewalahan dalam menghadapi pesan dari pelanggan dalam jumlah yang banyak, sudah saatnya beralih menggunakan WhatsApp API.
Selain bisa mengoptimalkan urusan komunikasi dengan pelanggan, bisnis juga jadi lebih profesional dan bisa scale up untuk raih cuan yang lebih besar lagi.
Everpro Chat hadir sebagai solusi tepat bagi bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp API. Layanan ini bisa bantuin CS mu jadi lebih produktif dengan berbagai fitur dan benefit yang ditawarkan seperti:
- Satu akun bisa digunakan banyak admin
- Ada laporan performa CS harian dan mingguan
- Terintegrasi dengan berbagai sistem marketplace
- Support terhadap chatbot untuk otomatisasi pesan dan FAQ
- Memudahkan pengelolaan ribuan chat tanpa bikin pusing
Everpro bisa bikin kerja tim CS jadi lebih efisien, pelanggan lebih cepat direspon dan konversi pun bisa naik signifikan.
WhatsApp Business memang membantu bisnis jadi lebih mudah mengelola komunikasi dengan pelanggan. Tapi untuk memaksimalkan penggunaannya, kamu harus mengoptimasinya agar bisa berdampak positif pada bisnis.
Gunakan layanan Everpro Chat untuk bikin kelola chat dari pelanggan di WhatsApp Business jadi naik level sekarang juga!







