Everpro

Ini Dia Rincian Biaya Admin TikTok Shop 2024 Terbaru dan Cara Mengetahuinya

Penasaran berapa biaya admin TikTok Shop? Yuk simak rincian terbaru biaya admin TikTok Shop 2024 dan cara menghitungnya di artikel ini!

Saat ini TikTok tidak hanya dipakai untuk konten hiburan saja, melainkan juga sebagai platform jualan bagi para seller di fitur TikTok Shop.

Namun untuk bisa berjualan di platform digital termasuk di TikTok Shop, biasanya ada biaya admin yang perlu ditanggung oleh seller.

Nah, biaya admin ini penting untuk kamu ketahui jika ingin memulai usaha online di TikTok Shop. Untuk itu, artikel ini karena akan mengulas lengkap tentang biaya admin TikTok Shop.

Baca Juga: Cara Belanja di TikTok Shop dan TikTok Live Mudah dan Hemat

Apa itu Biaya Admin TikTok Shop

biaya admin tiktok shop
Sumber: google.com

Biaya admin TikTok Shop adalah biaya yang harus dibayarkan oleh seller atau penjual kepada platform TikTok Shop sebagai kompensasi atas penjualan produk di platorm tersebut.

Ada dua biaya admin atau biaya layanan secara umum, yaitu:

  • Biaya admin tetap, yaitu pengeluaran sebesar @Rp2 ribu per transaksi, akan dikenakan secara tetap dalam setiap transaksi tersebut.
  • Biaya admin variabel, yaitu biaya yang dikenakan tergantung kategori produk yang dijual dengan rentang antara 1,9% hingga 4,3% dari harga produk.

Baca Juga: Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop Terbaru Bagi Pemula

Biaya Admin TikTok Shop 2024

Pada 1 Mei 2024, pihak TikTok status seller regular akan berubah menjadi power merchant. Sehingga biaya admin TikTok Shop juga berubah menjadi kisaran 2% – 6,5%.

Jadi biaya admin TikTok Shop 2024 nantinya akan dihitung berdasarkan klaster, kategori, dan subkategori SKU yang dijual di TikTok Shop.

Berikut ini rincian perubahan potongan admin TikTok Shop 2024:

Kategori Produk 2023 Kategori Produk Mei 2024
Regular Merchant  Power Merchant & Power Merchant Pro Power Merchant
Grup 1 3,8% 4,5% Grup A 6,5%
Grup 2 3% 3,8% Grup B 5,5%
Grup 3 2,6% 3,1% Grup C 4%
Grup 4 1,6% 1,8% Grup D 3,1%
Grup 5 1% 2% Grup E 2%

Keterangan Kategori Produk [Grup 1-5]

  • Grup 1: Buku, dapur, elektronik, fashion anak & bayi, fashion muslim, fashion pria, fashion wanita, handphone & tablet, ibu & bayi, kamera, kecantikan, mainan & hobi, makanan & minuman, office & stationery, olahraga, otomotif, perawatan tubuh, perlengkapan pesta & craft, pertukangan, produk lainnya, rumah tangga, tour & travel, dan wedding.
  • Grup 2: Dapur, elektronik, film & musik, gaming, ibu & bayi, kamera, kesehatan, komputer & laptop, mainan & hobi, makanan & minuman, office & stationery, otomotif, perawatan hewan, perlengkapan pesta & craft, dan pertukangan.
  • Grup 3: Dapur, elektronik, fashion anak & bayi, fashion wanita, gaming, handphone & tablet, ibu & bayi, kamera, kecantikan, komputer & laptop, logam mulia, makanan & minuman, olahraga, otomotif, pertukangan, dan properti.
  • Grup 4: Handphone & tablet otomotif.
  • Grup 5: Otomotif.

Keterangan Kategori Produk [Grup A – E]

  • Grup A: Aksesoris kamera, audio, laptop, fashion anak, fashion perempuan, fashion laki-laki, perlengkapan untuk aktivitas bayi, ponsel, komponen tablet, make up, skin care, perawatan tubuh, makanan kering, VR, aksesori motor dan mobil, buku, alat tulis, aksesori pengantin laki-laki.
  • Grup B: Audio, kamera pengintai, perangkat elektronik kantor dan rumah, aksesori komputer dan gaming, komponen laptop, software, telepon, televisi, make up untuk wedding, perawatan hewan, film dan musik, ledeng, bangku, baterai jam, oli dan spare part mobil, sepeda, mainan anak, hampers.
  • Grup C: Kamera analog, kamera digital, kamera instan, drone, AC, elektronik dapur, aksesori bayi, perhiasan anak, perhiasan wanita, bridal, perhiasan pria, vitamin dan suplemen, bahan kue, beras, kompor, grinder, penyimpanan makanan, emas, mesin jahit, sewa properti.
  • Grup D: Alat berat, motor listrik
  • Grup E: Mobil, mobil bekas, sepeda motor, sepeda motor bekas.

Cara Melihat Biaya Admin Tiktok Shop

Setelah kamu sudah mengetahui rincian tersebut, selanjutnya kamu perlu untuk tahu cara menghitungnya. Caranya adalah dengan menggunakan rumus seperti di bawah ini:

Biaya Admin = Harga Produk x Persentase Biaya Admin

Dan untuk pendapatan bersih kamu dapat juga menggunakan rumus sebagai berikut:

Pendapatan Bersih = Harga Produk – Biaya Admin

Perlu diingat bahwa biaya tersebut berlaku di semua metode pembayaran, yaitu:

    1. Virtual Account
    2. Kartu Kredit
    3. Transfer Bank
    4. E-wallet
    5. Alfamart
    6. Indomaret
    7. Cash on Delivery (COD)

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Harga Diskon di TikTok Shop Beserta Tipsnya

Pengaruh Biaya Admin TikTok Shop Terhadap Penjualan

biaya admin tiktok shop
Sumber: google.com

Pengaruh biaya admin TikTok terhadap penjualan dapat bervariasi antara dampak positif dan negatif, tergantung pada beberapa faktor tertentu. 

Hal ini menunjukkan bahwa dampak dari biaya admin TikTok terhadap penjualan tidak selalu konsisten dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Kategori Produk

Kategori produk yang dikenakan biaya admin variabel lebih rendah cenderung memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap penjualan.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan penjual untuk menetapkan harga produk secara lebih kompetitif, yang pada akhirnya dapat menarik minat belanja pembeli lebih banyak.

Maka dari itu, kategori produk dengan biaya admin variabel yang lebih rendah dapat memberikan dorongan positif terhadap volume penjualan.

Baca Juga: 3 Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok Tanpa Ribet

2. Strategi Pemasaran

Dengan memiliki strategi pemasaran yang efektif, penjual mampu tetap meningkatkan penjualan meskipun biaya admin TikTok mengalami peningkatan.

Ini terjadi karena penjual tersebut dapat meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian lebih banyak pembeli ke toko mereka.

Dengan demikian, peningkatan biaya admin TikTok tidak secara signifikan menghambat kemampuan penjual untuk mencapai pertumbuhan penjualan yang positif.

Salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan engagement adalah dengan pin komentar, simak selengkapnya artikel 5+ Cara Pin Komentar di TikTok yang Bantu Tingkatkan Engagement!

3. Margin Keuntungan

Penjual yang memiliki margin keuntungan tinggi cenderung tidak terlalu terpengaruh oleh biaya admin TikTok.

Faktanya, hal ini disebabkan oleh kemampuan mereka untuk tetap menetapkan harga produk secara kompetitif, bahkan dalam situasi di mana biaya admin TikTok meningkat.

Dengan margin keuntungan yang besar, mereka memiliki fleksibilitas yang cukup untuk menangani peningkatan biaya administrasi dan tetap bersaing di pasar.

Baca Juga: Jadi Hemat! 4+ Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di TikTok Shop

Nah, itu dia pembahasan mengenai biaya admin TikTok Shop. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencari info biaya tambahan dari TikTok Shop sebelum memulai untuk berjualan.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis yang tentunya menarik dan informatif hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya