everpro

15+ Ide Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar 2022

usaha modal kecil

Ingin mulai usaha tapi kepentok modal? Tenang saja, banyak ide usaha modal kecil disini. Simak artikel usaha modal kecil selengkapnya.

Memulai bisnis memiliki tantangan tersendiri, dari mulai menentukan ide usaha, mengumpulkan modal, dan melakukan strategi penjualannya. Namun banyak juga keuntungan yang bisa anda dapatkan. 

Dengan berbisnis anda menjadi lebih mandiri, memiliki waktu kerja yang fleksibel, serta kepuasan dari hasil usaha sendiri. Maka dari itu banyak yang ingin memulai berbisnis.

Ditambah lagi perkembangan teknologi yang pesat juga memudahkan anda untuk menjalankan bisnis secara online, sehingga pasar juga semakin luas.

Untuk memulainya memang tidak mudah, apalagi bagi pemula. Tapi tidak perlu khawatir, artikel ini akan memberikan ide usaha modal kecil untung besar untuk pemula.

Jadi baca ulasan artikel ini sampai tuntas ya!

Baca juga: 15+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan di Desa dan Kota

Tips Membuat Bisnis Modal Kecil

tips usaha modal kecil
Sumber: google.com

Membangun usaha dari nol memang tidak mudah. Banyak hal yang harus anda perhatikan dan hal ini menjadi suatu tantangan apalagi untuk yang belum pernah memulainya.

Salah satu modal yang harus anda miliki adalah tekad yang kuat dan pantang menyerah. Karena bisnis yang anda jalankan tidak akan langsung sukses, semuanya harus melalui proses.

Everpro

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memulai usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Berikut adalah tips untuk memulai bisnis yang bisa anda ikuti:

Mencari Berbagai Referensi Ide Bisnis Modal Kecil

Tips yang pertama adalah mencari ide usaha modal kecil dari berbagai referensi. Anda bisa mencari dari Google, mengobrol dengan teman atau saudara, serta melihat apa yang sedang tren saat ini.

Dengan begitu anda akan mendapatkan ide dari berbagai sumber lalu bisa menentukan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda. Sebaiknya pilihlah usaha yang anda senangi, agar saat menjalankannya juga lebih semangat.

Melakukan Riset Pasar

Apabila anda sudah memiliki ide untuk memulai usaha, selanjutnya lakukan riset pasar untuk melihat peluang dan menentukan target yang tepat.

Dengan melakukan riset anda bisa melihat apa masalah yang sedang dihadapi, dan menghubungkan bagaimana bisnis anda bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut.

Selain itu anda juga dapat melihat poin plus dari kompetitor dan mulai menentukan unique selling point dari bisnis anda.

Mengalokasikan Modal Bisnis dengan Tepat

Tips selanjutnya adalah mengalokasikan modal bisnis sebaik mungkin agar efisien. Pada dasarnya terdapat dua alokasi modal yaitu capital expenses dan operational expenses.

Capital expenses meliputi bahan baku, peralatan, serta perlengkapan bisnis. Sedangkan operational expenses mencakup biaya sewa tempat, promosi, gaji karyawan, dan sebagainya.

Buatlah list pengeluaran dan anggaran untuk memulai usaha dalam excel agar lebih rapi dan mudah dipantau.

Memanfaatkan Peralatan yang Ada

Untuk meminimalisir modal anda bisa menggunakan peralatan yang sudah dimiliki. Misalnya, jika usaha anda adalah makanan maka bisa memulai usaha sampingan di rumah modal kecil dengan menggunakan peralatan memasak yang ada.

Dengan begitu anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk bahan baku dan pengemasan. 

Melibatkan Orang Terdekat

Tips selanjutnya pada saat memasarkan bisnis anda bisa meminta bantuan orang terdekat untuk ikut mempromosikan. Selain itu anda juga bisa merekrut orang terdekat untuk menjalankan usaha.

Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini media sosial menjadi hal yang penting untuk memasarkan dan mengembangkan usaha. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial dengan kesempatan menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. 

Pelajari teknik digital marketing agar promosi lebih efektif. Kemudian gunakan juga berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Ide Usaha Modal Kecil

usaha modal kecil
Sumber: google.com

Menjalankan bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, baik yang muda atau tua, juga karyawan atau ibu rumah tangga. Bahkan anda bisa memulainya dengan modal kecil.

Berikut adalah rekomendasi usaha yang menjanjikan dengan modal kecil untuk anda coba.

Buka Usaha Modal Kecil dengan Jualan Makanan

usaha modal kecil
Sumber: pexels.com

Makanan menjadi peluang usaha modal kecil yang menjanjikan, karena memiliki peminat yang besar dan tidak ada habisnya. 

Siapa yang tidak membutuhkan makanan? Maka dari itu memulai usaha menjual makanan menjadi pilihan tepat untuk usaha modal kecil untung besar untuk pemula. 

Anda bisa mencari resep dari sosial media, Youtube, serta mesin pencari Google. Kemudian anda bisa menjualnya secara online dan offline. Terdapat beberapa ide jualan makanan yang bisa anda coba:

  1. Makanan Ringan
  2. Gorengan
  3. Churros
  4. Puding
  5. Risol Mayo
  6. Spicy Wings
  7. Salad Buah

Peluang Usaha Modal Kecil Menjadi Reseller

peluang bisnis menjanjikan
Sumber: google.com

Apabila anda tidak ingin repot memulai bisnis dengan membuat makanan, anda bisa memulai bisnis sebagai reseller yang tidak memerlukan modal besar.

Reseller merupakan bisnis dengan membeli produk dari supplier dan menjual kembali dengan harga lebih tinggi. Menjadi reseller adalah usaha sampingan di rumah modal kecil yang cocok untuk anda coba, terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan. 

Peluang Usaha 2022 Modal Kecil: Thrift Shop

peluang bisnis 2022
Sumber: google.com

Kegiatan thrifting atau membeli pakaian bekas menjadi salah satu tren masa kini, selain karena harga yang murah modelnya pun limited atau tidak pasaran.

Maka hal ini tentu menjadi peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Anda bahkan bisa menjual pakaian bekas milik sendiri yang masih bagus. 

Sebuah tips agar usaha thrift anda cepat laku adalah dengan mencari pemasok yang memiliki koleksi baju branded. Kemudian cuci terlebih dahulu agar terlihat baru dan bagus.

Jual Modal Kecil Untung Besar

usaha modal kecil
Sumber: google.com

Anda bisa memulai usaha berjualan dengan modal kecil dan mendapatkan keuntungan besar, berikut adalah beberapa rekomendasi ide jualan modal kecil dengan omzet besar.

  • Usaha Modal Kecil Jualan Bakso

Bakso menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia, apalagi pada saat hari lebaran di siang hari makanan ini menjadi yang paling banyak dicari. Modal yang anda butuhkan juga tidak besar, namun keuntungan bisa puluhan juta dalam sebulan.

  • Usaha Modal Kecil Angkringan

Makanan angkringan pertama populer di Jogja, kini semakin populer di berbagai daerah.

Konsepnya yang sederhana dengan berbagai jenis makanan seperti telur puyuh bacem, kulit, tempe, tahu, ceker ayam, dan lainnya dengan harga murah menjadi daya tarik pembeli. 

Anda tidak memerlukan modal besar untuk memulai usaha ini, namun keuntungannya besar karena harga satuan yang murah sehingga pembeli membeli dalam jumlah banyak. 

  • Kerajinan Tangan

Apabila anda memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan, hal ini bisa menjadi bisnis modal kecil dengan untung yang besar. Contoh kerajinan tangan yang memiliki banyak peminat adalah buket bunga kertas, makanan, hingga yang terkini adalah uang.

  • Katering Makanan Sehat

Ide lainnya adalah dengan menjual makanan sehat dengan cara pre-order. Cara tersebut tentu memberikan anda perhitungan jelas terkait modal bahan baku serta dapat menghindari kerugian dari barang tak terjual.

  • Jajanan Korea

Salah satu ide jualan yang sedang ngetren saat ini adalah jajanan Korea seperti corndog, tteokbokki, toppoki, dan masih banyak lagi. Anda bisa menjadikan ini kesempatan untuk buka usaha modal kecil.

Baca juga: 20 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Laku dan Cuan!

Usaha Sampingan Modal Kecil

usaha modal kecil
Sumber: pexels.com

Anda bisa menambah penghasilan dengan memulai bisnis modal kecil tapi memiliki peluang keuntungan yang besar. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk usaha sampingan modal kecil:

  • Menjadi Dropshipper

Pertama anda bisa menjadi dropshipper, yaitu menjual produk dari suatu brand atau bisnis orang lain tanpa perlu membeli dan menyetok terlebih dahulu.

Jadi anda hanya perlu mencari pembelinya saja, dan menjual dengan harga yang lebih tinggi dari supplier.

  • Membuka Kursus Online

Apabila anda memiliki keahlian seperti kemampuan bahasa asing dan ilmu lainnya bisa anda jadikan usaha sampingan. Anda cukup membuat materi kursus dan menjalankan kursus tersebut secara online melalui aplikasi video call.

  • Affiliate Online Shop

Menjadi affiliate online shop merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan karena masih belum banyak pesaing. Cara kerjanya adalah anda memasarkan produk kemudian mendapatkan imbalan berupa komisi.

  • Penulis Freelance

Anda juga bisa memiliki usaha sampingan dari hobi dan kemampuan menulis. Tawarkan jasa menulis melalui situs freelance yang bisa anda cari di Google.

  • Jastip (Jasa Titip)

Pilihan usaha sampingan selanjutnya adalah memberikan jasa titip membeli barang. Anda tidak perlu modal besar untuk bisnis yang satu ini. 

Karena anda cukup membelikan barang yang pelanggan anda inginkan, kemudian mendapatkan imbalan dari jasa tersebut.

Demikian penjelasan seputar usaha modal kecil beserta ide bisnis menguntungkan yang bisa anda coba.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?