everpro

CRM Adalah Solusi Tepat untuk Mengelola Data Pelanggan

Dapatkan panduan lengkap tentang CRM adalah solusi tepat untuk mengelola data pelanggan dan membuka peluang untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Baca selengkapnya di artikel ini!

Kamu pasti pernah menerima notifikasi pesan lewat whatsapp yang berisi suatu promosi tentang produk baru. Maupun pengingat untuk menyelesaikan pembelian.

Hal ini bisa terjadi karena Kamu mungkin pernah mengisi formulir online melalui website atau iklan dengan menggunakan nama lengkap, email, nomor kontak ketika beraktivitas secara online.

Kemudian data-data tersebut akan dikumpulkan ke dalam data perusahan sebagai data calon pelanggan potensial oleh brand atau pemilik usaha.

Prosesnya meliputi pengumpulan, identifikasi dan pengelolaan data pelanggan ini dikenal sebagai Customer Relationship Management (CRM). 

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap mulai dari pengertian CRM, tujuan, fungsi serta manfaatnya untuk meningkatkan keuntungan untuk bisnis atau usaha Kamu. 

Baca Juga : Inilah! 3 Aplikasi CRM Indonesia Cocok untuk Bisnis Pemula!

Pengertian Customer Relationship Management CRM 

crm adalah
Sumber. Freepik.com

Sebagai seorang internet marketer specialist atau orang yang bekerja di bidang marketing, Kamu mungkin familiar dengan istilah Customer Relationship Management (CRM). 

Tetapi untuk beberapa pelaku usaha masih minim orang yang menggunakan saluran pemasaran ini.

Jadi CRM adalah salah satu saluran pemasaran di bidang digital marketing yang bertujuan untuk mengelola data base customer atau pelanggan.

 Lalu kemudian digunakan untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya. 

Aspek utama dari CRM adalah melibatkan pengumpulan data pelanggan, pengelompokan data berdasarkan segmentasi tertentu, dan penerapan strategi berbasis informasi untuk memahami kebutuhan pelanggan. 

Proses ini memudahkan perusahaan dalam mempromosikan produk atau jasanya karena dapat melakukan pelacakan terhadap customer potensial. 

Dengan begitu, peluang pembelian dari customer yang sudah memiliki minat menjadi lebih tinggi karena pernah berinteraksi sebelumnya. 

Fungsi CRM untuk Bisnis

Customer Relationship Management (CRM) memiliki berbagai fungsi untuk mendukung berbagai aspek bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi utama CRM untuk bisnis: 

Manajemen Data Pelanggan

Fungsi pertamanya untuk memudahkan pengumpulan data pelanggan dari berbagai sumber, seperti website, media sosial, dan interaksi pelanggan. 

Data pelanggan akan tersimpan dalam database terpusat yang mudah diakses oleh semua tim yang relevan. 

Sehingga memudahkan proses analisis data pelanggan untuk mendapatkan insights yang berharga tentang kebutuhan dan perilaku mereka.

Penjualan dan Pemasaran

Fungsi kedua tentu saja untuk membantu proses pemasaran  antara Tim penjualan dan marketing. 

Mereka akan mengelola data pelanggan dari prospek hasil campaign atau aktivitas pelanggan selama di menggunakan platform suatu brand. 

Kemudian mereka akan menargetkan pelanggan lewat aplikasi whatsapp yang dapat dipersonalisasi berdasarkan minat dan perilaku mereka.

Upaya tersebut bisa meningkatkan pembelian dan juga memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan bagi pelanggan.

Layanan Pelanggan

Fungsi ketiga untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan personal dengan akses ke informasi pelanggan yang lengkap. 

Mampu menyelesaikan masalah pelanggan dengan lebih cepat dan efisien. 

Sehingga bisa meningkatkan retensi pelanggan dengan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Menjalankan Otomatisasi Campaign (Kampanye)

Fungsi keempat adalah untuk mempermudah membuat program campaign automation secara otomatis dan sesuai dengan karakteristik calon customer melalui whatsapp. 

Sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim penjualan dan marketing.

Baca Juga : 3+ Cara Broadcast Whatsapp Beserta Tips Menggunakannya!

Manfaat CRM Untuk Bisnis

crm adalah
Sumber. Freepik.com

CRM membantu bisnis untuk memahami kebutuhan pelanggan, memberikan layanan yang lebih baik, dan meningkatkan penjualan. 

Berikut beberapa manfaat CRM untuk bisnis yang perlu Kamu tahu:

  • Peningkatan kepuasan pelanggan karena memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan layanan yang lebih personal lewat data base customer yang terkumpul.
  • Meningkatkan retensi pelanggan sehingga mengurangi tingkat churn rateChurn rate adalah kondisi dimana pelanggan atau pengguna yang berhenti menggunakan produk atau layanan suatu perusahaan selama periode waktu tertentu
  • Dapat membantu mengelola komunikasi pelanggan dengan sehingga terbangun hubungan jangka panjang melalui layanan yang personal.
  • Membantu otomatisasi pemasaran mulai dari merencanakan, meluncurkan, dan menganalisis kampanye pemasaran dengan lebih efisien.
  • Membantu pelayanan pelanggan yang cepat ketika memberikan respons yang lebih cepat dan solusi yang lebih terarah kepada pelanggan.
  • Meningkatkan kolaborasi antar tim penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan secara komunikasi agar bisa saling berkoordinasi dengan baik.
  • Bisa memprediksi strategi marketing dengan menganalisis data historis untuk memprediksi tren penjualan dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Bisnis yang Cocok Menggunakan CRM

crm adalah
Sumber. Freepik.com

Saluran pemasaran CRM dapat digunakan oleh semua jenis bisnis, baik besar maupun kecil. Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang dapat menggunakan CRM:

  • E-commerce: CRM dapat membantu toko online untuk melacak pelanggan untuk memberikan informasi diskon hari belanja nasiona, mengelola pesanan bisa dengan notifikasi untuk menyelesaikan proses check-out dan lainnya., 
  • Retail dan UMKM: CRM dapat membantu toko retail dan UMKM untuk melacak pelanggan yang pernah mengiri formulir online lewat iklan online untuk mengumpulkan leads. Bisa juga dengan mengarahkan proses pembelian untuk melalui whatsapp sehingga nantinya bisa memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, dan pemilik usaha jadi punya data base customer.
  • Software as a Service (SaaS): CRM dapat membantu perusahaan SaaS untuk mengelola data pelanggan yang biasanya mengisi formulir melalui website untuk berlangganan sehingga bisa melacak penggunaan produk, dan meningkatkan retensi pelanggan.
  • B2B: CRM dapat membantu perusahaan B2B untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang pernah berinteraksi sebelumnya dengan brand bisa lewat konsultasi nomor whatsapp. Sehingga perusahan menyimpan data pelanggan tersebut untuk nantinya bisa melacak prospek, dan dapat meningkatkan penjualan.

Baca Juga : WhatsApp Bot Indonesia: Teknologi Unggulan untuk Bisnis!

Bagaimana Proses Kerja CRM ?

crm adalah
Sumber. Freepik.com

Berikut adalah penjelasan proses langkah kerja Customer Relationship Management (CRM) dalam bisnis secara sederhana sebagai berikut:

1. Pengumpulan Data Pelanggan

CRM mulai dengan mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang pelanggan, termasuk data kontak, lead generation, riwayat pembelian, preferensi, dan interaksi sebelumnya.

2. Analisis dan Pemahaman Pelanggan

Data yang terkumpul dianalisis untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan. Ini membantu perusahaan mengenal pelanggan secara lebih mendalam.

3. Segmentasi Pelanggan

Berdasarkan analisis data, pelanggan dapat dikelompokkan ke dalam segmen-segmen yang berbeda.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan layanan sesuai dengan karakteristik setiap segmen.

4. Manajemen Penjualan dan Promosi

Tim sales dan marketing kemudian dapat menggunakan data CRM untuk mengelola dan membuat strategi pemasaran seperti meluncurkan campaign automation, promo diskon dan kode voucher, bahkan menginformasikan produk yang baru release

Selain itu juga bisa untuk kebutuhan layanan pelanggan yang bisa diidentifikasi agar lebih personal dan relevan. Proses ini akan menentukan prospek terakhir yang tujuannya untuk pembelian.

5. Pembuatan Strategi Promosi 

Setelah semua proses selesai Kamu akan bisa untuk menganalisis prospek mana yang ternyata bekerja pada tipe customer tersebut. 

Bisa lewat perbaikan secara pembuat design creative, caption dan indikator lainnya yang bisa dilakukan lewat A/B testing. 

Dengan memanfaatkan data historis, CRM dapat membantu perusahaan dalam memprediksi tren penjualan, mengidentifikasi peluang bisnis, dan merencanakan strategi ke depan.

Baca Juga : WhatsApp Business Automation: Pengertian, Cara Kerja, Strategi

Contoh Customer Relationship Management  pada Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada berbagai jenis bisnis:

1. E-commerce Shopee

Penjual di Shopee bisa menggunakan CRM untuk menargetkan pelanggan dengan iklan yang dipersonalisasi berdasarkan minat dan perilaku mereka. 

Contohnya, Shopee menggunakan data pembelian pelanggan untuk menampilkan iklan produk yang sering dilihat atau dibeli.

2. Starbuck 

Cafe atau brand Starbuck dapat menggunakan CRM untuk mengumpulkan informasi pelanggan. 

Contohnya seperti data pembelian pelanggan untuk memberikan rekomendasi minuman yang sesuai dengan selera mereka. 

Dengan data ini, Starbuck dapat memberikan layanan yang lebih personal dan juga mengirimkan promosi spesial kepada pelanggan setia lewat email campaign automation.

Baca Juga : Kuasai Whatsapp Marketing Tools Bikin Jualan Makin Cuan!

Demikian penjelasan lengkap Customer Relationship Management (CRM) adalah alat pemasaran yang terbukti efektif dalam meningkatkan keuntungan bisnis. 

CRM membantu Kamu untuk memahami kebutuhan pelanggan, membangun hubungan yang kuat sehingga bisa meningkatkan penjualan lewat promosi whatsapp. 

Kalo Kamu masih bingung dengan pengelolaan data pelanggan? Everpro CRM bisa membantu menganalisis data pelanggan dan memantau performa campaign lewat whatsApp dan mengidentifikasi area yang dapat dioptimasi.

Benefit Everpro CRM

Dapatkan berbagai benefit Everpro CRM untuk membantu tim penjualan dan marketing untuk kelola data customer dengan :

  • 4 Fitur Lengkap ( Data Pelanggan,  Label & Segmentasi, Broadcast Pesan & Automasi Alur Kerja, dan Update Status Paket)
  • Data customer insights (e-commerce, shipping platform, manual via excel).
  • Memberi kemudahan dalam memonitor proses order dan pengiriman 
  • Memastikan tiap paket sukses sampai di alamat, tanpa retur.

Coba Everpro CRM sekarang dan rasakan manfaatnya untuk bisnis!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan