Di era belanja online yang semakin marak saat ini, pengiriman menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.
Baik untuk keperluan bisnis ataupun kebutuhan pribadi, kita pastinya ingin paket yang dikirim dapat sampai dengan selamat sampai tujuan.
Namun, kadang realitanya tidak selalu berjalan mulus. Gak sedikit orang yang mengalami paket gagal terkirim yang kadang bikin kita kesel.
Sebenarnya itu bisa terjadi karena beberapa alasan bisa karena alasan sepele karena salah penulisan, alasan eksternal hingga cuaca buruk.
Nah, pada artikel ini kami akan membahas 7 alasan pengiriman paket gagal lengkap dengan cara mencegahnya spesial untuk kamu. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!
Alasan Pengiriman Paket Gagal Paling Umum
Ada beberapa alasan pengiriman paket gagal. Berikut beberapa alasan pengiriman paket gagal yang paling umum:
1. Alamat Tidak Lengkap atau Salah
Ini bisa karena kesalahan ketik, nomor rumah tidak dicantumkan, atau kode pos yang keliru. Pastikan untuk periksa ulang alamat paket sebelum memberikannya kepada kurir.
2. Penerima Tidak Ditemukan di Lokasi
Ini bisa terjadi ketika peneriman tidak ada dilokasi setelah kurir melakukan proses pengantaran. Kamu bisa melakukan pelacakan paket secara berkala untuk mengetahui estimasi waktu tiba.
3. Barang Terlarang atau Tidak Sesuai Kebijakan
Barang yang dikirim akan gagal terkirim apabila merupakan barang terlarang atau tidak sesuai dengan kebijakan dari jasa pengiriman. Pastikan untuk cari tahu daftar barang yang tidak dapat dikirim atau dilarang.
4. Masalah pada Label atau Resi Pengiriman
Ini bisa terjadi selama proses pengiriman atau saat berada di gudang jasa pengiriman yang menyebabkan label rusak, tidak terbaca, atau terlepas dari paket.
5. Kendala Cuaca atau Bencana Alam
Cuaca kadang menjadi alasan pengiriman paket gagal contohnya seperti banjir, longsor, badai, atau kondisi alam ekstrem.
6. Paket Tertukar atau Salah Rute
Paket memiliki kemungkinan tertukar atau salah rute karena berbagai alasan.
7. Masalah Internal Ekspedisi
Overload paket, kekurangan kurir atau sistem logistik internal bermasalah juga bisa memicu terjadi pengiriman paket gagal terkirim.
Dampak Pengiriman Paket Gagal
Dampak dari terjadi paket yang gagal terkirim itu bisa dirasakan oleh penjual dan pembeli. Berikut beberapa dampak yang bisa dirasakan seller dan pembeli:
untuk Penjual:
1. Kerugian Finansial
Penjual akan merasakan kerugian karena akan kehilangan biaya pengiriman dan barang yang tidak dapat dikirimkan. Jika barang sudah diproduksi atau disiapkan, itu menjadi kerugian langsung.
2. Reputasi yang Terganggu
Apabila kejadian pengiriman gagal terjadi terus-menerus, pelanggan akan merasa kecewa dan mungkin akan meninggalkan ulasan buruk yang merusak reputasi penjual di platform jual beli online atau di mata pelanggan.
3. Biaya Tambahan
Karena pengiriman gagal, penjual biasanya harus mengirim ulang yang mungkin memerlukan biaya lebih tinggi atau perbaikan proses pengiriman untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi.
4. Kepercayaan Konsumen Menurun
Gagal dalam pengiriman bisa membuat calon pembeli ragu untuk membeli produk lagi karena mereka tidak merasa yakin akan keandalan penjual.
5. Pelanggaran Syarat dan Ketentuan
Beberapa platform atau situs e-commerce dapat memberikan penalti jika pengiriman gagal terlalu sering, termasuk penangguhan akun atau pengurangan status penjual.
Dampak untuk Pembeli:
1. Kekecewaan
Pembeli merasa kecewa dan frustasi karena barang yang sudah dibayar tidak sampai tepat waktu, atau bahkan tidak sampai sama sekali.
2. Kehilangan Waktu dan Usaha
Untuk bisa melakukan transaksi pembelia, pembeli menghabiskan waktu dan usaha untuk melacak pengiriman ulang atau mengajukan klaim untuk pengembalian dana.
3. Kepercayaan Berkurang
Pengalaman pengiriman yang buruk bisa membuat kepercayaan pelanggan menurun kepada bisnis dan mungkin pembeli tidak ingin melakukan pembelian secara daring lagi.
4. Kehilangan Barang
Jika barang hilang atau rusak selama pengiriman, pembeli mungkin merasa tidak puas dengan penggantian atau pengembalian dana yang lambat atau tidak memadai.
5. Kehilangan Uang
Jika pengiriman paket gagal dan penjual tidak dapat memberikan pengembalian dana atau pengiriman ulang, pembeli berpotensi kehilangan uang yang telah dibayar.
Cara Mencegah Pengiriman Paket Gagal
Sebenarnya ada beberapa cara yang untuk mencegah pengiriman paket gagal terjadi. Berikut beberapa caranya:
1. Pilih Ekspedisi yang Terpercaya
Pastikan untuk memilih jasa ekspedisi atau perusahaan pengiriman yang memiliki reputasi baik dan track record pengiriman yang andal.
2. Verifikasi Alamat Pengiriman dengan Pembeli
Sebelum mengirim paket, kamu bisa memastikan alamat pengiriman yang tertulis sudah benar dengan pembeli. Ini untuk mengurangi risiko terjadi salah kirim.
3. Packing Paket yang Aman
Selain itu, pastikan juga packing paket aman dan terlindungi dengan baik agar pengirima paket gagal dapat diminimalisir.
4. Menggunakan Asuransi Pengiriman
Asuransi pengiriman dapat menjadi pertimbangan jika kamu tidak ingin pengiriman paket gagal atau rusak selama proses pengiriman.
5. Kirim Tepat Waktu
Usahakan untuk mengirim paket setelah pesanan diproses dan pembayaran diterima. Semakin cepat paket dikirim, semakin kecil risiko keterlambatan atau gagal kirim.
Solusi Pengiriman Paket Gagal
Berikut beberapa solusi untuk pengiriman paket gagal:
1. Pantau Nomor Resi Secara Rutin
Lacak terus proses pengiriman dengan cek resi untuk lihat status pengiriman, jika ada status pengiriman yang aneh segera ambil tindakan.
2. Siapkan Kontak Aktif
Pastikan nomor yang terncatum pada paket atau informasi pengiriman aktif dan bisa dihubungi oleh jasa ekspedisi. Karena jika telepon tidak diangkat atau tidak aktif, pengiriman paket dapat berpotensi gagal.
3. Hubungi Ekspedisi atau Penjual
Apabila paket tidak kunjung datang, segera hubungi pihak ekspedisi atau penjual untuk menanyakan solusinya.
4. Ambil Paket di Gudang atau Kantor Cabang
Jika pengiriman ulang gagalm biasanya paket bisa diambil langsung dikantor cabang ekspedisi terdekat.
5. Ajukan Komplain/Refund
Jika benar paket yang dikirim hilang dan tidak ada kejelasan, pembeli bisa mengajukan komplain atau refund.
Demikianlah informasi seputar alasan pengiriman paket gagal lengkap dengan cara mencegah dan solusinya. Pastikan untuk mengikuti beberapa tips di atas untuk mengurangi potensi paket gagal terkirim.
Tapi ada satu lagi solusi tepat dan efektif agar pengiriman paket gagal dapat dicegah. Solusi tersebut adalah dengan memilih layanan ekspedisi terpercaya dari Everpro Shipping.
Everpro Shipping adalah agregator logistik yang sudah bekerjasama dengan 12 jasa ekspedisi terbaik dan terpercaya di Indonesia. Punya misi untuk memberikan layanan pengiriman terbaik dengan harga terjangkau dan banyak kelebihan.
Dengan Everpro Shipping kamu bisa dapatkan banyak kelebihan seperti berikut:
- Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
- Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 12+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
- Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
- Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
- Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
- Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
- Mudah klaim bila paket bermasalah
- Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
- RTS Scoring fitur berbasis AI yang membantu dalam meninjau lokasi order & memperkecil kemungkinan RTS
Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Everpro Shipping sekarang juga!