Beranda » Tips & Trick » 10 Contoh Balasan Ulasan Pembeli yang Profesional!

10 Contoh Balasan Ulasan Pembeli yang Profesional!

Masih bingung bagaimana cara membalas sebuah ulasan pembeli atau review terkait produk yang kamu jual? yuk, simak artikel ini untuk mengetahui contoh balasan ulasan pembeli yang profesional!

Saat berjualan di marketplace Biasanya kamu akan mendapatkan ulasan dari pembeli. Ulasan ini bisa berupa komentar positif maupun juga komentar negatif tergantung apa yang mereka rasakan ketika barang yang mereka beli sampai dan telah dicoba.

Nah, sebagai penjual untuk memberikan kesan profesional kamu harus bisa menjawab ulasan positif atau negatif tersebut dengan cermat memuaskan dan juga profesional. Ini sangat penting bagi bisnis supaya bisa menjaga loyalitas dari pelanggan.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan contoh balasan ulasan pembeli yang profesional untuk review positif dan juga negatif. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Ulasan Pembeli atau Review?

Apa itu Ulasan Pembeli atau Review?
Sumber: freepik.com

Sebelum masuk ke pembahasan tentang contoh balasan ulasan pembeli, mari kita ketahui dulu apa itu ulasan pembeli. Review atau ulasan pembeli adalah suatu penilaian yang diberikan oleh pembeli yang berkaitan dengan produk yang dibelinya.

Review tidak hanya bentuk penilaian tentang produknya tapi juga bisa berupa penilaian kepada penjualnya bahkan proses pengirimannya serta pengalaman pembeli saat bertransaksi. Review bisa berbentuk positif ataupun negatif.

Nah, review ini biasanya digunakan sebagai acuan toko tersebut terpercaya atau tidak.  caranya adalah dengan melihat review atau ulasan dari toko tersebut.

Jika ulasannya tinggi besar kemungkinan kalau toko tersebut terpercaya  dan memiliki kualitas produk yang baik.

Contoh Balasan Ulasan Pembeli yang Positif

Contoh Balasan Ulasan Pembeli yang Positif
Sumber: freepik.com

Jika pembeli merasa puas dengan pengalaman mereka saat melakukan transaksi dengan kamu biasanya mereka akan memberikan pujian atau ulasan positif pada toko kamu. 

Umumnya mereka akan memuji tentang kualitas produk,  proses pengiriman atau  responsivitas dari penjual. Untuk membalas ulasan pembeli yang positif kamu bisa membalas dengan ucapan terima kasih atau bahkan memberikan penawaran khusus.

 Berikut 5 contoh balasan ulasan pembeli yang positif yang bisa jadi referensi:

  1. “Terima kasih banyak atas ulasan bintang 5-nya, [Nama Pembeli]! Kami senang sekali produk [Nama Produk] bisa memenuhi ekspektasi Anda. Jangan ragu untuk kembali berbelanja ya!”

  2. “Wah, senangnya baca ulasan positif Anda! Terima kasih sudah memilih [Nama Toko]. Kami punya banyak produk menarik lainnya, lho. Jangan lupa cek koleksi terbaru kami!”

  3. “Terima kasih atas feedback-nya! Jika ada pertanyaan atau membutuhkan bantuan lainnya, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Tim kami siap membantu 24/7.”

  4. “Senang sekali Anda menyukai [Fitur Produk]. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas seperti ini. Jangan lupa bagikan pengalaman belanja Anda ke teman-teman, ya!”

  5. “Terima kasih sudah menjadi pelanggan setia kami! Sebagai bentuk apresiasi, kami berikan diskon 10% untuk pembelian berikutnya. Kode vouchernya bisa Anda lihat di pesan inbox ya.”

Contoh Balasan Ulasan Pembeli yang Negatif

Contoh Balasan Ulasan Pembeli yang Negatif
Sumber: freepik.com

Meskipun kamu merasa sudah memberikan pengalaman dan juga kualitas yang terbaik selalu ada kemungkinan jika pembeli kurang puas atau tidak menyukai produk yang mereka beli.

Biasanya mereka akan memberikan komentar berupa kritik, keluhan maupun saran yang terkadang mungkin memiliki unsur makian atau kata-kata kasar.

Untuk membalas ulasan yang negatif kamu harus memberikan penjelasan yang membutuhkan kesabaran.

Jika kamu masih bingung gimana cara membalas review negatif, berikut kami berikan contoh balasan ulasan pembeli yang negatif yang bisa kamu jadikan referensi:

  1. “Kami sangat menyesal mendengar pengalaman belanja Anda kurang memuaskan. Kami akan segera menyelidiki masalah [jelaskan masalah] ini. Sebagai bentuk permohonan maaf, kami menawarkan [tindakan perbaikan, misal: pengembalian dana, penggantian produk, diskon untuk pembelian berikutnya].”

  2. “Terima kasih atas feedback-nya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. [Jelaskan situasi yang sebenarnya terjadi, jika memungkinkan]. Kami akan berusaha lebih baik lagi di masa depan.”

  3. “Kami mengerti betapa mengecewakannya situasi ini. Kami siap membantu Anda untuk menyelesaikan masalah ini. Silahkan hubungi kami melalui [kontak] untuk informasi lebih lanjut.”

  4. “Kami ingin memahami lebih lanjut mengenai pengalaman Anda. Apakah Anda bersedia untuk menghubungi kami secara langsung agar kami dapat memberikan solusi yang terbaik?”

  5. “Terima kasih atas kritik membangunnya. Kami akan menggunakan masukan Anda untuk meningkatkan kualitas layanan kami.”

Tips Membuat Balasan Ulasan dari Pembeli dengan Profesional

Contoh Balasan Ulasan Pembeli
Sumber: freepik.com

Berikut beberapa tips membuat balasan ulasan dari pembeli dengan profesional:

1. Respon Cepat

Tips yang pertama adalah kamu harus memiliki Respon yang cepat. Balas sesegera mungkin  ulasan dari pembeli. Tunjukkan Jika kamu peduli dan responsif terhadap pelanggan.

2. Personalisasi

Tips selanjutnya kamu bisa mempersonalisasi balasan dengan cara menyebut nama pembeli. Hal ini dilakukan agar pembeli merasa dihargai dan diperhatikan secara pribadi. 

3. Bahasa yang Sopan dan Positif

Hindari kata-kata kasar atau menyinggung jaga profesionalisme dalam setiap balasan.  Gunakan juga bahasa yang mudah dipahami oleh pembeli tunjukkan bahwa kamu memahami perasaan pembeli dengan menunjukkan empati.

4. Akui Kesalahan

Jika kamu merasa terdapat kesalahan yang kamu lakukan sehingga pelanggan memberikan review negatif kamu harus mengakuinya dan jangan mengelak. Tawarkan solusi yang konkret dan memuaskan bagi pembeli.

5. Tawarkan Bantuan

Kamu bisa menawarkan bantuan dengan cara memberikan diskon, voucher, atau hadiah lainnya sebagai bentuk kompensasi. Berikan nomor telepon, email, atau link chat untuk memudahkan pembeli menghubungi kamu.

6. Fokus pada Solusi

Tunjukkan komitmen untuk perbaikan, beritahu pembeli bahwa kamu akan belajar dari pengalaman ini dan meningkatkan layanan.

7. Hindari Argumen

Tetap tenang dan profesional meskipun pembeli bersikap kasar jangan terpancing untuk berdebat dan fokus pada penyelesaian masalah.

8. Manfaatkan Ulasan Negatif sebagai Peluang

Lihat ulasan negatif sebagai masukan untuk memperbaiki produk atau layanan.  dengan memberikan penanganan yang tepat,  pelanggan yang tidak puas bisa kamu Ubah menjadi pelanggan yang loyal. 

Nah, biar kamu tidak mendapatkan ulasan negatif lagi kamu bisa mengoptimalkan layanan bisnis kamu menggunakan layanan yang tersedia dari Everpro.

Ada banyak layanan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan bisnis kamu mulai dari shipping, marketplace enabler, sourcing, ads hingga chat. Pelayan ini bisa mengoptimalkan bisnis kamu sehingga kamu bisa mendapatkan cuan yang maksimal!

Pelajari lebih lanjut Everpro untuk bikin bisnis kamu makin melesat!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya