Bingung cara kelola pesan dari pelanggan? Ingin alat bantu yang bisa bantu optimalkan pesan? Simak artikel untuk mengetahui fitur auto reply WhatsApp yang bisa jadi solusinya!
WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan yang saat ini menjadi aplikasi penting bagi setiap individu. Aplikasi berbagi pesan ini berguna untuk bertukar pesan dengan orang terdekat kita dengan mudah.
Selain berguna untuk setiap individu, WhatsApp juga memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis untuk mengelola bisnisnya dengan lebih efektif.
Fitur ini dinamakan WhatsApp for Business yang dapat digunakan untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis.
Dengan bantuan WhatsApp for Business dapat membantu meringankan bisnis sehingga sumber daya dapat dialihkan ke hal lain agar bisnis menjadi lebih efektif. Salah satu fitur di dalamnya yang sangat penting adalah fitur auto reply.
Fitur auto reply ini artinya kamu sebagai pebisnis dapat membalas pesan dari pelanggan secara otomatis. Nah, bagaimana tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak bahasan lengkapnya di bawah ini!
Apa itu Auto Reply WhatsApp?
Auto reply adalah salah satu fitur yang ada di WhatsApp Business yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan balasan pesan secara otomatis kepada pelanggan.
Fitur ini sangat berguna untuk bisnis yang ingin meningkatkan waktu respons sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama, atau bahkan bisa membalas di luar jam kerja.
Cara Kerja WhatsApp Auto Reply?
WhatsApp Auto Reply memiliki cara kerja yang bisa bermanfaat bagi bisnis. Berikut cara kerja pesan otomatis untuk berbagai situasi:
- Memberikan pesan sambutan yang terkirim otomatis ketika ada pelanggan baru yang memulai chat
- Memberikan pesan yang terkirim otomatis ke pelanggan yang menghubungi diluar jam kerja operasional bisnis kamu
- Memberikan pesan khusus yang terkirim otomatis untuk menjawab pertanyaan umum atau memberikan informasi tertentu
Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Business
Berikut langkah-langkah untuk membuat auto reply di WhatsApp Business:
1. Mengatur Pesan Salam
- Buka aplikasi WhatsApp Business
- Masuk ke menu Pengaturan atau Settings
- Pilih Pengaturan Bisnis atau Business Settings
- Lalu pilih Pesan Salam atau Greetings Message
- Aktifkan pesan salam dan ketik pesan yang ingin kamu gunakan
- Simpan pengaturan
2. Mengatur Pesan di Luar Jam Kerja
- Kembali ke Pengaturan Bisnis atau Business Settings
- Pilih Pesan di Luar Jam Kerja atau Away Message
- Aktifkan pesan di luar jam kerja
- Tentukan waktu kapan pesan ini akan dikirim
- Tulis pesan yang akan dikirim saat di luar jam kerja
- Simpan pengaturan
3. Mengatur Balasan Cepat
- Masuk ke Pengaturan Bisnis atau Business Settings
- Pilih Balasan Cepat atau Quick Replies
- Tambahkan balasan cepat baru
- Tentukan kata kunci dan pesan balasan
- Simpan balasan cepat
Cara Membuat Auto Reply WhatsApp Business API di Everpro
Kamu juga bisa menggunakan fitur auto reply WhatsApp Business API yang terintegrasi langsung dengan Meta dengan layanan Everpro Chat.
Dengan WhatsApp API yang terintegrasi tersebut kamu bisa menghubungkan sistem bisnis seperti CRM, website dan aplikasi sehingga bisa mengoptimalkan bisnis ke berbagai hal yang lebih kompleks dibandingkan sekedar menggunakan WhatsApp Business biasa.
Dengan WhatsApp API dari Everpro Chat kamu bisa melakukan berbagai keperluan seperti:
- Otomatisasi Pesan
- Chatbot
- Integrasi dengan sistem lain
- Analisis Data
- Skalabilitas
Berikut cara membuat Smart Reply di WhatsApp Business API dari Everpro:
1. Kamu bisa menemukan fitur Smart Reply pada halaman website Everpro bagian Everpro Chat.
2. Di halaman pertama pada fitur Smart Reply, Anda bisa menemukan list nama bot yang telah dibuat. Untuk membuat bot yang baru, klik tombol “Bot Integration” yang terletak pada ujung halaman sebelah kanan atas.
3. Klik “Add Project from Dialogflow”
4. Klik “Create New GCP Project”
5. Sebelum membuat projek, pastikan kamu untuk “Sign In with Google”
6. Setelah berhasil sign in, pastikan kamu sudah mengunjungi website https://console.cloud.google.com untuk melakukan centang pada Terms of Service seperti pada gambar berikut.
7. Klik tombol “Next” untuk lanjut membuat bot
Cara membuat pesan otomatis di WhatsApp Business cukup mudah hanya dengan menggunakan Layanan Everpro Chat. Dengan layanan ini kamu bisa tersedia banyak template auto reply yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
Pelajari lebih lanjut layanan Everpro Chat sekarang untuk mengetahui benefit yang bermanfaat untuk bisnis kamu!
Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan WhatsApp Auto Reply
Berikut perbandingan keuntungan dan kekurangan menggunakan fitur balas otomatis WhatsApp:
Keuntungan | Kekurangan |
Efisiensi waktu | Kurangnya personalisasi |
Tersedia 24/7 | Adanya potensi kesalahan |
Meningkatkan produktivitas | Keterbatasan dalam interaksi kompleks |
Mengurangi pertanyaan yang berulang | Terkesan kurang personal karena menggunakan bot |
Meningkatkan profesionalisme bisnis | Ketergantungan pada sistem |