Click to WhatsApp Ads adalah format iklan yang menjadi solusi para pengelola iklan agar bisa mengarahkan target pembeli untuk closing ke WhatsApp mereka.
Seperti yang diketahui, bahwa menjalankan kampanye pemasaran di media sosial khususnya Facebook dan Instagram adalah strategi efektif dan banyak diterapkan pebisnis online saat ini.
Namun, salah satu kendala yang kerap dialami audiens atau target pembeli adalah cukup sulitnya menghubungi penjual untuk bertanya ataupun melakukan pembelian setelah melihat iklan.
Karena itulah, Meta menghadirkan Click-to-WhatsApp Ads yang bisa dengan mudah mengarahkan target pembeli ke WhatsApp pengelola iklan.
Penasaran seperti apa kerja dari Click-to-WhatsApp Ads? Mari simak ulasannya berikut ini!
Daftar Isi:
TogglePentingnya WhatsApp Chat Marketing untuk Bisnis
Hingga saat ini, sudah banyak riset yang menyatakan bahwa WhatsApp marketing merupakan platform chat yang ampuh menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan dalam bisnis.
Seperti riset oleh Spectrm yang menghasilkan data bahwa sebanyak 69% target pembeli online lebih mungkin membeli brand yang bisa mereka hubungi melalui WhatsApp.
Lebih lanjut, sebanyak 66% dari mereka kemudian melakukan pembelian setelah berkomunikasi di WhatsApp dengan penjual untuk memastikan produk/jasa yang mereka minati.
Data di atas juga sejalan dengan fungsi dari WhatsApp Chat Marketing itu sendiri, yaitu untuk membantu meningkatkan hubungan dengan pembeli, mudah menjangkau calon pelanggan, dan bisa meningkatkan aktivitas pemasaran.
Selain itu, melalui WhatsApp Chat Marketing ini pebisnis juga lebih mudah untuk mengirim pesan follow up kepada pelanggan atau calon pembeli yang potensial.
Apa Tepatnya Pengertian dari Click-to-WhatsApp Ads?
Secara definisi, Click-to-WhatsApp Ads (CTWA) adalah iklan yang mengarahkan pelanggan untuk meng-klik ke WhatsApp sebagai promosi melalui Facebook dan Instagram.
Cara kerjanya yaitu, sebagai pengelola iklan kamu perlu memasang tombol “WhatsApp” sebagai Call to Action (CTA) di iklan Facebook atau Instagram yang akan dijalankan.
Ketika audiens melihat iklan tersebut, mereka bisa mengklik iklan CTWA dan langsung diarahkan ke halaman obrolan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pengelola iklan.
Sebagai pengelola iklan, kamu bisa mengirimkan pesan balasan yang sudah terkonfigurasi sebelumnya untuk memulai percakapan lebih lanjut dengan audiens sebagai calon pembeli.
Cara Mengatur Iklan untuk Diarahkan ke WhatsApp Pengelola Iklan
Melansir dari laman Facebook, berikut ini cara mengatur iklan yang bisa mengarahkan audiens ke WhatsApp pengelola iklan dengan mudah:
1. Buat Akun WhatsApp Business
Sebelum mengatur setelan iklan yang bisa mengarahkan audiens ke WhatsApp pengelola iklan, kamu perlu mengunduh dan membuat akun WhatsApp Business terlebih dahulu.
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Salah satu layanan yang bisa kamu andalkan yaitu Everpro Chat.
Everpro Chat adalah layanan penyedia WhatsApp Business API yang dirancang untuk membantu pebisnis online dalam meningkatkan performa bisnis melalui berbagai fitur unggulannya.
Melalui layanan ini, kamu bisa melakukan verifikasi akun WA Business dengan mudah dan cepat.
2. Hubungkan Akun WhatsApp ke Halaman Facebook
Jika sudah ada akun WhatsApp Business yang terdaftar, hubungkan akun WhatsApp ke halaman Facebook bisnis kamu, atau hubungan nomor WhatsApp ke Pengelola Bisnis dengan cara berikut:
- Buka laman Fitur Bisnis dari Meta dengan akun Facebook kamu.
- Buka menu Pengelola Bisnis, lalu pilih bisnis yang kamu jalankan.
- Klik Semua Fitur.
- Masuk ke bagian Berinteraksi dengan Pelanggan, lalu klik Pengelola WhatsApp.
- Pilihlah akun WhatsApp Business yang ingin kamu hubungkan nomornya.
- Pada menu bagian kiri, klik Nomor Telepon.
- Klik Tambahkan Nomor Telepon, lalu klik Selesai.
3. Buatlah Konten Click-to-WhatsApp Ads
Apabila akun WhatsApp Business dan Facebook telah terhubung, kini saatnya mengatur dan membuat konten Click-to-WhatsApp Ads. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pastikan sudah terdaftar dan masuk ke akun Facebook Ads Manager.
- Buka menu Pengelola Iklan.
- Pada bagian kiri atas, klik tombol Buat (+Buat).
- Pilih Tujuan Kampanye (awareness, traffic, interaksi, prospek, promosi aplikasi, dan penjualan).
- Klik tombol Lanjut di bagian kanan bawah.
- Isi kolom Nama Kampanye agar data tersimpan dengan rapi dan mudah diakses di masa yang akan datang, lalu klik tombol Berikutnya.
- Masuk ke laman Konversi, pilihlah Aplikasi Perpesanan untuk memberikan akses audiens agar bisa berinteraksi dengan pengelola iklan melalui WhatsApp.
- Selanjutnya, pada opsi Aplikasi Perpesanan pilihlah WhatsApp.
- Di bagian Anggaran & Jadwal, tentukan tanggal mulai dan tanggal berakhir kampanye.
- Tetapkan Anggaran atau budget iklan Facebook/Instagram Ads.
- Isi Target Audiens dengan memilih beberapa segmentasi.
- Tentukan Format Iklan Facebook Ads/Instagram Ads, unggah gambar sesuai spesifikasi desain yang benar, lalu masukkan teks untuk iklan.
- Jika konten iklan sudah dipastikan benar, klik Publikasikan di bagian kanan bawah layar.
- Iklan kamu sudah meluncur dan kamu tinggal menunggu audiens yang menghubungi melalui WhatsApp Business.
Kesimpulan
Sobat Everpro, itulah cara mudah membuat iklan yang mengarahkan ke WhatsApp pengelola iklan. Saat ini, format iklan Click-to-WhatsApp Ads (CTWA) penting untuk diterapkan pengiklan agar calon pelanggan bisa lebih mudah menghubungi pengelola iklan.
Tetapi, terlepas dari besarnya peluang meningkatkan konversi, kamu juga perlu memaksimalkan pengaturan pesan ke pelanggan di WhatsApp Business.
Nah, di Everpro Chat yang terintegrasi WhatsApp API, kamu tidak hanya bisa melakukan verifikasi akun WA Bisnis dengan mudah, tapi juga bisa nikmati fitur unggulan lainnya.
Mulai dari broadcast pesan yang anti-banned, manajemen database pelanggan, balas chat dengan Chat Bot, hingga bisa pantau performa iklan.
Tertarik dengan fitur yang ditawarkan Everpro Chat? Yuk, daftar gratis dan saatnya maksimalkan bisnis online kamu bersama Everpro Chat!