everpro

10+ Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil, Untung Banyak!

usaha minuman kekinian modal kecil

Ingin memulai bisnis minuman kekinian tapi kepentok modal? Jangan khawatir! Simak rekomendasi usaha minuman kekinian modal kecil berikut ini.

Jika kita perhatikan, saat ini sering bermunculan minuman kekinian yang menjadi tren. Baik itu karena keunikan rasa, toping yang menggugah selera, dan lainnya.

Tak jarang banyak yang memanfaatkan peluang untuk mengembangkan usaha dengan menjual minuman yang sedang hits. Bahkan, banyak yang telah meraup keuntungan besar dalam hitungan bulan dengan menjual minuman kekinian.

Modal untuk menjalankan usaha minuman juga tergolong lebih kecil dari modal usaha makanan. Maka dari itu memulai usaha minuman kekinian modal kecil layak anda coba.

Tak perlu khawatir jika masih bingung jenis minuman untuk dijual. Baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan ide usaha minuman kekinian modal kecil serta tips suksesnya.

Baca juga: 15+ Ide Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar 2022

Ide Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil yang Menguntungkan

usaha minuman kekinian modal kecil
Sumber: pexels.com

Minuman kekinian adalah istilah untuk jenis minuman inovatif dan populer, baik itu karena rasa maupun ciri khas yang unik. Target pasar untuk jenis usaha ini juga cukup luas, yakni kaum millennials hingga Gen Z.

Terkait modal juga bervariasi, tapi banyak jenis bisnis minuman kekinian dengan modal kecil. Untuk membantu anda memulai bisnis ini, berikut rekomendasi ide usaha minuman kekinian modal kecil yang menguntungkan:

  • Minuman Boba

Ide pertama usaha minuman kekinian modal kecil yang dapat anda coba adalah minuman dengan topping boba. Jenis minuman ini memiliki pasar yang cukup besar karena memiliki beragam pilihan rasa.

Everpro

Beberapa yang populer adalah seperti boba milk tea, chocolate hazelnut, taro milk tea, dan masih banyak lagi. Minuman kekinian ini mulai terkenal di Indonesia sejak awal tahun 2000-an, dan sampai sekarang masih menjadi favorit banyak orang.

Untuk memulai usaha ini, sediakan berbagai pilihan rasa favorit dan kualitas rasa yang baik. Agar pelanggan membeli lagi dari toko anda.

  • Thai Tea dan Green Tea

Jenis minuman asal Thailand yaitu Thai Tea dan Green Tea mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 2012.

Aroma dan cita rasanya yang unik menjadi alasan sampai sekarang banyak yang menyukai minuman kekinian ini. Maka tak ada salahnya untuk anda mencoba memulai bisnis ini.

Saat ini telah banyak tersedia minuman thai tea bubuk yang dijual secara grosir. Jadi anda dapat membuatnya lebih mudah. Sediakan juga pilihan topping agar lebih menarik.

  • Es Kopi Susu

Es kopi susu menjadi minuman kekinian yang populer sejak beberapa tahun kebelakang, terutama saat pandemi. Sampai sekarang jenis minuman ini juga masih memiliki banyak peminat.

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan memulai usaha minuman kekinian es kopi susu. Untuk dapat bertahan di persaingan bisnis sejenis, pastikan anda memiliki keunikan tersendiri dengan cita rasa kopi yang asli.

Kombinasikan juga dengan topping dan rasa lain seperti boba, alpukat, hingga matcha.

  • Cheese Tea

Ide minuman kekinian selanjutnya yang layak untuk anda jual adalah cheese tea. Berkat keunikan rasa dari perpaduan teh dan krim keju membuat minuman ini menjadi hits.

Kabar baiknya, jenis minuman ini juga masih banyak peminatnya hingga saat ini. Tentu anda memiliki peluang yang menguntungkan dengan menjual minuman kekinian yang satu ini.

  • Minuman Jamu Kekinian

Bagi sebagian orang jamu merupakan minuman yang dianggap tidak enak karena rasanya. Namun, setelah pandemi banyak orang yang semakin sadar kesehatan dengan mengkonsumsi suplemen makanan serta minuman sehat seperti jamu.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual minuman jamu kekinian. Anda dapat mengemas dengan lebih menarik yaitu dengan menggunakan botol kaca sebagai wadahnya.

  • Milk Tea

Popularitas milk tea kian melejit beberapa tahun terakhir ini. Tak heran, rasanya yang manis dengan aroma teh serta banyak varian rasa menjadikan jenis minuman kekinian ini menjadi favorit banyak orang.

Tambahkan berbagai topping seperti boba, pudding, hingga cream cheese agar lebih menggugah selera. Selain itu sediakan juga berbagai rasa seperti taro, matcha, dan lainnya. Banyaknya peminat menjadi alasan untuk anda memulai usaha ini.

  • Alpukat Kocok

Ide usaha minuman kekinian modal kecil selanjutnya adalah alpukat kocok. Cara membuat minuman ini cukup sederhana yaitu alpukat, susu kental manis, susu bubuk coklat, dan es batu.

Meski tak sepopuler boba, tapi minuman ini juga masih memiliki peminat yang cukup banyak. Bahkan saat ini banyak booth kaki lima yang menjual minuman kekinian ini.

Tak hanya rasanya yang enak, jenis minuman ini juga cukup mengenyangkan.  Maka dari itu banyak yang menyukai minuman ini, sehingga ide ini layak untuk anda pertimbangkan.

  • Es Teh

Rekomendasi lainnya adalah menjual es teh yang merupakan minuman kekinian sangat populer sampai sekarang. Bahkan banyak yang membeli minuman ini setiap harinya, tentu ladang usaha yang cukup menguntungkan untuk anda coba.

Sediakanlah berbagai varian rasa, seperti lychee tea, mango tea, peach tea, hingga pilihan yang menggunakan susu. Selain itu anda juga bisa menambahkan pilihan topping seperti pearl boba agar semakin menarik dan menambah cita rasa.

  • Kopi Dalgona

Memang sampai saat ini apa yang sedang tren di korea menjadi tren di Indonesia juga. Begitupun dengan Dalgona Coffee yang sempat booming beberapa tahun kemarin.

Awalnya, kopi dalgona berasal dari permen tradisional Korea. Namun, seiring perkembangan zaman, sudah menjadi minuman yang populer. Tak ada salahnya untuk anda jadikan ide usaha minuman kekinian modal kecil karena peminatnya masih banyak.

  • Cold Press Juice

Tak hanya minuman susu, teh, dan kopi, minuman berbahan natural yang sehat juga juga cukup digandrungi saat ini.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang sadar untuk menerapkan hidup sehat, maka peluang keuntungan dengan menjual minuman kekinian Cold Press Juice juga layak anda coba.

Meskipun terlihat serupa dengan jus buat pada umumnya, namun cara pembuatan cold press juice sedikit berbeda yaitu dengan menggunakan alat khusus seperti juicer untuk menghancurkan buah dan mengeluarkan sarinya saja. 

  • Minuman Brown Sugar 

Minuman seperti kopi susu atau milk tea dengan campuran brown sugar telah menjadi minuman favorit banyak orang. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya dengan menjalankan bisnis ini sebagai ladang usaha yang menguntungkan.

Jenis minuman ini juga cocok untuk berbagai kalangan dari anak kecil hingga dewasa. Selain itu cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan cairan brown sugar ke minuman yang anda buat. 

  • Cappucino Cincau

Ide usaha minuman kekinian modal kecil yang terakhir adalah menjual cappucino cincau. Jenis minuman ini masih memiliki prospek usaha yang menguntungkan.

Selain modalnya yang kecil, cara membuatnya juga mudah. Anda perlu memperhatikan kualitas rasa dengan begitu pelanggan puas membeli di tempat anda.

Baca juga: 18+ Ide Modal Kecil Untung Banyak Jajanan Kekinian

Tips Sukses Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

usaha minuman kekinian modal kecil
Sumber: pexels.com

Setelah anda menentukan ide usaha minuman kekinian modal kecil apa yang akan anda jalankan, perhatikan juga beberapa tips sukses berikut ini:

  • Membuat Variasi Menu

Salah satu kesalahan yang banyak terjadi oleh pebisnis minuman kekinian adalah hanya fokus pada satu jenis minuman yang sedang tren saja. Ketika sudah memudar trennya, bisnis juga menjadi ikut surut.

Oleh karena itu, sebaiknya buatlah side menu sebagai variasi produk. Bahkan bisa jadi variasi menu yang anda buat juga menjadi trendset

  • Menggunakan Media Sosial untuk Pemasaran

Bukan hal yang asing saat ini para pelaku usaha selalu memasarkan bisnisnya melalui media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial untuk pemasaran anda dapat menjangkau target audiens yang lebih luas.

Dengan jenis usaha minuman kekinian, beberapa platform yang efektif untuk anda gunakan sebagai media pemasaran adalah Instagram, Facebook, dan TikTok.

  • Mengikuti Tren Terkini

Masih terkait dengan promosi melalui media sosial, anda juga perlu membuat konten yang menarik perhatian banyak orang. Selain membagikan foto produk usaha minuman kekinian, buat juga konten yang informatif dan mengundang interaksi dengan audiens.

Salah satu cara mudahnya adalah dengan mengikuti tren terkini terkait apa yang sedang hangat diperbincangkan untuk membuat konten.

  • Memberi Promo dan Diskon Menarik

Siapa yang tidak tergiur dengan promo ataupun diskon, apalagi mendapatkannya dari toko minuman favorit? Strategi pemasaran dengan memberikan diskon atau giveaway masih menjadi daya tarik pelanggan yang patut anda gunakan.

Namun, tentu anda juga perlu menghitung budget untuk melakukan ini serta proyeksi keuntungan yang bisa anda dapatkan jika strategi ini berjalan lancar.

  • Bergabung Menjadi Mitra Layanan Pesan Antar Makanan Online

Tips lainnya agar usaha minuman kekinian modal kecil yang anda jalankan sukses adalah dengan menjadi mitra layanan pesan antar online seperti GoFood, ShopeeFood, GrabFood, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkan peluang penjualan yang besar karena bisnis anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Demikian rekomendasi usaha minuman kekinian yang menguntungkan dan layak anda coba serta tips suksesnya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai aritkel informatif dari Everpro lainnya ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait