everpro

Inilah Tips dan Cara Jualan Online Laris di WhatsApp, Mudah Banget!

Ingin jualan kamu di WhatsApp makin laris dibeli pelanggan? Simak artikel ini untuk mengetahui cara jualan online agar makin laris di platform WhatsApp!

Salah satu platform yang harus dimanfaatkan 0leh seorang pebisnis adalah platform berbagi pesan WhatsApp. Hal ini didasari karena platform ini memiliki pengguna yang berjumlah 112 juta pengguna di Indonesia melansir dari Katadata.

Dengan banyaknya pengguna WhatsApp tersebut, pebisnis harus jeli melihat peluang yang bisa mereka manfaatkan untuk melebarkan sayap pada bisnis yang mereka jalankan.

Dengan bantuan platform ini bukan tidak mungkin bisnis mereka dapat lebih efektif dan efisien dari beberapa segi. Seperti komunikasi, proses transaksi yang tidak harus bertatap muka dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apalagi? WhatsApp dapat berguna untuk melakukan itu semua untuk memudahkan kamu yang memiliki bisnis. Itulah pentingnya memanfaatkan WhatsApp untuk bisnis.

Tapi bagaimana sih caranya agar bisnis dan jualan online kamu bisa lebih laris di WhatsApp? Pasti banyak bisnis yang sudah menggunakan WhatsApp sebagai platform penjualannya. Namun, bagaimana cara sebenarnya untuk bisa menggaet pelanggan?

Kami akan mengupas tuntas cara agar jualan kamu dapat laris terjual di WhatsApp pada artikel ini. So, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Agar Jualan Laris di WhatsApp

cara jualan online laris di whatsapp
Sumber: pexels.com

Layaknya cara berjualan langsung, berjualan di WhatsApp juga perlu menggunakan strategi agar jualan kamu dapat laku terjual. Karena untuk tujuan utama dari bisnis adalah menjual produk atau jasa.

Namun, strategi seperti apa yang bisa kita lakukan agar jualan di WhatsApp dapat laris terjual oleh pelanggan? Berikut kami sajikan rangkuman beberapa cara agar jualan kamu laris di WhatsApp!

1. Menentukan Goals dari Bisnis

Dalam membangun sebauh bisnis menentukan sebuah tujuan dari bisnis merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Karena tujuan berguna sebagai arah dan fokus dari bisnis itu sendiri.

Setelah menentukan goals dari bisnis, kamu dapat menyusun rencana pemasaran yang akan kamu lakukan dengan sebaik mungkin agar tujuan tersebut dapat tercapai.

Tentukan juga siapa target pasar bagi bisnis kamu, dengan begitu strategi yang kamu jalani akan lebih terarah. Dari tahapan tersebut diharapkan bisnis dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Manajemen Kontak

WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan yang sangat besar di dunia. Dengan menggunakan WhatsApp untuk berbisnis bisnis pasti akan memiliki banyak kontak dari pembeli yang bisa memusingkan.

Agar hal tersebut tidak terjadi kamu bisa melakukan manajemen kontak untuk menyortir kontak pelanggan menjadi beberapa kategori. Dengan begitu, kamu bisa melakukan follow up untuk kontak yang potensial.

3. Content Marketing yang Tren 

Cara selanjutnya untuk membuat bisnis kamu laris di WhatsApp adalah dengan membuat konten yang sedang tren kepada target audiens pada bisnis kamu.

Dengan membuat konten yang menarik kamu bisa menarik perhatian calon pelanggan dan dapat mendorongnya untuk melakukan transaksi pembelian pada bisnis kamu. Hal ini sangat penting untuk menaikan penjualan.

4. Membuat Personalisasi Pesan Kepada Pelanggan

Cara selanjutnya untuk meningkatkan penjualan bisnis di WhatsApp adalah dengan membuat pesan yang sudah dipersonalisasi kepada pelanggan.

Dengan membuat dan mengirimnya kepada pelanggan bisnis, kamu bisa mendekatkan hubungan dengan para pelanggan karena pesan yang bersifat personal sangat pelanggan sukai. Hal ini karena mereka akan merasa dihormati oleh bisnis yang mengirim pesan personalisasi.

5. Menggunakan Call to Action

Call to Action sangat berpengaruh pada pesan yang kita kirimkan kepada pelanggan. Dengan menggunakan Call to Action kamu bisa mendorong pelanggan untuk melakukan sesuatu.

Gunakanlah cara ini untuk broadcast message yang akan kamu kirimkan ke pelanggan. Contoh CTA yang bisa kamu gunakan adalah seperti “Ayo Pesan Sekarang Sebelum Kehabisan!”

6. Menggunakan Satu Nomor untuk Berjualan

Kemudian, cara yang bisa kamu lakukan selanjutnya agar bisnis kamu laris adalah dengan memisahkan kontak pribadi dengan kontak bisnis. Hal ini berguna untuk memudahkan kamu membedakan pesan yang kamu terima.

Untuk membantu kamu melakukan ini, kamu bisa menggunakan WhatsApp Business API, dengan aplikasi ini kamu bisa mengakses satu akun WA dengan banyak admin di banyak device sekaligus.

7. Menggunakan WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan WhatsApp yang dikhususkan untuk memudahkan para pebisnis untuk berjualan di platform WhatsApp. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kamu menggunakan WhatsApp Business.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan varian lainnya dari WhatsApp Business yaitu API WhatsApp Business yang memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang aktivitas bisnis kamu.

8. Menggunakan Chatbot dengan Maksimal

Chatbot adalah sebuah fitur yang berperan penting bagi bisnis terutama dalam segi layanan pelanggan yang lebih baik. Hal ini karena Chatbot dapat merespon pelanggan dengan cepat kapanpun itu.

Nah, dengan pentingnya peran dari Chatbot kamu harus bisa memaksimalkan fitur ini agar komunikasi kamu dengan pelanggan dapat berjalan dengan efektif dan juga efisien.

9. Mengirimkan Broadcast WhatsApp

Mengirim broadcast message dapat membantu bisnis kamu berkembang, karena dengan mengirim broadcast tersebut kamu bisa melakukan promosi ke pelanggan dan menghasilkan leads.

Pastikan jika kamu membuat isi pesan broadcast yang sudah dipersonalisasi. Dan juga kamu jangan melakukannya terus-menerus karena dapat berpotensi spam dan mengganggu pelanggan. Nah, untuk mempermudah cara ini kamu bisa melakukan WA blast.

10. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Cara yang juga sangat penting untuk meningkatkan penjualan melalui platform WA adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Kamu harus memiliki customer service yang memberikan pelayanan yang baik, cepat, dan juga mengayomi pelanggan. Dengan melakukan ini kamu bisa mendekatkan diri dengan pelanggan.

Nah, untuk bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan kamu harus memiliki customer service yang baik. Everpro punya layanan yang bisa kamu kasih jasa customer service terbaik untuk bisnis kamu nih!

Nama layanan ini adalah WA rotator yang memiliki kinerja CS yang efisien dan efektif yang bisa bikin pelanggan kamu puas dan bikin ingin order lagi!

Daftar sekarang melalui tombol di bawah ini!

Gabung Sekarang

Manfaat Menggunakan WhatsApp untuk Bisnis 

cara jualan online laris di whatsapp
Sumber: google.com

Menggunakan WhatsApp untuk bisnis dapat memberikan beberapa keuntungan yang penting untuk bisnis kamu. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp untuk Bisnis:

  • Memudahkan Transaksi Jual Beli
  • Menawarkan Produk ke Pelanggan Tanpa Perlu Save Nomor Pelanggan
  • Berpotensi Besar untuk Meningkatkan Pendapatan dan Penghematan Pengeluaran pada Bisnis
  • Menjangkau Pasar yang lebih luas dan juga prospek dengan cara yang lebih efisien
  • Membangun hubungan baik dengan pelanggan
  • Memudahkan dalam kepentingan pemasaran
  • Memberikan layanan konsultasi bagi pelanggan dengan mudah dan efisien
  • Merespon pertanyaan yang pelanggan ajukan dengan baik dan lebih cepat

Itulah beberapa keuntungan dan manfaat menggunakan WhatsApp untuk bisnis yang kamu jalani. Manfaat di atas sangat penting bagi bisnis, oleh sebab itu kamu harus segera memanfaatkan WA bisnis dengan baik.

Kalau ingin tahu lebih lengkapnya terkait kelebihan dari WhatsApp untuk bisnis kamu bisa simak artikel berikut “Simak! 14+ Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp sebagai Media Promosi

Demikianlah akhir dari artikel terkait cara jualan online laris di WhatsApp yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan penjualan pada bisnis.

Share artikel ini ke media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya