Bagaimana cara perusahaan mengelola semua urusan bisnisnya dengan baik dan praktis? Jawabannya karena mereka menggunakan aplikasi bisnis untuk mengelola urusan bisnisnya.
Aplikasi ini berguna untuk membantu perusahaan dan pebisnis untuk mengeloal urusan bisnis yang mereka jalani. Karena aplikasi ini produktifitas dari yang menggunakannya akan meningkatkan dan lebih efisien dalam bekerja dan yang pasti akan mendapat hasil yang terbaik.
Penasaran apa saja aplikasi yang perusahaan-perusahaan terkenal gunakan untuk mengelola bisnis mereka? Simak informasi selengkapnya pada artikel ini untuk mengetahui jawabannya. Check it out!
Daftar Isi:
ToggleRekomendasi Aplikasi Bisnis Online Terbaik Untuk Mengelola Bisnis
Seperti janji kami, artikel ini akan memberikan rekomendasi aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk mengelola bisnis kamu. Apa aja aplikasi bisnis online yang bisa membantu produktivitas bisnis kamu? Berikut daftar lengkapnya khusus untuk kamu.
Aplikasi di bawah ini meliputi beberapa kategori seperti kategori untuk penulisan ide dan management project, komunikasi profesional, desain dan promosi,kebutuhan finansial. Berikut daftar nama-nama aplikasi bisnis:
1. Keep Notes
Aplikasi pertama yaitu Keep Notes, aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mencatat apapun. Mulai dari catatan pekerjaam, tugas kuliah, ide, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengelola ide yang mungkin bermanfaat bagi bisnis kamu.
Dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu khawatir lagi dengan catatan kamu yang hilang atau tidak tersimpan. Karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Google sehingga catatan yang kamu buat akan tersimpan ke cloud server dari Google.
Keunggulan:
- Fitur voice memo, image memo, dan drawing memo
- Memonitor task dengan fitur checklist
- Terintegrasi dengan Google
- Mengelompokkan notes dengan label
- Dark mode
- Banyak pilihan template dan tema
2. Microsoft To Do
Kemudian aplikasi berikutnya yaitu Microsoft To Do. Aplikasi ini berguna untuk mengatur tugas harian, menyusun daftar belanja, mengatur tenggat waktu dan menyusun pekerjaan kamu selanjutnya. Aplikasi ini sebelumnya bernama Wunderlist.
Keunggulan:
- Tampilan sederhana sehingga mudah dipahami
- Terintegrasi dengan Office365
- Membuat to-do list dengan jadwal yang terperinci
- Menyusun project dan plan pribadi
3. OneNote
Kemudian selanjutnya ada aplikasi OneNote. Aplikasi yang dapat membantu kamu untuk untuk mencatat, mengolah, dan menggambar. OneNote ini merupakan aplikasi saingan dari Keep Notes buatan Google. Aplikasi ini juga memiliki sistem penyimpanan cloud yang sama dengan aplikasi Keep Notes.
Berikut beberapa keunggulannya:
- Terintegrasi dengan Microsoft Office
- Dapat digunakan oleh multi pengguna
- Bisa memasukan semua elemen seperti teks, gambar, video
- Sinkronisasi dengan Microsoft OneDrive
- Fitur Voice Note
- Fitur Matematika
- Pencarian topik dengan cepat
4. Google Spreadsheet
Aplikasi bisnis selanjutnya adalah Google Spreasheet. Aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Microsoft Office buatan Microsoft. Namun berbeda dengan Microsoft Office. Google Spreadsheet dapat kamu akses dengan internet dan memiliki sistemp penyimpanan cloud.
Google Spreadsheet memiliki dua fungsi yaitu Pribadi dan bisnis. Apabila kamu menggunakan versi bisnis dari Google Spreasheet kamu bisa membuat ruang kerja online khusus untuk perusahaan atau kantor kamu. Akses informasi pun menjadi lebih aman dan terjamin.
Keunggulan:
- Gratis dan mudah diakses
- Kolaboratif dan real-time
- Terintegrasi dengan Google Drive
- Banyak pilihan template dan fungsi
- Memiliki versi bisnis yang menunjang produktivitas pekerjaan
- Melakukan berbagai fungsi management project
5. Trello
Trello adalah salah satu aplikasi bisnis online gratis dan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk bisnis. Aplikasi ini berbasis web yang digunakan untuk memudahkan dalam proses kolaborasi antar tim dalam mengembangkan proyek secara lebih efektif.
Trello memungkinkan kamu untuk mengatur berbagai proyek dalam satu tempat, dengan menggunakan fitur-fitur seperti boards, lists, cards, dan menu. Dengan Trello, kamu bisa melihat progress dari proyek yang kamu jalankan. Selain itu kamu juga bisa melihat apa yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakannya.
Berikut Keunggulannya:
- Gratis dan Akses Mudah
- Kolaboratif dan real-time
- Terintegrasi dengan Google Drive
- Banyak pilihan template dan fungsi
- Power-ups untuk meningkatkan produktivitas
- Mudah dalam mengunggah file baik dari komputer maupun cloud
- Notifikasi
6. Microsoft Planner
Kemudian, ada aplikasi buatan Microsoft lagi yaitu Microsoft Planner. Microsoft Planner adalah sebuah aplikasi yang termasuk dalam paket Microsoft yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengelola tugas-tugas dalam tim kamu.
Aplikasi ini berguna untuk untuk membuat rencana, menetapkan tugas, berkolaborasi, dan melacak kemajuan proyek kamu dengan mudah dan bisa menggunakan visual.
Keunggulan:
- Terintegrasi dengan Microsoft 365
- Kolaboratif dan real-time
- Visual dan intuitif
- Bagan status
- Memonitor progress pekerjaan
- Notif perubahan melalui email
- Tersedia forum chat
7. Workplace
Aplikasi Workplace adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Meta, perusahaan yang sebelumnya bernama Facebook. Aplikasi ini adalah sebuah alat komunikasi yang menghubungkan semua orang di perusahaan kamu, bahkan jika mereka bekerja secara remote.
Workplace berguna untuk saluran komunikasi untuk perusahaan yang didesain khusus untuk ruang kerja tim. Bisa dibilang Workplace adalah Facebook untuk komunikasi secara formal dan bisnis. Fitur-fitur unggulan Facebook juga tersedia di aplikasi ini.
Keunggulan:
- Dapat berfungsi seperti email dengan pembuatan grup
- Menghubungkan satu divisi dengan divisi lainnya
- Analisis data performa karyawan
- Keamanan yang kuat
- Dapat berbagi file dan update berita dengan mudah
- Struktur organisasi perusahaan
8. Slack
Kemudian ada aplikasi komunikasi bernama Slack. Slack merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk komunikasi dengan kolega pada suatu perusahaan.
Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan kamu bekerja sama dengan tim secara online. Perusahaan-perusahaan besar saat ini sudah menggunakan aplikas ini untuk komunikasi profesional.
Keunggulan:
- Melakukan voice dan video call secara personal maupun grup
- Membuat team survey
- Bisa mengatur tema dan template
- Berbagi file dengan mudah
- Tampilan percakapan yang teroganisir dan mudah dilihat
- Melihat status karyawan yang lain dengan status online ataupun offline
9. Notion
Selanjutnya ada aplikasi bisnis bernama Notion. Notion merupakan salah satu aplikas yang bisa kamu gunakan untuk membuat dan mengelola berbagai jenis dokumen. Seperti mengelola catatan, daftar, kalender, basis data, wiki, dan lain-lain. Aplikasi ini cocok sekali kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas.
Keunggulan:
- Mudah dan fleksibel
- Visual dan intuitif
- Banyak pilihan template dan fungsi
- Kolaborasi real-time
- Bertukar informasi dengan mudah
- Melihat progress pekerjaan
- Melihat jadwal pekerjaan.
10. Canva
Aplikasi berikut ini dapat membantu produktivitas kamu dalam kebutuhan gambar dan ilustrasi. Selain itu kamu juga bisa membuat beberapa dokumen seperti presentasi, poster, dan masih banyak lagi. Kamu dapat membuat beberapa gambar dan grafik dengan mudah dengan aplikasi ini.
Keunggulan:
- Banyak template yang tersedia
- Penggunaan yang mudah
- Gratis
- Banyak template tersedia yang gratis yang bisa kamu kustomisasi sesuai dengan kebutuhan
- Kreatif dan fleksibel
- Kolaboratif dan terintegrasi
11. VSCO
Kemudian ada aplikasi bisnis yang bisa kamu gunakan untuk editing foto. Aplikasini bernama VSCO yang berguna untuk mengedit dan berbagi foto dan video dengan gaya artistik dan estetik. Kamu bahkan bisa mengedit foto dengan hasil yang bisa dihasilkan oleh kamera profesional.
VSCO saat ini banyak digunakan untuk mengedit foto untuk posting di media sosial. Banyak penggunanya karena alasan filter yang tersedia sangat beragam dan bagus.
Keunggulan:
- Menawarkan banyak filter unik dan berkualitas
- Fitur image editor yang cukup mudah untuk digunakan
- Banyak opsi edit seperti exposure, contrast, straight, vignette dan masih banyak lagi
- Komunitas yang inspiratif dan mendukung
- Studio yang rapi dan nyaman
12. Google Bisnisku
Terakhir untuk aplikasi bisnis yang dapat meningkatkan produktivitas kamu adalah Google bisnisku. Aplikasi buatan Google yang membantu para pemilik usaha kecil untuk membuat dan mengeolal profil bisnis mereka di Google.
Dengan aplikasi ini kamu bisa menampilkan informasi penting tentang bisnis kamu, seperti nama, alamat, nomor telepon, jam buka, ulasan, foto dan lain-lain. Kamu juga bisa berinteraksi dengan pelanggan potensial dan loyal, serta melihat statistik tentang performa bisnis kamu di Google.
Keunggulan:
- Gratis
- Meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis di Google
- Mendapatkan feedback dan loyalitas dan pelanggan
- Melihat dan menganalisis data bisnis kamu
- Berinteraksi dengan pelanggan
- Menarik calon pelanggan
Demikianlah rekomendasi 12 aplikasi bisnis yang bisa kami berikan untuk dapat meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan kamu. Aplikasi di atas dapat kamu jadikan pilihan untuk dapat mengelola project dan membantu meningkatkan efektivitas pada pekerjaan yang kamu lakukan.
Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai bisnis online. Nantikan juga informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!