everpro

5 Cara Riset Kata Kunci Shopee, Ampuh Meningkatkan Penjualan

Bingung bagaimana cara menemukan kata kunci yang tepat untuk produk kamu? Simak artikel ini sampai habis dan pelajari cara riset kata kunci Shopee yang ampuh meningkatkan penjualanmu!

Pembeli online memiliki kecenderungan untuk menggunakan kata kunci dalam mencari suatu produk di Shopee, sehingga riset kata kunci menjadi hal yang penting untuk penjual.

Melakukan riset kata kunci tersebut, kamu bisa meningkatkan traffic ke toko kamu hingga 50%. Jadi kamu bisa bayangkan jika produk kamu memiliki kualitas, namun tidak ada yang melirik produkmu di Shopee.

Akan menjadi hal yang sangat disayangkan, bukan? Dengan kamu mempelajari cara riset kata kunci di Shopee kamu dapat menjangkau target pembeli dengan tepat dan memudahkan mereka untuk menemukanmu di Shopee.

Apa itu Riset Kata Kunci Shopee?

cara riset kata kunci shopee
Sumber: Pexels

Sebelum lebih dalam membahas mengenai cara riset kata kunci shopee, tahukah kamu apakah itu riset kata kunci Shopee?

Riset kata kunci Shopee merupakan rangkaian proses menganalisa sebuah kata kunci dan mencari yang paling relevan serta yang sedang banyak digunakan oleh pembeli dalam mencari produk di marketplace Shopee.

Tujuannya adalah mempermudah penjual dalam memahami atau mengenal kebutuhan dari konsumen atau pembeli mereka.

Bila sudah mengetahui akan hal tersebut, penjual bisa mengoptimalkan kata kunci tersebut dari segi deskripsi produk, judul produk, dan lainnya yang dapat memudahkan calon pembeli mudah untuk menemukannya.

Selain itu, riset kata kunci ini dapat meningkatkan visibilitas serta peringkat di halaman hasil pencarian Shopee dan mengoptimalkan SEO Shopee.

Manfaat Dilakukannya Riset Keyword Shopee

cara riset kata kunci shopee
Sumber: Pexels

Dalam melakukan riset kata kunci di Shopee terdapat manfaat yang bisa kamu dapatkan tentunya. Maka dari itu, berikut adalah beberapa manfaat jika kamu melakukannya.

1. Meningkatkan Visibilitas Produk

Kalau kamu merasa tingkat pembeli mengunjungi tokomu rendah, maka kamu perlu melakukan riset keyword

Dengan kamu melakukan hal ini, mereka bisa dengan mudah untuk menemukanmu, sehingga traffic toko kamu akan meningkat juga.

2. Menjangkau Target Pembeli yang Tepat

Cara ini bisa membuat kamu menemukan kata kunci yang relevan dan tepat, sehingga produk kamu nantikan akan dilihat oleh orang-orang yang sangat tertarik untuk membeli produkmu. 

3. Meningkatkan Konversi Penjualan

Manfaat selanjutnya kamu bisa meningkatkan konversi penjualan karena dengan banyaknya orang yang melihat produk sekaligus memiliki minat besar untuk membelinya akan memberikan peluang keuntungan yang besar untuk kamu.

4. Menghemat Uang dan Waktu

Menggunakan iklan di marketplace tentunya membutuhkan modal yang besar apalagi kalau iklan tersebut tidak efektif akan sangat disayangkan uang yang sudah kamu keluarkan. 

Dengan kamu menggunakan riset kata kunci akan menghemat uang serta waktu karena dapat menggunakan tools gratis untuk menganalisis toko kamu untuk lebih optimal.

5. Meningkatkan Kemampuan Bersaing

Melakukan analisis dengan cara riset kata kunci ini kamu tentunya bisa mengetahui kelebihan serta kekurang dari tokomu dari pesaing. 

Kamu bisa mengoptimalkan tokomu jika kamu rutin menganalisa secara berkala, konsisten, dan tentunya selalu direkap di dalam file untuk menjadi data kamu.

Cara Riset Kata Kunci Shopee

cara riset kata kunci shopee
Sumber: Pexels

Kamu bisa mendapatkan kata kunci yang relevan dengan cara melakukan riset kata kunci di Shopee menggunakan alat bantu atau tools untuk mempermudahkan kamu.

Oleh karena itu, berikut beberapa cara riset kata kunci Shopee dengan menggunakan tools yang bisa kamu pelajari dan lakukan.

  • Cara Riset Kata Kunci Shopee dengan Google Keyword Planner

Google menyediakan alat bantu riset yaitu Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci berdasarkan volume, tren, sampai tingkat persaingannya.

Dengan kamu menggunakan tools tersebut kamu akan menemukan keyword yang relevan untuk digunakan di Shopee. Tools ini dapat digunakan secara gratis, lho!

  • Cara Riset Kata Kunci Shopee dengan Google Trends

Kalau kamu ingin menemukan keyword yang sedang viral di mesin pencarian maupun marketplace, kamu bisa menggunakan Google Trends sebagai alat bantumu.

Dengan menggunakan Google Trends, kamu bisa lebih maksimal untuk mengoptimalkan deskripsi produk yang ada di toko online Shopeemu.

  • Cara Riset Kata Kunci Shopee dengan Shopee Related Search

Kamu bisa juga menggunakan fitur yang disediakan oleh Shopee yaitu Shopee Related Search yang bisa menampilkan rekomendasi kata kunci yang muncul di halaman pencarian.

Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan visibilitas produk tersebut dimana calon pembeli akan dengan mudah menemukan produk tersebut dan melakukan pembelian.

  • Fitur Iklan Pencarian Shopee

Shopee Ads bisa mendatangkan traffic yang banyak untuk tokomu dan ini bisa kamu jadikan sebagai alat bantu untuk melakukan riset keyword.

Langkah-langkahnya sangat mudah, yaitu kamu akses ke menu iklan Shopee setelah itu klik buat akun baru dan pilih iklan pencarian

Kemudian kamu bisa memilih manual pada menu pengaturan kata kunci. Dengan kamu klik tambah kata pencarian, kamu bisa langsung menuliskan keyword yang ingin kamu riset. 

Nantinya akan muncul volume beserta dengan harga per kliknya. Kamu bisa melihat keyword tersebut dan jangan lupa untuk dicatat untuk menjadi data kamu dalam menganalisa.

  • Ahrefs

Salah satu tools riset kata kunci yang populer adalah Ahrefs. 

Kamu bisa menggunakan sebagai alat bantu dalam menganalisa secara gratis dengan free trial selama waktu yang ditentukan, namun keyword yang ditampilkan pun terbatas. 

Tips Melakukan Riset Kata Kunci Shopee

Kamu perlu mendapatkan tips agar proses menganalisa mu berjalan dengan sukses dan menghasilkan. Maka dari itu, ini dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Pahami Target Pembeli 

Analisa terlebih dahulu produk terlaris di Shopee kamu memiliki target pembeli yang seperti apa.

Sebelum kamu memulai dalam riset keyword hal ini sangat penting, sehingga keyword yang nantinya kamu targetkan akan tepat sesuai dengan sasaran.

2. Menggunakan Alat Bantu Riset Keyword

Ada banyak sekali tools yang bisa membantu kamu mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Kamu dapat menemukan kata kunci yang relevan dengan bantuan alat tersebut yang membuat calon pembeli mudah dalam menemukan produk kamu.

3. Analisis Kata Kunci Pesaing

Lihat pesaing kamu dalam menggunakan kata kunci di dalam deskripsi, judul, maupun tag di dalam produk. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa menerapkan dengan lebih optimal dibandingkan pesaing tersebut.

4. Pertimbangkan Volume Pencarian dan Tingkat Persaingan

Shopee tak hanya memiliki banyak pengguna, namun juga memiliki banyak penjual yang berjualan disana. Sehingga sebisa mungkin untuk memilih kata kunci dengan volume pencarian tinggi namun tingkat persaingannya rendah.

5. Gunakan Kata Kunci di Berbagai Tempat

Terapkan kata kunci di banyak tempat yang strategis seperti deskripsi produk, iklan produk, judul produk, dan tag produk.

Hal ini akan berpengaruh dalam menjangkau target pembeli dan visibilitas produkmu, sehingga orang akan dengan mudah menemukan produk tersebut.

6. Tinjau dan Optimalkan Kata Kunci Secara Berkala

Rutin dan konsisten dalam melakukan menganalisa hasil dari riset keyword yang sudah kamu lakukan. Dengan begitu, kata kunci yang kamu gunakan akan dapat lebih optimal.

Sekian pembahasan mengenai cara riset kata kunci Shopee yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan penjualan tokomu.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mengoptimalkan Shopee dari segi kata kunci supaya muncul di halaman teratas hasil pencarian di Shopee.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang informatif dan dikemas dengan menarik hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Sedang mencari solusi meningkatkan penjualan toko online kamu di marketplace? Yuk, mulai gunakan Everpro Marketplace Enabler sekarang juga!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Yuk, daftar sekarang dan tingkatkan penjualan toko onlinemu dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya