Beranda » Tiktok » 2 Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Tiktok Shop

2 Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Tiktok Shop

Belanja di TikTok Shop Nggak Puas? Jangan Panik! Pelajari Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Sini!

TikTok bukan hanya platform media sosial yang populer, tetapi juga telah berkembang menjadi platform e-commerce yang diminati banyak orang di Indonesia.

Meskipun sempat ditutup oleh pemerintah, TikTok Shop kini telah kembali hadir dan siap melayani kebutuhan belanja online Kamu lagi.

Kalau Kamu termasuk yang baru ingin mencoba berbelanja di TikTok Shop, penting untuk mengetahui cara mengembalikan barang atau dana pembelian jika tidak puas dengan produk yang diterima.

Artikel ini akan memberikan panduan cara mengajukan pengembalian barang di Tiktok Shop dengan mudah.

Baca Juga : Jadi Hemat! 4+ Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di TikTok Shop

Syarat Pengembalian Barang & Dana di TikTok Shop

cara mengajukan pengembalian barang di tiktok shop
Sumber. Freepik.com

Sebelum mengajukan pengembalian barang dan dana di TikTok Shop, penting untuk memahami beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Pertama syarat pengembalian barang yang pertama berdasarkan batas waktu, yaitu  7 hari setelah barang diterima (status “Terkirim”).

Kondisi barang  masih dalam kondisi baru, belum dipakai, dan masih memiliki label dan kemasan asli.

Lalu Kamu juga harus tau jika membeli di TikTok shop ada beberapa kategori produk yang tidak bisa diretur atau dikembalikan seperti produk elektronik, kosmetik, makanan, dan lainnya.

Terakhir bukti pembelian wajib ada bisa berupa  invoice pembelian lewat aplikasi, email konfirmasi, dll.

Kedua untuk syarat pengembalian dana di TikTok Shop ketika barang telah diterima kembali oleh penjual.

Kemudian Penjual telah menyetujui permintaan pengembalian dana.

Baca Juga :Terbaru! Cara Belanja di Tiktok Shop dan TikTok Live Mudah dan Hemat

2 Cara Pengembalian Barang di TikTok Shop

cara mengajukan pengembalian barang di tiktok shop
Sumber. Tiktok.com

Setelah memahami syarat dan ketentuan pengembalian barang dan dana di TikTok Shop, kini saatnya mempelajari 2 cara mengajukan pengembalian barang di tiktok shop sebagi berikut: 

1. Cara Mengajukan Pengembalian Barang  dan Dana

Berdasarkan Gambar di atas jika Kamu pilih pengembalian barang dan dana/ uang, berikut ini adalah caranya :

  • Pertama Buka aplikasi TikTok dan Login ke akun Kamu.
  • Pilih menu “Profil” di pojok kanan bawah.
  • Pilih “Pesanan Saya” 
  • Pilih “Ajukan Pengembalian Barang dan Dana/ Uang“.
  • Kemudian Pilih “Barang yang ingin dikembalikan“. Bisa Barang pembelian langsung / COD.
  • Isi Alasan Pengembalian Barang
  • Unggah bukti foto/video barang yang di beli (Wajib).
  • Masukkan alamat pengembalian.
  • Kemudian Pilih Pusat Pengembalian TikTok Shop dengan mitra (J&T Express) atau Pengiriman lain yang dekat dengan tempat Kamu.
  • Pilih metode pengembalian dana bisa lewat Rekening bank, dompet digital dll.
  • Klik “Konfirmasi” pengajuan pengembalian.

Setelah Kamu mengajukan pengembalian, penjual akan meninjau permintaanmu, setelah itu Kamu akan menerima email konfirmasi dan instruksi pengembalian barang.

Cara pengajuan ini bisa untuk pembelian barang COD dan langsung tinggal pilih jenis barang yang  Kamu beli.

Perlu Kamu tahu juga jika biaya pengiriman pengembalian barang di TikTok Shop, jika Kamu tidak memilih jasa pengiriman selain J&T Express maka menggunakan biaya pribadi.

Baca Juga : 2 Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop, Ternyata Mudah!

2. Cara Mengajukan Pengembalian Dana 

Berikutnya jika Kamu hanya mengajukan  pengembalian dana saja. Berikut adalah cara refund dana di TikTok Shop seperti Gambar di atas:

  • Ajukan pengembalian dana secara manual kepada penjual.
  • Buka aplikasi TikTok Shop dan masuk ke akun kamu.
  • Pilih menu “Profil” > “ > “Pesanan Saya“.
  • Temukan produk yang ingin kamu kembalikan dan pilih “Ajukan Pengembalian Dana/ Uang Saja“.
  • Pilih Metode Pengembalian lewat Rekening bank, dompet digital dan lainnya.
  • Pilih alasan pengembalian dana dan masukkan bukti foto/video pengiriman barang (Wajib).
  • Konfirmasi pengajuan pengembalian dana dengan Klik “Kirim / Send”.

Pastikan Kamu  menyertakan informasi yang lengkap dan akurat saat mengajukan pengembalian dana.

Kamu bisa memantau status pengembalian dana secara berkala melalui aplikasi TikTok Shop.

Proses pengembalian dana TikTok Shop memakan waktu 3-7 hari kerja setelah penjual menyetujui.

Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan TikTok Shop jika Kamu memiliki pertanyaan atau mengalami kendala. 

Baca Juga :Kenali Ciri dan Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Tips Mempermudah Proses Retur di TikTok Shop

cara mengajukan pengembalian barang di tiktok shop
Sumber. Freepik.com

Berikut beberapa tips untuk mempermudah proses retur atau pengembalian barang dan dana di TikTok Shop:

  • Segera ajukan pengembalian setelah Anda menerima barang.
  • Pastikan Kamu mengemas barang dengan baik sebelum kirim ke penjual.
  • Simpan bukti pengiriman barang untuk keperluan refund dana.
  • Hubungi layanan pelanggan TikTok Shop jika Kamu memiliki pertanyaan.

Dengan memahami syarat dan ketentuan pengembalian barang dan dana di TikTok Shop, Kamu dapat berbelanja dengan lebih aman dan nyaman.

Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat buat Kamu, Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Everpro.id dan sebarakan informasi yang dapat membantu Kamu dan Teman-temanmu.

Picture of Fenti Perniawati
Fenti Perniawati
Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya