everpro

[TERBARU] Ini Dia Rincian Biaya Admin TikTok Shop dan Cara Hitungnya

Apakah kamu tahu berapa biaya admin TikTok Shop? Yuk, simak artikel biaya admin TikTok Shop sampai habis dan temukan juga cara perhitungannya!

Banyak orang yang menggunakan TikTok sebagai media sosial untuk melihat konten hiburan, namun siapa sangka ternyata sosial media ini juga menjadi ladang potensial bagi para seller.

TikTok Shop merupakan fitur yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha khususnya toko online untuk menjualkan produknya.

Banyak penjual yang memanfaatkan platform TikTok Shop untuk memasarkan produknya. 

Namun, pasti di dalam benak kamu sebelum memutuskan untuk berjualan di TikTok Shop terlintas mengenai berapa biaya admin yang harus dikeluarkan.

Penting untuk mengetahui biaya administratif yang harus kamu keluarkan sebelum memulai bisnis di TikTok Shop.

Kali ini Everpro akan membahas mengenai biaya admin yang akan kamu keluarkan, sehingga kamu dapat mengoptimalkan bisnis online di TikTok Shop tanpa terkejut dengan budget yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Terbaru! Cara Belanja di TikTok Shop dan TikTok Live Mudah dan Hemat

Pengertian Biaya Admin TikTok Shop

biaya admin tiktok shop
Sumber: google.com

Biaya admin TikTok Shop adalah biaya yang harus dibayarkan oleh kamu sebagai seller kepada platform TikTok Shop dimana sebagai kompensasi atas penggunaan dari platform tersebut untuk menjual produkmu.

Pengeluaran sebesar Rp2.000 per transaksi, yang dikenakan secara tetap dalam setiap transaksi disebut biaya admin tetap.

Biaya admin variabel adalah biaya yang dikenakan tergantung pada kategori produk yang dijual, memiliki rentang antara 1,9% hingga 4,3% dari harga produk. 

Semua marketplace pastinya memiliki biaya admin yang berbeda-beda.

Perlu diketahui, mulai dari 2022 biaya admin TikTok Shop sudah mengalami perubahan yang sebelumnya 1% dari nilai produk ditambah biaya tetap sebesar Rp 2.000 per transaksi.

TikTok Shop melakukan penyesuaian biaya admin dari mulai tanggal 1 Juni 2023 dengan mengenakan biaya komisi marketplace sesuai dengan klaster, kategori, dan sub kategori dari produk SKU yang dijual di TikTok Shop.

Perlu diketahui bahwa biaya admin TikTok Shop yang dikenakan juga sudah termasuk dengan pajak PPN.

Penting untuk kamu sebagai seller untuk selalu update dengan perubahan biaya admin yang bisa jadi terjadi dari waktu ke waktu supaya kamu bisa mengelola keuntungan dengan lebih efektif.

Baca Juga: Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop Terbaru Bagi Pemula

Biaya Admin di TikTok Shop

Sekarang, mari kita lihat rincian biaya yang dapat kamu pertimbangkan.

Klaster Kategori Sub Kategori Biaya Komisi Marketplace
Apparels Pakaian Wanita dan Pakaian Dalam 4,3%
Apparels Pakaian Pria dan Pakaian Dalam 4,3%
Apparels Olah Raga dan Outdoor 4,3%
Apparels Pakaian Muslim 4,3%
Non – Apparels Sepatu 4,3%
Non – Apparels Tas dan Koper 4,3%
Non – Apparels Aksesoris Fashion 4,3%
HP dan Tablet 1,9%
Peralatan Rumah Tangga 1,9%
Kecantikan 4,3%
Makanan dan Minuman 2,7%
Furnishings 3,6%
Otomotif 3,6%

Setelah kamu sudah mengetahui rincian tersebut, selanjutnya kamu perlu untuk tahu cara menghitungnya. Caranya adalah dengan menggunakan rumus seperti di bawah ini:

Biaya Admin = Harga Produk x Persentase Biaya Admin

Dan untuk pendapatan bersih kamu dapat juga menggunakan rumus sebagai berikut:

Pendapatan Bersih = Harga Produk – Biaya Admin

Perlu diingat bahwa biaya tersebut berlaku di semua metode pembayaran, yaitu:

    1. Virtual Account
    2. Kartu Kredit
    3. Transfer Bank
    4. E-wallet
    5. Alfamart
    6. Indomaret
    7. Cash on Delivery (COD)

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Harga Diskon di TikTok Shop Beserta Tipsnya

Pengaruh Biaya Admin TikTok Shop Terhadap Penjualan

biaya admin tiktok shop
Sumber: google.com

Pengaruh biaya admin TikTok terhadap penjualan dapat bervariasi antara dampak positif dan negatif, tergantung pada beberapa faktor tertentu. 

Hal ini menunjukkan bahwa dampak dari biaya admin TikTok terhadap penjualan tidak selalu konsisten dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Kategori Produk

Kategori produk yang dikenakan biaya admin variabel lebih rendah cenderung memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap penjualan.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan penjual untuk menetapkan harga produk secara lebih kompetitif, yang pada akhirnya dapat menarik minat belanja pembeli lebih banyak.

Maka dari itu, kategori produk dengan biaya admin variabel yang lebih rendah dapat memberikan dorongan positif terhadap volume penjualan.

Baca Juga: 3 Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok Tanpa Ribet

2. Strategi Pemasaran

Dengan memiliki strategi pemasaran yang efektif, penjual mampu tetap meningkatkan penjualan meskipun biaya admin TikTok mengalami peningkatan.

Ini terjadi karena penjual tersebut dapat meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian lebih banyak pembeli ke toko mereka.

Dengan demikian, peningkatan biaya admin TikTok tidak secara signifikan menghambat kemampuan penjual untuk mencapai pertumbuhan penjualan yang positif.

Salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan engagement adalah dengan pin komentar, simak selengkapnya artikel 5+ Cara Pin Komentar di TikTok yang Bantu Tingkatkan Engagement!

3. Margin Keuntungan

Penjual yang memiliki margin keuntungan tinggi cenderung tidak terlalu terpengaruh oleh biaya admin TikTok.

Faktanya, hal ini disebabkan oleh kemampuan mereka untuk tetap menetapkan harga produk secara kompetitif, bahkan dalam situasi di mana biaya admin TikTok meningkat.

Dengan margin keuntungan yang besar, mereka memiliki fleksibilitas yang cukup untuk menangani peningkatan biaya administrasi dan tetap bersaing di pasar.

Baca Juga: Jadi Hemat! 4+ Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di TikTok Shop

Nah, itu dia pembahasan mengenai biaya admin TikTok Shop. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencari info biaya tambahan dari TikTok Shop sebelum memulai untuk berjualan.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis yang tentunya menarik dan informatif hanya di Everpro!

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya