everpro

10+ Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan 2023, Peluang Besar!

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Ingin memulai bisnis tapi belum punya ide? Tak perlu khawatir! Simak berbagai daftar usaha yang jarang tapi dibutuhkan berikut ini.

Saat ini semakin banyak peminat untuk menjadi pengusaha, mulai dari anak muda hingga dewasa. Hal ini tak lepas dari banyaknya cerita sukses pengusaha dengan penghasilan ratusan juta dalam sebulan.

Terlebih lagi biaya kebutuhan yang kian hari kian meningkat. Tentu perlu memiliki pendapatan yang lebih besar, baik itu dari bisnis sampingan maupun bisnis utama.

Untuk memulai usaha memang tidak selalu mudah, seperti menentukan ide usaha yang tepat.

Salah satu caranya adalah dengan memulai usaha yang jarang tapi dibutuhkan, sehingga tidak banyak pesaing.

Baca ulasan artikel ini sampai selesai untuk temukan peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan.

Baca juga: Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak Pada? Simak!

Rekomendasi Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
Sumber: pexels.com

Terdapat berbagai peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan dengan penghasilan yang menjanjikan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Glamping (Glamorous Camping)

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
Sumber: pexels.com

Pasca pandemi, semakin banyak orang yang membutuhkan hiburan dan liburan, atau bahasa kekiniannya adalah healing. Tak jarang, banyak yang mencari tempat liburan ke wisata alam.

Everpro

Oleh karena itu, anda bisa memulai usaha dengan menyediakan glamping atau glamorous camping. Jenis usaha ini cukup populer namun masih jarang yang memulainya.

Hal yang membuat glamping menjadi populer dan banyak peminat yaitu karena pengunjung tidak perlu repot membawa alat-alat kemah, masak, dan lainnya.

Dengan bisnis glamping, anda menyediakan fasilitas hotel dalam bentuk perkemahan. Untuk memulai usaha ini anda perlu mencari lokasi yang memiliki pemandangan indah, agar menjadi daya tarik.

  • Pet Hotel

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
Sumber: pexels.com

Rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah pet hotel atau hotel hewan peliharaan.

Tak hanya manusia, hewan peliharaan juga butuh hotel. Karena adanya pet hotel dapat menjadi solusi saat pemilik hewan peliharaan yang hendak pergi ke luar kota, atau meninggalkan rumah dalam waktu lama dan tidak leluasa membawa hewan.

Dengan begitu, pemilik hewan peliharaan tidak merasa was was meninggalkan hewan kesayangannya. Mereka cukup menitipkan hewan peliharaan ke pet hotel.

Selain lebih aman, fasilitas juga lebih menunjang untuk kebutuhan hewan sehari-hari. Sebagai pecinta hewan, bisnis ini sangat cocok untuk anda.  

  • Sewa Alat Grill dan Suki

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
Sumber: google.com

BBQ, Grill, dan Suki merupakan jenis cara makan yang sedang tren saat ini. Selain cara masak yang mudah, melakukan kegiatan masak ini juga sangat cocok untuk acara kumpul-kumpul.

Tak jarang, banyak yang memilih acara berkumpul dan masak-masak ini dirumah. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyewakan alat grill dan suki.

Bisnis ini hanya memerlukan modal untuk membeli alat grill dan suki. Kemudian juga berikan jasa antar dan jemput alat masak agar lebih menarik dan memudahkan konsumen.

Tak hanya alat masaknya saja, anda juga bisa menjual bahan-bahan suki dan grill seperti daging, sayuran, serta bumbunya. Lalu buatkan juga paket grill dan suki serta alatnya. 

Jadi konsumen bisa memesan langsung semua kebutuhan masak dari tempat anda.

  • Sewa Alat Pembuatan Konten

sewa alat membuat konten
Sumber: google.com

Content creator kini telah menjadi profesi yang tren dan memiliki banyak peminat, terutama di kalangan anak muda. 

Selain jam kerja yang fleksibel, content creator juga dapat mengasah kemampuan dan kreativitas sembari meraih penghasilan.

Anda juga bisa mendapat andil untuk meraih penghasilan dengan menyewakan alat pembuat konten. 

Content creator tentu ingin hasil kontennya lebih bagus dengan alat yang profesional, namun jika membeli sendiri harganya mahal. 

Dengan menyewakan alat pembuat konten seperti kamera profesional, tripod, drone, speaker, dan lainnya content creator menyewa dengan harga yang lebih murah daripada membeli sendiri.

Sebagai pebisnis alat pembuatan konten juga anda mendapat keuntungan dari banyaknya content creator yang menyewa alat dari bisnis anda.

  • Salon Muslimah

salon muslimah
Sumber: pexels.com

Terdapat juga peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan lainnya yaitu Salon Muslimah. Muslimah juga tentu memiliki keperluan seperti memotong rambut, hingga Spa.

Namun, untuk melakukan hal tersebut muslimah tetap perlu menjaga aurat, dengan tidak berada di tempat yang banyak lawan jenis ataupun bahan salon belum berlabel halal.

Oleh karena itu, anda bisa memulai usaha salon syari yang menunjang muslimah untuk melakukan kegiatan di salon dengan lebih aman dan nyaman. 

  • Sewa Perlengkapan Camping

Saat ini kegiatan camping atau berkemah semakin banyak peminatnya. Karena dari masa pandemi, camping menjadi kegiatan refreshing yang aman dan menyenangkan.

Selain menikmati suasana alam, kita juga bisa melatih untuk beradaptasi dengan lingkungan, serta waktu kebersamaan dengan teman-teman.

Maka tak heran, banyak yang mencari tempat sewa alat camping, namun saat ini jumlah tempat sewa masih jarang. 

Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan memulai bisnis sewa alat camping dan outdoor lainnya seperti tenda, sleeping bag, senter, matras, dan lainnya.

  • Sewa Studio Foto

Peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah dengan menyewakan studio foto. Saat ini banyak yang mencari tempat untuk melakukan prewed, foto grup, dan lainnya.

Anda bisa mulai dengan membeli perlengkapan foto, mulai dari kamera hingga backdrop. Anda juga bisa memanfaatkan tempat sendiri untuk menjadi studio foto, atau memang menyewa tempat sebagai studio foto. 

  • Jualan Bumbu Siap Masak

Tak hanya bisnis jasa dengan menyewakan alat atau tempat, anda juga memiliki peluang menjanjikan dengan menjual bumbu siap masak.

Dengan kesibukan sehari-hari, namun tetap ingin masak sendiri agar lebih hemat dan sehat, banyak yang membutuhkan bumbu siap masak.

Anda bisa menjual berbagai bumbu siap banyak yang fresh seperti bumbu rendang, bibimbap, kari, dan lainnya. Gunakan juga platform marketplace agar lebih mudah mendapat konsumen.

  • Jasa Party Planner

Saat butuh mengadakan pesta namun tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, menggunakan jasa party planner menjadi solusi terbaik.

Party planner sebenarnya mirip seperti wedding organizer tapi tidak terbatas untuk satu jenis pesta. Anda bisa menyediakan jasa merencanakan pesta sesuai dengan kemauan klien.

Untuk memulai usaha ini anda bisa mencari berbagai referensi terkait tema, dekorasi, serta aktivitas agar bisa memberi masukan kepada klien. 

  • Sewa Pakaian Branded

Menjual pakaian mungkin sudah biasa, namun menyewakan pakaian masih menjadi bisnis yang jarang ada di pasaran.

Bisnis ini juga memiliki peluang yang menjanjikan, lho! Tak jarang banyak yang membutuhkan sewa pakaian branded untuk kebutuhan syuting, dan lainnya.

Terutama kalangan anak muda seperti influencer atau content creator yang memerlukan pakaian branded karena dapat meningkatkan brand image atau keperluan konten.

Baca juga: Untuk Menguji Kelayakan Usaha Diperlukan? Ini Jawabannya!

  • Usaha Tanaman Hidroponik

Rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan lainnya adalah dengan menjual greenhouse hidroponik.

Dengan banyaknya lahan subur di Indonesia, agribisnis menjadi peluang bisnis yang banyak orang gemari.

Namun, bagi orang perkotaan untuk memiliki tanaman sedikit sulit, baik itu karena lahan, maupun kondisi lingkungan.

Anda bisa menawarkan jasa budidaya tanaman pangan dengan sistem bagi hasil. Sel pelanggan hanya perlu menanam modal, dan mendapat hasil dari investasinya.

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini, tentu anda perlu memiliki kemampuan bercocok tanam dan ilmu agribisnis lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan dan pastinya menguntungkan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait