everpro

COD: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

cod

Sering melihat singkatan COD pada saat berbelanja online? Simak penjelasan istilah COD berikut ini agar lebih mudah memahaminya.

Di era serba digital ini, dapat memudahkan kita dalam menjalankan aktivitas. Salah satunya adalah dalam memenuhi kebutuhan dan hiburan dengan berbelanja online.

Dalam menjalankan kegiatan berbelanja online, anda akan mendapatkan berbagai pilihan untuk menyelesaikan transaksi pembayaran, salah satunya adalah COD. Namun, masih banyak yang belum memahami arti singkatan COD.

Artikel ini akan menjelaskan Cash On Delivery sebagai salah satu metode pembayaran. Baca sampai tuntas untuk mengetahuinya.

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman Arrival

Apa Arti dari COD?

cod
Sumber: google.com

Singkatan COD yaitu Cash On Delivery sering terdapat pada pilihan metode pembayaran baik di marketplace, ecommerce, dan tempat berjualan online lainnya. Arti COD bahasa gaul adalah jenis pembayaran secara langsung.

Berikut penjelasan dari pengertian metode pembayaran ini: 

  • COD Artinya Bahasa Indonesia

Dalam Bahasa Indonesia, singkatan COD artinya adalah bayar di tempat. Mengutip buku “E-Commerce Dasar Teori dalam Bisnis Digital” oleh Mohammad Aldrin Akbar dan Sitti Nur Alam, pengertian Cash On Delivery adalah layanan yang akan diperoleh konsumen dari penjual.

Layanan ini merupakan metode pembayaran secara langsung kepada kurir pengirim barang setelah barang sampai ke penerima. Dalam kasus lain, metode pembayaran ini juga bisa terjadi antara penjual yang bertemu langsung dengan pembeli untuk menyelesaikan transaksi penjualan. Yaitu penyerahan barang dari penjual, dan pembayaran uang dari pembeli.

Everpro

Secara singkat, arti COD adalah pembayaran di tempat saat bertemu langsung atau proses pengiriman barang telah selesai.

  • Non COD Artinya

Mungkin sudah tersirat dari penjelasan sebelumnya, bahwa Non COD merupakan kebalikan dari istilah Cash On Delivery. Non COD artinya adalah proses pemesanan barang dari pembeli ke penjual, dengan melakukan pembayaran di awal.

Jadi istilahnya, ada uang ada barang. Pembeli harus menyelesaikan pembayaran di awal, baru penjual akan mengirimkan barang ke alamat penerima.

Jenis pembayaran ini yang paling umum terdapat di semua jenis jual-beli online. Berbeda dengan Cash On Delivery, biasanya hanya marketplace atau penjual online tertentu saja yang menyediakan pilihan tersebut. 

Bagaimana Cara Kerja Cash On Delivery?

cash on delivery
Sumber: google.com

Jenis pembayaran COD adalah pembayaran secara tunai saat barang sampai ke penerima. Pembeli bisa memesan langsung suatu produk dan penjual akan mengirimkan barangnya, tidak menunggu pembayaran masuk terlebih dahulu.

Dalam marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan sebagainya cara kerja COD adalah pembeli melakukan pembayaran secara tunai kepada kurir sebelum paket atau barang dibuka. Jadi kurir tidak bertanggung jawab atas ketidaksesuaian atau kekurangan isi paket, karena mereka hanya bertugas mengantarkan kepada konsumen dan sarana menyelesaikan proses pembayaran.

Apabila terjadi ketidaksesuaian seperti ada barang yang kurang atau cacat, pembeli tidak komplain pada kurir. Pembeli dapat melakukan proses pengembalian dan komplain kepada penjual sesuai dengan peraturan dan kesepakatan sebelumnya, yang tertera di deskripsi produk.

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman Barang – Arrived

Kelebihan Memilih Cash On Delivery

cod
Sumber: google.com

Metode pembayaran COD memberi kemudahan bagi konsumen yang lebih senang membayar secara tunai atau tidak dapat melakukan transfer dan e-payment. Melalui metode pembayaran ini, pembeli juga bisa memastikan bahwa penjual benar-benar mengirimkan barangnya, jadi terhindar dari penipuan.

Saat ini banyak penjual dan marketplace yang menyediakan layanan ini karena dianggap mampu meningkatkan penjualan. Melansir data dari website lokadata.id, menunjukkan bahwa 73,04% pembeli di Indonesia memilih melakukan pembayaran dengan cara Cash On Delivery.

Maka dari itu banyak yang menyediakan layanan ini sebagai metode pembayaran. Adapun kelebihan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Pembeli tidak perlu repot transfer melalui ATM atau m-banking.
  • Sebagai penjual, layanan ini bisa menjadi strategi penjualan agar pembeli tertarik memesan tunai.
  • Meningkatkan fasilitas pelanggan, karena masih banyak pembeli yang lebih memilih membayar secara langsung.
  • Mendorong pembelian kembali dari konsumen, karena anda bisa mendapat kepercayaan pelanggan untuk kembali berbelanja di toko anda.

Demikian penjelasan mengenai COD, sebagai salah satu metode pembayaran untuk berbelanja online.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?