Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA Bisnis

Ketika pebisnis online ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan, mengetahui cara mendapatkan centang hijau di WA Bisnis merupakan langkah yang sangat penting.

Centang hijau pada akun WhatsApp Business menandakan bahwa akun tersebut telah terverifikasi, sehingga memberikan jaminan keaslian dan profesionalitas kepada pelanggan.

Apalagi, di tengah maraknya kasus penipuan bisnis online, langkah satu ini bisa jadi antisipasi agar bisnis online kamu memiliki reputasi baik di platform digital.

Agar kamu tahu lebih dalam tentang centang hijau dan cara mendapatkannya untuk akun WhatsApp Business kamu, mari simak ulasannya di artikel ini!

Apa itu Centang Hijau WA di Bisnis?

cara mendapatkan centang hijau di whatsapp business
Sumber: google.com/bersosial

Centang hijau WhatsApp atau dikenal dengan verified badge adalah lencana yang menandakan bahwa akun WhatsApp Bisnis telah terverifikasi dan merupakan akun resmi pemilik bisnis.

Lencana terverifikasi atau centang hijau ini akan terlihat di dalam kolom obrolan, profil bisnis, kartu kontak, dan kartu konteks.

Bagi pelanggan, akun WhatsApp bisnis dengan centang hijau menandakan bahwa mereka sedang chat dengan bisnis yang tepat, sehingga berinteraksi dan bertransaksi menjadi lebih aman.

Manfaat Centang Hijau di WA Bisnis?

Centang hijau atau verified badge di akun WA Bisnis ini memiliki banyak manfaat, baik untuk pebisnis maupun pelanggan, diantaranya:

  • Terjaminnya Keaslian Akun 

Centang hijau menandakan bahwa akun WA Bisnis sudah terverifikasi dan diterima oleh pihak WhatsApp sebagai akun bisnis resmi.

Bahkan tidak hanya menjamin keaslian akun, centang hijau bisa mengantisipasi terjadinya peniruan identitas bisnis dan menghindari penipuan yang mengatasnamakan bisnis kamu.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan adanya centang hijau, pelanggan lebih percaya untuk bertanya hingga bertransaksi dengan bisnis kamu di WhatsApp Business.

Kepercayaan dan rasa aman ini juga memberikan peluang bagi bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga, akan mudah melakukan follow up ke pelanggan agar cepat closing.

  • Menunjukkan Kredibilitas dan Profesionalisme

Akun WA Bisnis yang terverifikasi dengan centang hijau juga memberikan kesan bahwa bisnis kamu kredibel dan profesional.

Secara tak langsung, kamu sedang membangun identitas bisnis yang kuat dan positif di mata pelanggan. Tanda ini juga bisa membuat pelanggan lebih memilih bisnismu daripada kompetitor.

  • Meningkatkan Penjualan

Ketika pelanggan percaya dengan kredibilitas dan profesionalitas dari akun bisnis kamu di WhatsApp, maka terbukalah peluang untuk meningkatkan konversi penjualan.

  • Mudah Memperoleh Akses ke Fitur Pemasaran Lainnya

Akun WA Bisnis yang terverifikasi seringkali memperoleh akses yang lebih mudah dan cepat ke fitur pemasaran dan alat analitik lainnya.

Salah satu contohnya yaitu pengaplikasiannya jadi semakin mudah apabila dihubungkan dengan Customer Relationship Management (CRM), seperti layanan yang disediakan oleh Everpro Chat.

Dengan begitu, seluruh aktivitas pengaturan pesan ke pelanggan bisa dikelola dalam satu platform yang praktis dan efektif.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau di WA

Untuk mendapatkan centang hijau atau verified badge pada akun WhatsApp Business, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

Cara Mendapatkan Centang Hijau WA

cara mendapatkan centang hijau di whatsapp business
Sumber: google.com/bersosial

Jika telah memenuhi syarat untuk mendapatkan centang hijau di akun WhatsApp Bisnis di atas, sekarang kamu sudah bisa mengajukan permohonan verifikasi akun kepada pihak WhatsApp.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan verified badge: 

1. Daftarkan Akun WA Bisnis ke Layanan BSP WhatsApp

Tahap pertama yang harus kamu lakukan yaitu mendaftarkan akun WhatsApp ke layanan Business Sulution Provider (BSP) WhatsApp.

BSP WhatsApp adalah solusi pihak ketiga yang memberikan layanan kepada pebisnis untuk mengoptimalkan penggunaan fitur dan fungsi WA Bisnis.

Memilih BSP WhatsApp yang terpercaya juga langkah yang tak kalah penting. Kamu bisa percayakan Everpro Chat yang resmi terintegrasi dengan WhatsApp Business API.

Ketika menggunakan layanan Everpro Chat, tim Everpro langsung mengurus verifikasi centang hijau pada akun WhatsApp Business kamu.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, verifikasi akun Facebook Business Manager kamu dengan masuk terlebih dahulu menggunakan akun Facebook pribadi.

Ajukan verifikasi melalui menu Pengelola Bisnis Facebook dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke akun Facebook Business Manager, lalu klik Business Settings.
  • Pilih WhatsApp Accounts di bagian bawah.
  • Pilih Settings lalu klik Contact Support.
  • Klik pilihan Ask a Question di bagian kanan atas layar.
  • Klik WABiz Request Official Business Account Status.
  • Isi informasi yang diminta dan pastikan kamu sudah mengatur autentifikasi dua faktor.
  • Status pengajuan akan muncul di Direct Support pada Business Manager kamu.

3. Siapkan Nomor Telepon dan Nama Bisnis

Setelah akun Facebook Business Manager berhasil terverifikasi, selanjutnya daftarkan nomor telepon dan nama bisnis yang akan dipakai di akun WA Bisnis centang biru.

4. Pihak BSP WhatsApp Mendaftarkan Akun WA Bisnis

Berikan nomor telepon dan nama bisnis ini kepada BSP WhatsApp, beserta data lainnya yang diperlukan untuk mendaftarkan centang hijau WA Bisnis.

Kamu cukup menunggu proses verifikasi oleh BSP WhatsApp kepada pihak WhatsApp.

Pihak BSP WhatsApp seperti di Everpro Chat, nantinya akan juga akan memberikan layanan dan berbagai fitur WhatsApp Business API lainnya, mulai dari chatbot, WhatsApp broadcast, multi admin, hingga template pesan broadcast. 

5. Tunggu Hingga Tanda Centang Hijau Muncul

Terakhir, kamu tinggal menunggu hingga lencana centang hijau muncul di akun WA Bisnis. Selain ditandai dengan adanya centang hijau di beberapa tempat di WA, juga ada status “Meta Verified” di akun kamu.

Biasanya proses verifikasi centang hijau hingga disetujui pihak WhatsApp bisa memakan waktu 1 sampai 2 hari kerja.

Namun, tidak menutup kemungkinan proses ini bisa mencapai satu minggu bahkan lebih. Selain karena data yang diajukan, BSP WhatsApp juga akan mempengaruhi lamanya proses verifikasi.

Karena itu, jika kamu ingin mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business dengan cepat dan praktis, menggunakan Everpro Chat adalah solusi yang tepat.

Melalui Everpro Chat, proses verifikasi centang hijau dijamin cepat. Kurang dari satu minggu sejak kamu terdaftar di Everpro Chat, centang hijau akan muncul di akun WA Bisnis kamu.

Selain centang biru, ada banyak keunggulan lainnya yang ditawarkan Everpro Chat, diantaranya:

  • Bebas broadcast ke banyak pelanggan tanpa terkena banned.
  • Lakukan broadcast dengan jadwal yang otomatis.
  • Mendapatkan template pesan broadcast yang berpotensi meraih closing di WA.
  • Flow kerja tim jadi lebih efektif dan efisien.
  • Bisa langsung kelola order dengan layanan Everpro lainnya yang saling terintegrasi.
  • Akses monitor iklan digital ke WA hingga konversi.

Tertarik dengan fitur yang ditawarkan Everpro Chat? Yuk, daftar gratis dan saatnya maksimalkan bisnis online kamu bersama Everpro Chat!

Picture of Sania Majida

Sania Majida

Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA Bisnis

Ketika pebisnis online ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan, mengetahui cara mendapatkan centang hijau di WA Bisnis merupakan langkah yang sangat penting. Centang hijau pada akun WhatsApp