everpro

8 Tips Agar Jualan di Tokopedia Laris, Makin Banyak Cuan!

Strategi yang efektif dan efisien agar jualan di Tokopedia laris sangatlah penting karena saat ini Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Dengan memiliki strategi yang tepat, penjual dapat meningkatkan penjualan dan mencapai target pasar yang lebih luas.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan, salah satunya memiliki Akun Tokopedia.

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Platform ini memungkinkan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara online dengan mudah dan aman.

Selain itu Tokopedia menyediakan berbagai macam produk dari berbagai kategori, seperti elektronik, fashion, kecantikan, makanan dan minuman, serta banyak lagi. Tokopedia memiliki visi untuk memberdayakan jutaan UMKM di Indonesia dan menjadikan e-commerce sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Ternyata, Tokopedia telah menjadi salah satu unicorn di Indonesia dan menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara.

Saat ini, Tokopedia telah menjadi bagian dari GoTo Group, sebuah perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan online dan offline, seperti e-commerce, transportasi online, pembayaran digital, dan masih banyak lagi.

Tips Tokopedia Semakin Laris

Berikut beberapa cara alternatif yang bisa di jadikan sebagai pilihan untuk bisa meningkatkan dan menarik perhatian pembeli di Tokopedia:

Menentukan Target Pasar

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa menentukan target pasar:

  1. Pelajari karakteristik, manfaat, keunggulan, dan kekurangan dari produk Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan target pasar yang tepat.
  2. Perhatikan demografi target pasar yang Anda inginkan, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, dan lokasi geografis. Hal ini akan membantu Anda untuk memahami kebutuhan dan preferensi target pasar yang tepat.
  3. Identifikasi masalah dan kebutuhan target pasar yang tepat. Apa yang menjadi masalah mereka dan bagaimana produk Anda dapat memecahkan masalah tersebut.
  4. Analisis pesaing dan perhatikan bagaimana pesaing Anda menjangkau target pasar mereka. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan strategi yang tepat untuk menjangkau target pasar Anda.
  5. Gunakan data analytics untuk memantau perilaku dan preferensi target pasar Anda.

Menjaga Kualitas Produk dan Layanan

Berikut cara menjaga kualitas produk dan layanan:

  1. Pastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik.\
  2. Saat menjual produk di Tokopedia, pastikan Anda memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
  3. Perbaiki desain dan kemasan produk agar lebih menarik dan menunjukkan kualitas produk yang baik. Jangan lupa untuk menambahkan label produk, instruksi penggunaan, atau sertifikat keamanan produk agar pelanggan merasa aman ketika membeli produk Anda.
  4. Jangan takut untuk meminta saran dan kritik dari pelanggan, karena hal ini akan membantu Anda untuk memperbaiki produk dan layanan Anda.
  5. Pastikan pengiriman produk dilakukan dengan cepat dan tepat. Jangan lupa untuk memberikan nomor resi pengiriman kepada pelanggan agar mereka dapat memantau status pengiriman produk.

Mengoptimalkan Deskripsi Produk

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan deskripsi produk di Tokopedia:

  1. Deskripsi yang Jelas dan Menarik
  2. Tambahkan Informasi Penting
  3. Tambahkan Kata Kunci yang Relevan
  4. Hindari Deskripsi yang Menyesatkan
  5. Tambahkan Testimoni Pelanggan
  6. Rapi dan Terstruktur

Mengoptimalkan Foto Produk

Mengoptimalkan foto produk adalah salah satu hal yang penting dalam strategi penjualan di Tokopedia. Hal ini karena foto produk merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

Dengan memiliki foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

Pentingnya memiliki foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi adalah sebagai berikut:

Menampilkan Produk Secara Lebih Jelas dan Detail

Dengan memiliki foto produk yang berkualitas tinggi, penjual dapat menampilkan produk mereka secara lebih jelas dan detail. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk melihat produk dengan lebih baik, dan memudahkan mereka untuk memutuskan apakah mereka ingin membeli produk tersebut atau tidak.

Memberikan Kesimpulan Tentang Kualitas Produk

Foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi dapat memberikan kesan yang baik tentang kualitas produk yang ditawarkan. Pelanggan dapat menilai kualitas produk dari foto tersebut, dan jika foto produk terlihat profesional dan menarik, maka pelanggan akan lebih percaya terhadap kualitas produk yang ditawarkan.

Menarik Perhatian Pelanggan

Foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi dapat menarik perhatian pelanggan dengan mudah. Dalam konteks pasar online, foto produk merupakan media utama untuk menampilkan produk kepada pelanggan.

Dengan memiliki foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi, maka pelanggan akan lebih tertarik untuk mengklik produk tersebut dan membelinya.

Menawarkan Harga yang Kompetitif

Berikut adalah beberapa tips untuk menawarkan harga yang kompetitif di Tokopedia:

  1. Kenali Harga Pasar
  2. Tawarkan Diskon dan Promo
  3. Kurangi Biaya Operasional
  4. Tingkatkan Efisiensi Produksi
  5. Cari Supplier yang Terjangkau
  6. Jangan mengabaikan keuntungan agar jualan di tokopedia laris

Mengoptimalkan Pencarian Produk

Berikut adalah beberapa tips untuk menawarkan harga yang kompetitif di Tokopedia:

  1. Kenali Harga Pasar
  2. Tawarkan Diskon dan Promo
  3. Kurangi Biaya Operasional
  4. Tingkatkan Efisiensi Produksi
  5. Cari Supplier yang Terjangkau
  6. Jangan Mengabaikan Keuntungan

Membuat Promosi yang Menarik Agar Jualan di Tokopedia Laris

Untuk bisa membuat promosi yang menarik, pastinya gunakanlah kalimat merik, singkat dan tepat. Tak hanya itu, gunakan juga deskripsi produk yang jelas.

Selain itu, jangan lupa manfaatkan tools SEO yang disediakan oleh Tokopedia seperti fitur search engine dan katalog untuk meningkatkan visibilitas produk Anda dan membantu pelanggan menemukan produk dengan mudah.

Berinteraksi dengan Pelanggan

Pastikan Anda selalu siap untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan jelas. Tanggapi pertanyaan pelanggan secepat mungkin untuk memperlihatkan bahwa Anda peduli dengan kebutuhan dan pertanyaan mereka.

Demikian pembahasan mengenai penjualan laris di Tokopedia, selain di Tokopedia anda juga bisa mencoba layanan MP Enabler untuk mengelola dan meningkatkan marketing di bisnis anda.

Ada 3 Layanan Unggulan Kami: 

  • Optimasi Toko dan Campaign
  • Tingkatkan kenyamanan customer dengan CS dan Admin Toko
  • Dapatkan performa iklan terbaik

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan meningkat!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya