everpro

15+ Usaha Rumahan yang Menjanjikan di Desa dan Kota

usaha rumahan

Kesuksesan adalah milik setiap orang dan bisa dimulai dari mana saja, termasuk dari usaha rumahan. Bahkan, kisah orang sukses yang berawal dari rumah berhasil membangkitkan perekonomian keluarga dengan niat, ambisi, dan semangat pantang menyerah.

Apakah Anda ingin mendapatkan uang dari usaha kecil rumahan? Meskipun bermodal kecil bukan berarti keuntungannya sedikit, lho. Sebagai contoh, Lanny Wijaya pendiri Sambal Bu Rudy kini menjadi bisnis kuliner nasional yang beromzet hingga Rp2 Miliar per bulan.

Tentunya untuk mendirikan bisnis yang sukses, perlu menjalankan ide yang tepat. Dari artikel ini, akan memberikan informasi seputar bisnis dan usaha yang menjanjikan, lengkap dengan tipsnya. Sudah tidak sabar? Yuk temukan ide dan inspirasi usaha Anda di sini!.

Apakah Usaha Kecil Rumahan Perlu Izin?

usaha rumahan
Sumber: google.com

Bagi para pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memiliki surat perizinan merupakan hal yang terpenting, baik paket usaha di perkotaan maupun di pedesaan. Karena surat tersebut dapat menjadi acuan apabila sewaktu-waktu ada pendataan atau sensus.

Biasanya pendataan untuk mendapatkan dana bantuan usaha dari pemerintah daerah dan juga sebagai bukti resmi bagi pelaku usaha dalam mendirikan sebuah usaha. Surat Izin Usaha Perdagangan untuk pemilik usaha dengan modal dan kekayaan bersih tidak lebih dari 50 juta.

Kemudian, kekayaan bersih tersebut tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Untuk itu Anda perlu memahami prosedur dari surat tersebut. Supaya kelak proses pengurusan surat izin usaha bisnis akan berjalan dengan lancar. Berikut ini contoh surat IUMK:

usaha rumahan
Sumber: google.com

Cara Menemukan Ide Usaha Rumahan?

usaha rumahan
Sumber: google.com

Bisnis merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan penghasilan. Di media, Anda pasti sering melihat orang-orang sukses dari ide usaha rumahan modal kecil dan kini bisa menghasilkan miliaran per bulan. Namun kenyataannya berbisnis tidaklah mudah.

Jika Anda sudah ada niatan dalam berbisnis, akan tetapi masih bingung memikirkan ide yang cocok, maka sebaiknya baca artikel ini hingga tuntas. Sebab menemukan sebuah ide memang tidak mudah, sehingga Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah sekarang juga.

  • Awali bisnis dari hobi atau hal yang Anda sukai
  • Temukan ide dari masalah yang sering Anda alami
  • Ciptakan bisnis untuk jadi solusi bagi calon pelanggan
  • Jelajahi sesuai passion yang Anda sukai dan kuasai
  • Lakukan riset dari lingkungan sekitar
  • Sesuaikan bisnis dengan trend

Baca juga: Ide dan Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Everpro

Macam-Macam Usaha Rumahan

usaha rumahan
Sumber: google.com

Sebenarnya, ada banyak jenis bisnis rumahan yang memberikan keuntungan besar. Meskipun tentu saja, tidak semua usaha akan bertahan lama seiring dengan perubahan yang terjadi di dunia ini. Mari simak beberapa peluang bisnis usaha rumahan yang tak lekang oleh waktu.

Masyarakat Indonesia telah menjalankan jenis usaha yang beragam. Contohnya membuka toko kelontong, reseller, jualan online, dan masih banyak lagi. Jenis usaha bisa dari usaha perorangan yang hanya dimiliki oleh satu orang dan tidak berkaitan dengan campur tangan pihak lain.

Usaha kecil merupakan kegiatan perdagangan oleh siapapun seperti ibu rumah tangga, pelajar, dan mahasiswa. Usaha kecil bisa melatih seseorang untuk bisa mendapatkan keuntungan dari biaya operasional dan distribusi. Berikut jenis usaha perdagangan:

1. Toko Sembako

Toko sembako adalah toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan rumah tangga, beras, bumbu dapur, peralatan mandi, pembersih rumah, dan lain sebagainya. Jenis usaha ini termasuk ke dalam UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

UMKM pernah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, ketika krisis 1989. Dari masa ke masa, peminat toko sembako tetap bertahan dan konsumen setia berbelanja di sana. Bukan hanya tentang harga, akan tetapi faktor kenyamanan pun menjadi salah satu hal lainnya.

2. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah jenis usaha oleh seseorang pada bidang makanan dan minuman yang sedari dulu bisnis kuliner seakan tidak ada matinya. Namun beberapa orang masih belum ada yang tahu, bagaimana cara memulainya hingga mencapai kesuksesan besar.

Sebuah konsep yang matang sangat Anda butuhkan ketika kita membangun bisnis kuliner. Seperti memperhatikan urusan selera, gaya hidup, daya beli, rencana produksi, dan rencana pemasaran. Sehingga bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

3. Barang Elektronik

Terdapat banyak variasi usaha yang tercipta dari bisnis toko elektronik. Misalkan jualan barang-barang elektronik, usaha jualan komponen elektronik, usaha kredit barang elektronik, usaha jual beli barang elektronik bekas dan baru, hingga jasa service.

Jenis usaha elektronik di kota memang sangat ketat, akan tetapi usaha elektronik di desa masih rendah pesaing. Nah, bagi Anda yang sedang mencari jenis usaha di pedesaan yang rendah persaingan, silahkan mencobanya karena terbukti menciptakan keuntungan.

4. Usaha Pakaian

Usaha pakaian adalah jenis bisnis bagi pengusaha untuk membuat clothing line sendiri dan bertujuan untuk menarik target demografis tertentu, untuk tujuan menjual produk tersebut. Namun, terkadang usaha pakaian pun menjual perhiasan dan aksesoris lainnya.

Cara memulainya, hal penting yang perlu Anda lakukan yaitu menyusun rencana bisnis, strategi penjualan, dan pemasaran yang rinci serta jelas. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam proses penjualan, karena faktanya pakaian menjadi salah satu kebutuhan hidup.

5. Usaha Pertanian

Secara umum, usaha pertanian ada 2 jenis yaitu perkebunan besar milik negara maupun perusahaan swasta dan pertanian kecil oleh masyarakat di pedesaan dalam bentuk pertanaian tradisional. Hasil usaha tani pun tidak terbatas dan amat melimpah di tanah air.

Peluang usaha pertanian yang menguntungkan seperti menjual bibit tanaman, pupuk organik, budidaya rempah-rempah, budidaya sayuran hidroponik, hingga jualan alat pertanian. Selain contoh di atas, masih banyak potensi lainnya yang bisa Anda ambil dari pertanian.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

usaha rumahan
Sumber: google.com

Menjalankan suatu bisnis kecil sering disamakan pengertiannya harus memiliki toko fisik. Namun saat ini, siapa sangka bahwa konotasi tersebut dapat terbantahkan oleh munculnya macam usaha online. Maksudnya, kegiatan usaha tanpa menyewa tempat dan properti lainnya.

Berdasarkan survey dari beberapa lembaga penelitian bahwa usaha rumahan yang lagi trend 2021, 2022, hingga 2023 akan tetap eksis. Karena bisnis online memang sangat menjanjikan bagi siapapun, dan berikut rekomendasinya termasuk usaha rumahan selain makanan.

1. Agen Frozen Food

Fenomena kehidupan serba cepat di masyarakat, berdampak pada tingginya minat makanan instan. Sehingga Anda dapat menggunakan ide usaha tersebut sebagai sebuah peluang. Sebagai contoh, menjual hidangan beku khas korea memiliki peluang penjualan tinggi.

Pada umumnya, jenis makanan ini bertahan dalam waktu lama sehingga persediaannya dapat Anda sesuaikan dengan permintaan konsumen. Selain itu, Anda bisa menjadi reseller dari beberapa merk frozen food dan layanan kemitraan dapat Anda pilih guna menambah stok.

2. Thrift Store

Thrift store atau toko barang bekas umumnya menjual berbagai jenis baju, celana aksesoris hingga perkakas rumah tangga yang sudah tak terpakai namun kondisinya tetap bagus. Anda bisa mencari supplier yang menjual paket bundling atau ball.

Guna keperluan stok toko dan guna memaksimalkan pemasaran, berilah nama toko aesthetic dan menjualnya secara online. Kemudian, pastikan bahwa fokus usaha sejalan dengan rancangan bisnis yang telah Anda lakukan melalui perencanaan awal.

3. Affiliator Barang

Affiliator barang merupakan salah satu bisnis rumahan modal kecil dengan untung besar. Cara kerjanya hampir sama dengan sistem kemitraaan, di mana seseorang mempromosikan suatu barang milik perusahaan dan mendapat komisi penjualan atas transaksi konsumen.

Jika Anda ingin menjadi seorang afiliasi, maka Anda akan mendapatkan link atau kode kupon dan sebagainya. Sebagai media pemasaran melalui media sosial. Nah, terkait komisi tergantung dengan kebijakan penyedia program. Sebaiknya cermat dalam melihat identitas perusahaan.

4. Bisnis Dropship

Dropship adalah jenis peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yang dapat Anda laksanakan tanpa harus memiliki stok barang. Cara kerjanya yaitu seorang dropshipper membuka toko online di marketplace lalu mempromosikan produk perusahaan tersebut.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda akan bekerjasama dengan pemasok grosir yang akan memasarkan barang atas nama Anda atau biasanya orang menyebut white labeling. Maksudnya, apabila Ada transaksi pembelian maka Anda harus menghubungi pihak pemasok.

5. Top Up Game

Kebanyak orang menilai bahwa ide bisnis ini terlihat tidak terlalu menjanjikan, namun ternyata dapat memberikan Anda passive income. Hal tersebut karena maraknya kegiatan esports yang berdampak pada tingginya permintaan dalam layanan isi ulang voucher game online.

Apalagi kegiatan isi saldo dompet digital akan memberikan keuntungan berlipat ganda dan Anda hanya perlu memiliki mobile banking, dengan limit penarikan tertentu saja. Sangat menarik kan? Usaha ini dapat Anda coba sekarang juga, lho.

6. Jasa Cuci Sepatu

Konsepnya sama seperti laundry kiloan, layanan ini bermanfaat bagi karyawan dan anak sekolah yang tidak memiliki waktu luang untuk membersihkan sepatunya. Namun, perlu Anda pahami bahwa jasa cuci sepatu membutuhkan ilmu tentang cara merawat jenis sepatu dengan baik.

Tenang saja, saat ini sudah banyak tersedia mengenai ilmu merawat jenis sepatu melalui media sosial maupun Youtube. Hal penting lainnya, Anda harus menyediakan ruangan khusus untuk menyimbang sepatu-sepatu, agar tetap bersih dan wangi sampai tangan pelanggan.

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

usaha rumahan
Sumber: google.com

Memulai bisnis dari rumah memang jadi alternatif yang menguntungkan bagi Anda. Sebab dapat menghasilkan uang tanpa harus kerja kantoran maupun terikat oleh waktu. Anda juga bisa mendapatkan passive income di era yang sudah serba canggih.

1. Blogger

Jika Anda senang menulis maupun bercerita, maka menjadi seorang blogger merupakan sebuah usaha yang menjanjikan. Bahkan Anda bisa mengerjakannya di mana saja sekaligus menghasilkan uang dari internet. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan memulainya.

Anda wajib memiliki blog yang menghasilkan trafik website cukup tinggi, berbagai bisnis melihat trafik sebagai peluang konversi yang berpotensi. Sehingga dengan 100 ribu tayangan halaman per bulannya, Anda bisa menghasilkan pendapatan antara 15 juta sampai 150 juta rupiah.

2. Spesialis Iklan Online

Berbagai kalangan menggunakan iklan digital secara individu maupun bisnis yang memicu timbulnya kebutuhan akan peran ahli di bidang spesialis iklan. Sebagai spesialis iklan online, Anda bertugas membantu klien untuk memenuhi target iklan di berbagai platform.

Seperti iklan berbayar di Facebook, Instagram, Google, atau Pinterest. Di sini, Anda perlu menyusun strategi berdasarkan jenis bisnis dan produk, agar iklan bisa menjangkau audience secara tepat. Lalu Anda perlu memahami analitik data, sistem KPI, dan masih banyak lagi.

3. Bisnis Pengembangan Website

Hampir semua perusahaan saat ini memiliki website dan menjadi salah satu syarat utamanya. Website berfungsi untuk menciptakan kredibilitas dan kepercayaan pada calon pelanggan. Selain itu perlu memberikan tampilan menarik dengan navigasi yang mudah.

Jika Anda memilih bisnis ini, maka wajib menguasai bahasa coding dasar dalam pengembangan website. Seperti HTML, JavaScript, PHP, dan sebagainya. Buatlah portofolio menarik serta tampilkan proyek terbesar Anda dalam bisnis tersebut.

4. Desain Grafis Freelance

Apakah Anda memiliki keterampilan di bidang desain grafis? Skill yang Anda miliki bisa menjadi ide usaha yang menjanjikan, lho. Seperti membuat desain visual untuk klien berupa logo, mockup, konten media sosial, dan lain-lain.

Setidaknya Anda membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi cukup canggih seperti drawing tab dan pena digital. Tak lupa juga untuk mempelajari software desain grafis mulai dari adobe photoshop hingga illustrator, supaya semakin banyak hasilnya karya.

5. Jasa Konseling Online

Jasa konseling online menjadi usaha modal kecil untung besar karena Anda hanya membutuhkan website, akses internet, dan keinginan untuk membantu orang lain. Cara kerjanya yakni membantu orang-orang meraih target pribadi dan profesional.

Akan lebih baik, jika Anda memiliki sertifikat resmi seperti sertifikat dari program IPEC COACHING. Sehingga Anda bisa menetapkan tarif lebih tinggi dan memberikan layanan yang lebih terpercaya, lalu klien akan menganggap Anda lebih kredibel.

Baca juga: 12 Jualan Online yang Laku Setiap Hari, Wajib Dicoba!

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?