everpro

11 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan, Patut Dicoba!

Ketika ingin memulai bisnis, sebagai calon pengusaha kamu harus mempertimbangan ide usaha yang menjanjikan di masa depan dan berpotensi untuk bertahan dalam jangka panjang.

Menjalankan usaha masa depan yang menjanjikan dapat membantu memastikan bahwa bisnis tersebut tetap relevan dengan permintaan pasar yang stabil bahkan meningkat seiring berjalannya waktu.

Namun, menentukan ide usaha ini tidak bisa hanya sekedar mengikuti sesuatu yang sedang trend saja, sebab beberapa trend tidak akan bertahan lama dipasaran.

Untuk itu, artikel ini akan memberikan berbagai ide jenis usaha yang menjanjikan di masa depan yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk memulai usaha.

Baca Juga: 15+ Ide Usaha Yang Menghasilkan Uang Setiap Hari, Wajib Coba!

Jenis Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan 

usaha yang menjanjikan di masa depan
Sumber: canva.com

Dropshipping

Dropshipping adalah model bisnis di mana penjual tidak perlu menyimpan stok barang secara fisik, melainkan membeli produk dari supplier ketika ada pesanan masuk dari pelanggan.

Model usaha dropshipping ini memang terbukti menjanjikan di masa depan karena minimnya risiko kerugian oleh penjual yang tak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang.

Selain itu, dropshipping juga memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti platform e-commerce dan media sosial sehingga akan terus berkembang di masa yang akan datang.

Baca Juga: 10 Aplikasi Dropship Terbaik untuk Memulai Bisnis

Layanan Digital Marketing

Jenis usaha yang menjanjikan di masa depan berikutnya yaitu membuka jasa digital marketing. Seperti yang kamu ketahui, bahwa saat ini perilaku konsumen makin beralih ke ranah digital.

Kebiasaan masyarakat yang gemar belanja online alih-alih mengunjungi toko offline mengharuskan setiap bisnis untuk meningkatkan promosi melalui platform digital seperti marketplace maupun media sosial.

Tentu saja ini akan melibatkan skill digital marketing, seperti pemasangan Google Ads, Facebook Ads, optimasi SEO, CRM, hingga pembuatan konten media sosial.

Bootcamp atau Kursus Online

Setelah melewati situasi pendemi global, masyarakat mulai terbiasa dengan aktivitas dari rumah termasuk untuk memperoleh ilmu.

Karena itu bootcamp atau kursus online menjadi peluang usaha yang menjanjikan di masa depan.

Selain karena fleksibel dan bisa diikuti dimana saja, umumnya bootcamp atau kursus online akan menawarkan materi pembelajaran untuk skill digital yang diperlukan di masa depan.

Baca Juga: 10+ Peluang Bisnis Online Menjanjikan di Tahun 2024

Affiliate Marketing

Jika kamu ingin memperoleh pendapatan pasif yang dapat dilakukan disela-sela kegiatan sehari-hari dan menjanjikan di masa depan, maka affiliate marketing solusinya.

Affiliate marketing menjadi salah satu trend usaha masa depan yang menjanjikan karena terhubungnya kerjasama antara para pebisnis dan pembuat konten atau content creator. 

Kamu jadi menjadi content creator untuk mempromosikan produk atau layanan milik suatu bisnis dan akan memperoleh komisi apabila terdapat pembelian dengan menggunakan tautan afiliasi kamu.

Baca Juga: 8 Program Affiliate yang Paling Menguntungkan di Indonesia

Usaha Produk Eco-Friendly

Saat ini produk eco-friendly sedang ramai peminatnya seiring meningkatknya kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan dari berbagai kerusakan.

Karena itu jugalah produk eco-friendly menjadi trend usaha masa depan yang menjanjikan dan bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba.

Beberapa produk eco-friendly yaitu tas belanja, sikat gigi, tisu daur ulang, produk pembersih dan kemasan ramah lingkungan, dan banyak lagi.

Usaha Produk Digital

Saat ini banyak yang mulai bergantung pada teknologi digital seperti e-book, konten digital, aplikasi, dan banyak lagi.

Trend akan produk digital ini tentu menjadi peluang usaha yang menjanjikan di masa depan dan layak untuk kamu coba. Promosikan produk-produk digital yang paling banyak dicari oleh target konsumen.

Kemudian, kamu bisa menjual produk digital di Shopee, Tokopedia, dan berbagai platform digital lainnya termasuk media sosial.

Baca Juga: 5+ Ide Bisnis Online untuk Pemula di Era Digital 2024

Bisnis Laundry Coin

Laundry coin juga mejadi salah satu jenis usaha yang menjanjikan di masa depan. Berbeda dengan laundry biasa, laundry coin memiliki keunggulan seperti layanan yang lebih cepat dan praktis.

Jika tertarik memulai usaha ini, kamu perlu modal awal laundry membeli perlengkapan seperti mesin cuci, tempat usaha, serta fasilitas lainnya.

Baca Juga: Peluang Usaha Laundry Rumah laundr yan Beserta Cara Memulainya!

Industri IoT (Internet of Things)

Sebagian besar hal yang berkaitan dengan internet memiliki peluang yang besar untuk tetap laris manis di masa depan. Apalagi banyak hal terutama produk sehari-hari yang terkoneksi dengan internet.

Seperti trend usaha masa depan yaitu mendirikan industri IoT (Internet of Things). Industri IoT adalah usaha produk dan layanan yang menghubungkan perangkat rumah, kendaraan, dan peralatan industri melalui internet.

Beberapa contohnya yaitu AC, televisi, smart door lock, smart parking, lemari es, dan banyak lagi.

Usaha Sewa Properti dan Peralatan

Sewa properti dan peralatan menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan seiring dengan perubahan pola hidup konsumen yang lebih mementingkan fleksibilitas dan mobilitas.

Saat ini mulai banyak orang yang lebih memilih menyewa tempat tinggal, ruang kerja, atau bahkan peralatan daripada harus membelinya secara langsung.

Apalagi perkembangan teknologi di masa depan akan semakin memudahkan penyewa properti dan peralatan karena bisa mempromosikan usahanya melalui platform digital.

Personal Color Consultant

Sudah pernah dengan profesi sebagai personal color consultant? Usaha yang satu ini sedang naik daun dan memiliki permintaan yang tinggi dari waktu ke waktu.

Meningkatnya kepedulian masyarakat akan penampilan fashion mereka menjadikan personal color consultant sebagai jasa yang paling banyak dicari saat ini terutama di media sosial.

Banyak orang yang mencari bantuan profesional untuk membantu mereka memilih warna pakaian dan riasan yang sesuai dengan warna kulit, rambut, hingga mata mereka.

Usaha satu ini bisa jadi peluang untuk kamu jalankan jangka panjang loh. 

Bisnis Katering Diet

Bisnis katering diet menjadi peluang usaha yang menjanjikan di masa depan karena meningkatnya kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang.

Dengan makin banyaknya orang yang peduli akan kesehatan dan berat badan mereka, permintaan layanan katering diet yang menyediakan makanan sehat juga makin meningkat.

Tentu saja bisnis katering diet ini bisa kamu jadikan sebagai jenis usaha yang menjanjikan di masa depan.

Baca Juga: 15+ Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Cuan!

Cara Memilih Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan 

Memilih jenis usaha yang menjanjikan di masa depan memang perlu pertimbangan yang sangat matang. Apalagi jika kamu ingin terhindari dari kerugian dari berbisnis.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih usaha menjanjikan di masa depan:

  1. Amati hal-hal yang dibutuhkan oleh target pasar saat ini.
  2. Lakukan riset pasar untuk memperkirakan trend apa yang akan ada di masa depan.
  3. Coba menggunakan sudut pandang baru untuk melihat permasalahan atau kebutuhan pasar.
  4. Carilah peluang usaha yang memiliki keterkaitan dengan teknologi dan digitalisasi.
  5. Siapkan modal awal untuk memulai usaha.

Demikianlah informasi mengenai berbagai jenis usaha yang menjanjikan di masa depan.

Semoga artikel ini membantu kamu dalam menentukan usaha yang akan kamu jalankan.

Jika ingin membaca banyak informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi blog Everpro ya!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya