everpro

Optimalkan Bisnis Melalui Contoh Template Pesan WhatsApp API

Ayo Kembangkan Potensi Bisnis Anda dengan Contoh Template Pesan WhatsApp API yang Inovatif! Perluas jangkauan dan efektivitas komunikasi bisnis Anda menggunakan  WhatsApp API dalam artikel ini!

Dalam era digital yang semakin maju, komunikasi yang efektif menjadi kunci sukses bagi bisnis. Salah satu alat komunikasi yang populer saat ini adalah WhatsApp. 

Optimalkan bisnis Anda dengan menggunakan template pesan whatsapp blast dapat menjadi solusi yang praktis dan efisien. 

Dengan memanfaatkan fitur-fitur WhatsApp API, Anda dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan efektivitas komunikasi bisnis Anda. 

Artikel ini akan menjelaskan kebijakan beserta contoh template pesan WhatsApp yang dapat menginspirasi strategi pemasaran Anda. 

Temukan cara terbaik untuk memanfaatkan WhatsApp API dan meningkatkan potensi bisnis Anda.

Baca Juga : Contoh Kata Kata Promosi Jual Pulsa di WhatsApp Khusus Agen

Apa itu Template WhatsApp API?

WhatsApp API adalah pemrograman aplikasi (API) yang dibuat oleh WhatsApp untuk mengintegrasikan layanan WhatsApp dengan aplikasi atau sistem lain.

Fitur template WhatsApp API memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa batas yang berisi teks, gambar, video, dan tautan kepada pelanggan atau pengguna lain tanpa perlu mengetik ulang setiap kali.

Pengguna WhatsApp API perlu mematuhi kebijakan WhatsApp terkait penggunaan template yang sesuai dengan kebijakan Meta.

Anda dapat menggunakan Jasa WhatsApp Blast API untuk membantu mengelola pesan WhatsApp otomatis dan meningkatkan efisiensi serta konsistensi dalam komunikasi bisnis melalui WhatsApp.

Kebijakan Penggunaan Template Pesan WhatsApp API

Sejak 1 Juni 2023, Meta memperbaharui kebijakan penggunaan template pesan otomatis WhatsApp Business API.

Pihak Meta mengelompokkan template pesan otomatis yang sebelumnya kini menjadi 4 template pesan ke kategori baru untuk menentukan biaya berdasarkan jenis pesan.

Berikut kategori-kategori template terbaru oleh bisnis di WhatsApp API yang harus Anda ketahui :

1. Kategori Pesan Utility

Template pesan whatsapp dalam kategori ini digunakan untuk memberikan informasi penting atau berguna kepada pengguna terkait transaksi atau pembaruan akun.

2. Kategori Pesan Marketing

Template pesan whatsapp dalam kategori ini digunakan untuk kegiatan pemasaran atau promosi produk atau layanan tertentu, seperti penawaran diskon.

3. Kategori Pesan Authentication

Template pesan whatsapp otomatis  dalam kategori ini untuk proses otentikasi atau verifikasi pengguna, misalnya permintaan konfirmasi e-mail.

4. Kategori Pesan Service Conversation

Template pesan whatsapp kategori ini untuk menjalankan percakapan layanan dengan oleh pelanggan/customer, seperti tanya jawab tentang produk.

Manfaat WhatsApp API untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan WhatsApp API untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi komunikasi dengan pelanggan:

1. Kemampuan Mengirim Pesan Otomatis

Sebagai Admin atau pemilik bisnis Anda dapat menggunakan template pesan untuk mengirim pesan secara otomatis kepada pelanggan mereka. Hal ini memungkinkan untuk memberikan respons cepat dan efisien terhadap pertanyaan atau permintaan pelanggan.

2. Personalisasi Pesan

Dengan menggunakan fitur template kategori pesan, Anda dapat mempersonalisasi pesan mereka dengan menyisipkan variabel dinamis seperti nama pelanggan atau nomor pesanan. Ini membuat pesan terasa lebih pribadi dan relevan bagi pelanggan.

3. Menghemat Waktu dan Tenaga

Dengan mengotomatiskan proses pengiriman pesan, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya dibutuhkan untuk mengirim pesan secara manual kepada setiap pelanggan.

4. Kemudahan Manajemen Pesan

WhatsApp API menyediakan fitur yang memungkinkan bisnis untuk mengelola template pesan mereka dengan mudah. Bisnis dapat membuat, mengedit, dan menghapus template pesan sesuai kebutuhan mereka.

5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan menggunakan template pesan, bisnis dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan konsisten. Pesan yang dirancang dengan baik dan terstruktur dapat membantu pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan jelas.

Baca Juga : Inilah Tips dan Cara Jualan Online Laris di WhatsApp, Mudah Banget!

Contoh Template WhatsApp API 

Berikut adalah beberapa contoh template pesan otomatis menggunakan WhatsApp API, yang akan membantu Anda memahami jenis kategori template pesan yang tersedia:

1. Contoh Template Kategori Utility

conoth template pesan whatsapp
Sumber: Sumber Pribadi

Bisnis mengirimkan kode OTP melalui WhatsApp sebagai permintaan untuk pendaftaran akun baru di Tiket.com bagi pelanggan yang ingin menjadi pengguna baru.

2. Contoh Template Kategori Marketing

contoh template pesan whatsapp
Sumber : Sumber Pribadi

Bisnis Mengirimkan informasi berupa promosi bahwa pemilik nomor yang sudah terdaftar sebagai pengguna Shopee mendapatkan hadiah berupa 2 Voucher Special dengan menambhakan call to action “Belanja Sekarang!”

3. Contoh Template Kategori Authentication

contoh template pesan whatsapp
Sumber: Sumber Pribadi

Bisnis ingin mengirimkan pesan informasi Authentication kepada pelanggan yang belum menyelesaikan proses pembayaran setelah melakukan pemesanan. 

Pesan ini akan mencakup call to action “Lanjutkan Pembayaran” yang akan menghubungkan pelanggan langsung ke Aplikasi Tiket.com.

4. Contoh Template Kategori Service Conversation

Contoh Template Pesan Whatsapp
Sumber : Sumber Pribadi

Pelanggan mengirimkan pesan kepada kontak Customer Service Bank Jago mengenai kendala yang dialami, yaitu ketidakmampuan untuk memperbarui proses pembayaran aplikasi Canva. 

Sebagai tanggapan, bisnis mengirimkan pesan otomatis kepada pelanggan untuk menunggu giliran pengaduan masalah, agar nantinya dapat dijawab langsung oleh Admin atau tim Customer Service. 

Baca Juga : Simak! 14+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Layanan Everpro Funnel 

Dapatkan fitur custom-keyboard dari layanan Everpro Funnel, solusi yang sempurna untuk mengirim pesan otomatis ke pelanggan Anda. Tingkatkan efisiensi komunikasi dan kenyamanan dalam berinteraksi dengan pelanggan dengan menggunakan custom keyboard kami.

 

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya