everpro

SEO: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerjanya

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, yang merupakan suatu praktik untuk meningkatkan visibilitas situs pada hasil pencarian di mesin pencari. SEO adalah salah satu strategi dalam digital marketing yang perlu perusahaan optimalkan. Baca ulasan SEO selengkapnya.
seo

Mau mendalami dunia digital marketing? Kenali SEO sebagai salah satu strateginya. Simak ulasan mengenai SEO berikut ini.

Digital marketing berperan penting dalam mengembangkan bisnis. Pasalnya, strategi dan teknik penerapan digital marketing ini berguna dengan kondisi pengguna akses digital saat ini.

Mengutip dari hasil survey WeAreSocial yang terangkum di situs BOC, menunjukkan statistik pengguna internet di Indonesia pada tahun 2022 adalah lebih dari 204 juta penduduk.

Adapun rata-rata penggunaan internet per hari yaitu 8 jam lebih. Hal ini tentu menjadi potensi besar yang perlu perusahaan manfaatkan melalui digital marketing.

Salah satu strategi digital marketing tersebut adalah search engine optimization atau SEO, agar situs perusahaan berada di posisi teratas di mesin pencari.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai SEO? Baca ulasan artikel ini hingga selesai ya.

Baca juga: Kenali Lebih Dalam SEO Off Page, Definisi dan Cara Optimasinya

Pengertian SEO Adalah

seo adalah
Sumber: pexels.com

Mengutip dari Glosarium Google, SEO adalah suatu proses untuk membuat situs menjadi lebih baik di mesin pencarian. 

Kemudian melansir dari Mailchimp, optimasi mesin pencari atau SEO adalah praktik mengarahkan situs web ke peringkat lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERP) sehingga bisa mendapatkan lebih banyak traffic

Everpro

Umumnya, hal ini bertujuan untuk mendapat peringkat pada halaman pertama hasil pencarian Google untuk pencarian yang berarti bagi target audiens. 

Jadi, SEO adalah tentang memahami keinginan dan kebutuhan audiens dan juga tentang teknik alami sebagai cara mengkonfigurasi situs.

Search engine optimization merupakan strategi yang fokus utamanya adalah untuk meningkatkan peringkat pada halaman pencarian organik, alias tidak berbayar.

Manfaat SEO

seo
Sumber: pexels.com

Dari pengertian search engine optimization dapat diketahui bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat halaman situs di mesin pencari.

Tapi sebenarnya kenapa perusahaan perlu meningkatkan posisi pada hasil mesin pencarian?

Adapun alasannya yaitu karena konsumen serta para prospek (leads) dapat dengan mudah menemukan situs anda.

Hal tersebut dapat meningkatkan awareness dan engagement kampanye pemasaran, yang akhirnya akan berdampak pada pencapaian target penjualan.

Melansir dari laman Forbes, setidaknya ada 10 manfaat kunci dari SEO untuk perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Situs yang memiliki peringkat tinggi pada halaman hasil pencarian, biasanya dianggap berkualitas tinggi dan terpercaya oleh mesin pencari. Hal ini, dapat berpengaruh pada peningkatan kredibilitas bisnis. 

  • Tidak Memerlukan Biaya

Manfaat SEO lainnya adalah tidak memerlukan biaya apapun, terlepas dari waktu penanganannya jika melakukan sendiri, berbeda dari strategi pemasaran lainnya seperti pay-per-click.

Karena search engine akan melakukan crawl (perayapan) pada situs anda selama 24 jam, mempromosikan konten berguna serta membantu untuk menemukan konsumen baru secara organik.

  • Mendukung Content Marketing

SEO juga dapat mendukung upaya pemasaran konten. Yaitu dari konten berkualitas tinggi dan optimasi penggunaan kata kunci, serta memperbarui konten Anda secara teratur.

  • Memaksimalkan Kampanye PPC

Penggunaan search engine optimization dapat memaksimalkan kampanye PPC (pay-per-click). 

Misalnya, halaman berperingkat tinggi dapat memiliki hasil yang lebih baik jika menggunakan SEO sebagai bagian dari iklan PPC, terutama jika kata kunci memiliki biaya per klik yang rendah.

  • Memberi Keunggulan Kompetitif

Bisnis yang berinvestasi dalam SEO seringkali lebih unggul dalam persaingan di hasil mesin pencari dan mendapatkan pangsa pasar. 

Dengan mempertimbangkan bahwa hasil yang tampil pada halaman awal Google mendapat lebih dari 90% traffic, tentu situs bisnis anda tidak boleh ketinggalan. Terutama jika kompetitor juga berada pada awal halaman tersebut.

  • Dapat Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Manfaat lain dari SEO untuk bisnis adalah dapat menjangkau lebih banyak orang. Dengan penargetan kata kunci yang tepat, dapat menarik lebih banyak prospek yang mungkin tertarik dengan bisnis anda.

  • Membantu Peringkat Lebih Baik dalam Pencarian Lokal

Strategi SEO lokal dapat membantu menarik para pencari yang seringkali siap membeli. Langkah pertama untuk memulai strategi ini adalah membuat akun Google My Business.

  • Meningkatkan Kegunaan Situs

Search engine optimization adalah tentang membuat halaman situs ramah mesin pencari (search engine-friendly).

Di samping itu juga dapat meningkatkan pengalaman yang pelanggan miliki saat mengunjungi situs web Anda. Jika situs bisnis dapat menyediakan konten berkualitas dan berguna, cepat dan responsif, dan sebagainya.

  • Mendapat Hasil yang Mudah Dihitung

Dengan SEO, Anda dapat melacak perubahan peringkat, konversi, dan lalu lintas situs web. 

Sebagai contoh, anda dapat melihat perjalanan membeli pengguna di setiap situs, meliputi halaman apa yang membuat mereka terlibat, penggunaan kata kunci saat mencari, serta apakah mereka menyelesaikan tindakan tertentu.

Hal tersebut berguna sebagai wawasan untuk menyesuaikan dan meningkatkan strategi optimasi mesin pencari.

  • Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Optimasi situs dapat menghasilkan lalu lintas yang berkualitas. Karena, jika memiliki situs dengan konten bermanfaat sesuai dengan kebutuhan pencari, kemungkinan besar pengguna akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs anda.

Pada akhirnya, hal ini bisa menghasilkan lebih banyak konversi serta meningkatkan ROI.

Jenis-Jenis Search Engine Optimization

search engine optimization
Sumber: pexels.com

Terdapat banyak manfaat dari penggunaan search engine optimization. Adapun 4 jenis atau teknik dari SEO mengutip dari Sixth City Marketing antara lain adalah:

  • On-Page SEO

SEO On-Page seringkali disebut on-site SEO, jenis ini adalah proses dalam mengoptimasi konten situs web. Hal ini termasuk body copy, kata kunci, headers, judul meta, deskripsi meta, gambar, dan lainnya.

Dengan memaksimalkan on-page search engine optimization sebagai upaya pemasaran, dapat membantu mesin pencari untuk memahami konten dari situs anda. 

Saat Google mengerti terkait situs bisnis, maka mesin pencari akan menampilkan situs Anda untuk query penelusuran yang relevan.

  • Off-Page SEO

Sesuai namanya, yaitu off-page atau di luar halaman. Maka jenis search engine optimization ini adalah optimasi dari hal yang tidak terdapat di dalam situs web.

Melalui metode ini, dapat mendorong pemasar untuk membangun kredibilitas serta eksposur yang lebih baik bagi perusahaan.

Pada akhirnya, dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung serta penjualan. Sebagian besar, metode ini berfokus pada link building, yaitu praktik meraih situs terkemuka lain untuk menautkan link kembali ke situs anda. 

  • Technical SEO

Melansir dari Moz, metode ini mengacu pada tindakan yang dapat membantu mesin pencari melakukan crawl pada situs web dan meningkatkan pengalaman pengguna (UX).

Sebagai contoh, penerapan strategi ini meliputi perbaikan website speed, mobile friendliness, serta struktur situs.

  • Local SEO

Jenis yang terakhir adalah SEO lokal, yaitu variasi optimasi mesin pencari yang berfokus pada area tertentu, daripada fokus secara nasional.

Metode ini seluruhnya mengenai peningkatan kehadiran online di komunitas serta mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen lokal.

Cara Kerja SEO

seo
Sumber: pexels.com

Untuk memahami cara kerja SEO, tentu perlu mengerti cara kerja search engine terlebih dahulu. 

Cara kerja mesin pencari adalah dengan menyediakan hasil dari permintaan apapun yang pengguna masukkan. Untuk memberikan hasil tersebut, maka search engine melakukan survey serta memahami jaringan luas situs yang membentuk situs web tersebut.

Mereka menjalankan algoritma canggih yang menentukan hasil apa yang akan tampil untuk setiap query penelusuran. 

Jadi, optimasi mesin pencari merupakan teknik untuk memaksimalkan halaman agar mendapatkan posisi terbaik dari hasil cara kerja mesin pencari. 

Adapun cara kerja SEO ini adalah dengan menerapkan dan meningkatkan teknik-teknik SEO, seperti off-page, on-page, keyword targeting, dan sebagainya.

Baca juga: Do Follow dan No Follow Link: Definisi, Manfaat, dan Perbedaannya

Tips Penerapan SEO dalam Artikel

search engine optimization
Sumber: pexels.com

Setelah memahami apa itu SEO, manfaat, dan cara kerjanya, maka lebih mengerti pentingnya peran SEO dalam pemasaran digital.

Oleh karena itu, bisnis perlu melakukan optimasi mesin pencari ini pada situsnya. Berikut adalah beberapa tips membuat artikel yang ramah SEO:

  1. Lakukanlah riset keyword. Dengan melakukan hal ini, dapat mengetahui kata kunci apa saja yang audiens gunakan.
  2. Perhatikan struktur artikel yang baik, yaitu paragraf singkat dengan headings. Pasalnya, dengan struktur artikel yang baik dapat mempermudah Google untuk memahami konten dengan baik, sehingga bisa memiliki peringkat yang lebih tinggi.
  3. Membuat artikel yang tidak terlalu panjang. Hal ini bertujuan agar audiens lebih mudah membacanya dan langsung menemukan apa yang mereka cari.
  4. Bebas plagiarism, yaitu dengan membuat konten yang orisinil. 
  5. Cantumkan link yang sesuai, baik itu link internal dari situs blog anda, maupun link eksternal terpercaya sebagai referensi isi konten.
  6. Menerbitkan artikel secara rutin. Karena hal ini dapat memberitahu Google bahwa situs web anda aktif. 

Itulah serba-serbi mengenai SEO atau search engine optimization yang merupakan strategi organik dalam digital marketing.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait