everpro

Penuh Cuan! 25+ Ide Usaha Rumahan Kreatif Untung Besar di Tahun 2024

Mimpi memiliki penghasilan sendiri tanpa harus keluar rumah? Yuk, simak sampai habis dan temukan ide usaha rumahan kreatif!

Siapa saja sekarang bisa memulai usaha sendiri di rumah. Hanya dengan modal kecil saja dan kreativitas yang tinggi mampu membuka peluang untukmu mendapatkan untung yang penuh cuan.

Mulai dari usaha makanan, keterampilan, jualan, kebutuhan rumahan, dan lain-lain kamu bisa mendapatkan pendapatan dari kenyamanan di rumah sendiri.

Oleh karena itu, Everpro akan mengulas dan memberikan rekomendasi usaha rumahan kreatif yang bisa kamu jadikan ide atau inspirasi. Yuk, simak selengkapnya!

Pengertian Ide Usaha Rumahan Kreatif

ide usaha rumahan kreatif
Sumber: google.com

Ide usaha rumahan kreatif adalah bisnis rumahan yang memanfaatkan keahlian atau keterampilan seseorang untuk memulai bisnis.

Kunci utama dalam bisnis ini adalah kreativitas untuk mengembangkan ide-ide unik dan inovatif yang berpotensi untuk menarik perhatian calon pembeli atau pelanggan.

Tidak hanya penuh dengan cuan, namun kelebihan dari bisnis ini adalah fleksibilitas dari segi waktu dan tempat. Kamu juga bisa untuk terus eksplor bakat dan juga minat sambil mengelola usaha.

Baca Juga: 12 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Pasti Cuan!

Ide Usaha Rumahan Kreatif

ide usaha rumahan kreatif
Sumber: google.com

Banyak ide inspirasi untuk dijadikan peluang usaha rumahan kreatif yang bisa dicoba yang berpotensi mendatangkan untung besar.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi ide usaha rumahan kreatif yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk peluang usaha hanya di rumah saja.

Contoh Jasa Usaha Rumahan Kreatif

  • Desain Grafis

Semakin banyak bisnis, maka semakin banyak juga kebutuhan untuk mendesain promosi, logo, packaging, dan lain-lain.

Ini bisa dilakukan dirumah dan kapan saja, sehingga sangat fleksibel inspirasi satu ini untuk dijalankan dan hanya bermodal kreativitas serta laptop dan internet.

  • Jasa Editing Video

Mungkin bagi sebagian orang mengedit video adalah hal yang sulit atau memakan waktu, sehingga bisa kamu jadikan peluang karena dapat menjadi solusi kebutuhan mereka.

  • Makeup Artist (MUA)

Kamu punya keterampilan makeup? Yup! Keterampilan yang satu ini bisa kamu jadikan ide untuk membuka jasa dirumah.

Jika jam terbang kamu sudah banyak untuk handle client, maka kamu juga bisa membuka pelatihan atau kursus makeup di rumah kamu, lho!

  • Reseller atau Dropshipper

Ingin usaha yang modal kecil? Ada! Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dan tidak perlu repot untuk menyimpan stok barang.

Kuncinya adalah kamu perlu memilih produk yang banyak peminatnya dan memiliki keuntungan yang besar untuk didapatkan.

  • Jasa Fotografi

Kalau kamu mempunyai hobi fotografi bisa juga dijadikan ide untuk memulai usaha rumahan karena sekarang ini banyak sekali event yang membutuhkannya.

Selain itu, kamu juga bisa kembangkan usaha ini dengan mempunyai self photo studio rumahan yang bisa mendatangkan minat orang-orang.

Ide Usaha Makanan Rumahan Kreatif

  • Agen Frozen Food

Makanan menjadi kebutuhan bagi banyak orang, namun ada kalanya mereka malas gerak atau biasa dikenal dengan istilah mager untuk membuat makanan tersebut.

Dari permasalahan tersebut, kamu bisa menjadi solusi bagi mereka yaitu menjadi sebagai agen yang menjual frozen food.

  • Jualan Cemilan di Marketplace

Sejak pandemi Covid-19 melanda masyarakat, maka merubah perilaku dan kebiasaan konsumen untuk berbelanja apapun secara online dan menjadi senang untuk dirumah saja.

Usaha jajanan rumahan modal kecil masih menjadi idola bagi orang karena diyakini bisa mengurangi stress, sehingga bisa menjadi ide untuk kamu jualan cemilan di marketplace.

  • Catering

Hobi masak kamu dapat tersalurkan dengan membuka usaha catering untuk banyak kegiatan dan mendatangkan untung juga bagi kamu.

Kamu bisa berinovasi membuat menu untuk catering diet atau sehat, ulang tahun, kantoran, snack box, dan lain-lain yang bisa kamu sesuaikan.

  • Online Shop Makanan

Banyaknya aktivitas membuat orang tidak memiliki waktu untuk keluar mencari kebutuhan makanan di kala jam istirahat maupun di waktu tertentu. 

Bisnis makanan online untuk pemula bisa kamu jual di berbagai marketplace yang menyediakan pengiriman makanan seperti Shopee Food atau Grab Food.

  • Warung Kopi (Warkop)

Selanjutnya, kamu juga bisa membuka warung kopi atau warkop untuk dijadikan ide usaha rumahan kreatif.

Selain mendatangkan omset bersih, kamu juga bisa mengeksplor menu makanan dan minuman di warkop yang kamu miliki.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Ala Rumahan

Ide Usaha Keterampilan Rumahan Kreatif

  • Custom Baju

Keluarga, organisasi, perusahaan, dan lain-lain banyak mempunyai kegiatan yang membutuhkan baju dengan desain yang telah mereka buat.

Bisa mendatangkan cuan hanya dirumah saja dan yang terpenting adalah kamu perlu mempromosikan usaha tersebut untuk orang tahu keberadaanmu.

  • Aneka Buket

Alternatif hadiah untuk diberikan kepada teman atau orang terdekat adalah buket untuk beberapa perayaan seperti ulang tahun, wisuda, pernikahan, dan lain-lain.

Kamu juga bisa eksplor berbagai isi dari aneka buket seperti diisi dengan bunga, snack, buah, uang, boneka, atau sesuai permintaan pembeli.

  • Jual Barang DIY

Do it Yourself atau biasa disingkat dengan DIY yang dapat menghasilkan uang hanya dari rumah saja. 

Produk yang bisa dihasilkan dari DIY seperti lilin, sabun, dan lain-lain. Banyak sekali workshop yang kamu dapat ikuti untuk menambah wawasan dan juga ide.

  • Jualan Aksesoris

Dari jaman awal era 2000an sampai sekarang jualan aksesoris masih menjadi kesukaan orang-orang baik itu wanita maupun pria.

Aksesoris ini bisa kamu buat sendiri atau kamu mencari supplier untuk mendapatkan harga yang terjangkau. Kamu bisa menjual aksesoris berupa kalung, gelang, maupun aksesoris HP.

  • Menjual Produk Daur Ulang

Semakin banyak orang yang concern dengan lingkungan, sehingga banyak yang mencari produk daur ulang untuk kamu jadikan bisnis online rumahan.

Ide Jualan Rumahan Kreatif

  • Alat Tulis

Menyediakan produk alat tulis seperti gunting, kertas, pulpen, dan lain-lain dalam jumlah banyak bisa kamu jual di rumah.

Kamu bisa menjadi penjual eceran maupun grosir alat tulis untuk pembelian dalam jumlah yang banyak dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

  • Hampers atau Parcel

Ide hampers atau parcel bisa menjadi peluang yang menjanjikan hanya dengan berjualan dirumah saja karena banyak yang menjadikannya sebagai alternatif hadiah untuk orang tersayang di hari spesial seperti lebaran, natal, pernikahan, dan lain-lain.

  • Amplop THR

Pernah melihat amplop THR dengan desain yang lucu atau kocak? Itu bisa kamu jadikan ide untuk jualan di rumah. 

Kamu bisa menjualnya dengan berbagai bentuk atau custom dari pelanggan, sehingga dengan penjualan banyak mendatangkan cuan yang banyak.

  • Fake Nails (Kuku Palsu)

Kuku yang memiliki warna atau desain yang lucu dan cantik dapat meningkatkan mood kamu, sehingga dengan banyaknya permintaan ini kamu bisa jadikan peluang.

Fake nails bisa menjadi solusi juga untuk wanita muslim yang ingin kelihatan cantik namun tetap bisa beribadah jika dilepas.

  • Souvenir

Peluang bisnis yang menarik selanjutnya adalah produk souvenir dan banyak dibutuhkan di banyak acara pernikahan, arisan, khitanan, dan lain-lain.

Ide Usaha Kebutuhan Rumahan Kreatif

  • Isi Ulang Air Galon

Air menjadi kebutuhan sekaligus pelengkap untuk menemani makan yaitu air galon. Biasanya ketika air galon sudah habis orang-orang akan mengisi di tempat pengisian ulang air galon.

Dengan begitu, rumah kamu bisa dijadikan tempat usaha rumahan untuk isi ulang air galon yang memiliki jangka waktu panjang.

  • Cuci Steam Motor dan Mobil

Motor dan mobil sering digunakan oleh orang untuk akomodasi berpergian kemana-mana. Pastinya juga kotor apalagi saat musim hujan melanda.

Masalah kendaraan kotor tersebut bisa kamu atasi dan berikan solusi dengan menjadikan cuci steam motor dan mobil sebagai usaha rumahan.

  • Menjahit Pakaian

Memanfaatkan keterampilan menjahit sekaligus mencari penghasilan tambahan dirumah adalah dengan menawarkan jasa menjahit pakaian.

Dikarenakan banyaknya acara seperti bridesmaid salah satunya yang membuat permintaan menjahit pakaian tinggi.

  • Jual Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Jaman digital menjadikan pulsa elektrik dan paket internet memiliki banyak peminat dan memiliki peluang besar untuk jual di rumah.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu menjual kedua kebutuhan banyak orang tersebut dan pastinya banyak dibeli.

  • Jasa Laundry Kiloan

Aktivitas yang cukup banyak membuat orang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mencuci pakaiannya dan membutuhkan jasa laundry kiloan.

Untuk itu, bisnis satu ini bisa dijadikan peluang untuk usaha dirumah dan mendatangkan rezeki tambahan bagi kamu.

Tips Menjalankan Ide Usaha Rumahan Kreatif

ide usaha rumahan kreatif
Sumber: Freepik

Beberapa tips ini bisa membantu kamu dalam meraih kesuksesan bisnis, maka dari itu berikut adalah penjabarannya.

  • Lakukan Riset Pasar

Dalam memulai bisnis kamu perlu tahu target pasar yang akan dituju dan juga kebutuhan mereka serta tren pasar.

Tak hanya itu, bisnis yang semakin banyak dijalani oleh banyak orang tentunya memiliki pesaing, sehingga mencari tahu strategi pesaing adalah hal yang penting.

  • Buatlah Business Plan

Kegunaan dari business plan adalah untuk membantu kamu dalam menetapkan tujuan dan target bisnis. 

Kamu bisa membuat strategi penjualan dan penjualan serta bisa juga menghitung perkiraan budget yang akan dikeluarkan.

  • Manfaatkan Teknologi

Media sosial dan beberapa marketplace bisa kamu jadikan wadah untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. 

Selain itu, mudah juga untuk membangun brand awareness. Untuk memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis kamu perlu menggunakan aplikasi software, sehingga dapat berjalan dengan lancar. 

  • Bangun Relasi yang Baik

Bisnis tidak bisa dipisahkan dengan relasi, maka dari itu kamu perlu menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan pelanggan maupun pengusaha lain.

Komunitas bisnis bisa kamu ikuti untuk memperluas jaringan komunikasi kamu untuk sharing ilmu bisnis dan mempromosikan produk atau layanan bisnis kamu secara langsung.

  • Terus Belajar dan Berkembang

Usaha rumahan mengandalkan kreativitas dalam bisnis kamu. Untuk itu, kamu bisa mengikuti workshop atau pelatihan untuk keterampilan kamu.

Eksplor terus untuk menciptakan dan berinovasi produk atau jasa baru. Komunitas bisnis juga bisa kamu jadikan tempat untuk mencari mentor untuk kamu bisa konsultasi.

Baca Juga: Memulai Ide Usaha Rumahan dengan Modal 100 Ribu dan Tipsnya

Selesai sudah pembahasan topik kali ini yaitu ide usaha rumahan kreatif. Kira-kira ada yang bikin kamu tertarik? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari inspirasi.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan