everpro

10 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Ala Rumahan

Artikel berikut ini akan merekomendasikan ide usaha makanan ringan serba 1000 ala rumahan yang cocok untuk Ibu  yang ingin berbisnis di rumah.

 Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda tidak bisa berbisnis. Ada banyak peluang usaha yang bisa Anda jalankan, salah satunya adalah usaha makanan ringan.

Usaha makanan ringan serba 1000 sangat cocok untuk ibu rumah tangga karena  hanya memerlukan modal relatif kecil, waktu fleksibel, proses pembuatan yang mudah dan yang terakhir yang paling penting yaitu bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

10 Contoh Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa Anda buat dan jual. Anda bisa berkreasi dengan rasa, bentuk, dan kemasan untuk menarik perhatian pembeli. 

Berikut 15 contoh usaha makanan ringan serba 1000 yang sederhana untuk skala rumahan. Jika ada beberapa jenis makanan yang tidak Anda ketahui bisa mencari resepnya secara online.

1.Es Kul-Kul

Jika Anda memiliki kulkas, maka ide usaha makanan ringan Es Kul-Kul cocok untuk Anda. Harga pasaran Es Kul-Kul mulai dari Rp 1000 hingga lebih tergantung buah yang Anda gunakan.

Tidak sulit untuk membuat makanan ini, hanya perlu menyiapkan potongan buah yang kemudian ditusuk dengan tusuk sate lalu simpan dalam freezer selama satu sampai tiga jam. 

Berikutnya jika ada yang membeli tinggal celupkan buah yang sudah beku tadi ke dalam lelehan cairan coklat atau macha yang sudah tercampur dengan coklat putih. 

Usaha Es Kul-Kul 1000
Sumber: Google.com/sosial

2. Es Gabus

Es gabus adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung hunkwe yang di freezer sehingga mempunyai tekstur yang empuk serta rasanya manis.

Makanan ini termasuk es krim tradisional ini jarang ditemukan sehingga bisa jadi peluang usaha. 

Usaha Es Gabus 1000
Sumber: Google.com/bersosial

3. Sempol

Sempol adalah sejenis dengan jajanan cilok, tempura, dan empek-empek yang awalnya banyak dijumpai di sekitar daerah Jawa Tengah- Jawa Timur.

Makanan ini terbuat dari bahan daging ayam dan tepung lalu tusuk menggunakan tusukan sate dan goreng dengan telur yang dijual seharga Rp 1000 tergantung ukuran yang Anda buat.

Simpan sempol dalam freezer bisa bertahan 3 hari dalam suhu ruangan, dan 1 bulan di dalam freezer. 

Usaha Sempol Ayam
Sumber: Google.com/bersosial

4. Cilor

Cilor adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka atau yang biasa disebut aci dalam Bahasa Sunda.

Cara memasaknya pun cukup mudah yaitu setelah membuat adonan untuk cilor yang sudah dingin kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate.

Cilor yang siap goreng akan dimasukan kedalam minyak setelah setengah matang titisikan lalu masukan dalam adonan telur untuk kemudian goreng lagi.

Untuk campurannya pun tidak ribet biasanya hanya menggunakan bumbu bubuk aneka rasa dan juga saos.  Harga untuk satu tusuk cilor seharga Rp.1000 atau Rp 5.000 per lima tusuk tergantung ukuran.

Usaha Cilor
Sumber: Canva.com

5. Cimol

Cimol adalah singkatan dari aci digemol yang merupakan makanan ringan populer dari daerah Jawa Barat.

Bahan baku makanan ini terbuat dari adonan tepung kanji, lalu campur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, merica, dan penyedap rasa.

Cara makanya biasanya dengan campuran bumbu kering aneka rasa. Untuk membuat usaha unik bisa juga dengan memasukan isian keju dan lainnya agar berbeda dengan yang lain.

Makanan ini memiliki daya tahan 4 hari di suhu ruang, 2 minggu di kulkas, dan 2 bulan di freezer. 

Usaha Makanan Ringan Cimol
Sumber: Canva.com

 

Baca : 13 Rekomendasi Ide Usaha Modal 500 Ribu, Bisa Cuan Banyak!

6. Cilok

Makanan dengan bahan dasar aci memang tidak akan pernah habis. Cara pengolahan cilok pun sangat gampang. Semua orang pasti menyukai makan ringan ini karena dapat mengganjal perut.

Cara makannya dengan bumbu kacang yang pedas, bisa juga dengan saus sambal dan kecap.

Untuk membuat usaha unik bisa juga dengan memasukan isian potongan telur, abon dan juga tulang rangu agar berbeda dengan yang sudah ada.

Usaha Cilok
Sumber: Canva.com

7. Cireng dan Risol Isi

Cireng dan risol adalah gorngan makanan yang terkenal. Saat ini cireng maupun risol banyak berubah dengan berbagai jenis isian yang diberi tambahan sambal sebagai cocolan yang membuat rasa cireng semakin enak.

Untuk isian cireng bisanya menggunakan tambahan tumisan suwir ayam, bakso, abon sapi, daging, sosis, dan masih banyak lagi isian lain yang membuat cireng ini semakin lezat.

Peluang bisnis cireng isi ayam pedas ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijalankan. Jika Anda kesulitan membuat cireng biasanya ada distributor dengan merek tertentu yang menjual.

Cireng dan Risol Isi
Sumber: Canva.com

8.Gorengan Tusuk-Tusuk

Berikutnya adalah gorengan tusuk-tusuk yang bisa jadi ide usaha makanan ringan seharga Rp 1.000 per tusuknya. Aneka tusukan ini mulai dari sosis, otak-otak, scallops, mie, ayam, dan beberapa produk makanan frozen food lainnya.

Untuk luaran bisa menggunakan telur ataupun tepung agar lebih krispi, tambahakan  saus sambal, mayones ataupun bumbu bubuk aneka rasa.

Gorengan Tusuk-tusuk 1000
Sumber: Canva.com

9.Martabak Mini

Martabak mini bisa jadi ide usaha rumahan yang juga menjanjikan peluang untung yang cukup besar. Makanan ringan ini juga sangat mudah Anda buat dan bisa dijual mulai dari harga Rp.1000 per potongnya.

Agar terlihat inovatif, Anda bisa mengkreasikan martabak mini manis dengan topping yang unik seperti matcha, nutella. Harga martabak mini ini bisa di jual seharga Rp 1.000 per cetakan kecil tergantung topingnya nanti.

Usaha 1000 Martabak Mini
Sumber: Canva.com

10. Cakwe

Cakwe goreng merupakan olahan makanan yang menggunakan bahan-bahan dengan harga terjangkau dalam proses pembuatannya sehingga bisa jual Rp 1.000 per potongnya atau mulai dari Rp 5.000 per porsi yang dengan tambahan saos sambal. 

Usaha Cakwe
Sumber; Canva.com

Itu tadi adalah 10 ide usaha makanan ringan serba 1000 yang bisa Anda jadikan peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Anda bisa bereksperimen menciptakan varian unik dari makanan di atas untuk menciptakan rasa yang berbeda dari yang lainnya.

Selain usaha makanan ringan simak artikel berikut untuk mengetahui peluang usaha rumahan lainnya.

Baca juga : 10 Contoh Usaha Kecil Kecilan di Rumah, Yuk, Cobain!

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya