everpro

Annual Report Adalah: Definisi, Fungsi, Hingga Cara Menyusunnya

Annual report adalah laporan wajib untuk perusahaan yang tertulis dalam pasar saham. Simak informasi lebih lanjut mengenai annual report.

Setiap pemegang saham maupun investor baru pasti membutuhkan informasi tentang perkembangan usaha pada bisnis yang sudah atau akan menjadi tempat investasi.

Maka dari itu perlu adanya suatu laporan khusus yang dapat menggambarkan tingkat kesehatan perusahaan, yaitu melalui annual report atau laporan tahunan.

Setiap perusahaan terbuka akan mempublikasikan laporan tahunan ini untuk para pemegang saham, internal perusahaan, serta masyarakat yang membutuhkannya.

Lantas, apa saja informasi yang terdapat dalam laporan tahunan dan apa saja fungsinya? 

Mari simak ulasan artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Definisi Annual Report Adalah?

annual report adalah
Sumber: google.com

Melansir dari Investopedia, definisi dari annual report adalah:

“Annual report adalah dokumen yang harus perusahaan publik sediakan setiap tahun kepada pemegang saham yang menggambarkan operasi dan kondisi keuangan mereka.”

Lebih lanjut, menurut Wikipedia,laporan tahunan atau annual report adalah laporan tentang perkembangan dan pencapaian yang berhasil suatu organisasi raih dalam setahun.

Jadi, annual report adalah suatu laporan penting yang wajib perusahaan publik sajikan setiap tahun, yang berisi kondisi keuangan, operasi, hingga pencapaian perusahaan.

Di samping itu, terdapat juga penjabaran tentang prospek dan proyeksi di tahun mendatang yang ingin perusahaan tersebut capai. 

Berdasarkan informasi penting yang terdapat dalam laporan tahunan, maka pengguna laporan tahunan ini antara lain untuk pemegang saham, internal perusahaan, kreditor, serta pihak berkepentingan lainnya.

Baca juga: Holding Adalah: Pengertian Hingga Contoh Perusahaannya

Apakah Setiap Perusahaan Wajib Membuat Annual Report?

Tak semua perusahaan wajib membuat laporan tahunan, namun semua yang tertulis dalam pasar saham perlu menyajikan annual report. Adapun keharusannya tercantum dalam  Permendag No. 25 tahun 2023 yang telah efektif sejak 19 Maret 2020.

Fungsi dari Annual Report

annual report adalah
Sumber: pexels.com

Tujuan utama dari annual report adalah sebagai sarana untuk menampilkan informasi valid tentang perusahaan selama setahun yang berkaitan dengan kondisi keuangan, kinerja, perubahan, keputusan, dan informasi lainnya.

Selain untuk memaparkan informasi valid, laporan tahunan juga berguna sebagai media pemasaran, karena yang banyak pihak eksternal seperti calon investor dan pemegang saham yang menggunakan laporan ini.

Lebih jelas, berikut adalah dua fungsi dari annual report:

Memberi Informasi yang Valid

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa dalam laporan tahunan terdapat informasi penting berkaitan dengan kondisi keuangan, operasional, dan pencapaian perusahaan.

Terlebih penyajian informasi dalam laporan yaitu berupa data, grafis, serta penjabaran terkait operasional bisnis yang bisa menjadi rujukan valid untuk para penggunanya.

Menjadi Media Pemasaran

Banyak pihak eksternal yang menggunakan laporan tahunan dari suatu perusahaan, baik itu untuk meninjau performa saham di perusahaan yang ia tanam, calon investor, kreditor, dan pihak berkepentingan lainnya.

Maka, dengan menyajikan laporan tahunan yang mudah dipahami serta kreatif bisa menjadi sarana pemasaran untuk memikat para pemangku kepentingan agar lebih berkeinginan untuk menanam saham di perusahaan tersebut.

Perbedaan Laporan Keuangan dan Annual Report 

laporan tahunan
Sumber: pexels.com

Pada dasarnya, annual report adalah kumpulan dari laporan keuangan selama satu tahun dalam bentuk penyajian yang lebih mudah dipahami oleh publik secara luas.

Jadi, perbedaan laporan keuangan dan laporan tahunan adalah terkait pengguna dan informasi yang terkandung didalamnya. Pada laporan keuangan, berisi data dan tabel yang penggunaanya hanya untuk internal perusahaan. 

Sedangkan laporan tahunan, menyajikan informasi laporan keuangan serta operasional dengan lebih menarik. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat mengerti dengan lebih mudah terkait perjalanan perusahaan tersebut.

Dalam laporan keuangan, hanya berisi informasi dan data terkait keuangan perusahaan dalam setahun dalam bentuk tabel. Sedangkan dalam laporan tahunan, bentuk penyajian informasi tergambar dalam ilustrasi, infografik, deskripsi, hingga tabel.

Jadi, annual report adalah suatu dokumen penting yang ‘bercerita’ tentang kegiatan perusahaan selama satu tahun.

Bagan dalam Laporan Tahunan

laporan tahunan
Sumber: pexels.com

Laporan tahunan mencakup beberapa bagan yang dapat membantu investor serta kreditor untuk lebih memahami perusahaan.

Aturan mengenai bentuk dan isi laporan tahunan tercantum dalam Keputusan Ketua Bapepam No KEP-431/BL/2012 tentang Penyampaian Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik.

Berikut adalah bagan-bagan yang terdapat di dalam annual report sesuai peraturan tersebut:

  1. Surat kepada para Pemegang Saham.
  2. Ikhtisar Kinerja Utama, Keuangan, Kinerja Saham, Obligasi, dan Aksi Korporasi.
  3. Laporan Manajemen.
  4. Profil Perusahaan.
  5. Analisis dan Pembahasan Manajemen.
  6. Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance).
  7. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
  8. Laporan Keuangan, meliputi:
  • Laporan Keuangan Neraca
  • Laporan Laba Rugi
  • Ekuitas Pemegang Saham
  • Laporan Arus Kas
  • CALK atau Catatan atas Laporan Keuangan

Cara Menyusun Annual Report

annual report adalah
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui apa saja isi dalam laporan tahunan, tentu sudah mulai terbayang bagaimana cara membuatnya.

Langsung saja berikut adalah cara membuat laporan tahunan yang baik dan benar:

  • Persiapkan Bahan Dasar

Langkah pertama dalam menyusun annual report adalah menyiapkan segala laporan, foto, gambar, hingga data dengan penjelasan dan uraian yang ingin anda tampilkan dalam laporan tahunan. Adapun isi data tersebut berdasarkan bagan laporan tahunan.

  • Kreasikan Desain dan Cara Penyajian

Dalam laporan tahunan berisi informasi dan penjabaran terkait kegiatan dan laporan keuangan. Agar pembaca lebih ‘nyaman’ membacanya, tampilkan data secara kreatif.

Adapun kreatif maksudnya adalah dengan membuat cover yang menarik, penggunaan ornamen atau font yang nyaman dibaca, dan sebagainya.

  • Gunakan Copywriting yang Tepat

Mengingat laporan tahunan merupakan dokumen penting yang banyak digunakan untuk pihak eksternal, maka pastikan tata bahasa yang mudah dipahami, sehingga tidak terjadi salah penafsiran. Kemudian cek dahulu kualitas penulisan sebelum cetak.

  • Cetak dengan Kualitas Tinggi

Setelah memastikan kualitas penulisan sudah bagus, cetak dummy untuk melihat hasilnya dalam bentuk fisik. Pastikan desain dan warna hasil cetakan telah sesuai, barulah cetak ulang untuk publik.

  • Sajikan Versi Digital

Tak hanya dalam bentuk fisik, sajikan juga laporan data tahunan dalam bentuk digital. Hal ini dapat mempermudah penyebaran informasi ke publik.

Baca juga: SPPKP Adalah: Definisi, Fungsi, Syarat, dan Cara Memperolehnya

Contoh Annual Report

annual report
Sumber: unilever.co.id

Laporan tahunan memuat informasi yang banyak terkait perusahaan, maka tak heran jumlah halaman dalam dokumen ini hingga ratusan. 

Gambar diatas adalah contoh isi yang terdapat dalam laporan tahunan Unilever 2020. Untuk membacanya lebih lanjut mengenai contoh laporan tahunan ini, berikut adalah link untuk mengunduhnya:

Download Laporan Tahunan Unilever 2020

Demikian, penjelasan mengenai annual report adalah dokumen penting yang perusahaan sajikan setiap tahun.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan menarik lainnya hanya dari Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya