everpro

Cara Mudah Gunakan Youtube Ads untuk Iklan Produk

Youtube Ads – Sebagai seorang pebisnis, maka Anda sangat perlu untuk mengiklankan produk yang Anda miliki. Salah satu caranya adalah menggunakan Youtube Ads.

Saat ini untuk mempromosikan produk atau usaha yang sedang dijalankan tentu sangat mudah.

Apalagi teknologi sekarang ini sudah semakin maju. Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk mengiklankan produk Anda. 

Misalnya media sosial, baik itu Instagram, WhatsApp, bahkan Youtube. Anda bisa menggunakan Youtube Ads untuk mempromosikan produk Anda.

Jika bingung cara menggunakannya, berikut ini adalah cara menggunakan Youtube Ads dengan mudah.

 Cara Menggunakan Youtube Ads dengan Mudah

Youtube Ads
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah langkah yang bisa Anda gunakan untuk membuat iklan di Youtube Ads dengan mudah:

1. Upload Iklan di Channel Youtube

Tips gunakan layanan iklan di Youtube yang pertama yaitu mengunggah video iklan di channel Youtube Anda. Caranya langsung saja login terlebih dahulu ke akun Youtube. Setelah itu pilih opsi “upload video.” 

Kemudian mulai unggah video dan tunggu hingga unggahan selesai. Saat akan mengunggah video iklan, jangan lupa menambahkan judul, deskripsi, dan tag dari iklan.

2. Membuat Iklan dengan Google Ads

Setelah video berhasil diunggah, tips berikutnya yaitu membuat iklan melalui akun Google Ads. Langkah pertama yaitu dengan masuk akun Google Ads terlebih dahulu. 

Kemudian  lanjutkan untuk membuat iklan baru. Kemudian, Anda akan diminta memilih tujuan dari iklan. Setelah memilih tujuan iklan, terakhir pilih opsi “continue” untuk melanjutkan langkah berikutnya.

3. Tentukan Segmentasi Iklan

Selanjutnya yaitu memilih target penonton. Penentuan target sangat diperlukan agar iklan yang dibuat bisa tepat sasaran. Caranya yaitu dengan memilih target berdasarkan demografi.

Pada pilihan ini, Anda diminta memilih target berdasarkan usia, jenis kelamin, status sudah memiliki anak atau belum, dan persentase pendapatan penonton dalam rumah tangga. Selain demografi, Anda juga harus memilih target penonton berdasarkan minat.

Caranya dengan memasukkan kata kunci iklan sesuai topik yang berhubungan dengan target penonton. 

Setelah memasukkan kata kunci, kemudian centang topik dari target penonton. Hal ini bertujuan agar iklan bisa ditampilkan di beberapa video dengan topik sesuai pilihan Anda.

4. Masukkan Link Iklan

Cara menggunakan Youtube Ads yang terakhir yaitu dengan memasukkan tautan video iklan yang telah diunggah di akun Youtube ke Google Ads. 

Saat memasukkan link video, jangan lupa mengisi URL, call to action, dan headline. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih tombol “create campaign” pada iklan Youtube Ads.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk memasang iklan di Youtube.

Jenis Youtube Ads yang Harus Diketahui

Youtube Ads
Sumber: google.com/bersosial

Selain Anda mengetahui cara menggunakan layanan iklan di Youtube, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis Youtube Ads berikut ini:

1. Skippable in-stream ads

Pertama ada skippable in-stream Ads, merupakan salah satu tipe iklan yang sering digunakan untuk Youtube Ads. 

Skippable in-stream Ads termasuk tipe iklan yang bisa dilewati oleh penonton. video iklan ini biasanya berdurasi minimal 12 detik dan maksimal 3 menit. 

Kemudian pada detik ke-5 biasanya akan muncul tombol skip otomatis yang bisa ditekan oleh penonton.

2. Non Skippable ads

Selanjutnya ada Non skippable Ads, yaitu  termasuk tipe iklan yang tidak bisa di-skip (dilewati) oleh penonton. 

Tipe iklan ini cukup efektif karena informasi iklan yang diterima penonton lebih lengkap dibandingkan tipe skippable in-stream Ads.

3. Discovery Ads

Kemudian ada juga discovery ads, jenis iklan yang ditayangkan pada halaman hasil pencarian dan homepage Youtube. 

Agar iklan yang dipasang efektif dan berada di posisi teratas, maka diperlukan optimasi SEO pada video Youtube.

4. Non video Ads

Terakhir adalah non video Ads, merupakan salah satu iklan tanpa video. Tipe ini sangat cocok bagi Anda yang ingin beriklan, tetapi tidak memiliki video iklan. 

Biasanya tipe non video Ads akan muncul dalam bentuk teks, gambar, maupun kartu. Selain itu, biaya iklan ini juga tidak terlalu mahal. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan Youtube Ads dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Picture of Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya