everpro

Buka Peluang Cuan! 30+ Usaha Rumahan yang Menguntungkan Untung Berlimpah dan Cocok untuk Pemula

Kamu sedang mencari usaha rumahan yang menguntungkan dan cocok untuk pemula? Yuk, simak artikel ini sampai habis dan temukan ide yang bisa memberikan keuntungan tanpa harus meninggalkan rumah!”

Mengawali usaha rumahan yang menguntungkan tidak lagi menjadi angan-angan. Di zaman sekarang, kamu bisa menghasilkan keuntungan tanpa harus meninggalkan rumah.

Peluang usaha rumahan kian beragam dan menjanjikan dengan kemudahan akses internet, kamu bisa bereksplorasi menggunakan modal yang terjangkau.

Dengan keberanian, percaya diri, dan kreativitas kamu bisa memulai usaha rumahan tanpa perlu keahlian khusus dan modal yang besar.

Cara Memulai Usaha Rumahan yang Menguntungkan

usaha rumahan yang menguntungkan
Sumber: Freepik

Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk memulai usaha rumahan yang menguntungkan dan berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Temukan Ide Usaha yang Tepat

Hal pertama adalah temukan ide usaha sesuai minatmu.

Pada saat kamu sudah menentukan ide, maka kamu perlu adanya riset pasar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan trend yang ada dan juga melihat persaingan pasar.

  • Membuat Perencanaan Usaha dengan Matang

Setelah itu, kamu bisa merencanakan usaha bisa dengan membuat business plan untuk memudahkan kamu dalam mengeksekusi strategi marketing.

Isi dari rencana meliputi visi dan misi usaha, target pasar, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, serta rencana operasional.

  • Mempersiapkan Modal Usaha

Sumber modal bisa dari tabungan pribadi maupun pinjaman dana. Paling tidak kamu harus mempersiapkan modal usaha yang cukup untuk operasional di beberapa bulan pertama. 

  • Mencari Peralatan dan Bahan Baku Berkualitas

Peralatan awet dan bahan baku berkualitas penting untuk citra positif pelanggan.

Jadi, kamu harus lebih selektif ketika memutuskan untuk membelinya apalagi jika modal usaha yang kamu miliki sangat terbatas.

  • Melakukan Promosi untuk Bangun Brand

Semua sudah serba digital yang mengharuskan para pelaku usaha untuk mempromosikan untuk membangun brand tidak hanya di offline saja melainkan juga di saluran online.

Kamu bisa mempromosikannya melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter dan saluran online lainnya agar mudah dikenal oleh banyak pelanggan potensial.

  • Memberikan Pelayanan Terbaik

Kepuasan pelanggan merupakan prioritasmu dalam menjalankan usaha rumahan yang menguntungkan, sehingga memberikan pelayanan terbaik adalah cara yang ampuh.

Cara ini dapat membuat kamu memiliki pelanggan setia dan mempertahankan loyalitasnya yang bisa meningkatkan usahamu memiliki keuntungan.

  • Mengevaluasi Secara Berkala 

Mengikuti perkembangan tren harus diimbangi dengan evaluasi secara rutin atau konsisten agar usahamu tetap relevan dengan kebutuhan di pasaran.

Tujuannya adalah mendeteksi strategi kurang ampuh dalam usahamu agar bisa diperbaiki dengan cepat.

Ide Usaha Rumahan yang Menguntungkan

usaha rumahan yang menguntungkan
Sumber: Freepik

Usaha Rumahan yang Menguntungkan Saat Ini

  • Tempat Penitipan Hewan Peliharaan

Jika kamu suka hewan peliharaan seperti kucing, coba usaha ini yang punya potensi besar.

Salah satu usaha penitipan hewan peliharaan yang sedang tren adalah pet hotel yang bisa kamu jadikan inspirasi yang bisa menguntungkan kamu.

Rawat peliharaan dengan baik, sehingga memberi rasa aman dan nyaman. Pelanggan yang puas akan kembali lagi.

  • Minuman Kekinian

Cuaca yang panas paling pas jika ditemani dengan minuman untuk melepas dahaga, sehingga minuman kekinian bisa kamu jadikan ide, nih!

Usaha minuman kekinian modal kecil sudah banyak ragamnya seperti boba, dalgona, brown sugar dan resepnya pun tergolong cukup mudah untuk diikuti, lho!

  • Translator

Kemampuan berbahasa asing sekarang ini sedang dicari-cari oleh banyak perusahaan. Ketika kamu memiliki kemampuan tersebut bisa dijadikan peluang bisnis.

Bisa dilakukan hanya dirumah saja maupun langsung dengan rate card yang sudah kamu tentukan untuk klien membayar jasa yang kamu berikan.

  • Asisten Virtual

Pekerjaan asisten di zaman sekarang bisa dilakukan secara online dan peluang ini sangat terbuka lebar untuk kamu yang memiliki kemampuan administrasi bisnis.

Ada banyak sekali platform yang menawarkan posisi tersebut dengan status sebagai freelance, full-time, part-time yang bisa kamu sesuaikan.

  • Warung Internet (Warnet)

Aktivitas anak remaja dari dulu hingga sekarang yaitu bermain game ditemani dengan semangkuk mie Indomie di warung internet atau biasa disebut warnet.

Meskipun tidak hype seperti beberapa tahun belakang, namun banyak warnet yang berinovasi agar tetap terus eksis.

Akan tetapi, usaha ini tidak pernah sepi pengunjung karena selain untuk bermain game bisa juga untuk menggunakan internet dimana orang tersebut tidak memilikinya secara pribadi di rumah.

  • Frozen Food

Kesibukan yang melanda banyak orang membuat usaha frozen food menjadi semakin ramai dan tidak sepi pengunjung.

Selain mudah dalam penyajiannya makanan frozen food juga memiliki daya tahan yang cukup lama jika penyimpanannya di freezer, sehingga banyak dibeli oleh orang untuk dijadikan stok makanan.

  • Self Photo Studio

Lahan rumah yang luas dan tidak terpakai kini bisa kamu manfaatkan untuk membuat self photo studio yang sedang viral di banyak media sosial.

Sebab, foto yang dihasilkan bagus dan lucu. Namun, usaha ini membutuhkan modal yang terbilang lumayan akan tetapi balik modalnya akan menguntungkan dan cepat.

  • Jasa Foto Produk

Hanya bermodalkan handphone dan skill dalam mengedit foto produk, maka kamu bisa menawarkan jasa foto produk ke UMKM yang baru merintis sebagai pelanggan.

Dengan begitu, kamu bisa membuka usaha rumahan yang menguntungkan dengan mudah tanpa ribet menyediakan alat yang besar dan mahal harganya.

  • Aksesoris HP

Usaha yang bisa dilakukan secara fleksibel baik offline maupun online adalah berjualan aksesoris handphone yang dijamin laris manis.

Banyak dicari oleh banyak orang seperti casing, headset, pop socket, kabel charger, dan lain sebagainya yang bisa kamu jual secara dropship karena sudah banyak supplier aksesoris HP di marketplace.

  • Online Shop

Masih menjadi populer di banyak kalangan menjadikan usaha online shop menjadi ide bisnis online untuk pemula karena menguntungkan.

Dapat dilakukan dirumah dengan mempromosikan toko online shop yang kamu miliki di media sosial pribadimu supaya followersmu tahu keberadaannya.

Usaha di Rumahan yang Menguntungkan

  • Rental Konsol

Jangan meragukan usaha rumahan yang menguntungkan satu ini meskipun klasik akan tetapi peminat atau pasarnya tidak pernah hilang.

Kamu bisa menyewa jasa rental PlayStation atau jenis konsol lainnya selama game tersebut masih eksis di kalangan banyak orang.

  • Bisnis Ikan Hias

Semenjak pandemi covid banyak bermunculan usaha rumahan yang menguntungkan salah satunya adalah bisnis ikan hias.

Jika kamu gemar dalam merawat ikan hias, maka pilihlah ikan yang memiliki perawatan mudah namun harga jualnya tinggi seperti ikan cupang yang dapat mendatangkan cuan.

  • Usaha Sembako

Terbilang cukup stabil menjadikan usaha sembako selalu ada di setiap daerah perumahan karena menjadi tempat untuk membeli kebutuhan membuat masakan.

Modal usaha sembako bisa kamu sesuai dengan biaya yang dikeluarkan untuk produk yang ingin kamu sediakan atau renovasi halaman rumah yang dijadikan warung.

  • Menjual Makanan Ringan

Selanjutnya, ide jualan makanan ringan bisa kamu tekuni untuk usaha rumahan yang menguntungkan bagi kamu karena tidak pernah sepi peminat.

Terlebih lagi makanan ringan selalu tersedia di setiap rumah entah itu di ruang tamu sebagai kudapan menyambut tamu atau teman menemani aktivitasmu.

  • Preloved Barang

Mungkin usaha ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang isi lemarinya sudah menumpuk dengan barang misal pakaian yang masih layak namun tidak pernah lagi digunakan.

Nah, kamu bisa mendatangkan uang dengan menjual pakaian tersebut dengan cara preloved dimana nilai jualnya akan berbeda jauh dari harga ketika kamu membelinya setidaknya kamu memperoleh pendapatan melalui hal tersebut.

  • Membuka Catering

Usaha catering menjadi naik semenjak muncul tren dimana banyak orang yang mengkonsumsi catering diet makanan sehat.

Bisa kamu pilih sebagai usaha rumahan yang menguntungkan karena dibutuhkan juga di setiap acara seperti pernikahan, aqiqah, syukuran, tunangan, dan lain sebagainya.

  • Jasa Titip (Jastip)

Bila kamu senang sekali traveling ke dalam maupun luar negeri, maka bisnis jastip atau jasa titip bisa kamu jadikan alternatif untuk tambahan uang.

Banyak orang yang tertarik dengan usaha jastip ini karena tidak banyak orang yang memiliki kesempatan untuk pergi ke daerah tersebut untuk menemukan barang yang mereka inginkan.

  • Warung Kopi (Warkop)

Budaya masyarakat Indonesia yaitu nongkrong di warung kopi bisa membuka peluang usaha rumahan yang menguntungkan bagi kamu.

Pasalnya, ide usaha rumahan kreatif ini selalu ramai karena memiliki banyak varian makanan dan juga minuman dengan harga yang terjangkau.

  • Dropshipper

Kamu tidak memiliki modal usaha tapi ingin berkesempatan untuk belajar bisnis? Tentu bisa dengan menjadi dropshipper yang mudah dan cepat untuk pemula.

Kamu dapat menjalankan usaha ini dari rumah dengan cara membuat toko online dan menjual produk orang lain tanpa perlu menyediakan stok barang di rumah.

Keuntungannya lagi kamu tidak perlu mengirimkan barang tersebut karena itu sudah menjadi tugas supplier yang bekerjasama denganmu untuk mengantarkan ke pelanggan. 

  • Membuka Franchise Depan Rumah

Sekarang, sudah banyak orang yang memanfaatkan halaman depan rumahnya untuk berjualan franchise sebagai usaha mereka.

Pilihan franchise pun semakin banyak mulai dari minuman, makanan, camilan, dan lain sebagainya dengan modal yang berbeda-beda.

Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

  • Laundry Rumahan

Usaha rumahan yang menguntungkan seperti usaha laundry rumahan selalu dicari oleh ibu rumah tangga yang menjadi pekerja dengan keterbatasan waktu untuk mencuci pakaian.

Kamu dapat memanfaatkan mesin cuci yang dimiliki untuk membuka jasa cuci baju dan menghemat pengeluaran modal dalam memulai usaha ini.

Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan keuntungan dan juga meriset pasar apakah jasa yang kamu sediakan memiliki banyak peminat atau tidak.

  • Jual Perkakas Dapur

Memiliki daya jual yang tinggi yang membuat para ibu rumah tangga untuk beralih memulai usaha rumahan dengan berjualan perkakas dapur.

Kemajuan teknologi yang memudahkan untuk berjualan membuat usaha ini bisa dilakukan secara online misalnya memanfaatkan live streaming yang membantu memancing calon pelanggan untuk membeli.

  • Kerajinan Tangan

Indonesia dikenal dengan kerajinan tangannya yang kreatif, dan kamu yang memiliki kesabaran dapat menjadikannya usaha rumahan yang menguntungkan.

Industri yang semakin kreatif ini menawarkan banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kamu hasilkan dan jual kepada banyak orang, bahkan ke luar negeri.

  • Konter Pulsa atau Paket Internet

Semua orang sekarang membutuhkan pulsa atau paket internet untuk dapat mengakses internet dengan mudah, di mana pun dan kapan pun.

Seiring berjalannya waktu, konter pulsa kini menyediakan pembayaran tagihan seperti listrik, token, BPJS, marketplace dan lain sebagainya.

  • Jasa Cuci Sepatu

Tidak banyak orang yang bisa mencuci sepatunya hingga bersih, sehingga kamu bisa menjadi solusi dengan membuka usaha rumahan jasa cuci sepatu.

Meskipun peralatan yang dibutuhkan tidak banyak, seperti sikat, pembersih, pewangi, dan lainnya, kamu perlu mempelajari cara membersihkan berbagai jenis bahan sepatu.

  • Jasa Cuci Kendaraan

Setiap melewati cuci steam motor dan mobil selalu ramai pengunjungnya dan kamu bisa juga melakukannya di rumah asal mempunyai halaman yang cukup luas.

Sama halnya dengan jasa cuci sepatu, kamu juga perlu belajar mengenai membersihkan berbagai macam kendaraan agar hasilnya memuaskan.

  • Salad Buah

Seseorang bisa menikmati asupan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dalam berbagai cara, salah satunya dengan menjadikannya sebagai salad.

Menjual salad buah kini bisa mendatangkan keuntungan hanya di rumah saja dan pembuatannya cukup simple, lho!

Kamu perlu membeli buah yang segar agar salad yang dihasilkan masih fresh ketika dikonsumsi oleh pelanggan kamu.

  • Membuat Peternakan Lele

Jangan salah, usaha rumahan yang menguntungkan kali ini bisa kamu lakukan di rumah hanya dengan menyediakan terpal yang cukup untuk benih lele.

Lele merupakan ikan dengan perawatan yang sederhana, namun memiliki pasar yang luas seperti warung pecel lele, restoran, dan lain-lain.

  • Rental Kendaraan

Ketika liburan telah tiba, kebanyakan masyarakat berlibur ke daerah desa, namun membutuhkan kendaraan di sana. Ini bisa menjadi ide usaha rumahan yang menguntungkan bagi kamu!

Kisaran harga sewa motor bisa mencapai 100 ribu per hari dan mobil Rp 200 ribu per hari dan bisa naik ketika sedang musim liburan karena memiliki permintaan yang tinggi.

  • Jasa Menjahit Pakaian

Pakaian bisa menjadi inspirasi usaha rumahan yang menguntungkan bagi kamu, karena merupakan kebutuhan primer seseorang.

Banyaknya acara seperti nikahan, tunangan, kondangan, bridesmaid yang membutuhkan jasa tersebut untuk membuat baju yang bagus sesuai dengan model yang diinginkan.

Pembahasan usaha rumahan yang menguntungkan telah selesai sampai di sini. Dari semua rekomendasi ide di atas mana nih yang membuat kamu tertarik?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memiliki usaha di rumah. Jangan lupa untuk terus memiliki kepercayaan diri, usaha, dan doa yang menjadi kunci keberhasilan usaha.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan nantikan selalu artikel menarik dan informatif lainnya seputar bisnis hanya di Everpro, ya!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya