Cara Jualan Online Untuk Pemula, Bisa Tanpa Modal!

cara jualan online

Mau dapat untung berlimpah melalui cara jualan online tanpa modal? Simak artikel mengenai cara jualan online ini, khusus untuk anda!

Semakin maraknya aktivitas jual beli online bisa menjadi peluang anda dalam mendapatkan penghasilan. Karena banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa anda dapatkan.

Melalui jualan online aktivitas bisa anda lakukan darimana dan kapan saja. Segala kegiatan dari negosiasi dengan calon pembeli sampai transaksi bisa anda lakukan tanpa harus bertemu langsung. Dengan ini anda juga bisa menghemat waktu.

Siapapun bisa mempelajari jualan online, bahkan jika anda masih pemula atau baru akan memulainya. Selain itu anda juga bisa mulai berjualan online tanpa modal. 

Siapkan device yang sudah terkoneksi dengan internet untuk memulainya. Pastikan anda memiliki niat dan kemauan yang kuat agar hasilnya optimal.

Penasaran bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai tuntas untuk menemukan jawabannya.

Baca juga: Sederet Tips Jualan Online di Lazada Agar Cepat Laku

Mencari Untung dengan Jualan Online

cara jualan online
Sumber: pexels.com

Jualan online adalah aktivitas berdagang yang dijalankan melalui internet. Maksudnya, segala aktivitas perdagangan seperti jual-beli, pelayanan konsumen, hingga promosi dapat anda lakukan secara online. Caranya dengan menggunakan platform media sosial atau marketplace.

Bukan suatu keraguan untuk memanfaatkan platform online sebagai media menjual produk anda. Faktanya, hasil survei dari We Are Social pada April 2021, menunjukkan bahwa 88,1% pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan online atau ecommerce dalam membeli produk beberapa tahun terakhir ini.

Everpro

Selain itu, data dari Google Trends mengungkap bahwa penelusuran terkait bahan pokok naik 24% di kuartal I 2022. Artinya, semakin banyak masyarakat Indonesia yang ingin membeli produk bahan pokok secara online.

Maka dari itu berjualan online menjadi peluang besar untuk anda meraup keuntungan. Adapun kelebihan dari jualan online adalah sebagai berikut:

1. Mudah untuk Dilakukan

Meski pemula anda tidak perlu khawatir untuk memulai usaha jualan online. Karena menekuni bidang ini tidak memerlukan keahlian khusus di bidang bisnis.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa yang perlu anda tekankan adalah niat dan kemauan belajar. Anda juga harus memiliki device sendiri dan sudah terhubung dengan internet dan jaringan yang lancar. 

Berjualan online dapat anda lakukan kapan dan dimana saja. Anda tidak harus memiliki toko secara fisik yang pastinya tidak mudah juga, seperti harus mencari lokasi strategis dan biaya sewa yang tidak sedikit.

2. Dapat Menjangkau Calon Konsumen Lebih Luas

Produk akan anda dagangkan secara online, dengan begini akan mempermudah mendapatkan calon konsumen dari mana saja. Tidak seperti jualan tradisional, yang toko hanya berada di suatu wilayah tertentu dan potensi mendapatkan konsumen juga hanya pada jangkauan tertentu.

Dengan memasarkan produk secara online, pembeli bisa memesan dari mana saja. Dari Sabang sampai Merauke, bahkan luar negeri pun bisa menjadi pelanggan anda.

3. Modal Relatif Kecil 

Karena anda tidak perlu membuka toko secara fisik, tentu ada biaya-biaya yang tidak perlu anda keluarkan.

Seperti biaya sewa toko, pemeliharaan toko, listrik, dan sebagainya. Dengan ini anda bisa mulai berjualan dari rumah saja.

4. Lebih Efisien

Perkembangan teknologi mampu menyederhanakan aktivitas jualan anda. Contohnya, dalam melayani pelanggan, transaksi pembayaran, bahkan memesan bahan baku juga bisa anda lakukan tanpa harus bertatap muka.

Selain itu marketplace dan platform jual beli lainnya sudah memiliki fitur seperti ‘shopping cart’ untuk memudahkan pembeli dalam memilih barang. Bahkan bisa juga menandai barang yang mereka suka dengan menambahkannya ke fitur ‘favorite’.

Proses ini tentu menjadi lebih efisien baik untuk pembeli maupun penjual, dan bisa menghemat waktu.

Baca juga: Mau Banjir Rupiah Dari Jualan Online? Yuk, Simak!

Cara Jualan Online untuk Pemula

cara jualan online
Sumber: pexels.com

Sebagai pemula, anda bisa mulai menghasilkan keuntungan dengan berjualan online. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memulainya:

1. Menemukan Masalah dan Riset Pasar

Anda dapat mulai mengobservasi apa permasalahan yang dihadapi pasar untuk menemukan permasalahan konsumen yang akan anda jadikan bahan memulai jualan. Caranya, bisa dengan mengobrol dengan banyak orang dan membuat survei atau polling dari media sosial.

Selanjutnya anda bisa mulai riset pasar, untuk memahami kondisi pasar terkait produk yang anda miliki apakah mampu memberikan manfaat dan keuntungan bagi konsumen yang menjadi target pasar.

Anda bisa memberi sample produk dan menanyakan pendapatnya atas sample tersebut.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah anda memiliki produk yang akan anda jual, tentukan target pasar untuk menjualnya. Ada dua faktor yang harus anda pahami, yaitu demografi dan psikografi.

Faktor demografi yaitu terkait dengan umur, gender, lokasi, tingkat pendidikan, sampai pekerjaan calon konsumen. Sedangkan psikografi terkait hobi, ketertarikan, dan nilai-nilai yang dianut oleh target pasar anda. 

3. Menganalisis Kompetitor

Anda dapat mengelompokkan kompetitor dalam tiga kategori, yaitu: kompetitor utama, sekunder, dan tersier. Lalu buat daftar kelebihan dan kekurangan dari setiap kompetitor.

Dengan begitu dapat membantu anda untuk fokus untuk meningkatkan kelebihan dari produk dan bisnis anda.

4. Mengetahui Unique Selling Point dari Produk

Setelah melakukan analisis kompetitor, anda perlu mencari tahu apa nilai jual dari produk yang anda tawarkan. Hal ini menjadi nilai plus dan keuntungan calon konsumen untuk memilih produk anda daripada produk kompetitor.

Contoh dari Unique Selling Point (USP) adalah harga yang lebih murah, kualitas yang lebih baik, bisa juga merupakan inovasi, atau produk pelopor.

5. Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

Memasarkan produk menjadi langkah penting dalam memulai usaha. Karena produk tidak akan terkenal dengan sendirinya, maka anda perlu membuat strategi yang tepat untuk mengenalkan produk anda.

Anda bisa mempelajari storytelling marketing untuk mulai memasarkan produk dengan memanfaatkan media sosial. Bisa juga meminta ulasan teman atau kerabat yang kemudian diunggah ke sosial medianya. 

Jika anda memiliki biaya lebih, anda bisa memanfaatkan Sosial Media Ads seperti Instagram Ads dan Facebook Ads agar mendapat hasil yang lebih cepat.

6. Berjualan di Media Sosial 

Anda bisa mulai menjual produk dengan memanfaatkan media sosial. Pilihlah media sosial yang banyak digunakan oleh target pasar anda. 

Misalnya, target pasar anda adalah kaum millennial anda lebih baik mulai menjual dan memasarkan produk melalui Instagram, Twitter, dan TikTok.

7. Memanfaatkan Toko Online dengan Marketplace

Untuk meningkatkan peluang penjualan, anda juga bisa menjual produk melalui marketplace dan toko online. Karena berjualan melalui platform ini sangat mudah dan produk yang anda jual akan memiliki exposure tinggi untuk ditemukan oleh calon konsumen.

Platform yang bisa anda pilih untuk jualan online misalnya Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, dan masih banyak lagi.

Cara Jualan Online Tanpa Modal

cara jualan online
Sumber: pexels.com

Terkadang untuk memulai usaha, modal menjadi hal yang mengkhawatirkan. Karena tidak banyak juga yang gagal mulai berjualan karena tidak memiliki modal.

Namu dengan perkembangan teknologi, bisa anda manfaatkan untuk mendapat penghasilan walaupun tidak punya modal. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk jualan online tanpa modal:

1. Memanfaatkan Marketplace

Melalui marketplace, anda dapat mulai jualan online tanpa perlu mengeluarkan karena biaya pendaftarannya gratis. Kemudian unggah foto produk anda dengan visual dan deskripsi yang menarik.

Agar produk yang anda jual bisa menjangkau konsumen lebih luas, gunakanlah beberapa pilihan jasa kirim yang bisa mengantarkan barang sampai ke konsumen dimanapun lokasinya. Dengan memberikan pilihan jasa kirim juga memberi konsumen kenyamanan dalam memilih yang sesuai kebutuhan mereka.

Selain itu anda bisa juga bisa menjadi dropshipper atau reseller dengan tetap menjualnya melalui marketplace pilihan anda.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Untuk memiliki keuntungan dalam jualan online tanpa modal, anda dapat memanfaatkan media sosial. Banyak platform yang tersedia seperti Instagram, Facebook, hinggal TikTok.

Dengan memanfaatkan media sosial juga anda bisa lebih terhubung dengan konsumen dan komunitas yang menjadi target pasar anda. Maka, anda bisa memiliki peluang tinggi dalam menjual produk atau layanan tersebut.

3. Memanfaatkan Google Bisnis

Anda bisa memanfaatkan Google Bisnis, dengan membuat email bisnis dan menaruh semua informasi mengenai bisnis anda. Sehingga pembeli dapat lebih mudah mencari toko anda melalui Google Search.

Konsumen juga bisa memberikan penilaian atas usaha anda. Dengan semakin banyak review positif tentu yang anda jual semakin banyak yang mengenal dan percaya.

4. Membuat dan Mengelola Website atau Blog Pribadi

Selain itu, anda juga bisa mulai membuat situs gratis seperti Blogspot atau WordPress. Dengan adanya situs, anda bisa menaruh informasi terkait produk atau layanan yang anda jual.

Hal ini juga akan membuat bisnis yang anda jalankan terlihat lebih serius dan profesional. Buatlah visual dan deskripsi atau cerita menarik mengenai produk dan bisnis anda dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) agar situs anda mudah ditemukan.

5. Menjual Keahlian 

Jika anda memiliki keahlian tertentu, anda bisa memanfaatkannya untuk memulai usaha. Misalnya, anda memiliki keahlian dalam memasak. Anda bisa membuat konten memasak di Youtube atau media sosial lainnya. Semakin banyak yang tertarik dan terkenal konten anda, semakin besar mendapatkan peluang penghasilan dengan memberikan kursus atau menjual resep.

6. Mengoptimalkan Pemasaran 

Strategi pemasaran menjadi hal yang sangat penting dalam memiliki usaha online. Anda dapat mempelajari digital marketing agar produk atau layanan yang anda jual memiliki banyak peminat.

Selain itu, manfaatkanlah media sosial dengan mengunggah konten-konten menarik agar lebih terlihat oleh target pasar. Pantau dan ikuti tren terkini dalam memasarkan produk agar lebih relevan dan menarik.

Itulah pembahasan mengenai cara jualan online yang bisa anda lakukan. Baik anda sebagai pemula ataupun tidak memiliki modal tidak perlu bingung lagi, kini anda bisa mulai menghasilkan keuntungan dengan jualan online.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?