everpro

15 Bisnis Makanan Online untuk Pemula, Terlaris di 2024!

Ingin meraih cuan dari bisnis makanan online? Yuk, simak rekomendasi bisnis makanan online untuk pemula yang laris manis!

Menjual makanan memang senantiasa menjadi ide bisnis dengan hasil yang menjanjikan. Pasalnya, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga pasti banyak peminatnya.

Terlebih, semenjak pandemi banyak masyarakat yang mulai memenuhi kebutuhan pangan dengan cara memesan melalui aplikasi pesan-antar makanan.

Oleh karena itu, bisnis makanan online menjadi salah satu cara untuk meraih banyak cuan yang layak anda coba.

Namun, banyak pemula yang masih bingung akan menjual apa yang memiliki banyak peminat dan peluang laku yang besar.

Baca ulasan ini hingga selesai untuk menemukan rekomendasi bisnis makanan online untuk pemula terbaik.

Baca juga: 3 Cara Melihat Riwayat Pesanan di TikTok Shop, Mudah!

Tips Memulai Bisnis Makanan Online

bisnis makanan online
Sumber: pexels.com

Tidak perlu khawatir jika ini merupakan kali pertama memulai bisnis. Karena setiap bisnis pasti dimulai dari nol. Bisnis makanan online memang memiliki peluang yang besar, namun persaingannya juga cukup ketat.

Berikut adalah tips untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula:

  • Mencari Ide dari Berbagai Sumber

Untuk memulai menjalankan bisnis makanan tentu memerlukan ide yang tepat. Carilah ide dari berbagai sumber, seperti media sosial, obrolan dengan kerabat atau teman, dan sebagainya.

Tentukan dahulu jenis makanan yang akan dijual, apakah makanan ringan, kue, atau makanan berat.

  • Melakukan Riset Pasar

Setelah mendapatkan ide jenis makanan dan beberapa referensi yang akan anda jual, lakukan riset pasar. Dengan riset pasar, anda bisa mengetahui target yang sesuai, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut.

  • Tentukan Target Pasar, Rantai Pasok, dan Distribusinya

Dari hasil riset pasar, tentukan target konsumen, bagaimana cara mendapatkan bahan baku (rantai pasok), serta bagaimana mendistribusikan hingga ke pelanggan.

  • Tentukan Harga yang Tepat

Sebaiknya lakukan uji coba membuat makanan yang akan anda jual. Hitung berapa pengeluaran untuk membuat makanan tersebut per porsi (HPP), kemudian tentukan harga yang tepat.

Bandingkan juga dengan kompetitor, pastikan untuk memberi harga yang kompetitif. Sesuaikan juga dengan unique selling point dan target konsumen.

  • Jual di Berbagai Platform

Agar bisnis makanan lebih mudah mendapatkan konsumen, jual juga di berbagai platform pesan-antar makanan online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, hingga Traveloka Eats.

  • Pasarkan Melalui Media Sosial

Agar lebih banyak yang mengetahui bisnis makanan online anda, manfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Buatlah konten menarik serta tawarkan promo agar memikat banyak calon konsumen.

Saat ini beberapa media sosial yang memiliki banyak pengguna antara lain Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter.

  • Jaga Kualitas Makanan dan Pelayanan

Tips terakhir yang merupakan pamungkas agar bisnis makanan online laris manis adalah dengan memberikan pelayanan terbaik serta kualitas makanan yang terjaga.

Dengan begitu, pelanggan yang puas dengan makanan yang anda jual akan kembali membeli di tempat anda, bahkan akan menawarkannya ke calon konsumen lain.

Ide Bisnis Makanan Online untuk Pemula

bisnis makanan online untuk pemula
Sumber: pexels.com

Setelah memperhatikan berbagai tips memulai bisnis makanan online untuk pemula, anda bisa mulai menerapkannya.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa ide bisnis makanan online untuk pemula yang menjanjikan:

  • Bisnis Makanan Online – Jual Frozen Food

Ide bisnis makanan online untuk pemula yang pertama adalah dengan menjual aneka frozen food. Semenjak pandemi, masyarakat mulai terbiasa menyetok frozen food karena mudah diolah dan cepat santap.

Tidak harus membuatnya sendiri, karena saat ini ada banyak pabrik pembuat frozen food yang membutuhkan agen atau reseller untuk menjual produknya. 

Adapun frozen food yang bisa anda jual adalah aneka olahan ikan untuk membuat tom yam, nugget, sosis, sayuran beku, dan sebagainya.

  • Menjual Salad Buah

Ide selanjutnya untuk memulai bisnis makanan online adalah dengan jualan salad buah. Salah satu makanan kekinian ini memang layak anda coba jual karena cukup banyak peminatnya.

Rasa yang manis dan legit dari saus salad yang berpadu dengan beragam buah seperti apel, anggur, bengkuang, hingga melon menjadikan makanan ini favorit banyak orang.

Cara membuatnya pun cukup mudah, dan bisa langsung membuat dalam porsi besar. Jual di berbagai aplikasi pesan-antar makanan online agar mudah mendapatkan konsumen.

  • Bisnis Online Makanan untuk Pemula – Kue Basah

kue basah
Sumber: google.com

Tak selalu menjual di tempat, anda juga bisa menjual aneka kue basah secara online. Bahkan dengan memasarkan di media sosial, bukan mustahil untuk mendapatkan pesanan jumlah besar dari suatu acara seperti pernikahan.

Ragam kue basah yang bisa anda jual yaitu seperti dadar gulung, nagasari, lemper, kue mangkok, bugis, dan masih banyak lagi.

  • Bisnis Makanan Online – Masakan Rumahan

Keuntungan dari bisnis makanan online adalah tidak harus memiliki tempat untuk berjualan, karena bisa mengerjakan semuanya dari rumah.

Begitupun dengan masakan rumahan yang bisa menjadi ide bisnis makanan online untuk pemula yang cocok anda coba. Karena saat ini banyak yang memesan menu makan siang secara online

Anda bisa menjual berbagai menu masakan rumahan seperti nasi rames yang terdiri dari sayuran, lauk pauk, dan tentunya nasi.

  • Katering Makanan Sehat

bisnis makanan online untuk pemula
Sumber: pexels.com

Hampir sama seperti rekomendasi sebelumnya, katering makanan sehat juga bisa menjadi ide jualan makanan online yang bisa anda coba.

Kini semakin banyak masyarakat yang melek akan kesehatan dan beralih ke menu makan sehat dan rendah kalori. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi kesempatan memulai bisnis makanan online untuk pemula.

  • Jual Camilan Sehat

Tak hanya makanan berat, camilan juga bisa menjadi alternatif santapan sehat. Karena senang ngemil di sela-sela kegiatan.

Dengan menjual camilan sehat yang enak, orang yang sedang melakukan diet tidak khawatir lagi untuk ngemil. Pastikan untuk memasarkan melalui media sosial agar bisa lebih mudah menjangkau target konsumen.

  • Bisnis Makanan OnlineDimsum

Siapa yang tak kenal dimsum? Makanan satu ini memang sudah menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Dimsum yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini bisa menjadi ide yang pas untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula.

Selain menjual untuk siap santap, sediakan juga dalam bentuk frozen food dan jual di berbagai marketplace agar lebih banyak mendapatkan konsumen.

  • Martabak Mini

martabak mini
Sumber: google.com

Rasa martabak mini tak jauh berbeda dengan martabak yang berukuran besar. Dengan ukurannya yang lebih kecil, memudahkan untuk yang ngidam makanan ini tapi tidak ingin dalam jumlah banyak.

Jajanan satu ini juga cukup populer sebagai camilan anak kecil, karena banyak tersedia di sekolahan maupun tempat bermain. Dengan menjualnya juga secara online anda bisa mendapatkan lebih banyak pembeli.

  • Donat Berbagai Topping

bisnis makanan online untuk pemula
Sumber: pexels.com

Donat merupakan salah satu dessert yang banyak orang sukai, rasanya yang manis dengan tekstur lembutnya sangat memanjakan lidah yang memakannya.

Agar lebih menarik, berikan berbagai macam topping donat, seperti coklat, tiramisu, strawberry, milo, matcha, dan lainnya.

  • Bisnis Makanan Online untuk Pemula – Ayam Penyet

Menu makanan ayam rasanya selalu memiliki banyak peminat. Terlebih di Indonesia, varian makanan pedas semakin menggugah selera.

Oleh karena itu, dengan menjual ayam penyet yang memiliki cita rasa gurih dan pedas ini sangat cocok untuk memulai bisnis makanan online. Sediakan berbagai jenis sambal seperti sambal embe, sambal hijau, sambal korek, dan lainnya agar menarik minat.

  • Bakmi

Selain varian ayam, mie juga senantiasa memenangkan hati banyak orang. Bahkan bagi sebagian orang, mie sudah menjadi comfort food.

Bakmi bisa menjadi pilihan ketika bingung mau makan apa. Rasa mie yang kenyal dengan gurihnya kuah dan bumbu, menjadikan santapan ini sangat memanjakan lidah sekaligus mengenyangkan.

Bisnis makanan online untuk pemula ini bisa anda coba dengan menjual di aplikasi pesan-antar makanan. Terlebih resep untuk membuatnya pun telah tersedia di internet.

  • Karedok Basreng dan Basmut 

Beralih ke camilan atau jajanan, karedok basreng (baso goreng) dan basmut (baso imut) juga bisa menjadi ide bisnis yang layak anda coba.

Karedok basreng dan basmut memiliki rasa yang manis pedas yang membalut renyah dan gurihnya basreng maupun basmut. Jajanan ini juga bisa disantap di berbagai situasi, jadi tak heran banyak peminatnya.

  • Kebab

Masih belum menemukan yang pas? Tak perlu khawatir, karena anda bisa mencoba bisnis makanan online dengan jualan kebab.

Di Indonesia, kebab adalah makanan yang memiliki lapisan luar khusus berbahan dasar terigu, dengan isi irisan daging, sayuran, dan saus. 

  • Sambal Bakar

Memang aneka makanan pedas seakan tak ada habisnya untuk menjadi ide bisnis makanan online untuk pemula. Berbeda dengan sambal yang biasanya hanya digoreng, anda bisa menjual sambal bakar agar lebih menarik.

Biasanya, sambal bakar adalah sambal di tembikar yang kemudian ditambah dengan lauk pauk, kemudian penjual akan membakarnya sehingga menimbulkan aroma yang menggugah selera.

Baca juga: 10+ Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan 2023, Peluang Besar!

  • Bisnis Makanan Online Kekinian – Loukoumades

Makanan kekinian lainnya yaitu Loukoumades atau Lukumades ini juga bisa menjadi ide yang patut anda coba.

Pada dasarnya, Lukumades adalah donat bulat berukuran kecil yang kemudian ditambahkan saus manis, seperti coklat, caramel, dan lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis makanan online untuk pemula yang bisa anda coba. Pastikan untuk memberikan rasa terbaik agar pelanggan membeli kembali.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda.

Kini kamu bisa mencari produk termurah dari supplier tangan pertama di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

distributor kosmetik
Sumber: Pinterest.com
Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya