Relevance Score Facebook Ads: Penjelasan Lengkap

Ketahui tentang relevance score pada Facebook Ads yang penting sebagai salah satu faktor kesuksesan beriklan hanya pada artikel ini!

Beriklan melalui platform digital merupakan salah satu cara yang banyak digunakan saat ini sebagai strategi digital marketing. Salah satu platform beriklan yang sangat terkenal salah satunya adalah Facebook Ads yang tergabung dengan Meta.

Dalam dunia periklanan digital terdapat sebuah pengukuran atau metriks sebagai indikasi apakah iklan tersebut sukses atau tidak. Nah, metriks ini biasa disebut sebagai relevance score yang mengukur apakah iklan yang kamu iklan sudah relevan dengan target audiens yang kamu targetkan.

Relevancy score ini jika semakin tinggi maka makan iklan yang kamu buat kuat potensinya jika iklan yang kamu tayangkan dilihat oleh orang yang tepat dengan biaya yang lebih efisien. Nah, pada artikel ini kami akan mencoba untuk membahas relevance score ini pada Facebook Ads spesial untuk kamu.

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini sampai habis, check it out!

Baca juga: Inilah Cara Retargeting Facebook Ads dengan Mudah!

Apa itu Relevance Score Facebook Ads

relevance score facebook ads
Sumber: pexels.com

Sebenarnya saat ini pada Facebook sudah memiliki metriks baru yang lebih komprehensif jika dibandingkan dengan relevance score. Metriks ini bernama Ad Relevance Diagnostics yang menawarkan informasi yang lebih detail terkait performa iklan. Metriks ini meliputi kualitas iklan, tingkat keterlibatan, dan konversi.

Nah, metriks baru ini diperkenalkan oleh Facebook Ads sebagai pengganti dari Relevance Score. Metrik ini memberikan informasi yang lebih detail dan mendalam terkait bagaimana audiens merespons iklan kamu. Karena hal tersebut, kamu bisa mengetahui pada bagian apa pada iklan yang harus kamu optimalkan dan tingkatkan.

Ads Relevance Diagnostics memiliki tiga komponen utama antara lain:

  • Quality Ranking

Komponen pertama yang berguna untuk menilai kualitas iklan secara menyeluruh, meliputi relevansi dengan target audiens, tingkat keterlibatan, dann tingkat konversi.

  • Engagement Rate Ranking

Komponen kedua berguna untuk membandingkan tingkat engagement iklan seperti klik, like, komentar, dan share dengan iklan lain dengan target audiens yang sama.

  • Conversion Rate Ranking

Terakhir ada komponen yang berguna untuk membandingkan tingkat konversi iklan yang meliputi pembelian, download dan register dengan iklan dengan target audiens yang sama.

Pentingnya Ad Relevance Diagnostics 

Ad Relevance Diagnostics merupakan metrik yang sangat penting dan berguna bagi bisnis. Metrik ini bukan cuma sekedar angka saja. Metrik ini memiliki kegunaan yang sangat penting agar kampanye iklan yang kamu jalankan bisa sukses. Berikut beberapa alasan mengapa Ad Relevance Diagnostics penting:

  • Mengurangi Pemborosan Anggaran Iklan

Dengan menggunakan Ad Relevance Diagnostics kamu bisa mengetahui iklan mana yang tidak berhasil dan yang berhasil. Nah, dari sini kamu bisa mengetahui mana iklan yang harus dilanjutkan dan mana iklan yang harus diberhentikan.

  • Mengukur Kualitas Iklan dan Reputasi Merek

Selanjutnya kamu juga bisa mengukur kualitas suatu iklan dan juga reputasi mereknya melalui Ad Relevance Diagnostics. Caranya adalah melihat peringkat iklan tersebut pada Ad Relevance Diagnostics, jika iklan memiliki peringkat yang tinggi itu menunjukkan jika iklan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, relevan dan memberikan dampak positif pada audiens.

Jika iklan kamu memiliki kualitas yang baik dan bermanfaat bagi audiens, kamu bisa membangun citra positif di mata audiens tentang bisnis yang kamu punya. Gak cuma itu, kamu juga bisa membangun kepercayaan dan ini bisa berpengaruh pada konversi jangka panjang.

  • Meningkatkan Engagement

Dengan relenvansi iklan yang baik dan juga menarik ini membuat kamu bisa meningkatkan engagement. Ini dapat dilihat dari jumlah like, komentar, views dan share. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang secara organik melalui algoritma Facebook.

  • Visibilitas dan Jangkauan yang Lebih Luas

Iklan yang memiliki peringkat yang tinggi di Ad Relevance Diagnostics memiliki kesempatan yang besar untuk menjangkau target audiens yang lebih luas. Ini karena algoritma Facebook lebih memprioritaskan iklan dengan peringkat tinggi di Ad Relevance Diagnostics untuk kemudian ditampilan kepada audiens.

  • Membuat Biaya Iklan Jadi Efisien

Iklan yang memiliki peringkat yang tinggi merupakan salah satu indikasi jika iklan tersebut memiliki biaya yang lebih efisien. Tidak hanya itu, peringkat yang tinggi pada Ad Relevance Diagnostics juga sebagai penilaian jika iklan tersebut memiliki relevansi yang baik dan performa yang baik pada target audiens.

  • Menjadi Pengukuran Iklan yang Lebih Efektif 

Dengan bantuan Ad Relevance Diagnostics, kamu bisa mengetahui dan mengidentifikasi area tertentu yang perlu kamu optimalkan kembali. Ini bisa menjadi alat bantu untuk kamu agar iklan yang  kamu kampanyekan memiliki kualitas yang optimal dan terbaik.

Dari manfaat-manfaat di atas sebenarnya dapat kita simpulkan jika alat Ad Relevance Diagnostics merupakan alat yang sangat penting dan membantu terutama bagi mereka pebisnis yang sering beriklan di platform periklanan.

Baca juga: Panduan Lengkap Biaya Facebook Ads: Cara Menentukan Budget Iklan Harian untuk Bisnis, Anti Boncos!

Cara Meningkatkan Ad Relevance Diagnostics 

relevance score facebook ads
Sumber: pexels.com

Berikut kami berikan beberapa cara untuk meningkatkan Ad Relevance Diagnostics iklan yang kamu buat:

  • Menargetkan Audiens yang Tepat
    • Segmentasi dan Spesifik
    • Custom Audiens
    • Lookalike Audiences
  • Membuat Konten Iklan yang Menarik
    • Relevansi adalah Kunci
    • Memberikan Konten Cerita Menarik atau Humor
    • Menyertakan Call to Action yang Kuat
  • Mengoptimalkan Posisi Iklan
    • Mempertimbangkan Perangkat (Mobile, Desktop, Tablet)
    • Memanfaatkan Facebook Pixel
    • Placement Asset Customization
  • Uji Coba dan Analisis
    • A/B Testing yang Sistematis
    • Metrik Relevan
    • Analisis Berkelanjutan
  • Perhatikan Frekuensi Iklan dan Feedback Negatif
    • Membatasi Frekuensi Iklan
    • Memantau Feedback
    • Menggunakan Fitur Optimalisasi

Demikianlah informasi terkait Ad Relevance atau Relevance Score Facebook Ads yang bisa kami berikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan terkait Facebook Ads. Share artikel ini di media sosial kamu jika bermanfaat buat kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Menguasai Facebook Ads memang merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis. Karena beriklan di platform digital bisa memberikan dampak yang signifikan untuk bisnis itu sendiri. Oleh sebab itu, jika ingin beriklan dengan optimal dan efektif kamu bisa bergabung dengan layanan Everpro Facebook Ads.

Emang Everpro Facebook Ads bisa kasih apa aja sih buat kamu? Banyak pokoknya! Ini beberapa keuntungannya:

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Ayo daftarkan usahamu melalui Layanan Everpro dengan bantuan Everpro Ads, nikmati kemudahannya sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy
Adhitia Rivaldy
Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya