Trik Jitu! Tingkatkan SEO dengan AMP, Cari Tahu Artinya!

Dunia digital marketing kini sangat membutuhkan bantuan teknologi AMP, meski terkadang semua orang belum mengenalnya namun dengan teknologi ini banyak hal yang bisa di ambil manfaatnya.

Salah satu manfaat nya yaitu dapat meningkatkan efektivitas dalam hal upgrade halaman di website.

Tak hanya itu, ternyata fitur ini juga bisa berdampak pada jasa pengiriman dan SEO di halaman website yang telah di buat.

Ingi tahu info selengkapnya yuk simak di bawah ini!

Baca juga: 4PL adalah? Tahukah Apa Artinya, Yuk Simak Ini!

Apa itu AMP?

Accelerated Mobile Pages atau yang biasa di sebut AMP adalah teknologi yang di kembangkan oleh Google yang bertujuan untuk membuat halaman web yang di buka di perangkat mobile menjadi lebih cepat dan lebih ringan.

Untuk layanan pengiriman, fitur layanan ini dapat di gunakan untuk membuat halaman pelacakan pengiriman lebih cepat dan responsif sehingga memudahkan pelanggan untuk mengetahui status pengirimannya.

Sehingga memudahkan pengguna website atau aplikasi untuk mendapatkan info lebih cepat.

Perusahaan yang Menggunakan AMP

Ada beberapa perusahaan yang sudah menggunakannya untuk situs web mereka di antaranya:

  1. Pinterest
  2. Twitter
  3. WordPress.com
  4. Chartbeat
  5. Parse.ly
  6. Adobe Analytics
  7. comScore
  8. Nielsen
  9. Google Analytics
  10. Yandex.Metrica

Dan masih banyak perusahaan lainnya yang sudah menggunakannya, baik perusahaan dari industri e-commerce, media, maupun jasa pengiriman.

Beberapa contoh jasa pengiriman yang sudah menggunakannya untuk situs web mereka di antaranya:

  1. FedEx
  2. DHL
  3. UPS
  4. USPS
  5. Royal Mail
  6. Japan Post
  7. Australia Post
  8. Canada Post
  9. China Post
  10. Singapore Post

Namun, tidak semua perusahaan menggunakan fitur ini di aplikasi mereka, seperti hanya di gunakan untuk melacak pengiriman barang saja atau bisa jadi hanya di gunakan di beberapa negara bagian tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AMP

Kelebihan Menggunakan Layanan AMP

  1. Halaman web yang di buka di perangkat mobile akan lebih cepat dan responsif, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna.
  2. Memudahkan untuk kreatif dengan berbagai custom dan di terapkan pada berbagai platform
  3. Mampu meningkatkan SEO karena AMP dapat membuat halaman web menjadi lebih ringan dan cepat.
  4. Dapat di gunakan untuk meningkatkan konversi dan tingkat keterlibatan pada halaman web e-commerce
  5. Bisa di gunakan untuk meningkatkan performa halaman tracking pengiriman

Kekurangan Menggunakan Layanan AMP

  1. Beberapa fitur yang ada pada halaman web biasa tidak dapat di gunakan di halamannya karena tidak di dukung oleh AMP
  2. Bisa menyulitkan dalam proses pengembangan halaman web
  3. Mampu menyebabkan konflik dengan beberapa plugin atau ekstensi
  4. Dapat menyebabkan masalah pada analisis web karena beberapa alat analisis tidak dapat di gunakan pada halamannya.

Secara umum, fitur ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan performa situs web, tetapi harus di pertimbangkan juga kekurangannya dan apakah sesuai dengan kebutuhan dari situs web tersebut.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Teknologi AMP

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas AMP di situs web antara lain:

1. Kualitas Konten

Kualitas konten yang baik akan membuat halaman web lebih menarik bagi pengguna dan mendorong interaksi dengan konten tersebut.

2. Kompatibilitas Ekstensi dan Plugin

Halaman AMP dapat mengalami masalah kompatibilitas dengan beberapa ekstensi dan plugin yang di gunakan dalam situs web.

3. Kinerja server

Kinerja server yang buruk dapat menyebabkan halaman web yang lambat dan mengurangi performa AMP.

4. Penggunaan Alat Analisis

Beberapa alat analisis web tidak dapat di gunakan pada halamannya, sehingga dapat menyulitkan dalam melakukan analisis pada situs web tersebut.

5. Konfigurasi dan Pengaturan

Pengaturan yang salah dalam konfigurasi fitur ini dapat menyebabkan masalah pada performa halaman web.

6. Struktur dan Desain Website

Struktur dan desain yang tidak baik dapat menyebabkan kesulitan dalam implementasi.

7. Update dari AMP

AMP sendiri juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga perlu di perhatikan juga perubahan-perubahan tersebut.

Semua faktor tersebut harus di pertimbangkan dan di optimalkan agar AMP dapat bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang di inginkan.

Baca juga: 3PL adalah? Penasaran Artinya, Yuk Intip Ini!

Dampak Pemasangan AMP pada SEO

Pemasangan AMP dapat memberikan dampak positif pada SEO karena:

  1. Peningkatan kecepatan loading halaman
  2. Meningkatkan kompatibilitas perangkat
  3. Upgrade kualitas konten
  4. Memprioritaskan tingkat indeks mesin pencari
  5. Tingkatkan prioritas dalam SERP, sehingga content sering di prioritaskan dalam hasil pencarian seperti Google.

Meskipun menggunakan AMP pada SEO dan website, pengguna pun harus meningkatkan isi conten agar lebih berkualitas dan SEO pun harus di tingkatkan kembali.

Cukup sekian informasi yang di bahas pada artikel kali ini, nantikan informasi update lainnya di Everpro.id!

Picture of Afifah Permata Hasanah
Afifah Permata Hasanah
Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya