Dalam bisnis online, proses kirim paket dari awal hingga sampai ke alamat penerima nggak selalu berjalan mulus. Seringkali ada aja alasan pengiriman paket gagal ditengah jalan.
Sebagai penjual, kamu mungkin akan bingung jika menghadapi situasi ini. Kalau masih pakai cara manual untuk tracking, prosesnya jadi makan waktu dan bisa berdampak ke rating toko.
Sebenarnya, apa sih penyebab status paket gagal dikirim? Dan apa solusi yang bisa dilakukan penjual? Untuk tahu jawabannya, yuk simak penjelasan lengkapnya disini!
Alasan Pengiriman Paket Gagal oleh Ekspedisi
Ada beberapa penyebab yang jadi alasan pengiriman paket gagal, baik dari ekspedisi maupun dari marketplace, berikut beberapa diantaranya:
1. Alamat Tujuan yang Salah atau Kurang Jelas
Alasan pertama yang sering terjadi yaitu kesalahan menulis alamat paket baik dari penjual ataupun pembeli. Misalnya, nama jalan yang tak lengkap, tanpa nomor rumah, atau lokasi tidak sesuai kode pos.
Akibatnya, kurir yang antar paket jadi sulit menemukan alamat yang sebenarnya, sehingga kurir akan mengembalikan paket ke gudang logistik, menghubungi penerima, atau dikembalikan ke penjual.
2. Pengiriman Paket Melewati Jam Operasional
Beberapa ekspedisi punya jam kerja yang teratur, sehingga ketika jadwal kirim paket sudah diluar jam kerja, maka status pengiriman jadi “Paket Gagal Dikirim” meskipun hanya sementara.
Di kondisi ini, penjual atau pembeli tak perlu khawatir, karena paket akan diantar keesokan hari tepatnya di jam operasional.
3. Penerima Paket Tidak Berada di Alamat
Alasan berikutnya juga bisa karena penerima sedang tidak ada di alamat. Biasanya, ini terjadi ketika penerima pakai metode pembayaran COD, atau kurir butuh foto bukti terima paket yang detail.
Nah, karena sedang tidak di lokasi, biasanya penerima akan meminta perubahan waktu. Sehingga status pengiriman akan diubah sementara menjadi “Paket Gagal Dikirim”.
5. Penerima Menolak Menerima Paket
Meskipun jarang terjadi, tapi alasan paket gagal dikirim juga bisa karena penerima menolak menerima paket. Situasi ini seringkali terjadi pada paket sistem COD dengan berbagai alasan penolakan.
6. Kurir Ekspedisi Mengalami Overload
Ketika kurir ekspedisi mengalami overload di hari tersebut, biasannya pengiriman paket ke alamat tujuan jadi tertunda alias gagal dikirim dan akan dilanjutkan keesokan harinya.
Nah, kondisi ini seringkali terjadi di hari-hari tertentu, seperti momen flash sale besar-besaran di marketplace. Overload terjadi karena jasa ekspedisi menerima terlalu banyak paket untuk dikirim.
7. Kendala Pengiriman Karena Kondisi Eksternal
Selain alasan internal yang biasanya terjadi karena situasi kurir atau kesalahan alamat, alasan eksternal juga sering jadi penyebabnya.
Misalnya, bencana alam, kecelakaan, atau kejadian lainnya yang tak bisa diprediksi. Karena itu, mau nggak mau paket jadi gagal dikirim ke alamat penerima.
Cara Mengatasi Paket yang Gagal Dikirim
Dari berbagai alasan pengiriman paket gagal di atas, jika kamu mengalami salah satunya, segera atasi tanpa merugikan reputasi toko. Berikut beberapa solusi yang bisa kamu lakukan:
1. Ajukan Komplain dengan Hubungi CS Ekspedisi
Jika kamu mendapati status “Pengiriman Paket Gagal” atau semacamnya di marketplace, maka yang pertama kali bisa kamu lakukan yaitu menghubungi layanan pelanggan ekspedisi terkait.
Tunjukkan resi paket dan tanya kenapa paket gagal dikirim. Nantinya, pihak ekspedisi akan memberikan info terkait hal ini dan juga solusi untuk mengatasinya.
2. Ajukan Pengiriman Ulang ke Alamat Tujuan
Kalau penyebab paket gagal dikirim karena alamat tujuannya salah, pembeli menolak menerima paket, atau alasan lain yang bisa diperbaiki, solusinya kamu bisa ajukan pengiriman ulang.
Beberapa ekspedisi punya pilihan untuk mengirim ulang paket ke alamat tanpa biaya tambahan. Pastikan lagi apakah informasi paket, seperti alamat dan lainnya sudah benar.
3. Pakai Ekspedisi yang Aman dan Terpercaya
Terakhir, kamu juga bisa antisipasi hal ini dengan pakai jasa ekspedisi yang tepat. Ini sangat penting untuk menjamin paket sampai ke tujuan dengan aman dan tepat waktu.
Ekspedisi yang profesional, biasanya punya sistem tracking yang real-time, layanan CS yang responsif, dan prosedur pengiriman dengan standar baik. Sehingga, akan minim kendala paket gagal dikirim.
Nah, salah satu solusi yang bisa kamu pertimbangkan saat pilih jasa kurir ekspedisi yaitu dengan pakai layanan Everpro Shipping!
Everpro Shipping Solusi Kirim Paket yang Aman Sampai TujuanÂ
Everpro Shipping adalah layanan yang terintegrasi yang menyediakan 15+ ekspedisi terbaik di Indonesia.
Platform ini dibuat untuk memudahkan penjual mengirim paket ke seluruh Indonesia tanpa harus repot cek banyak ekspedisi ke berbagai platform.
erikut ini beberapa fitur dan keunggulan lainnya yang bisa kamu nikmati:
- Bisa tracking paket secara real-time.Â
- Layanan CS 24 jam yang siap bantu penjual kalau ada kendala pengiriman.
- Proses kirim paket dari awal sampai akhir cukup dilakukan dengan satu dashboard terintegrasi.
- Bisa cek tingkat keberhasilan kurir dan ketepatan waktu kurir untuk wilayan pengiriman kamu.
- Jemput paket ke alamat penjual tanpa minimum jumlah dan berat barang pakai layanan pick up.Â
- Dana COD cair otomatis ke saldo penjual 1×24 jam setelah paket diterima pelanggan.
- Bisa kirim dan kelola hingga ratusan paket hanya dalam satu kali transaksi.
- Bisa akses data pengiriman dan data pelanggan yang lengkap lewat satu dashboard aja.
- Manajemen tiket dan klaim yang mudah.
- Bisa cek ongkir dengan praktis dan punya banyak cashback yang menguntungkan.
Bayangkan, semuanya bisa kamu nikmati cuma pakai satu aplikasi, tanpa khawatir lagi paket gagal dikirim ke alamat penerima dengan berbagai alasan.
Karena itu tunggu apa lagi, yuk daftar dan berlangganan di Everpro sekarang juga!