Klaim Paket Yang Sudah Melewati Batas Pengiriman
Klaim dapat dilakukan bila paket belum dilakukan percobaan pengiriman oleh kurir (pada tracking)
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 25.000.0000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 25.000.0000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Syarat Pengajuan Klaim:
- Paket sudah melebihi estimasi pengiriman, namun tracking paket belum menunjukkan adanya percobaan pengiriman pertama
- Pengajuan maksimal 30 hari sejak tracking terakhir
- Masa investigasi adalah 14 hari sejak klaim diajukan, klaim akan gugur apabila dalam masa investigasi tersebut terdapat percobaan pengiriman pertama oleh kurir (dalam tracking)
- Everpro berhak menolak permintaan perubahan status pengiriman menjadi “diterima” atau “delivered” beserta dengan pencairan nilai COD (untuk resi COD) apabila klaim sudah disetujui dan dicairkan ke akun pengirim.
- Everpro juga berhak menolak komplain terkait selisih nilai klaim dengan nilai barang yang diakibatkan oleh tidak digunakannya asuransi pengiriman oleh pengirim.
- Klaim tidak berlaku untuk pengiriman ke area redzone C dan D JNE (List dapat dilihat DI SINI).
Klaim Paket Yang Sudah Melewati Masa Tunggu/Hold
Klaim dapat dilakukan bila paket sudah melebihi masa hold sejak kendala pengiriman pertama, namun pada tracking paket masih belum dilakukan proses retur atau pun sukses terkirim.
Masa Tunggu: 7 Hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Masa Tunggu: 6 Hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 25.000.0000
Masa Tunggu: 7 Hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Masa Tunggu: 7 Hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 1.000.000.000
Masa Tunggu: 1×24 jam 2x attempt
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 200.000.000
Masa Tunggu: 6 Hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Masa Tunggu: 10 Hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Syarat Pengajuan Klaim:
- Paket sudah melebihi masa hold sejak kendala pengiriman pertama, namun paket belum juga dilakukan pengembalian (proses retur) atau pun sukses terkirim (delivered)
- Pengajuan maksimal 30 hari sejak tanggal status tracking terakhir
- Masa investigasi adalah 14 hari sejak klaim diajukan, klaim akan gugur apabila dalam masa investigasi tersebut terdapat proses retur (in process return), sukses terkirim (delivered) atau sukses return (returned)
- Everpro berhak menolak permintaan perubahan status pengiriman menjadi “diterima” atau “delivered” beserta dengan pencairan nilai COD (untuk resi COD) apabila klaim sudah disetujui dan dicairkan ke akun pengirim
- Everpro juga berhak menolak komplain terkait selisih nilai klaim dengan nilai barang yang diakibatkan oleh tidak digunakannya asuransi pengiriman oleh pengirim.
- Klaim tidak berlaku untuk pengiriman ke area redzone C dan D JNE (List dapat dilihat DI SINI).
Klaim Paket Yang Sudah Melewati Estimasi Pengiriman Retur
Klaim dapat dilakukan bila Paket dalam proses retur dan sudah melewati batas pengiriman retur. Namun pada tracking belum terdapat status sukses terkirim kembali ke pengirim
Estimasi Retur
Zona A & B = 30 hari
Zona C & D = 50 hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Estimasi Retur
2 x Estimasi pengiriman + 4 hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 25.000.0000
Estimasi Retur
Estimasi pengiriman + 4 hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Estimasi Retur
SLA Delivery + 7 hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 1.000.000.000
Estimasi Retur
Sama dengan estimasi pengiriman
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 200.000.000
Estimasi Retur
Sama dengan estimasi pengiriman
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Estimasi Retur
SLA delivery + 3 hari
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Syarat Pengajuan Klaim:
- Klaim diajukan saat paket sudah over estimasi return dan tracking tidak ada pergerakan
- Masa investigasi adalah 14 hari sejak klaim diajukan, klaim akan gugur apabil dalam masa investigasi tersebut tracking menunjukkan paket sukses retur (returned) atau sukses terikirim (delivered)
- Pengajuan maksimal 90 hari (khusus JNE) atau 60 hari untuk kurir-kurir lainnya sejak tanggal return in process
- Klaim tidak berlaku untuk pengiriman ke area redzone C dan D JNE (List dapat dilihat DI SINI).
Klaim Paket Hilang
Klaim dapat dilakukan bila kondisi paket belum diterima (hilang) sedangkan status tracking pengiriman sudah diterima (delivered/returned)
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 25.000.0000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 1.000.000.000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 200.000.000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
10x biaya kirim atau senilai harga barang maksimal 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 20.000.0000
Syarat Pengajuan Klaim:
- Klaim diajukan saat paket belum diterima sedangkan status paket sudah diterima (delivered/returned)
- Klaim diterima maksimal 2×24 jam setelah tanggal paket diterima
- Melampirkan bukti chat jika paket belum diterima buyer/seller
Klaim Paket Rusak
Klaim dapat dilakukan bila kondisi barang yang diterima mengalami kerusakan yang disebabkan oleh kurir/jasa pengiriman.
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 25.000.0000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 1.000.000.000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 200.000.000
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
Nilai terkecil dari 10x (kali) ongkos kirim atau harga barang. Maksimal penggantian 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Sesuai harga barang
Nilai Klaim (Non Asuransi)
10x biaya kirim atau senilai harga barang maksimal 1.000.000
Nilai Klaim (Asuransi)
Maksimal 20.000.0000
Syarat Pengajuan Klaim:
- Klaim diajukan saat paket yang diterima rusak/tidak sesuai, yang disebabkan oleh kurir / jasa pengiriman
- Klaim diterima maksimal 2×24 jam setelah tanggal paket diterima
- Melampirkan bukti video unboxing sejak sebelum paket dibuka, sampai dengan paket dibuka dan terbukti dalam kondisi rusak. Durasi video tidak terpotong
Klaim Paket Return Tanpa Konfirmasi
Klaim dapat dilakukan saat: 1) Paket dilakukan return oleh jasa pengirim tanpa adanya informasi di dashboard kendala pengiriman ketika terjadi kendala (berlaku untuk semua kurir di bawah ini) dan/atau 2) kurang dari masa hold yang telah ditentukan (kecuali SAP dan J&T Express)
Masa Tunggu (Hold)
7 hari
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Masa Tunggu (Hold)
6 hari
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Masa Tunggu (Hold)
7 hari
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Masa Tunggu (Hold)
7 hari
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Masa Tunggu (Hold)
1×24 jam 2x attempt
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Masa Tunggu (Hold)
6 hari
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Masa Tunggu (Hold)
Tidak tersedia masa tunggu (hold)
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Masa Tunggu (Hold)
Tidak tersedia masa tunggu (hold)
Nilai Klaim
Sesuai biaya kirim
Syarat Pengajuan Klaim:
- Klaim diajukan saat paket retur dan tidak ada informasi di dashboard kendala pengiriman ketika terjadi kendala pengiriman dan/atau retur kurang dari masa hold yang telah ditentukan
- Klaim RTK diterima maksimal 2 hari setelah barang Return ke pengirim
- Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan kurir yang menunjukkan penerima sudah merespon kurir dan bukti ekspedisi bertentangan dengan percakapan tersebut
- Dan/Atau: Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan pengirim yang menunjukkan penerima membalas pesan pengirim dan isinya bertentangan dengan alasan kegagalan ekspedisi
- User wajib sudah memberikan intruksi melalui dashboard kendala pengiriman saat paket mengalami kendala pengiriman sebelum return
Syarat Pengajuan Klaim SAP dan J&T Express:
- Klaim diajukan saat paket retur dan tidak ada informasi di dashboard kendala pengiriman ketika terjadi kendala pengiriman
- Klaim RTK diterima maksimal 2 hari setelah barang Return ke pengirim
- Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan kurir yang menunjukkan penerima sudah merespon kurir dan bukti ekspedisi bertentangan dengan percakapan tersebut
- Dan/Atau: Melampirkan bukti chat berisi percakapan antara penerima dan pengirim yang menunjukkan penerima membalas pesan pengirim dan isinya bertentangan dengan alasan kegagalan ekspedisi
- User wajib sudah memberikan intruksi melalui dashboard kendala pengiriman saat paket mengalami kendala pengiriman sebelum return
Untuk Syarat & Ketentuan klaim paket pengiriman di Everpro selengkapnya dapat dilihat di halaman Jenis & Ketentuan Klaim Pengiriman.