Kamu punya bisnis di Shopee? Jangan sampai gak ngerti algoritma Shopee biar cuan jadi maksimal selengkapnya di bawah ini!
Dalam menjalani bisnis online ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan. Salah satunya adalah memahami algoritma marketplace jika kamu berbisnis di marketplace.
Marketplace yang paling banyak digunakan dan sangat populer saat ini adalah Shopee yang identik dengan warna oranye. Marketplace ini populer karena menawarkan fitur gratis ongkir sehingga para pembeli bisa membeli barang tanpa bayar ongkos pengiriman.
Shopee sebagai marketplace pastinya mempunyai algoritma tersendiri yang menjadi mekanisme marketplace tersebut untuk mengelola berbagai aspek pada platform mereka. Biasanya ada banyak algoritma pada Shopee yang harus dipahami oleh para seller Shopee.
Nah, pemahaman algoritma Shopee pada seller yang masih awam itu kadang menjadi tantangan tersendiri buat mereka yang bisnisnya stuck. Tapi jangan khawatir karena pada artikel ini kami akan membahas seputar algoritma Shopee untuk kamu yang ngerasa bisnisnya stuck.
Yuk, simak artikel ini selengkapnya sampai habis!
Apa itu Algoritma Shopee?
Algoritma Shopee adalah suatu mekanisme untuk mengatur dan mengelola platform tersebut. Algoritma ini biasanya ada banyak terutama di platform Shopee seperti berikut:
- Mulai dari algoritma rekomendasi produk
- Algoritma pencarian
- Algoritma penilaian dan ranking toko
- Algoritma promosi dan iklan
Algoritma Shopee ini akan selalu diperbarui mengikut jaman dan perkembangan. Penting untuk pebisnis untuk mengetahui dan memahami setiap algoritma dan perubahan yang terjadi untuk meningkatkan angka penjualan.
Karena algoritma ini dapat mempengaruhi performa toko, relevansi kata kunci, konversi dan interaksi pembeli untuk menentukan visibilitas produk dan toko di hasil pencarian.
Alasan Toko Sulit Muncul di Shopee
Ada beberapa alasan mengapa toko sulit muncul di Shopee meskipun performa toko sangat bagus. Berikut beberapa alasannya:
- Relevansi keyword dengan pencarian pengguna
- Seberapa sering produk diklik dari hasil pencarian
- Kualitas interaksi pelanggan seperti seberapa responsif dalam chat, ulasan dan diskusi
- Data konversi seperti produk banyak diklik tapi tidak dibeli
Komponen dalam Algoritma Shopee yang Wajib Dipahami
Ada banyak komponen dalam algoritma Shopee yang wajib dipahami jika ingin meningkatkan visibilitas produk dan toko di Shopee. Berikut beberapa komponen yang wajib dipahami oleh para seller:
1. Relevansi Kata Kunci atau Keyword
Shopee sangat mengandalkan kesesuaian antara kata kunci pencarian pengguna dan informasi produk. Berikut beberapa penilaian yang digunakan Shopee yang harus memuat kata kunci yang dimaksud:
- Judul produk
- Deskripsi produk
- Kategori produk
- Atribut produk (brand, ukuran, warna, dll)
2. Click-Through Rate (CTR)
CTR adalah istilah yang digunakan untuk mengukur jumlah klik pada produk atau toko mu dibandingkan dengan berapa kali tampil. Semakin tinggi CTR semakin baik karena dapat menunjukkan jika produk atau toko kamu menarik dan juga relevan.
CTR dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:
- Foto produk
- Judul yang menjawab intent pencarian
- Harga kompetitif
- Badge promosi (gratis ongkir, cashback)
3. Konversi
Konversi merupakan persentase pengunjung yang melakukan pembelian setelah mengunjungi halaman produk. Semakin tinggi angka konversi, semakin besar kemungkinan produkmu diprioritaskan pada fitur pencarian dan rekomendasi produk.
Beberapa faktor yang mempengaruhi konversi:
- Harga yang kompetitif
- Ulasan dan rating positif
- Deskripsi produk yang jelas dan lengkap
- Variasi produk (ukuran, warna, model)
- Kecepatan respons dan pengiriman
- Bonus tambahan (voucher, diskon, cashback)
4. Performa Produk
Performa juga menjadi salah satu penilaian Shopee untuk membuat visibilitas produk meningkat. Produk dengan tingkat penjualan yang konsisten, ulasan positif dan pengembalian yang rendah cenderung mendapatkan ranking yang lebih tinggi.
Indikatornya:
- Total penjualan
- Rating dan ulasan jangka panjang
- Return rate (tingkat pengembalian produk)
- Jumlah pertanyaan dan kecepatan seller menjawab
5. Performa Toko
Selain produk, Shopee juga menilai performa toko yang bisa dilihat dari reputasi dengan menjaga layanan berkualitas kepada para pembelinya. Toko yang memiliki performa baik biasanya akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik.
Indikatornya:
- Waktu proses pengiriman dan ketepatan kirim
- Tingkat respons chat
- Riwayat pelanggaran kebijakan
- Tingkat kepuasan pelanggan
6. Aktivitas Engagement
Shopee juga mempertimbangkan tingkat engagement pada produk atau toko kamu. Aktivitas ini menunjukkan jika produk kamu diminati oleh banyak orang.
Indikatornya adalah:
- Produk sering dikunjungi atau diklik
- Produk disimpan ke favorit atau keranjang
- Produk dibagikan oleh pengguna
- Produk sering muncul di rekomendasi dan diberi respons positif
7. Optimasi Promosi dan Iklan
Penggunaan fitur promosi dan iklan Shopee merupakan fitur yang membantu toko dan produk menaikkan visibilitas produk.
Meskipun pebisnis harus membayar untuk menggunakan fitur ini algoritma dari iklan ini dapat memberikan exposure tambahan pada produk yang menggunakan iklan Shopee, flash sale, promo gratis ongkir, cashback atau voucher hingga bundling produk dan diskon toko.
8. Konsistensi dan Aktivitas Seller
Toko yang aktif secara rutin akan dianggap lebih “segar” dan relevan oleh algoritma Shopee. Lakukan hal berikut agar visibilitas produk dapat meningkat:
- Rutin upload produk atau update produk
- Respon cepat terhadap chat dan pertanyaan produk
- Konsisten mengikuti program kampanye Shopee seperti tanggal kembar
- Memberikan update stok dan harga secara berkala
Semua hal tersebut bisa kamu lakukan agar meningkatkan visibilitas produk dan tokomu biar angka penjualan semakin meningkat. Semua algoritma di atas itu sebagai acuan untuk melakukan berbagai optimasi guna meraih tujuan peningkatan penjualan produk.
Mulai dari percantik toko, menggunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan intent pencarian pembeli dan lain sebagainya. Tapi mengoptimasi toko di Shopee bukanlah hal yang mudah.
Kamu harus meluang waktu yang cukup banyak untuk melakukannya. Apalagi jika bisnis kamu merupakan bisnis yang skalanya masih terbilang kecil. Tapi jangan khawatir karena ada layanan optimasi yang terjangkau dengan manfaat yang luar biasa besar.
Layanan tersebut adalah Everpro Marketplace Enabler yang bisa bantuin kamu mengoptimasi toko dan produk biar bisa meraih omzet yang maksimal. Kenapa harus Everpro MPE? Jawabannya karena Everpro MPE menawarkan optimasi dari A sampai Z.
Gak cuma itu, Everpro MPE juga menawarkan banyak keunggulan yang sayang banget untuk dilewatkan. Berikut beberapa keunggulan dan layanan yang tawarkan Everpro MPE:
- Konsultasi bisnis dengan para expert biar toko makin mantap
- Bikin campaign, promo dan strategi yang oke
- Percantik tampilan toko dan produkmu
- Buat strategi iklan yang efektif dengan budget yang lebih hemat
- Agen CS terbaik dan terpercaya dari Everpro
- Bebas pilih paket mana aja sesuai kebutuhan untuk raih cuan maksimal
Yuk, segera optimasi toko sesuai dengan algoritma Shopee dan raih cuan maksimal!