Tingkatkan peluang pembelian dan keuntungan bisnis online Kamu dengan menguasai SEO Tokopedia!
Bagi para penjual online di Tokopedia, menguasai SEO atau Search Engine Optimization adalah kunci untuk meningkatkan penjualan.
Mengapa? Karena saat mencari produk, pembeli akan menggunakan kata kunci yang relevan dengan kebutuhan mereka.
Hasil pencarian dengan kata kunci tersebut dapat menampilkan produk atau toko online Kamu di Google dan aplikasi Tokopedia, sehingga bisa meningkatkan peluang pembelian dan cuan.
Artikel ini akan menjelaskan cara kerja SEO di Tokopedia dan tips-tips untuk memaksimalkannya dalam meraup keuntungan bagi bisnis onlinemu.
Baca Juga : Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia, Branding Makin Kuat!
Daftar Isi:
ToggleBagaimana Cara Menggunakan SEO Tokopedia?
Cara menggunakan SEO di Tokopedia dengan melakukan langkah-langkah berikut yang nantinya diaplikasikan di beberapa aspek yang biasanya berkaitan dengan kata kunci tertentu.
Riset Kata Kunci
Cara pertama adalah dengan melakukan riset kata kunci yang relevan dengan produk atau jenis usaha Kamu.
Untuk melakukan riset kata kunci bisa menggunakan alat riset kata kunci seperti Google Keyword Planner, Ahrefs yang gratis namun terbatas jumlah kata kuncinya, atau Semrush untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan produk.
Kamu juga bisa melihat topik pencarian yang tren terpopuler saat di Indonesia lewat Google Trend ataupun Google suggestion yang biasanya muncul di hasil pencarian google.
Pahami intent dari setiap kata kunci, ada 3 jenis intent kata kunci yaitu informational, navigational, dan commercial.
Ketiga intent tersebut akan menentukan hasil pencarian yang relevan jadi jika Kamu salah menggunakan intent maka percuma itu tidak akan ditampilkan di hasil pencarian.
Selain intent perhatikan juga penggunaan jenis kata kunci short-tail dan long tail keyword.
Biasanya long-tail keyword digunakan agar lebih spesifik untuk menargetkan pembeli. Kamu bisa menggabungkan keduanya untuk hasil yang maksimal.
Umumnya para penjual di marketplace biasanya menggunakan intent dari kata kunci commercial dimana orang tersebut sudah punya niatan untuk membeli.
Kemudian Kamu juga bisa menggunakan long-tail agar menargetkan pembeli yang spesifik, contohnya seperti ini “skincare korea untuk kulit berjerawat”, “ sepatu wanita hak tinggi warna merah“.
Sedangkan untuk contoh short-tail keyword bisa seperti “handphone terbaru” dan “skincare korea“.
Analisis Fitur Wawasan Pasar Tokopedia
Pelajari tren pasar, Kamu bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar Tokopedia untuk mempelajari tren pasar dan kategori produk yang sedang populer.
Lewat fitur ini Kamu bisa analisis pesaing dengan mempelajari strategi SEO yang digunakan oleh pesaing dan temukan peluang untuk meningkatkan peringkat.
Disana juga Kamu akan menemukan kata kunci potensial yang belum banyak digunakan oleh pesaing Kamu.
Optimasi People Also Ask (PAA)
Cara ketiga yaitu dengan menggunakan pertanyaan yang sering diajukan oleh pembeli dari hasil pencarian kata kunci di Google dengan fitur PAA.
Fitur PAA atau disebut juga people also ask adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pembeli.
Caranya optimalkan judul dan deskripsi, masukkan kata kunci yang relevan dari PAA dalam judul dan deskripsi produk.
Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia Tanpa Iklan
Tips Optimalkan SEO Tokopedia Bisa Cuan Maksimal
SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas produk Anda di hasil pencarian Tokopedia.
Berikut adalah panduan tips untuk mengoptimalkan SEO Tokopedia yang dapat diterapkan untuk keperluan iklan ataupun secara organik.
1. Menulis Deskripsi Produk Informatif
Gunakan kata kunci yang relevan, masukkan kata kunci yang relevan yang sudah kamu riset sebelumnya seperti Gambar di atas.
Kemudian kamu bisa menyelipkan kata-kata tersebut pada bagian nama, deskripsi produk, dan tag produk.
Maka dari itu buatlah deskripsi yang jelas dan lengkap dengan menjelaskan manfaat dan fitur produk Kamu secara detail.
Sertakan informasi penting seperti ukuran, warna, bahan, dan garansi produk.
Gunakan format yang rapi dan mudah terbaca, bisa juga menggunakan poin-poin dan bullet points untuk menonjolkan informasi penting.
2. Masukan ALT Text di Foto Produk
Lalu tambahkan ALT text pada setiap foto produk, ini akan membantu Google memahami konten gambar Kamu.
Gunakan kata kunci yang relevan dengan produk Kamu dalam ALT text.
Kamu juga bisa menggunakan kata kunci yang berbeda untuk setiap gambar produk.
3. Menyematkan URL Link di Sosial Media
Sematkan URL internal link ke produk terkait yang kamu promosikan lewat sosial media atau website jika punya, Internal link ini membantu untuk meningkatkan traffic kunjungan calon pembeli ke Toko Kamu dan memudahkan pembeli melakukan proses transaksi.
Jumlah kunjungan ini dari berbagai sumber salah satunya bisa lewat sosial media.
4. Gunakan Promosi Iklan Tokopedia
Kamu juga bisa menggunakan keyword yang telah kamu riset sebelumnya untuk digunakan ketika akan beriklan di Tokopedia.
Keyword yang tepat dapat membantu Kamu menargetkan audiens yang tepat dan meningkatkan efektivitas iklan.
Baca Juga: 4+ Cara Pasang Iklan di Tokopedia untuk Meningkatkan Penjualan Online Kamu!
Demikianlah informasi tentang cara menggunakan SEO Tokopedia beserta tips penggunaanya.
Untuk bantu kelola toko online di Tokopedia Kamu bisa gunakan layanan Everpro MP Enabler yang nantinya akan bantu Kamu untuk menentukan strategi penjualan yang untung dengan benefit berikut.
Benefit Everpro MP Enabler
Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:
- Sesi Konsultasi dengan Tim Profesional
- Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
- Memaksimalkan penjualan dengan jenis campaign yang efektif
- Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
- Bisa pilih Paket Satuan atau Lengkap
Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!