everpro

20+ Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil, Laris Manis!

Mau tambah penghasilan dari usaha jajanan rumahan modal kecil untung besar? Yuk, simak artikel ini dan temukan ide yang bisa kamu coba di sini!

Sebagai seorang pengusaha baik itu yang sudah lama menjalankan maupun yang baru memulai, perlu kemampuan untuk mencari ide dan peluang bisnis dari manapun.

Anda bisa memperhatikan lingkungan sekitar, serta melihat apa yang sedang tren saat ini. Pada tahun 2023, bisnis kuliner masih memiliki prospek yang menjanjikan.

Bahkan berdasarkan hasil riset Statista, usaha makanan diprediksi mengalami kenaikan 10,8% hingga tahun 2025. 

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang memulai usaha makanan seperti jajanan rumahan. Tidak perlu khawatir dengan modal, karena banyak peluang bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil.

Simak lebih lanjut ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang menguntungkan berikut ini.

Baca Juga: 25+ Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula Beserta Cara dan Tipsnya!

Ide Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

usaha jajanan rumahan modal kecil
Sumber: google.com

Tak hanya makanan berat, makanan ringan dan jajanan juga memiliki peluang penghasilan yang menjanjikan. Hal yang penting adalah anda memilih jenis usaha yang sesuai.

Berikut adalah beberapa jenis makanan sebagai ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang memiliki banyak peminat:

  • Dimsum

Ide pertama untuk memulai usaha jajanan rumahan modal kecil untung besar yang bisa Anda coba adalah menjual dimsum. Jajanan satu ini telah menjadi favorit banyak orang.

Rasanya yang gurih dengan tekstur yang kenyal berpadu dengan saus cocolan seperti chili oil dan saus asam manis, menjadi alasan banyak yang menyukai makanan ini.

Terdapat berbagai jenis dimsum yang bisa Anda jual, salah satu jenis terfavorit adalah siomay dimsum. Saat ini banyak resep dan tutorial cara membuatnya yang bisa Anda ikuti.

Terkait modal juga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karena bahan-bahannya tidak terlalu banyak dan mudah Anda dapatkan.

Agar peluang penjualan semakin besar, Anda bisa menjual melalui aplikasi layanan pesan antar makanan, serta memasarkan di media sosial. 

  • Seblak

Salah satu jajanan rumahan yang memiliki banyak peminat lainnya adalah seblak. Makanan asal wilayah Parahyangan ini bisa anda buat dengan mudah, karena telah banyak resep tersedia di internet.

Ciri khas dari makanan ini berasal rasa kencur yang tercampur dengan bahan bumbu halus lainnya. Isi dari seblak biasanya beragam kerupuk basah, siomay kering, dan lainnya.

Anda bisa mengkreasikan sendiri isi dari seblak yang Anda buat. Selain cara membuat yang mudah, modal yang Anda perlukan juga tidak banyak.

Agar keuntungan semakin besar, Anda bisa berjualan di lokasi yang strategis serta memanfaatkan layanan pesan antar online.

  • Cireng Rujak

Masih berasal dari Jawa Barat, cireng rujak menjadi usaha jajanan modal kecil yang layak Anda coba. Gurih dan kenyal dari cireng yang berpadu dengan bumbu rujak yang asam, manis, pedas memberikan cita rasa yang khas.

Tak heran jika makanan ini memiliki banyak penggemar. Selain itu, cireng rujak bisa menjadi santapan berbagai momen seperti saat kumpul keluarga, nonton tv, dan sebagainya.

Anda bisa membuat cireng rujak dengan mudah dan pastinya murah. Dengan begitu keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga semakin besar. 

  • Churros

Beralih dari makanan dengan rasa gurih, Anda juga dapat mencoba usaha jajanan rumahan churros yang memiliki cita rasa manis.  

Camilan asal Spanyol ini mempunyai banyak peminat karena rasa dan teksturnya yang renyah pada bagian luar dan lembut di dalam.

Bahan dasar membuat adonan churros juga mudah, yaitu tepung, air, margarin, dan telur. Anda bisa mengkreasikan dengan berbagai saus cocolan seperti salted caramel, coklat, hingga matcha.

  • Risol Mayo

Ide usaha jajanan rumahan modal kecil lainnya adalah menjual risol mayo. Jika risol pada umumnya hanya berisi sayuran, Anda bisa mengkreasikan dengan menggunakan daging asap, mayo, dan saus pedas. 

Dengan rasa yang berbeda dan enak, tak heran banyak yang menyukai risol mayo. Selain dalam bentuk siap makan, Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk mentah atau frozen

Manfaatkan sosial media dan aplikasi pesan antar online agar menjangkau pasar yang lebih luas.

  • Baklor

Jenis jajanan rumahan satu ini telah banyak disukai, khususnya untuk anak kecil. Baklor adalah singkatan dari martabak telur yang mempunya bentuk bulat kecil.

Cara membuatnya juga mudah, Anda hanya perlu menuangkan adonan telur langsung ke cetakan baklor. Sediakan juga saus untuk menyajikannya diatas baklor.

  • Bakso Aci

Makanan favorit lainnya yang bisa menjadi usaha jajanan rumahan modal kecil untung besar adalah bakso aci.

Berbeda dengan bakso pada umumnya, Anda dapat membuat bakso aci dengan lebih mudah karena bahan dasarnya hanya tepung dan bumbu. Biasanya bakso aci berisi daging ayam, tulang rangu, atau gajih ayam.

Penyajian bakso aci adalah mencampurkan bakso aci dengan tambahan lainnya seperti pilus cikur, cuanki lidah, siomay kering, hingga ceker ayam yang kemudian ditambahkan kuah.

Rasa dari bakso aci yang gurih dan pedas menjadikan makanan ini banyak penggemarnya. Maka, tidak ada salahnya untuk meraih keuntungan dengan mencoba jualan bakso aci.

  • Donat Berbagai Topping

Pilihan jajanan rumahan yang memiliki cita rasa manis lainnya adalah donat dengan berbagai pilihan topping. Saat ini ada banyak resep donat yang bisa Anda coba, seperti donat kentang, donat madu, dan lainnya.

Agar tampilan lebih menarik berikan berbagai jenis topping terfavorit seperti tiramisu, coklat, green tea, hingga susu bubuk.

  • Sotang

Sotang atau sosis kentang bisa menjadi ide usaha jajanan rumahan lainnya untuk Anda coba. Seperti namanya, jajanan ini hanya memiliki dua bahan dasar utama yakni sosis dan kentang.

Selain cara membuatnya yang mudah, modal untuk menjualnya juga tidak banyak. Makanan ini banyak disukai oleh anak-anak. 

Anda bisa menjual di area sekolahan, lingkungan rumah, serta menjadi partner di aplikasi layanan pesan antar makanan online.

  • Cilor, Bilor, Telur Gulung

Tiga jenis jajanan dengan bahan utama telor ini juga layak Anda coba untuk mendapat hasil yang menguntungkan. Anda bisa menjual 3 jenis jajanan ini sekaligus agar lebih menarik.

Modal yang Anda perlukan juga relatif murah dan mudah untuk didapatkan. Sediakan juga saus serta bumbu tambahan seperti bubuk cabai, bubuk asin, keju, hingga barbeque agar memperkaya rasa sesuai selera pembeli.

  • Bakso Goreng

Camilan gurih bakso goreng (basreng) juga bisa menjadi ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang layak Anda coba. Sebenarnya, basreng merupakan modifikasi dari bakso secara umum.

Jika penyajian bakso pada umumnya adalah berkuah, Anda menyajikan bakso yang digoreng. Kemudian berikan bumbu tambahan dengan rasa pedas, BBQ, keju, dan varian rasa lainnya.

  • Telur Gulung

Siapa yang tidak pernah makan telur gunung? Jajanan satu merupakan salah satu jajanan populer yang ada di mana-mana. Anda dapat menjadikan jualan telur gulung menjadi ide jajanan rumahan dengan modal kecil.

Karena dengan modal kecil Anda dapat menjalankan usaha ini di rumah. Cara membuatnya juga tergolong mudah, sehingga Anda pun pasti bisa membuatnya.

  • Croffle

Selanjutnya ada makanan kekinian yaitu Croffle. Jajanan ini cocok sekali dengan anak-anak jaman sekarang. Cara buatnya juga mudah Anda hanya memerlukan tempat cetakan untuk Croffle yang sudah tersedia di marketplace.

Rasanya yang enak membuat jajanan ini membuat jajanan ini sangat disukai oleh semua kalangan. Jualan Croffle bisa Anda jadikan ide usaha jajanan rumahan dengan modal kecil.

  • Piscok

Piscok merupakan makanan manis yang sangat populer di Indonesia. Perpaduan antara pisang dan coklat yang dibalut dengan kulit lumpia yang digoreng dengan cripsy membuat jajanan ini memiliki cita rasa yang lezat.

Piscok dapat Anda jadikan ide untuk usaha jajanan karena cara membuatnya yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar.

  • Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan makanan yang sangat cocok disantap saat santai. Anda dapat usaha dengan jualan kentang goreng karena cara buatnya yang sangat mudah serta dengan modal yang kecil.

Namun, pastikan bahan kentang yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik serta masih terjaga kesegarannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga cita rasa yang lezat.

Baca Juga: Pasti Cuan! Ini Dia 12+ Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya untuk Para Pemula!

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Untung Besar

usaha jajanan rumahan modal kecil
Sumber: Freepik
  • Cilok

Jajanan aci dicolok atau yang biasa dikenal dengan sebutan cilok merupakan usaha rumahan yang menguntungkan bagi Anda.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok adalah cukup dengan tepung aci, kukusan atau dandang, dan bahan saus sebagai pelengkap.

Agar cepat dalam memperoleh keuntungan, maka Anda bisa membuat cilok tersebut dalam ukuran kecil dengan kuantitas yang banyak.

  • Singkong Keju

Usaha kuliner rumahan lainnya adalah singkong keju yang dihidangkan dengan bumbu pelengkap dengan beragam rasa, seperti barbeque, balado, keju parut, dan lain-lain.

Faktanya, singkong memiliki kadaluarsa yang cukup lama. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir usaha jajanan rumahan modal kecil ini membuat Anda rugi dan cepat basi.

  • Makaroni Telur

Maklor atau makaroni telur adalah usaha rumahan yang cocok untuk pemula karena pembuatannya yang gampang dan bahannya mudah dicari.

Hanya membutuhkan makaroni (sudah direbus), bumbu penyedap, telur, minyak saja Anda sudah bisa mendapatkan untung secara maksimal.

Disamping itu juga usaha jajanan rumahan modal kecil ini memiliki target pasar yang luas karena semua kalangan suka dengan jajanan satu ini.

  • Pisang Nugget

Kemudian ada pisang nugget merupakan usaha rumahan yang lagi trend dan naik daun di media sosial, lho!

Hanya dengan modal kecil saja dan memiliki rasa yang manis, nikmat, dan renyah Anda sudah bisa meraup omset penjualan hingga belasan juta di setiap bulannya. 

Maka dari itu, strategi marketing untuk usaha jajanan rumahan modal kecil ini adalah dengan jualan secara online.

  • Jasuke (Jagung Susu Keju)

Dari dulu hingga sekarang usaha yang tidak pernah sepi adalah jasuke alias jagung susu keju karena memiliki rasa yang otentik ketika dinikmati.

Namun, biasanya kita menemukan jasuke ini di pasar malam saja sehingga membuka peluang untuk Anda memulai usaha jajanan rumahan modal kecil.

Hal yang dibutuhkan untuk membuat jasuke adalah jagung manis rebus yang sudah dipipil, susu, keju, mentega, saus pilihan sebagai tambahan.

Tips Sukses Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

tips bisnis
Sumber: google.com

Ada banyak ide usaha jajanan yang bisa Anda pilih. Anda bisa menyesuaikan dengan budget serta kemampuan diri sendiri. 

Terdapat juga berbagai cara jualan agar peluang keuntungan semakin besar, yaitu dengan menentukan lokasi jualan strategis serta menjadi partner di layanan pesan antar makanan.

Lebih lanjut berikut tips sukses menjalankan usaha jajanan rumahan modal kecil:

  • Mencari ide dari berbagai referensi.
  • Perhatikan lingkungan sekitar, jajanan apa saja yang banyak peminatnya.
  • Lakukan riset kompetitor untuk menganalisa apa kelebihan dan kekurangannya.
  • Tentukan unique selling point dari produk serta usaha Anda, serta tentukan juga target pasar.
  • Memaksimalkan promosi melalui media sosial.

Itulah ragam usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share artikel ini agar manfaat semakin bertambah. Simak berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan